You are on page 1of 14

Soal kasus nifas dan menyusui

1. Seorang ibu, usia 25 tahun, melahirkan 10 hari yang lalu datng ke bps mengeluh
payudara bengkak, warna kulit merah mengkilap, nyeri tekan, demam sudah 3 hari.
Hasil pemeriksaan : td : 100/70 mmhg, pernapasan : 22x/menit, nadi : 90x/menit, suhu
: 380c, payudara tampak merah dan keras, uterus tidak teraba, pengeluaran
pervaginam lochea serosa.

Apa diagnosis kasus di atas ?
A. Mastitis
B. Infeksi nifas
C. Bendungan asi
D. Abses payudara
E. Sebsis puerperalis

2. Seorang perempuan usia 25 tahun ,telah melahirkan anak pertamanya 7 hari yang
lalu di tolong bidan di rumah.bidan lakukan kunjungan nifas,ibu mengeluh
badanya capek karena mengurusi bayi dan pekerjaan rumah.hasil pemeriksaan ttv
dalam batas normal,asi keluar lancar dan bayi menyusu dengan baik.

Apakah tindakan yang tepat dari kasus di atas?
A. Anjurkan keluarga untuk memberi dukungan pada ibu
B. Mengajarkan ibu merawat bayi
C. Dekatkan ibu dengan bayinya
D. Memberi dukungan pada ibu
E.rujuk ke dokter

3. Ny. K umur 21 tahun datang ke klinik sehat mengeluh badannya demam 2 hari yang
lalu. Dari anamnesa didapatkan : ibu melahirkan anak pertamanya sudah satu minggu,
tidak pernah abortus, hasil pemeriksaan fisik berupa head to toe dalam batas normal,
td 110/70 mmhg, nadi 24x/menit, rr 24x/menit, suhu 390c, lochea normal.

Ny. K mengeluarkan cairan dari vagina encer dan berwarna putih disebut lochea...

a. Alba
b. Rubra
c. Serosa
d. Kruenta
e. Sanguinolenta

4. Seorang perempuan usia 23 tahun, melahirkan 2 jam yang lalu di bpm. Mengeluh
adanya pengeluaran darah dari kemalua. Lemas dan pandangan berkunang-kunang.

tfu 1 jari di bawah pusat. L datang ke posyandu tanggal 07 januari 2014. td 90/60 mmhg. Luka laserasi jalan lahir e. seorang perempuan usia 25 tahun melahirkan 2 minggu yanglalu. Bubur nasi + asi d. Bubur nasi + bubur susu 6.usia 28 tahun. tampak puting susu teregang. Apakah diagnosa pada kasus diatas. Asi ekslusif b. Rupture uteri b. terjadi peradangan pada payudara dan nyeri ditekan. Ny.pemberian ASI pada bayinya diajari oleh mertuanya. Kompres air hangat c. hr 76x/menit. uterus terasa lembek dan volume perdarahan kurang lebih 200cc. Bayi tetap disusui d.. Retensio uteri d. Hasil pemeriksaan : TD : 110/70 mmhg. pols : 82x/l. a. Apakah rencana asuhan kebidanan yang efektif untuk mengatasi kasus diatas? a..agak keras. Apakah diagnosa dari kasus di atas ? . Pake bh penyangga e. panjang badan 51 cm.melahirkan normal 4 hari yang lalu datang ke BPM mengeluh payudara terasa berat. Lisa lahir tanggal 01 agustus 2013 di bps dengan berat badan lahir 3125 gram. Kelainan koagulasi darah 5. Bubur susu + asi c. seorang ibu. Hasil pemeriksaan wajah pucat. a. Nasi lembek + asi e. Hasil pemeriksaan ttv normal.5 c. RR : 20x/l. Asuhan nutrisi apa yang diberikan untuk lisa adalah.payudara keras dan bengkak. suhu 37. Antonia uteri c. Pengurutan payudara 7. datang keklinik bersalin mengeluh sudah 2hari demam buah dada sakit dan asi keluar sedikit.... dan sedikit nyeri jika di sentuh. Payudara di perah b.

Lochea serosa c. Alveolus b. Sinus laktiferus c.. sering mengantuk dan bersifat passif hasil pemeriksaan TTV dalam batas normal lochea berwarna merah? Apakah adaptasi psikososial yang dialami ibu pada kasus tersebut? a.. Laktasi adalah keseluruhan proses menyusui dari ASI diproduksi sampai proses bayi menghisap dan menelan ASI. Taking in b. postpartum 4 hari normal 8... Hasil pemeriksaan : TTV dalam batas normal . TFU 2 jari di bawah pusat. a.... Lochea apakah yang ditemukan pada kasus tersebut. a. postpartum absen payudara pos e. Seorang perempuan usia 23 tahun melahirkan anak pertama BB 2800gr 2 hari yang lalu di Bpm mengeluh lelah. tampak bekas jahitan luka perineum. Lochea rubra d.. Seorang ibu. Letting go d. a. Masa laktasi mempunyai tujuan meningkatkan pemberian ASI eksklusif dan meneruskan pemberian ASI sampai anak umur 2 tahun secara baik dan benar serta anak mendapatkan kekebalan tubuh secara alami... Lobus d... usia 27 tahun melahirkan 6 jam yang lalu di BPM mengeluh takut duduk dan bangkit dari tempat tidur.. Lochea purulenta e. postpartum bendungan payudara c... Taking hold . Duktulus 10. Duktus laktiferus e.... Taking on c. Bagian anatomis apakah yang ditunjuk oleh panah di bawah ini. Lochea sanguilenta 9.. Lochea alba b... postpartum dengan mastitis d. postpartum infeksi nifas b. pengeluaran darah vagina berwarna merah segar.

Ibu baik-baik saja selama beberapa hari pertama. Anita adalah. Nidasi c. pengeluaran darah vagina berwarna merah segar tampak bekas jahitan luka perineum Lochea apakah yang ditemukan pada kasus tersebut a. a. Lochea rubra d. Hasil pemeriksaan secara umum dalam batas normal.. Lochea sanguilenta 11. a. Sedikit c.. Seorang perempuan berusia 18 tahun. Kontrasepsi e. Letting hold 11. Ny. Kurang d.. Banyak e. Lochea purulenta e. tetapi kemudian menjadi mudah . Anita postpartum hari ke 2. Puerperium 13. Abnormal 12... Normal b. Seorang ibu usia 27 tahun melahirkan 6 jam yang lalu di BPM mengeluh takut duduk dan bangkit dari tempat tidur hasil pemeriksaan TTV dalam batas normal TFU 2 jari dibawah pusat. melahirkan bayi yang sehat minggu lalu di rumah sakit (RS) Bersalin dan pulang ke rumahnya setelah 2 hari melahirkan.. perdarahan yang sebanyak ± 300 cc. Lochea serosa c.. Suatu keadaan setelah plasenta lahir sampai kembalinya alat kandungan seperti semula disebut .laserasi jalan lahir mukosa dan kulit perineum. e. Loche alba b. Kategori jumlah perdarahan yang terjadi pada Ny. Persalinan d.. Konsepsi b.

kontraksi uterus lemah. lokhea normal. suhun 39°C. Untuk membantu meningkatkan kontraksi uterus. perdarahan 600 ml. Koitus pada akhir kehamilan E. Makan/ minum E. Mobilisasi C. Bed rest total D. respirasi 32 x/menit. Dari anamnesa didapatkan: ibu melahirkan anak pertamanya sudah satu minggu. Depresi postpartum E. KU ibu lemah. Suhu 380 C. Rekasi neurotis-obsesif 14. Persalinan hari ke 7 D. TD 90/60 mmHg. Ny Deni . Menyusui B. A. RR 24 x/mnt. sebaiknya bidan menganjurkan Ny. Psikosa postpartum D. nadi 112x/menit. melahirkan anak ke 4. B untuk … A. ApaKah masalah yang dihadapi oleh ibu tersebu? A.saat ini mengeluh lelah . tidak pernah abortus. Postpartum blues B. perut . khawatir ia bukan seorang ibu yang baik. Umur 25 tahun . Ny. B. pusing. tidak sabar bila bayinya agak sulit menyusu. mengatakan 6 jam yang lalu melahirkan anak pertama secara normal dengan berat 3000 gram. umur 40 tahun. Perubahan emosi C. Tertinggalnya selaput ketuban 16. . Factor predisposisi terjadinya perdarahan yang mungkin dialami Ny Kayla adalah …. nadi 24 x/mnt. Parametritis C. TD 110/70 mmHg. Eliminasi 15. Anemi B. ia merasa suaminya tidak lagi mencintainya. plasenta telah lahir lengkap. menangis. hasil pemeriksaan fisik berupa head to toe dalam batas normal. Ny Kayla umur 21 tahun datang ke klinik sehat mengeluh badannya demam 2 hari yang lalu.

punggung kanan. Peningkatan hormone estrogen dan progesterone E. Postpartum bendungan payudara 19. Ny. A. Suhu: 37.. Ria GII PI A0 datang ke klinik tanggal 11 Juni 2007 memeriksakan kehamilannya untuk yang ketiga kalinya. kepala sudah masuk pinggul. Kontraksi servik B. Pols: 82x/I. Kontraksi endometrium 17. HPHT tanggal 2 Oktober 2006. Keluhan perut mules yang dialami oleh Ny Deni disebabkan karena . Memastikan ibu mendapat makanan yang bergizi dan cukup cairan . Seorang ibu. Memastikan involusio uteri berjalan dengan normal B.. pernapasan 24 x/ mnt. tampak putting susu teregang. Asuhan yang dapat diberikan pada 6 minggu pertama post partum adalah …. Ria sebagai akibat dari … A. A dan C benar 18.5⁰ C. Hasil pemeriksaan: TD: 110/70mmhg. mules dan belum BAK dan masih pasif. pemberian ASI pada bayinya diajari oleh mertuanya. khawatir bahwa bayi yang akan dilahirkannya tidak normal. Ny. Postpartum 4 hari normal c. Kontraksi uterus D. tinggi fundus uteri 34 cm. Kontraksi salping E. Postpartum dengan mastitis d. Kontraksi istmus C.. A. HAsil pemeriksaan didapatkan TD : 110/70 mm/ Hg . Ria mengeluh sering buang air kecil meningkat. agak keras. Infeksi virus pada saluran kemih B. Keluhan fisik yang dirasakan oleh Ny. usia 28 tahun. nadi 96 x/ mnt . dan sedikit nyeri jika disentuh. Postpartum abses payudara e. Apakah diagnosis dari kasus di atas? a. melahirkan normal 4 hari yang lalu datang ke BPM mengeluh payudara terasa berat. payudara keras dan bengkak. Postpartum infeksi nifas b. Penurunan kadar sodium dalam darah D. RR: 20x/I. Tekanan uterus pada kandung kemih C. Dari hasil pemeriksaan palpasi Leopold. Suhu 37 ˚C. letak memanjang.

dan paska persalinan usia ibu 20 tahun dan pendarahan. tetapi kemudian menjadi gangguan seperti depresi. Depresi Postpartum E. Pemeriksaan eritrosit c. hasil pemeriksaan wajah pucat.dan ibu ini pecandu rokok dan golongan ekonomi rendah. Postnatal Depression B. melahirkan 2 jam yang lalu di BPM. lemas dan pandangan berkunang kunang. Pemeriksaan masa oembekuan 22. Mendeteksi dan perawatan penyebab dari perdarahan 20. BBL:2400 gram. Pertanyaanya : apa diagnosis yang tepat untuk bayi tersebut ? a) Bayi dengan gangguan perkembangan b) Bayi dengan gangguan pernapasan . Pemeriksaan trombosit e.dan posisi pada saat tidur bayi tengkurap padahal belum waktunya tengkurap dan pada saat di ambil bayi sudah meninggal. melahirkan bayi minggu lalu rumah bersalin dan pulang kerumahnya 2 hari setelah melahirkan. uterus lembek dan volume perdarahan kurang lebihn200 cc Apakah pemeriksaan penu njang yang harus segera dilakukan bidan a. mengeluh adanya pengeluaran darah dari kemaluan. Seorang perempuan usia 23 tahun. Perubahan Emosi 21. Puerperala Psychosis C. RR:34x/menit. Ibu baik-baik saja selama beberapa hari pertama. C. Seorang perempuan berusia 20 tahun. Menjaga bayi tetap sehat melalui pencegahan hipotermi D. pemeriksaan leukosit d. Menanyakan penyulit-penyulit yang dialami ibu selama masa nifas E. Bayi perempuan umur 2 bulan lahir dengan prematur. pemeriksaan HB B. perilaku menjadi aneh. ibu sering berhalusinasi dan bahkan mempunyai keinginan untuk menyakiti bayinya Apakah masalah yang dihadapi oleh ibu tersebut ? A. Postpartum Blues D. p:48 cm.

Dari data di atas .datang ke BPS dengan keluhan badan terasa panas dan perut bagian bawah terasa nyeri .? a) Memotong tali pusat b) Memandikan c) Menghisap lendir . A P3A0G0 Telah melahirkan 5 hari yang lalu di tolong oleh dukun. hasil pemeriksaan : Tekanan darah 90/60 mmhg .BBL 2900 Gram .bayi tersebut dilakukan rasangan dengan menggosok punggung .? a) Polio b) Polio dan DPT c) Cara penyutikan d) Tempat penyutikan e) DPT 26. pada malam harinya bayi A menglami demam tinggi ( suhu 38. Demam tinggi dari bayi A merupakan efek samping dari .setelah mendapat imunisasi . panjang 52 cm. N 110 x/menit dan teraba kecil. gerakan aktif . Factor predisposisi yang berkaitan dengan kasus Ny. bidan memberikan imunisasi DPT 1 dan polio 3 ..RR 22 X/menit. tangan.5 c ). Bayi menangis kuat . Ny. dan kaki dengan lembut . yang di maksud dengan ransangan tersebut adalah …? a) Rangsangan tonic neck b) Rangsangan taktil c) Rangsangan glabellar d) Rangsangan walking e) Rangsangan taktil dan walking 24. warna kulit merah. Ny. Seorang bayi lahir spontan dengan BB 2600 gram PB 48 cm . E Baru saja melahirkan di BPS .E Adalah…. TFU 1 jari bawah pusat .serta menyetil perlahan telapak kaki 1-2 kali . suhu 39 c. lochea purulent dan berbau . A adalah …? a) Persalina oleh dukun b) Factor keturunan c) Adanya sisa plasenta d) Multipara e) Umur 25. Bayi A usia 3 bulan di bawah kepuskesmas untuk mendapatakan imunisasi . c) Bayi dengan gangguan pencernaan d) Bayi dengan berat badan lahir rendah e) Bayi dengan sudden infant death syndrome 23. Penatalaksaan yang di lakukan segera terhadap bayi Ny. hasilnya di dapat penilaian APGAR SCORE bernilai 7.

? a) Peritonitis b) Salpingitis c) Endometritis d) Endometriosis e) Selulitis 30. factor penyebap kasus Ny. pada kasus tersebut Ny. Ny.plasenta sudah lahir lengkap . RR 22x/menit dan teraba kecil . I nifas hari ke 3 datang kepuskesmas . uterus membesar dan lochia berbauh .TFU 1 jari di bawah pusat lokhea purulent dan berbau . berdasarkan kasus di atas Ny N Kemungkinan mengalami …. d) Mengeringkan e) Inisiasi menyusui dini 27. Ibu H umur 24 tahun .hasil pemeriksaan TD 90/60 mmhg . suhu 39 c . suhu tubuh meningkat .? a) Kompresing bimanual eksterna b) Kompresing bimanual interna c) Mobilisasi dini d) Inisiasi menusui dini e) Perwatan payudara . membimbing ibu baru melahirkan keluar dari tempat tidurnya dan membimbingya berjalan 2 jam post partum sampai 8 jam post partum …. setelah di lakukan pemeriksaan ibu mengatakan perutnya nyeri . terdapat sisa plasenta dan selaput ketuban c) Kurangnya personal hygiene ibu post partum d) Anemia karena kehilangan darah banyak e) Inveksi luka perineum akibat lasersi atau episiotomy 28.kasus tersebut dapat terjadi dikarenkan…? a) Tertinggalnya sebagian plasenta b) Lamanya kontraksi otot rahim c) Terjadinya robekan jalan lahir d) Plasenta previa e) Lilitan tali pusat 29. N.I Adalah…? a) Uterus tidak berinvolusi sehingga lokhia berbau dan uterus membesar b) Lokhia tertahan oleh darah . I mengalamai endometritis .y N P3A0G0 Telah melahirkan 5 hari yang lalu di tolong oleh dukun . Salah satu asuhan di mana kebijakan untuk selekas mungkin . 6 jam pasca bersalin di BPS mawar mengatakan perutnya terasa lembek dan tidak mulas . namun saat dilakukan pemeriksaan oleh bidan di temukan pengeluaran darah dari jalan lahir +600 cc . tidak terdapat robekan jalan lahir . datang ke BPS Dengan keluhan badan terasa panas dan perut bagian bawah tersa nyeri .

penangan medic yang di berikan pada Ny. hasil pemeriksaan TD 100/80 mmhg .masalah Yang terjadi pada bayi R disebapkan oleh. Bayi R sudah mendapat imunisasi BCG 2 Hari yang lalu.? a) Lochea rubra b) Lochea serosa c) Lochea purulenta d) Lochea sanguinolenta e) Lochea alba 32. R umur 36 tahun post partum hari ke 3 datang ke bidan dengan keluhan badan tersa panas ... laserasi jalan lahir pada mukosa dan kulit perineum . Ny. Ny ..A adalah.? a) Normal b) Sedikit c) Kurang d) Banyak e) Abnormal 35. Lochea adalah cairan secret yang berasal dari hawam uteri dan vagina dalam masa nifas . laserasi jalan lahir pada mukosa dan kulit perineum . termaksut dalam lochea apakah jika bewarna merah kuning berisi darah dan lendir keluar pada hari ke 3-7 pasca persalinan. Kategori jumlah pendarahan yang terjadi pada Ny. Laserasi perineum pada Ny. hasil pemeriksaan secara umum dalam batas normal. Ny. R:20 x/menit .? a) Bayi tidak tahan dengan vaksin BCG b) Alergi terhadap vaksin c) Dosis vaksin telalu banyak . suhu 39 c.A adalah …? a) Tingkat 1 b) Tingkat 2 c) Tingkat 3 d) Tingkat 4 e) Totalis 34. merasa menggil .31.A Post partum hari ke 2 pendarahan sebanyak +300 cc . TFU pertengahan pusat dan simfisis . hasil pemeriksaan secara umum dalam batas normal.saat ini timbul bengkak dan merah pada tempat penyutikan .saat badan tidak panas nyeri pada perut bagian samping . R adalah …? a) Tirah berbaring b) Peningkatan vena ovarika c) Pemberian analgetik d) Pemberian antibodik e) Histerektomi 33. A post partum hari ke 2 pendarahan sebanyak +300 cc .

. Bayi A Lahir spontan 1 jam yang lalu . dengan usia kehamilan saat lahir 36 minggu . Ibu mengeluh mules-mules. 25 tahun melahirkan anak pertama 5 jam yang lalu di BPM mengatakan khawatir asi tidak cukup untuk kebutuhan bayinya hasil pemeriksaan TTV dalam batas normal keadaan umum baik Apakah konseling yang paling tepat pada ibu tersebut ? a. Suhu: 37. Pols: 82x/I. Seorang ibu. Hasil pemeriksaan tanda-tanda vital normal. Konseling tentang keadaan bayi c. usia 28 tahun. Proses apakah mules-mules yang dikeluhkan ibu pada kasus tersebut? a. . Konseling tentang pemberian susu tambahan 38. melahirkan anak pertama 2 jam yang lalu di BPM. gerak aktif . berat badan 2400 gram . Hasil pemeriksaan: TD: 110/70mmhg. Proses dari robek jalan lahir 39. dari hasil pemeriksaan tidak di temukan kelainan . melahirkan normal 4 hari yang laludatang ke BPM mengeluh payudara terasa berat. Proses dari jalan lahir e. Seorang ibu. pernapasan 60x/menit .? a) Dimandikan b) Pemberian oksigen c) Pemberian antibiotik d) Rawat gabung dengan ibunya e) Di rawat dalam indicator 37. Konseling tentang pemberian susu formula e. payudara keras dan bengkak. Proses laktasi c. lochea berwarna merah. usia 27 tahun.5⁰ C. pemberian ASI pada bayinya diajari oleh mertuanya. Konseling tentang keadaan ibu b. asuhan apa yang di berikan pada bayi A adalah. Konseling tentang pemberian Asi awal d. Proses sub involusio d. Proses involusio b. tampak putting susu teregang. jahitan perineum baik. panjang badan 48 cm . d) Penyutikan terlalu dalam e) Reaksi normal imunisasi BCG 36. . dan sedikit nyeri jika disentuh. RR: 20x/I. ASI keluar sedikit berwarna kekuningan. Seorang ibu. agak keras.

Perdarahan pervaginam b. BBL : 2400 gram. Postpartum dengan mastitis d.K dalam proses persalinan kala . Apakah rencana pemeriksaan yang dilakukan pada ibu? a. TFU. Plasenta lahir spontan lengkap. TFU.. PB : 50cm. satu jam yang lalu. PB : 48cm. TFU. Perdarahan Pervaginam. I fase laten b. Postpartum bendungan payudara 40. Kontraksi Uterus. Apa diagnosis yang tepat untuk bayi tersebut ? a. Bayi dengan berat badan lahir renda e. Bayi dengan gangguan perkembangan b. Ny.K menegeluh perutnya mules. II d. Saat ini Ny. Seorang ibu. ia merasa cukup cemas dengan keadaannya. Perdarahan Pervaginam c. Perdarahan Pervaginam. Bayi dengan gangguan pernapasan c. perdarahan sebanyak ± 300cc. PPV berwarna merah dan nyeri pada luka jahitan. laserasi jalan lahir pada mukosa dan kulit perineum. Bayi dengan sudden infant death syndrome . Perdarahan Pervaginam d. Bayi laki-laki umur 2 bulan lahir dengan prematur. Hasil pengkajian KU ibu baik. Perineum. Postpartum infeksi nifas b. I fase aktif c. K melahirkan anak pertama perempuan di BPS Ratna. Bayi dengan gangguan pencernaan d. umur 25 tahun. dan ibu ini pecandu rokok dan golongan ekonomi rendah. a. RR : 34 x/menit. Kontraksi Uterus. TFU. TD : 110/70 mmHg. dan pada posisi saat tidur bayi tengkurap padahal belum waktunya tengkurap dan pada saat diambil bayi sudah meninggal. IV 42. nadi : 76x/menit. Hasil pemeriksaan secara umum dalam batas normal. TFU 2 jari di bawah pusat.. Kontraksi Uterus. post partum hari ke-2. Apakah diagnosis dari kasus di atas? a. kontraksi teraba kuat. TTV. Kandung Kemih e. Ny. TFU. dan pasca persalinan usia ibu 20 tahun dan pendarahan. III e. BB : 3000 gram. Postpartum abses payudara e. Kandung Kemih 41. Postpartum 4 hari normal c.

Pemberian anti biotik d. TD 90/60 mmhg. Inversio uteri d.. Di rawat dalam incubator 44. Dan hasil pemeriksaan tidak di temukan kelainan. Apakah diagnosis pada kasus tersebut ? a. Kelainan pembekuan darah . a. Ruptur uteri c. gerak aktif. Atonia uteri b.. Pemberian oksigen c. berat badan 2400 gram. Rawat gabung dengan ibunya e. mengeluh merasa ada pengeluaran darah dari kemaluan. Bayi A lahir spontan 1 jam yang lalu. Asuhan apa yangdi berikan pada bayi A adalah. dengan usia kehamilan saat lahir 36 minggu. Retensio plasenta e.. Seorang ibu usia 23 tahun. melahirkan 2 jam yang lalu di klinik bidan. panjang badan 48 cm.43. Dimandikan b. Hasil pemeriksaan menunjukkan wajah pucat. pernafasan 60x/menit. uterus teraba lembek dan pendarahan lebih kurang 200 cc. lemah dan pandangan berkunang – kunang. TFU 1 jari dibawah pusat.