You are on page 1of 10

UNIVERSITAS INDONESIA

ANALISA KERUSAKAN TRANSFORMATOR DISTRIBUSI AREA
JAKARTA RAYA DAN TANGERANG

Proposal Skripsi

Diajukan untuk Permohonan Pengambilan Data di PT. PLN Distribusi
Jakarta Raya dan Tangerang

DARA AZKA

(1106071385)

FAKULTAS TEKNIK

PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO

DEPOK

2015

atau proteksi yang tidak bekerja dengan baik saat ada arus atau tegangan berlebih. Selain itu perbedaan beban yang terpasang di tiap fasa akan menimbulkan ketidakseimbangan pada sistem 3 fasa. Hal ini akan sangat berpengaruh pada terhentinya proses pengiriman daya listrik selama perbaikan gangguan yang terjadi. Ketidakseimbangan beban merupakan salah satu penyebab trafo pada sistem distribusi mengalami pemanasan berlebih sehingga trafo tersebut akan mengalami penurunan umur alat yang lama kelamaan akan menimbulkan gangguan dan kerusakan pada trafo.1 Latar Belakang Suatu sistem tenaga listrik harus dapat mengalirkan daya secara terus menerus dalam nilai yang selalu seimbang. Contoh beban penerangan. Penulis memilih untuk menganalisa penyebab gangguan pada trafo distribusi sehingga dapat dilakukan tindakan preventif kedepannya. kesalahan manusia (human error). BAB I PENDAHULUAN 1.hal ini terjadi karena beban listrik yang dipakai oleh konsumen banyak jenisnya dan daya yang digunakannya dan tidak dapat diatur kapan pemakaian alat alat listrik itu. Secara langsung kontinuitas dalam sistem tenaga listrik tidak terpenuhi lagi. dan apabila terdapat gangguan dapat kembali pada keadaan normalnya dalam waktu yang singkat. perlalatan-peralatan listrik atau motor-motor listrik. Namun pada kenyataannya beban listrik yang terpasang pada suatu sistem tersebut akan bervariasi nilainya sepanjang waktu. Banyak hal lainnya seperti adanya harmonisa pada sistem. Semua alasan penyebab ini memerlukan bukti dan analisa lebih lanjut untuk mengetahui penyebab apa sebenarnya yang mengakibatkan trafo pada sistem distribusi mengalami gangguan Trafo yang mengalami gangguan akan mengakibatkan perlunya pemadaman atau kerusakan yang lebih parah seperti terbakar rumah atau gardu. Namun ketidakseimbangan beban bukan satu-satunya penyebab gangguan pada trafo. Penulis memilih topik analisa gangguan yang terjadi pada trafo distribusi di Area . Untuk meningkatkan keandalan dari sistem tenaga listrik.

Bagaimana kerja trafo pada sistem distribusi dan akibat yang ditimbulkan apabila terjadi gangguan ? 2.Jakarta Raya dan Tangerang. Penulis dapat merumuskan masalah yang akan menjadi pokok . Apa saja yang dapat menyebabkan gangguan pada trafo distribusi? 3. Menganalisa akibat gangguan pada trafo distribusi 3. Apa saja yang dapat dilakukan sebagai tindakan preventif apabila gejala gangguan sudah diketahui? . Mempelajari gejala yang timbul dari berbagai kemungkinan penyebab gangguan pada trafo distribusi 4.pokok topik dalam pembahasan lebih mendalam pada laporan ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1. Metode yang digunakan untuk menganalisis gangguan ini salah satunya meninjau data real trafo yang mengalami gangguan dengan membandingkan dengan gejala-gejala yang ditimbulkan dari berbagai kemungkinan penyebab gangguan dan proses sampai terjadi gangguan.3 Rumusan Masalah Sesuai dengan judul laporan dan uraian diatas. Memberikan rekomendasi teknik-teknik tindakan preventif yang dapat dilakukan 1. 1.2 Tujuan Tujuan penulisan tugas akhir Skripsi yang hendak dicapai dalam pembahasan ini adalah sebagai berikut: 1. Mengerti fungsi transformato pada sistem distribusi 2.

Tindakan Preventif yang dapat dilakukan apabila timbul gejala dari penyebab gangguan yang sama pada poin d di masa mendatang . Menjadi validasi data kerusakan transformator distribusi yang meledak atau yang terdeteksi error oleh TTR 1. Untuk membatasi ruang lingkup dalam Seminar maka pembahasan masalah akan dibatasi sebagai berikut a.5 Manfaat dan Tujuan Penelitian Pembahasan mengenai kerusakan transformator distribusi mempunyai beberapa manfaat.1.6 Sistematika Penulisan . 1. Kinerja Trafo Distribusi b. Mengetahui pola gejala dan penyebab kerusakan transformator distribusi yang meledak atau terdeteksi error oleh TTR 2. Mendapatkan data lengkap transformator distribusi yang meledak atau terdeteksi error oleh TTR di Jakarta Raya dan Tangerang 3. diantaranya sebagai berikut : 1. Dengan mengetahui penyebab kerusakan transformator yang tipikal sehingga dapat melakukan langkah taktis atau tindakan preventif di masa mendatang Tujuan dilakukannya penelitian adalah sebagai berikut : 1. Kerusakan Transformator Distribusi wilayah PLN Jakarta Raya dan Tangerang yang meledak atau terdeteksi error oleh TTR d. Gangguan yang sering terjadi pada sistem distribusi dan trafo c. Penyebab Kerusakan Transformator Distribusi wilayah PLN Jakarta Raya dan Tangerang yang meledak atau terdeteksi error oleh TTR e.4 Batasan Masalah Permasalahan tentang “Analisa Kerusakan Transformator Distribusi di PLN Jakarta Raya dan Tangerang” dirasakan terlalu luas. Mengetahui kasus kerusakan transformator distribusi yang terjadi di area Jakarta Raya dan Tangerang 2.

dan metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini berikut tata penulisan. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA 2. Dalam seminar ini akan dijelaskan mengenai latar belakang pengambilan judul “Analisa Kerusakan Transformator Distribusi di Area Jakarta Raya dan Tangerang” pada bab Pendahuluan. Bab ini akan menjadi acuan atau perbandingan terhadap hasil analisa yang dilakukan. prinsip kerja trafo distribusi. Pada bab ini akan dijelaskan analisa penyebab kerusakan yang terjadi pada trafo distribusi yang mengalami gangguan. Dalam bab ini mencangkup pembahasan seperti pengertian trafo distribusi. Pada bab Pendahuluan ini juga terdapat penjelasan tentang permasalahan. Kemudian pada bab selanjutnya membahas tentang trafo distribusi yang mana akan menjadi dasar teori yang akan digunakan pada seminar ini. Pada bab terakhir menjelaskan kesimpulan yang bisa diambil dari hasil analisa dan saran yang dapat diberikan jika terjadi gangguan pada trafo distribusi agar penanganannya lebih efektif dan efisien untuk meningkatkan mutu dari sistem.1 Sistem Distribusi . Pada Bab ke-tiga masih termasuk bagian dari dasar teori yang akan digunakan pada seminar ini. pengaruh kinerja trafo pada sistem distribusi. Bab Gangguan Pada Sistem Distribusi akan menjelaskan gangguan yang sering terjadi pada trafo distribusi. batasan masalah. komponen penyusun trafo distribusi serta parameter dari kualitas komponen-komponen tersebut yang menentukan baiknya kondisi suatu trafo distribusi. Bab utama pembahasan skripsi ini berada dalam bahasan Analisa Data.

Bodi atau tangki transformator 5. dan sistem distribusi. Sistem pembangkitan merupakan bagian yang menghasilkan sumber listrik. Untuk melakukan prinsip kerja transformator distribusi terdiri dari beberapa komponen yaitu: 1. Trafo distribusi digunakan untuk menurunkan tegangan dari penyulang utama yaitu 20 kV menjadi tegangan rendah 220 V yang langsung dipakai oleh pelanggan. system transmisi merupakan bagian dimana listrik tegangan tinggi dialirkan dari pembangkit utama ke beban atau system distribusi. sistem transmisi. Transformator Distribusi. Pemutus Beban Transformator. yaitu sistem pembangkitan. Sistem tenaga listrik dapat dikelompokan dalam 3 bagian utama. Transformator dapat memindahkan dan mengubah nilai tegangan dan arus bolak balik dari satu tingkat ke tingkat yang lain melalui gandengan magnet dan berdasarkan prinsip induksi elektromagnet. Tap Changer . sedangkan system distribusi merupakan bagian dimana listrik telah mendekati beban dan siap dikonsumsi. Bushing 6. inti besi 2.2 Transformator Distribusi Transformator Distribusi merupakan suatu komponen yang sangat penting dalam penyaluran tenaga listrik dari gardu distribusi ke konsumen. Kubikel Tegangan Menengah. dan Sistem Pentanahan. Kumparan Primer dan Kumparan Sekunder 3. Minyak transformator 4. Dalam siste Distribusi ada komponen yang saling terhubung satu sama lain yaitu Rak Tegangan Rendah. 2.

7.1 Pelaksanaan .Peralatan Pengaman 2.3 Gangguan pada Sistem Distribusi Dalam operasi sistem tenaga listrik sering terjadi gangguan – gangguan yang dapat mengakibatkan terganggunya penyaluran tenaga listrik ke konsumen. Gangguan hubung singkat 3. Gangguan adalah penghalang dari suatu sistem yang sedang beroperasi atau suatu keadaan dari sistem penyaluran tenaga listrik yang menyimpang dari kondisi normal. Gangguan yang biasa terjadi pada transformator distribusi diantaranya: 1. Indikator Transformator 9. Gangguan sambaran petir 2. Breather 8. Gangguan yang tidak diketahui gejalanya sehingga menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada komponen distribusi. Human error BAB III WAKTU DAN PELAKSANAAN 3. Kegagalan minyak transformator 4.

16424 Telp : (021) 7270078 (021) 78885588 3. PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang 3.3 RencanaPenelitian Bulan Tahun Tahun 2015 Kegiatan 2014 Nov Des Jan Feb Mar Apr Mei Juni Juli Studi Literatur Pengajuan Proporsal Pengambilan Data Pengolahan Data Analisis Pembuatan Laporan SidangSkripsi BAB IV METODOLOGI PENELITIAN Metode yang digunakan dalam pembuatan Proyek Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut : .Maret 2015 Tempat : PT.2 Alamat Surat Adapun alamat untuk surat jawaban pengambilan data untuk skripsi adalah Administrasi Departemen Teknik Elektro Kampus Baru UI Depok Depok. Pelaksanaan pengambilan data ini sangat diharapkan dapat berlangsung pada : Periode : Februari .

4. 3. Studi Literatur Metode literature digunakan untuk memperoleh informasi serta dasar teori yang diperoleh dari buku. Metode diskusi Metode ini dilakukan dengan rekan-rekan sesame mahasiswa guna mendapatkan masukan sekaligus koreksi dan pembanding. 5. Wawancara/ Konsultasi Metode wawancara dilakukan untuk menambah masukan serta tambahan pengetahuan dari dosen pembimbing dan pihak lain yang berpengalaman dalam bidang yang terkait. majalah elektronik yaitu sebagai studi pustaka yang akan mendukung pembuatan tugas akhir. internet. Metode analisis Metode analisis digunakan untuk menganalisis data dan menghitung data yang diperoleh. 2. Lampiran Adapun data yang diperlukan untuk mendukung tugas akhir ini adalah sebagai berikut :  Data Transformator Distribusi yang meledak atau terdeteksi error oleh TTR dari 4 Gardu berbeda . 1. Studi Lapangan (Observasi) Metode studi lapangan digunakan untuk memperoleh informasi dan data- data dari hasil pengamatan atau kejadian yang dapat mendukung dalam pembuatan tugas akhir.

.  Data Pengukuran Beban masing-masing Transformator yang mengalami kerusakan 3 bulan sebelum terjadinya kerusakan  Data kelengkapan pendukung lainnya tentang peristiwa sesaat sebelum transformator menglami kerusakan  Jadwal Pemeliharaan transformator  SOP Pemeliharaan transformator Demikian data yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas akhir skripsi ini.