You are on page 1of 18

SOAL KASUS PERSALINAN DAN BBL

1. Seorang ibu melahirkan 1 jam yang lalu di BPS, usia kehamilan 36 minggu, BB :
2.800 gram, PB : 48 cm, bergerak aktif, warna kulit kemerahan, RR : 48x/menit,
Nadi : 130x/menit, suhu : 360C.

Apa diagnosa yang tepat pada Bayi Baru Lahir tersebut ?
a. BBL normal
b. BBL dengan Asfiksia
c. BBL dengan Hipotermi
d. BBL dengan lebih muda
e. BBL dengan infeksi

2. Ny. Y umur 27 tahun melahirkan anak kedua 2 menit yang lalu,plasenta belum
lahir.terdapat semburan darah tiba-tiba dari jalan lahir ,kontraksi uterus baik.TFU 2
jari di atas pusat.

Asuhan yang di lakukan bidan pada Ny.Y Setelah kelahiran anak pertama pada kasus
di atas adalah...
a.meregangkan tali pusat
b.menyuntikkan oksitosin
c.melakukan masase uterus
d.melakukan manual plasenta
e.cek kemungkinan adanya janin kedua

3. Ny. H umur 24 tahun melahirkan anak pertama 2 menit yang lalu. Plasenta belum
lahir. Terdapat semburan darah tiba-tiba dari jalan lahir, kontraksi uterus baik. TFU 2
jari diatas pusat.

Semburan darah yang dialami Ny. H disebabkan karena...
a. Inversio uteri
b. Perlukaan jalan lahir
c. Lepasnya insersi plasenta
d. Adanya sisa selaput ketuban
e. Robekan pada dinding uterus

4. Ny. L datang ke posyandu tanggal 07 Januari 2014. Lisa lahir tanggal 01 Agustus
2013 di BPS dengan berat badan lahir 3125 gram, panjang badan51 cm.

Asuhan nutrisi apa yang diberikan untuk lisa adalah...

TD : 110/70 mmhg. K melahirkan anak pertama perempuan di BPS Ratna. P: 46cm. Hasil pengkajian KU ibu baik. Mencukur rambut pubis d. PPV berwarna merah dan nyeri pada luka jahitan. Hasil pemeriksaan dalam didapatkan pembukaan 8 cm. Plansenta lahir spontan lengkap.BB 3000 gram. Menganjurkan ibu tidur terlentang 7. Memecahkan ketuban  Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir  26 c. penurunan kepala masuk panggul diantara tepi bawah simphisis dan spina ischiadica. Bayi “B” lahir prematur di BPS dengan usia kehamilan 35 minggu. Bubur nasi + bubur susu 5.satu jam yang lalu. kontraksi teraba keras. Asfiksia neonatorum berat E. KK +. Bubur nasi + asi d. Apa diagnosa pada bayi tersebut ? A. . Ny. Ny k mengeluh perut mules.. Menganjurkan mobilisasi e. Nasi lembek + asi e. Asi ekslusif b. RR: 20x/menit dan APGAR score 4-6. BB: 2400 gram. a. Asfiksia neonatorum ringan C. Asuhan yang dapat diberikan pada perempuan tersebut adalah . Dan pada saat persalinan air ketuban bercampur dengan mekonium. nadi : 76x/menit. Bubur susu + asi c. Mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori b.00 WIB disertai lendir darah.ia merasa cemas dengan keadaannya.. Asfiksia B. a. TFU 2 jari di bawah pusat. Gangguan pernapasan 6.00 WIB dengan keluhan keluar keringat dingin dan kenceng-kenceng teratur sejak pukul 05. Seorang perempuan berumur 30 tahun hamil 38 minggu datang ke BPS pada pukul 07. PB 50 cm. Asfiksia neonatorum sedang D.

Namun kadang terpaksa dilakukan juga apabila kondisi ibu dan anak sangat tidak baik. berat badan 2400 gram..60 menit .. l fase laten b. Seperti saat terjadi keracunan kehamilan. Pemberian Oksigen c. Bayi R lahir spontan 1 jam yang lalu. Dari hasil pemeriksaan tidak di temukan kelainan. Persalinan air 10. Rawat gabung dengan ibunya 9. Dirawat dalam inkubator e.. Asuhan apa yang harus diberikan pada bayi R adalah...45 menit d. pernafasan 40 x/menit....00 WIB bayi belum lahir DJJ 140x/menit kontraksi uterus 3x dalam 10 menit..lama 40 detik ku ibu baik Sesuai dengan kasus diatas batasan toleransi waktu yang masih dimiliki bidan untuk menolong persalinan adalah a. a.. dengan usia kehamilan saat lahir 36 minggu. gerakan aktif. lll e... K dalam proses persalinan kala ? a. lV 8.... l fase aktif c.A G1PoAo mau melahirkan sudah dipimpin mengedan dari pukul 09. Persalinan caesar e. Dimandikan b. ll d. panjang badan 48 cm. Persalinan forsep b. a. Jenis persalinan ini disebut..asma. Ny. Persalinan normal d. Persalinan vakum c.atau penyakit jantung. Saat ini ny..00 WIB hingga pukul 10.. Pemberian antibiotik d.Dimana relatif lebih beresiko dan lebih sulit dilakukan.15 menit b. Jenis persalinan yang di bantu dengan alat bantu persalinan yang terbuat dari logam menyerupai sendok.30 menit c..

. hamil pertama.lama 45 detik. hamil kedua melahirkan hidup 1 kali. Diagnosa yang tepat untuk perempuan tersebut adalah . Inpartu kala 1 tali pusat terkemuka d. kepala sudah masuk 3/5. KK (-). Seorang perempuan berumur 27 tahun. Inpartu kala 1 fase aktif memanjang 2. Hasil pemeriksaan KU baik.. TD 120/80 mmhg. hasil VT pembukaan 8 cm. Inpartu kala 1 tali pusat menumbung e. a. TFU 2 jari diatas pusat Asuhan segera yang dilakukan Bidanpada Ny. presentasi kepala. RR 20x/menit. H umur 24 tahun melahirkan anak pertama 2 menit yang lalu.90 menit 11.00 WIB.mengeluarkan cairan warna jernih jam 09. Diagnosa yang tepat untuk kasus di atas adalah. Inpartu kala II fase laten . DJJ : 146 x/menit..his 3x dalam 10 menit. Ny.datang ke BPS pada jam 10. punggung kanan. kontraksi uterus baik.00 WIB.DJJ 144x/menit...... suhu 36°c. PD : Pembukaan 5 cm.Menyuntikkan oksitosin C. nadi 88x/menit.Meregangkan tali pusat B. e.. Inpartu kala 1 fisiologis c. Plasenta belum lahir. KK (+).00 WIB untuk bersalinan. Inpartu kala 1 KPD b. H setelah kelahiran anak pertama adalah A. N : 84 x/menit. kontraksi : 3x/10 menit. RR : TFU 27 cm. teraba tali pusat di samping kepala.. Terdapat semburan darah tiba-tiba dari jalan lahir.. Ny.ibu mengatakan kencing-kencing sejak jam 07.Melakukan masase uterus D. durasi 30 detik. a. N umur 35 tahun. belum pernah melahirkan dan keguguran datang ke bidan praktek swasta merasa kenceng-kenceng hasil pemeriksaan didapatkan : TD: 120/80 mmHg.Melakukan manual plasenta E.Cek kemungkinan adanya janin kedua 12.

keadaan waktu lahir menangis dengan kuat.. a. Menganjurkan tidur miring kanan d. H IV 4. Mencukur rambut pubis c. Shepia) mengalami robekan jalan lahir sampai dengan otot perineum. Seorang perempuan berumur 30 tahun baru saja melahirkan anak pertama tanggal 17 Juli 2007 jam 13. Menganjurkan banyak makan b. H III + d.00 WIB.. Asuhan kebidanan yang tepat pada perempuan tersebut adalah . H I – II b. a. Laserasi Derajat 1 b. berat badan 3900 gram. Laserasi Derajat 3 d. H III – IV e. e. Inpartu kala II aktif akselerasi d. Laserasi Derajat 4 e. Laserasi Derajat 2 c. Berkaitan dengan kasus soal nomor 1 diatas. Perempuan tersebut (Ny. Memberikan dukungan emosional 5.. H I – III c.. b. Plasenta dan selaput ketuban lahir lengkap dan sudah dilakukan massage. perkiraan penurunan kepala janin berada di . Inpartu kala I fase aktif deselarasi 3. Inpartu kala II fase laten maximal c. Inpartu kala I fase aktif dilatasi maximal.  Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir  25 Diagnosa pada perempuan tersebut yang tepat adalah kala IV dengan … a. Menganjurkan tidur miring kiri e. jenis kelamin perempuan. Laserasi Derajat 5 .

Mengukur TFU c. Seorang perempuan berumur 30 tahun hamil 38 minggu datang ke BPS pada pukul 07.. Adanya kenceng-kenceng teratur d.00 WIB dengan keluhan keluar keringat dingin dan kenceng-kenceng teratur sejak pukul 05.. Mengosongkan kandungan kemih e. Perawatan BBL e. Asuhan yang dapat diberikan pada perempuan tersebut adalah . Seorang perempuan berumur 30 tahun hamil 38 minggu datang ke BPS pada pukul 07. Hasil pemeriksaaan fisik 9.. Data focus yanga dapat mendukung ibu dalam proses . Menyuntik oksitosin 8. Menjahit laserasi b. KK +.00 WIB dengan keluhan keluar keringat dingin dan kenceng-kenceng teratur sejak pukul 05. Evaluasi yang dilakukan bidan sebelum melakukan penjahitan luka jalan lahir adalah a. Hasil pemeriksaan dalam didapatkan pembukaan 8 cm. Mengukur tekanan darah ibu d.6.00 WIB disertai lendir darah. Memberikan kompres pada kandung kemih 7.. KK +. Hasil anamnesa c. Indentifikasi laserasi b. a.00 WIB disertai lendir darah. Melakukan masase uterus c. penurunan kepala masuk panggul diantara tepi bawah simphisis dan spina ischiadica. Mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori . Keluar keringat dingin e. penurunan kepala masuk panggul diantara tepi bawah simphisis dan spina ischiadica. Asuhan segera yang dilakukan oleh bidan pada perempuan di soal no 4 adalah .. a.. Memeriksa placenta d. Hasil pemeriksaan dalam didapatkan pembukaan 8 cm. Dilatasi cervik b. a.

nadi 77x/menit. Perempuan tersebut (Ny Hani) mengeluh perutnya mules dan masih mengeluarkan darah. Melakukan bonding attachment  12.. BB 3200 gr.. Berdasarkan hasil pengkajian di temukan KU ibu baik. Proses pengeluaran plasenta sampai 2 jam persalinan e. plasenta dan selaput ketuban keluar dari uterus ibu 13..Persalinan disebut juga dengan. Asuhan yang dapat dilakukan pada kala IV persalinan adalah . a. Mulainya persalinan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang memegang peranan penting. Melakukan penjahitan luka jalan lahir c. a. b. kontraksi uterus baik. . a. Menganjurkan ibu tidur terlentang 10. Proses mulai perut mulas sampai dengan bayi lahir d. Persalinan kala I fase latent c. Mengosongkan kandungan kemih e. Memecahkan ketuban  Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir  26 c. Melakukan masase uterus b. Mencukur rambut pubis d. Persalinan kala I fase aktif b. 110/70 mmhg. Di bawah ini faktor mana yang mempengaruhi mulainya persalinan…. Menganjurkan mobilisasi e. TFU 2 jari dibawah pusat. sehingga ia merasakan cemas dengan keadaannya. plasenta lahir spontan lengkap. Persalinan kala II d. Seorang perempuan habis melahirkan anak pertama 1 jam yang lalu bayi lahir spontan.. Mengukur tekanan darah d.. Persalinan kala IV 11. Persalinan kala III e. Proses pembukaan 1-10 cm b.. PB 48 cm dan jenis kelamin perempuan. Diagnosa yang dapat ditegakkan . Proses pengeluaran bayi.. Proses yang terjadi setelah 2 jam persalinan c.

Turun dan masuknya kepala janin ke bidang PAP secara berurutan meliputi… a. ekstensi. Penyesuaian diri janin dengan ibu d. asinklitismus posterior d. maka tahapan persalinan yang benar sesuai dengan teori adalah… a.Diketahui ibu dalam masa persalinan. c. Pengeluaran bayi dan plasenta 15. asinklitismus. putar paksi luar. asinklitismus anterior. ekstensi. Penurunan kadar progesterone (teori oxytosin)  Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir  9 14. Ainklitismus. fleksi. ekstensi. Asinklitismus posterior. Terjadinya proses persalinan e. putar paksi dalam. sinklitismus. Sinklitismus. b. fleksi. . Sinklitismus. putar paksi dalam. putar paksi luar. Penekanan kepala janin pada servik c. putar paksi luar. Penurunan kepala janin pada proses persalinan b. asinklitismus posterior. asinklitismus posterior. Adanya nyeri hebat yang dirasakan oleh ibu e. putar paksi dalam. asinklitismus anterior e. Masuknya nutrisi ibu pada saat bersalin d. Sinklitismus. merupakan mekanisme… a. asinklitismus posterior c. putar paksi dalam. fleksi. Sinklitismus. fleksi. putar paksi luar.a. bidan harus mengetahui tahapan persalinan. sinklitismus. Sinklitismus. sinklitismus 16. ekstensi. Saat dipimpin meneran oleh bidan. asinklitismus. asinklitismus. asinklitismus anterior b. Asinklitismus anterior. Dalam melakukan pertolongan persalinan. Adanya sakit perut b. Asinklitismus anterior. sinklitismus. Adanya penipisan servik c.

17. Rasa nyeri yang tetap walaupun beraktivitas 20. Pada saat ibu bersalin kebingungan dalam menghadapi proses persalinan maka sikap bidan yang tepat adalah . Penurunan kepala janin pada pintu atas panggul pada minggu ke 36 c. Effacement dan dilatasi serviks yang lengkap. Adanya nyeri yang terus menerus di pinggang bawah e. Keluarnya lendir bercampur darah sShow) melalui vagina c. a.. a. putar paksi luar. Diameter meningkat dari 1 cm sampai dilatasi lengkap.. Adanya Lightening menjelang minggu ke 36  Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir  10 b.Tanda tanda persalinan adalah . Tujuan memberikan asuhan kebidanan pada ibu bersalin adalah… a. e.. ekstensi. putar paksi dalam. d. Asinklitismus. . Asinklitismus.ekstensi. Melaksanakan 3 bersih dalam asuhan persalinan b. Adanya nyeri ringan yang tidak teratur d. d. 19... sinklitismus.. Memelihara kesejahteraan ibu dan janin c. Memenuhi standar asuhan persalinan d. Adanya kontraksi uterus yang involuter. fleksi. putar paksi dalam. sinklitismus. Kontraksi uterus frekuensi maksimal 2 kali dalam 10 menit e. fleksi. putar paksi luar. Mempercepat proses persalinan e. b. Menunjukkan perhatian bidan 18.Tanda tanda persalinan sudah dekat adalah .

TFU 2 .A. Hasil pengkajian KU ibu baik. letak kepala dengan inpartu kala 1 fase laten d. hidup intra uterine.. nadi : 76 x / mnt. kontraksi teraba keras. hidup intra uterine. hidup intra uterine.. BBL 2900 gram. Mendukung ibu dan keluarganya secara fisik dan emosional selama persalinan dan kelahiran b. panjang 52 cm. maka diagnose yang tepat adalah… a. letak kepala dengan inpartu kala 1 fase laten b. Mengeringkan 23. G1P0A0 UK 38 minggu. Memandikan b. bayi menangis kuat. IMD e. dengan kontraksi Braxton hicks c. janin tunggal. janin tunggal. TD :110/70 mmHg. G1P0A0 UK 38 minggu. Menghisap lendir c. Berdasarkan peristiwa di atas. janin tunggal. BB 3000 gram. Penatalaksanaa yang dilakukan segera terhadap bayi NY. dengan intervensi minimal. G1P0A0 UK 38 minggu.E adalah . K melahirkan anak pertama perempuan di BPS Ratna. Memberikan asuhan yang akurat kepada ibu. gerakan aktif. Memperkecil resiko infeksi dengan melaksanakan pencegahan infeksi yang aman 21. . sesuai dengan tahap persalinannya e. letak kepala dengan inpartu kala 1 fase aktif e. Plasenta lahir spontan lengkap. a. PB 50 cm. Memotong tali pusat d. Ny.B C Dan D Semua benar 22. G1P0A0 UK 38 minggu. satu jam yang lalu.E baru saja melahirkan di BPS. a. Selalu memberitahukan pada ibu dan keluarganya mengenai kemajuan. Mendampingi ibu setiap saat tanpa harus pendampingan keluarga d. adanya penyulit maupun intervensi yang akan dilakukan dalam persalinan c. warna kulit meraj. letak kepala. Ny. janin tunggal.. hidup intra uterine.

. Melakukan manual plasenta E. K sesuai dengan keadaannya .. Melakukan masase uterus D. kontraksi uterus baik. T adalah .kepala turun H III. Ny.mengatakan kencing-kencing teratur. Melakukan bounding attachment 24.30 WIB. Asuhan segera yang dilakukan Bidan pada Ny. Posisi yang tepat untuk membantu penurunan kepala janin pada kasus Ny. DJJ 140 kali/menit. Plasenta belum lahir. H umur 24 tahun melahirkan anak pertama 2 menit yang lalu. Menungging E. Litotomi B. A.Ia merasa cemas dengan keadaannya. A.. Menyuntikkan oksitosin C. Ny. Ny K mengeluh perut mules. jari di bawah pusat. Cek kemungkinan adanya janin kedua 25. Miring kanan .. his 3 kali/10 menit lamanya 45 detik. Berdiri D. Terdapat semburan darah tiba-tiba dari jalan lahir. Memasang tampon vagina D. Hasil VT: pembukaan lengkap. Terlentang C. T GIII PI AI datang ke bidan jam 11. ketuban masih utuh .. Memasang gurita B. H setelah kelahiran anak pertama adalah A. Melakukan masase uterus C. ibu belum ada keinginan meneran . TFU 2 jari diatas pusat. Asuhaan apa yang akan diberikan untuk bayi Ny. Meregangkan tali pusat B. PPV berwarna merah dan nyeri pada luka jahitan.. Menduduki sesuatu yang hangat E.

Post matur . ppv lendir darah. Candra sudah jam 6 yang lalu melahirkan anak yang pertama. kepala hodge II +. BB 2400 gram PB 48 cm RR 40 x/menit. A. dengan usia kehamilan saat lahir 36 minggu. Ny. nadi 80 x/menit. Candra saat itu adalah … A. Keluhan kencing-kencing sejak jam 04.. suhu 37. A.C benar 28.00 wib.26. Post partum blues E. Taking hold D. Observasi DJJ 1 jam lagi B. presentasi kepala. tidak mau melihat bayinya dan menyatakan ingin tidur. sutura merapat. Pecah kulit ketuban agar pembukaan cepat lengkap 27. Serotinus E. punggung kanan. Matur B.8 C . Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan kelainan.00 wib. Ny. Observasi suhu badan 4 jam lagi C. Sebelumnya dilakukan pemeriksaan tekanan darah 110/80 mmHg.. Hasil pemeriksaan: TFU 29 cm. DJJ 132 kali/menit teratur.. Prematur D.. Candra berusia 20 tahun dirawat di rumah sakit tempat anda bekerja. Taking go C. ketuban utuh. his 3 kali/ 10 menit. Dismatur C. Observasi kontraksi uterus 1 jam lagi E. aktif. Dilihat dari usia kehamilan dan berat badan lahir bayi R termasuk dalam kategori . Lakukan pemeriksaan VT 4 jam lagi D. VT pembukaan 6 cm. G 23 tahun GII PI A0 hamil aterm datang ke tempat bidan pada jam 08. suhu 36. Rencana asuhan kebidanan pada Ny. Taking in B. Adaptasi psikologis Ny. Kondisi Ny Candra masih tampak lemah setelah melahirkan. pernafasan 18x/menit. A. G adalah ..B.5°C. Bayi R lahir spontan 1 jam yang lalu. Ny.

BB sekarang 3000 gram. 10 hari E. bayi dengan SIDS b. dan posisi pada saat tidur bayi tengkurap dan pada saat di ambil bayi sudah meninggal apakah diagnosa yang tepat untuk bayi tersebut ? a. Penurunan BB bayi B akan pulih dalam waktu …. Bayi denga gangguan perkembangan c. H III + . f. PB: 48 cm.800 gram. Seorang perempuan melahirkan anak pertama 1 jam yang lalu di BPS. Bayi B umur 3 hari. Berkaitan dengan kasus soal nomor 1 diatas. Bayi dengan BBLR 32.. perkiraan penurunan kepala janin berada di .5 C Apa diagnosa yang tepat pada Bayi Baru Lahir tersebut ? A. 2400 gram. H I – III g. Bayi dengan gangguan pernapasa d. Bayi menetek kuat. tali pusat tidak ada tanda-tanda infeksi. Bayi prematur e. 20 hari 30.29. warna kulit kemerahan. Suhu 36. dan pada paska persalinan usia ibu 20 tahun dan perdarahan. P. A. 6 hari C. dan ibu ini kecandu rorkok dan golongan ekonomi rendah. usia kehamilan 40 minggu. 5 hari B. 8 hari D. BBL. bergerak aktif. BBL 3100 gram. bayi perempuan umur 2 bulan lahir dengan prematur. BBL Dengan Hipotermia D. BBL DenganAsfiksia C. Nadi 130 X/ menit. BBl Dengan Infeksi 31. BB 2.. 48 cm RR: 34/menit. BBL Normal B. BBL Dengan Bayi Lebih bulan E.

plasenta dan ketuban lahir lengkap dan sudah dilakukan massage perempuan tersebut (Ny. H umur 24 tahun melahirkan anak pertama 2 menit yang lalu. Shepia) mengalami robekan jalan lahir sampai dengan otot perineum asuhan kebidanan persalinan dan bayi baru lahir 25 diagnosa pada perempuan tersebut yang tepat adalah kala IV dengan. BB : 2700 gram. Seorang perempuan berumur 30 tahun baru saja melahirkan anak pertama tanggal 17 juli 2007 jam 13. Dari hasil pemeriksaan tidak ada kelainan. RR : 40x/menit dengan usia kehamilan saat lahir 37 minggu. H disebabkan karena .. Semburan darah yang dialami Ny. Terdapat semburan darah tiba-tiba dari jalan lahir. Robekan pada dinding uterus 35. Postmaturus e. PB : 48cm. presipatatus 34. h. Laserasi derajat 1 b.. seorang ibu melahirkan bayi secara spontan bayi menangis kuat. Dari data diatas usia kehamilan dan bayi tersebut termaksud dalam kategori ? a. Ny. TFU 2 jari diatas pusat. Perlukaan jalan lahir C. Prematur b. Lepasnya insersi plasenta D. Inversio uteri B.. Matures d. Adanya sisa selaput ketuban E. Dismatur c.. Laserasi derajat 2 . H III – IV i. H IV 33. A. kontraksi uterus baik. Plasenta belum lahir..00 WIB. a. jenis kelamin perempuan berat badan 3900 gram keadaan waktu menangis dengan kuat.

Seorang perempuan 27 tahun G1P0A0 datang kebidan praktek swasta dengan keluhan kencing-kencing. kontraksi : 3x/10 menit. Hasil pemeriksaan dalam di dapatkan pembukaan 8 cm. Laserasi derajat 5 36. 84x/menit. Laserasi derajat 3 d. DJJ : 146x/menit. KK (+) penurunan kepala masuk panggul antara tepi bawah simphisis dan spina ischiadica. presentase kepala. punggung kanan.c. KK (+). Diagnosa yang tepat untuk pemeriksaan tersebut adalah. H umur 24 tahun melahirkan anak pertama 2 menit yang lalu.. inpartu kala II masa laten b. Melakukan manual plasenta E. a. Pada pemeriksaan didapatkan : TD : 120/80 mmHg. Mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori b. Menyuntikkan oksitosin C.. Cek kemungkinan adanya janin kedua 37.. Melakukan masase uterus D.. TFU 2 jari diatas pusat. kepala sudah masuk 3/5. a. Memecahkan ketuban . durasi 30 detik. Plasenta belum lahir. H setelah kelahiran anak pertama adalah A. Asuhan segera yang dilakukan Bidan pada Ny. inpartu kala I fase aktif deselerasi 37. TFU 27cm. inpartu kala II masa laten maternal c. kontraksi uterus baik. Pemeriksaan dalam : Pembukaan 5 cm. inpartu kala I fase aktif dilatasi maximal e. Laserasi derajat 4 e. seorang perempuan 27 tahun hamil 38 minggu datang ke BPS pada pukul 07:00 WIB dengan keluhan keringat dingin dan kejang-kejang teratur sejak pukul 05:00 WIB disertai lendir darah. Terdapat semburan darah tiba-tiba dari jalan lahir. inpartu kala II aktif akselarasi d. N. Ny. Meregangkan tali pusat B. Asuhan yang dapat diberikan pada perempuat tersebut adalah.

TFU 2 jari di atas pusat. sehingga ia merasakan cemas dengan keadaannya. Y umur 27 tahun melahirkan anak kedua 2 menit yang lalu.terdapat semburan darah tiba-tiba dari jalan lahir .cek kemungkinan adanya janin kedua e. H III + c. HIII-IV . Persalinan kala I fase latent h. Berkaitan dengan kasus soal nomor 1 diatas. Seorang perempuan habis melahirkan anak pertama 1 jam yang lalu bayi lahir spontan. a. Manganjurkan mobilisasi e. TFU 2 jari dibawah pusat. plasenta lahir spontan lengkap.. menyuntikkan oksitosin 40. a. Persalinan kala IV 39. nadi 77x/menit. Persalinan kala III j. H IV b..melakukan masase uterus c. Persalinan kala I fase aktif g. Diagnosa yang dapat ditegakkan ..c. f. Asuhan yang di lakukan bidan pada Ny. Persalinan kala II i. Mencukur rambut pubis d. kontraksi uterus baik. Ny.Y Setelah kelahiran anak kedua pada kasus di atas adalah.meregangkan tali pusat b. BB 3200 gr. 110/70 mmhg. Menganjurkan ibu tidur terlentang 38.plasenta belum lahir. Perempuan tersebut (Ny Hani) mengeluh perutnya mules dan masih mengeluarkan darah.kontraksi uterus baik. HI-III d..melakukan manual plasenta d.. PB 48 cm dan jenis kelamin perempuan. Berdasarkan hasil pengkajian di temukan KU ibu baik.. perkiraan penurunan kepala janin berada di .

. Memecahkan ketuban c. a. e. Mengomsumsi makanan tinggi kalori b. 10 hari b. presipatatus 42. Asuhan yang dapat di berikan pada perempuan tersebut adalah. Bayi menetek kuat. dismatur d. Menganjurkan mobilisasi e.00 WIB di sertai lendir darah. prematur c. 8 hari d. 6 hari c. Penurunan BB bayi B akan pulih dalam waktu …. BBL 3100 gram. seorang ibu melahirkan bayi secara spontan bayi menangis kuat. Bayi O umur 4 hari. penurunan kepala masuk panggul di antara tepi bawa simphisis dan spina ischiadica. H umur 24 tahun melahirkan anak pertama 2 menit yang lalu. PB : 49cm.... .00 WIB dengan keluhan keringan dingin dan kejang-kejang teratur sejak pukul 05. a.. Dari hasil pemeriksaan tidak ada kelainan. terdapat semburan darah tiba – tiba dari jalan lahir. NY. tali pusat tidak ada tanda-tanda infeksi. kontraksi uterus baik. Dari data diatas usia kehamilan dan bayi tersebut termaksud dalam kategori ? a. semua benar 41. BB sekarang 3000 gram. Asuhan segera yang di lakukan bidan pada Ny. Hasil pemeriksaan dalam di dapatkan pembukaan 8 cm. 5 hari e. Plasenta belum lahir. KK .. Mencukur rambut pubis d. H setelah kelahiran anak pertama adalah. dengan usia kehamilan 38 minggu datang ke BPS pada pukul 07. RR : 40x/menit dengan usia kehamilan saat lahir 37 minggu. 20 hari 43. TFU 2 jari diatas pusat. Seorang perempuan berumur 30 tahun. matures e. BB : 2900 gram. postmatur b. Menganjurkan ibu tidur terlentang 44.

a. Meregangkan tali pusat b. Menyuntikkan oksitosin c. Cek kemungkinan adanya janin kedua . Melakukan masase uterus d. Melakukan manual plasenta e.