You are on page 1of 7

Ms Acess Data

Disusun Oleh : Panji Arisandi

maka akan tampil seperti gambar dibawah – Untuk membuat tabel. silahkan pilih view lalu data sheet view . ketik file name dikolom file name lalu pilih create.Membuat File Data Basis dan Tabel – Aktifkan Microsoft Access. pilih view lalu pilih design view – Setelah tampil seperti gambar dibawah. setelah itu pilih blank database – Setelah memilih blank database. masukkan data sesuai keinginan dan pilih data type sesuai kebutuhan – Jika data yang sudah dimasukkan semua pilih save as untuk menyimpan data yang sudah dibuat – Untuk melihat data yang sudah kita buat.

5. lalu pilih create di menubar kemudian klik more forms kemudian pilih form wizard. dan inilah hasil dari form yang telah dibuat . 4. kemudian pilih layout columnar lalu klik nex 6. Siapkan data yang akan dibuat form dengan menggunakan Microsoft Access 2. Cara Membuat Form di Microsoft Access 1. Setelah selesai menginsert data yang akan dibuat lalu klik next. setelah itu pilih model style untuk form 7. 3. kemudian pilih data yang mana saja yang akan dimasukkan dengan mengklik panah seperti digambar.

Silahkan buka access serta database sobat. Pilih tabel yang ingin di jadikan query dan klik tombol Add. Kemudian masukkan nama field yang akan sobat bentuk menjadi query dengan mengerjakan perintah yang ada dalam QBE (Query By Example) yang terdapat di bagian bawah jendela lembar kerja design dari sebuah query dan mengaturnya. 4. pilih tab menu Create >> Query Design maka akan tampil tabel yang sudah pernah dibuat. Setelah berhasil membuat query selanjutnya silahkan di Save/simpan dengan memilih tombol Save atau File >> Save Object As dan namai query sesuai keinginan sobat dan klik OK . disini sobat bisa memasukkan beberapa tabel ke dalam query dari menu Add tadi. kemudian kalau tabelnya sudah dimasukkan baru klik tombol Close 3. seperti gambar berikut 2. Cara Membuat Query 1. Query yang sudah sobat buat dapat dijalankan/tampilkan hasilnya dengan memilih menu View >> Datasheet View sehingga hasilnya akan di tampilkan seperti ini 5.

Pilih tabel yang akan kita buat Report lalu masukkan semua Fieldnya. Cara Membuat Report 1. Klik Create lalu pilih Report Wizard 2. lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini 4.Klik Next Lalu lagi seperti dibawah ini 5. setelah itu klik Next 3. Klik Next lagiSetelah itu pilih Layout dan Orientation untuk Report anda .

Setelah itu beri judul Report anda dan pilih Preview the Report untuk melihat hasil Report anda.6. Klik Next Pilih Style untuk Report anda 7. Klik Finish Dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini . Klik Next 8.