You are on page 1of 14

Pengertian Pasar Modal indonesia

Pasar modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan
perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta
lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.

Pasar modal bertindak sebagai penghubung antara para investor dengan perusahaan
ataupun intuisi pemerintahan melalui perdagangan instrumen keuangan jangka panjang
seperti Obligasi, Saham, dan lainnya.

Definisi pasar modal sesuai dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang
Pasar Modal (UUPM) adalah kegiatan yang bersangkutan dengan Penawaran Umum dan
perdagangan Efek, Perusahaan Publik yang berkaitan dengan Efek yang diterbitkannya, serta
lembaga dan profesi yang berkaitan dengan Efek.

Sistem Perdagangan Pasar Modal Indonesia

1. Sistem perdagangan efek di bursa regular Sistem perdagangan di bursa regular
dilaksanakan dalam 2 sistem,yaitu sistem kol dan system terus-menerus.
2. Sistem perdagangan Efek di Bursa Paralel Sistem perdagangan di bursa parallel
dilakukan dengan sistem terus-menerus. Masing –masing pembentuk pasar (market
maker) mempunyai papa tulis untuk tawar menawar dengan para pialang dengan
membentuk harga saham. Sistem perdagangannya terbagi dalam 5 (lima)
periode,dimana setiap periode terdiri dari 15 menit. Pelaksanaannya dilaksanakan
dengan ketentuan sebagai berikut.

 Pra-Periode, Perdagangan Adalah masa penyesuaian harga penawaran dan harga
pembelian bagi para pembentuk pasar. Periode ini dilaksanakan pukul 08.45-09.00
WIB.
 Periode Satu, Periode satu ini dilaksanakan berdasarkan daftar harga pedoman pada
poin a diatas yang tercatat dilantai informasi dan dilakukan oleh para wakil
pembentuk pasar beserta perantara perdagangan efek dan pedagang efek. Periode satu
ini dilaksanakan pukul 09.00-09.15 WIB.
 Periode Dua, Periode dua ini diawali dengan mencatatkan lagi harga penawaran dan
harga pembelian baru (bila ada ) pada papan daftar harga di lantai informasi. Periode
ini dilaksanakan pukul 09.15-09.30 WIB.
 Periode Tiga, Periode tiga ini prosedur perdagangannya sama dengan periode dua
diatas dan dilaksanakan pukul 09.30-09.45 WIB.
 Periode Empat, Periode empat ini,prosedur perdagangannya sama dengan periode dua
dan tiga serta diakhiri dengan penutupan. Pelaksanaannya pukul 09.45-10.00 WIB.
 Setiap kali menetapkan harga penawaran dan harga pembelian,pembentukan pasar
wajib menyerahkan slip harga tersebut kepada petugas lantai informasi yang
membubuhi paraf dan cap dari pembentukan pasar.

Investor dapat membuka rekening di Perusahaan Efek dengan cara mengisi dokumen- dokumen yang diperlukan. harus ada minimal investasi awal yang ditempatkan. biasanya Perusahaan Efek mewajibkan investor untuk menyetorkan sejumlah dana tertentu sebagai jaminan dalam proses penyelesaian transaksi Untuk transaksi Saham:  Transaksi diawali dengan memberikan perintah jual dan/atau perintah beli ke Perusahaan Efek. Faktor-faktor yang harus diperhatikan sebelum memilih Perusahaan Efek: a) Jika calon investor lebih ingin berinvestasi di saham-saham yang baru ditawarkan di Pasar Perdana. yaitu effecten.Mekanisme Transaksi Efek di Pasar Modal Penyebutan efek tersebut sesungguhnya berasal dari bahasa Belanda. Sebelum melakukan transaksi. Unit Penyertaan kontrak investasi kolektif.25 juta. investror harus terlebih dahulu menjadi nasabah di salah satu perusahaan efek yang menjadi anggota bursa. yang berbunyi sebagai berikut : Pasal 1 5 Efek adalah surat berharga . Perintah tersebut dapat diberikan melalui telepon atau perintah . tanda bukti utang. Transaksi efek diawali dengan pemesanan (order) untuk harga tertentu. c) Jika calon investor memerlukan jasa tambahan seperti nasihat dan saran-saran dalam mengambil keputusan investasi. obligasi. Seperti halnya dalam membuka tabungan di bank. Secara umum. Setelah nasabah membuka deposit di sebuah perusahaan efek dan mendapatkan persetujuan dari perusahaan efek tersebut baru dapat dilakukan transaksi saham. Jumlah deposit yang diwajibkan bervariasi. pilihlah Perusahaan Efek yang aktif dalam proses Penjaminan Emisi Saham.5 juta. efek” 3 Pengertian efek dalam Pasar Modal Indonesia pengaturannya dapat ditemukan dalam Pasal 1 angka 5 Undang-Undang Pasar Modal. pilihlah Perusahaan Efek yang mempunyai Analis Efek dengan kualifikasi yang baik serta pengalaman yang memadai.10 juta maka yang bersangkutan diminta untuk menyetor dana sebesar Rp. Pesan tersebut harus menyebutkan jumlah yang akan dibeli atau dijual dengan menyertakan harga yang ingin diinginkan. Cara Berinvestasi di Pasar Modal Sebelum berinvestasi di Pasar Modal. investor harus terlebih dahulu membuka rekening di Perusahaan Efek. b) Jika calon investor hanya memerlukan jasa yang paling mendasar dari Perusahaan Efek seperti melaksanakan perintah jual dan/atau perintah beli. Misalkan seorang nasabah akan bertransaksi sebesar Rp. surat berharga komersial. dan lain-lain. saham. kertas berharga yang diperjualbelikan. Namun ada juga perusahaan yang menentukan misalnya 50 persen dari transaksi yang akan dilakukan sebagai deposit. kontrak berjangka atas efek. Pesanan tersebut dapat berupa surat maupun melalui telepon yang disampaikan kepada perusahaan efek melalui sales (dealer). pilihlan Perusahaan Efek yang dapat memberikan jasa tersebut secara cepat dan akurat. ada sebesar Rp. yaitu surat pengakuan utang. yang berarti “saham. misalnya ada perusahaan efek yang mewajibkan sebesar Rp. dan setiap derivative dari efek.15 juta.

maka dengan sistem ini perdagangan ini dilakukan secara elektronik seperti yang ada pada rekening perbankan. partisipan yang tertarik untuk membeli/menjual dapat menghubungi partisipan yang akan menjual/membeli untuk negosiasi lebih lanjut. Transaksi efek diawali dengan pemesanan (order) untuk harga tertentu. mintalahinformasi lebih lanjut secara tertulis sebelum memutuskan untuk membeli. Scripless Trading adalah suatu mekanisme perdagangan di pasar modal. yaitu semua surat-surat berharga (sekuritas) yang diperdagangkan di bursa. 4. Setelah nasabah membuka deposit di sebuah perusahaan efek dan mendapatkan persetujuan dari perusahaan efek tersebut baru dapat dilakukan transaksi saham.  Perintah tersebut selanjutkan akan diverifikasi oleh Perusahaan Efek yang bersangkutan. jumlah yang akan dijual dan/atau dibeli. investror harus terlebih dahulu menjadi nasabah di salah satu perusahaan efek yang menjadi anggota bursa. dimana saham- saham yang biasanya diperdagangkan dalam bentuk kertas-kertas saham dan dilakukan dalam bentuk manual. Carilah nasihat dari pihak yang berkompeten. Periksalah referensi dan latar belakang pihak-pihak yang menawarkan Efek. Jangan membeli efek berdasarkan berita-berita yang tidak jelas kebenarannya. secara tertulis. Hati-hati terhadap bagian pemasaran dari Perusahaan Efek yang mencoba merayu untuk membuat keputusan investasi baik menjual maupun membeli secara terburu- buru. Perintah tersebut harus berisikan nama saham.  Melalui OTC-FIS. Jangan percaya terhadap pihak yang menjamin dengan pasti akan keuntungan 6. Sebelum melakukan transaksi. Pesanan tersebut dapat berupa surat maupun melalui telepon yang disampaikan kepada perusahaan efek melalui sales (dealer).  Semua perintah jual dan/atau perintah beli dari seluruh Perusahaan Efek akan dikumpulkan di Bursa Efek dalam sistem yang disebut JATS (Jakarta Automated Trading System). Yang dimaksud instrumen dalam pasar modal ini. Jangan membeli efek hanya berdasarkan rayuan lewat telepon. sehingga semua kuotasi yang masuk ke dalam sistem dapat dilihat secara langsung (real time) oleh pelaku pasar lainnya. . 3. 2. Pesan tersebut harus menyebutkan jumlah yang akan dibeli atau dijual dengan menyertakan harga yang ingin diinginkan. Pasar modal merupakan pasar bagi instrumen finansial jangka panjang (lebih dari satu tahun jatuh temponya). partisipan dapat melihat kuotasi yang paling menarik bagi dirinya.  Selanjutnya. 5.[6] Yang Harus Diperhatikan Bagi Investor 1. Untuk transaksi Obligasi:  Transaksi dimulai dengan penempatan kuotasi di sistem perdagangan di BES yang disebut OTC-FIS. perintah tersebut dimasukkan ke dalam sistem perdagangan di Bursa Efek. serta berapa harga jual dan/atau harga beli yang diinginkan.  Kemudian.

U tanggal 1 november 1951.1 periode pertama (1912-1942):periode jaman belanda Pada tanggal 14 desember 1912.setelah perang dunia 1 pasar modal di surabaya mendapat giliran di buka pada tanggal 1 januari 1925 dan di susul di semarang pada tangal 1 agustus 1925.asosiasi ini di beri nama belandanya sebagai “vereniging voor effectenhandel” yang merupakan cikal bakal pasar modal pertama di indonesia.3 BAPEPAM-LK Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (disingkat Bapepam-LK) adalah sebuah lembaga di bawah Kementerian Keuangan Indonesia yang bertugas membina.bursa efek jakarta (BEJ) akhirnya di buka kembali pada tangGAL 3 juni 1952.periode kelima adalah periode otomatisasi pasar modal mulai tahun 1995 periode keenam adalah periode krisis moneter mulai bulan agustus 1997.juga melalui keputusan mentri keuangan No.yaitu hanya sebanyak 18 perusahaan. 3.periode kedua adalah periode orde lama yang di mulai pada tahuan 1952.jika sebelumnya di lnatai bursa terlihat dua deret antrian (sebuah untuk antrian beli dan yang lainnya untuk antrian jual) yang cukup panjang untuk masing-masing sekuritas.2.pada tangal 1 september 1951 di keluarkan undang- undang darurat No.kore selatandan singapura. 3.pembentukan badan pelksanaan pasar modal (BAPEPAM) dan Pt reksadana.15/1952 tentang pasar modal.pembentukan badan pembina pasar modal.periode ketiga adalah periode orde baru degan di kaitkanya kembali pasar modal pada tahun 1977.2 periode kedua (1952-1960):periode orde lama Setelah jepang meningalkan indonesia.periode pertama adalah periode jaman belanda mulai tahun 1912 yang merupakan tahun tahun didirikannya pasar modal yang pertama.3.periode keempat di mualai tahun 1988 adalah periode bangunnya pasar modal dari tidur yang panjang.krisis moneter melanda negara-negara asi.malaysia.3. 3.289737 /U.2.4 periode keempat (1989-mei 1995): periode bangun dari tidur yang panjang Sejak di katifkan kembali pada tahun 1977 sampai tahun 1988 BEJ di katakan dalam keadaan tidur yang panjang elama 11 tahun.sebelum tahun 1988hanya terdapat 24 perusahaan yang terdaftar di BEJ 3.thailand. 3.maka BEJ memutuskan untuk mengotomatisasikan kegiatan transaksi di bursa. .2.2.suatu asosiasi 13 broker di bnetuk di jakarta.2.2.termasuk indonesia. 3.52 tahun 1976.tidak banyak perusahaaan yang melakukan IPO pada periode krisis ini.6 periode keenam (mulai agustus 1997-september 1998):krisis moneter Pada bulan agustus 1997.12 yang kemudian dijadikan undang-undang No.periode ketiga (1977-1988) :periode orde baru Bursa efek jakarta di katakan lahir kembali pada tahun 1977 dalam periode orde baru sebagai hasil dari keputusan presiden No.2 SEJARAH PASAR MODAL INDONESIA Era pasar modal di indonesia dapat di bagi anjadi enam periode. 3.keputusan ini menetapkan pendirian pasar modal.5 periode kelima (mulai mei 1955):periode otomatisasi Karna peningkatan kegiatan transaksi yang diasakan sudah melebihi kapasita manual.

sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. perasuransian.  Pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang lembaga keuangan. dana pensiun.mengatur. dan Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian. Saat ini. Kliring dan Penjaminan.  Penetapan ketentuan akuntansi di bidang pasar modal.4 OTORITAS JASA KEUANGAN . perbankan dan usaha jasa pembiayaan serta modal ventura. dan Penjaminan  Biro Perasuransian  Biro Dana Pensiun  Biro Kepatuhan Internal 3.  Pelaksanaan kebijakan di bidang lembaga keuangan.  Pembinaan dan pengawasan terhadap pihak yang memperoleh izin usaha. di mana lingkup pembinaan dan pengawasan meliputi aspek pasar modal.  Pelaksanaan tata usaha Badan. dan mengawasi sehari-hari kegiatan pasar modal serta merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang Bapepam-LK merupakan penggabungan dari Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) dan Direktorat Jenderal Lembaga Keuangan. Fungsi Bapepam-LK adalah:  Penyusunan dan penegakan peraturan di bidang pasar modal primer dan sekunder  Penegakan peraturan di bidang pasar modal. Bapepam-LK digantikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak berlakunya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2011.  Penetapan prinsip-prinsip keterbukaan perusahaan bagi Emiten dan Perusahaan Publik. Pembiayaan. Struktur organisasi Bapepam dan Lembaga Keuangan terdiri dari 1 Ketua Badan dan membawahi 1 Sekretariat dan 12 Biro Teknis. norma. pedoman kriteria dan prosedur di bidang lembaga keuangan.  Penyiapan perumusan kebijakan di bidang lembaga keuangan. pendaftaran dari Badan dan pihak lain yang bergerak di pasar modal.  Perumusan standar. persetujuan. Biro teknis Bapepam-LK terdiri atas:  Biro Perundang-Undangan dan Bantuan Hukum  Biro Riset dan Teknologi Informasi  Biro Pemeriksaan dan Penyidikan  Biro Pengelolaan Investasi  Biro Transaksi dan Lembaga Efek  Biro Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa  Biro Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Riil  Biro Standar Akuntansi dan Keterbukaan  Biro Perbankan.  Penyelesaian keberatan yang diajukan oleh pihak yang dikenakan sanksi oleh Bursa Efek.

5. 8. menetapkan kebijakan operasional pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan. memelihara. kegiatan jasa keuangan di sektor pasar modal. adil. Otoritas Jasa Keuangan dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan: 1. 7. dan lembaga jasa keuangan lainnya. pemeriksaan. menetapkan peraturan mengenai tata cara penetapan pengelola statuter pada Lembaga Jasa Keuangan. dan menatausahakan kekayaan dan kewajiban. menetapkan peraturan mengenai tata cara penetapan perintah tertulis terhadap Lembaga Jasa Keuangan dan pihak tertentu. mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil. pengawasan.Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga yang independen dan bebas dari campur tangan pihak lain. tugas. menetapkan peraturan mengenai pengawasan di sektor jasa keuangan. Untuk melaksanakan tugas pengaturan. mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat. 3. menetapkan struktur organisasi dan infrastruktur. mengawasi pelaksanaan tugas pengawasan yang dilaksanakan oleh Kepala Eksekutif. dan/atau penunjang kegiatan . dan 3. penyidikan. menetapkan kebijakan mengenai pelaksanaan tugas OJK. 2. dan 9. melakukan pengawasan. menetapkan peraturan dan keputusan OJK. menetapkan peraturan pelaksanaan Undang-Undang ini. pemeriksaan. 4. dan wewenang pengaturan.[1] OJK didirikan untuk menggantikan peran Bapepam-LK dalam pengaturan dan pengawasan pasar modal dan lembaga keuangan. serta mengelola. 2. menetapkan peraturan mengenai tata cara pengenaan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan. dan akuntabel. kegiatan jasa keuangan di sektor perbankan serta non perbankan . pelaku. dan 3. 6. perlindungan Konsumen. transparan. 3. OJK mempunyai wewenang: 1. 2. OJK dibentuk berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan. dan tindakan lain terhadap Lembaga Jasa Keuangan. serta untuk melindungi konsumen industri jasa keuangan. lembaga pembiayaan. Untuk melaksanakan tugas pengawasan. Tugas dan wewenang OJK melaksanakan tugas pengaturan dan pengawasan terhadap: 1. 2. menetapkan peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan. OJK mempunyai wewenang: 1. dan penyidikan. yang mempunyai fungsi. terselenggara secara teratur. dana pensiun. kegiatan jasa keuangan di sektor perasuransian. serta menggantikan peran Bank Indonesia dalam pengaturan dan pengawasan bank.

5 PROSEDUR PENDAFTARAN DI BEI Sebuah perusahan yang akan going public dapat mengikuti prosedur yang trediri dari 3 tahapan utama. izin orang perseorangan. 5. Dewan Komisioner Dewan Komisioner adalah pimpinan tertinggi OJK yang bersifat kolektif dan kolegial. 5.yang pertama adalah persiapan diri. seorang anggota Ex-officio dari Kementerian Keuangan yang merupakan pejabat setingkat eselon I Kementerian Keuangan. efektifnya pernyataan pendaftaran. 3. seorang anggota yang membidangi edukasi dan perlindungan Konsumen. seorang anggota Ex-officio dari Bank Indonesia yang merupakan anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia. seorang Ketua Dewan Audit merangkap anggota. 4. menetapkan penggunaan pengelola statuter. 3.1 persiapan untuk going public Persiapan yang di lakukan adalah sebagai berikut: . persetujuan melakukan kegiatan usaha. 2. penetapan lain. surat tanda terdaftar. memberikan dan/atau mencabut: 1. 4. dan 8. Dana Pensiun. menetapkan sanksi administratif terhadap pihak yang melakukan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan.yang ketiga adalah melakukan penawaran perdana di public (initional public offering) dan memasuki pasar skunder dengan mencatatakan efeknya di bursa. 6. dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya merangkap anggota. dan 8. 5. seorang Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota. 7. pengesahan. 3. Lembaga Pembiayaan. sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan. melakukan penunjukan pengelola statuter. seorang Wakil Ketua sebagai Ketua Komite Etik merangkap anggota. Dewan Komisioner beranggotakan 9 (sembilan) orang anggota yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden. persetujuan atau penetapan pembubaran. dan 9. jasa keuangan sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan. seorang Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap anggota. izin usaha. 4. 6. seorang Ketua merangkap anggota.yang ke dua adalah memperoleh izin registrasi dari BAPEPAM-LK. seorang Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian. 6. 7. 8. 2.5. Susunan Dewan Komisioner terdiri atas: 1. 3. 7. memberikan perintah tertulis kepada Lembaga Jasa Keuangan dan/atau pihak tertentu.

Mengiromkan pernyataan registrasi dan dokumen-dokumen pendukunglainnya ke BAPEPAM-LK.berikutnya adalah tugas dari BAPEPAM-LK untuk mengevalusai usulan going public ini. Pengumpulan terbatas dari BAPEPAM-LK.akuntansi. Mempersiapkan dokumen yang di butuhkan untuk penawaran ke publik.maka pernyataan registrasi akan di anggapa secara otomatis efektif.(emiten perusahan going public) dapat melakukan proses-proses berikut ini untuk mencantumkan sahamnya di pasar sekunder (bursa) 1.keuangan dan manajemen. 3. 6. Manajemen harus memutuskan suatu rencana untuk memperoleh dana melalui publik dan rencana ini harus di ajukan di rapat umum pemegang saham dan harus di setujui. Untuk yang akan menjual obligasi. pencatatan di bursa Setelah BAPEPAM-LK mendeklarasikan keefektifan dari pernyataan registrasi.setelah penawaran perdana selesai. Deklarasi pernyataan registrasi efektif berlaku yang di dasarkan pada tiga hal utaama.yang di lakukan oleh BAPEPAM-LK adalah sebagi berikut: 1. 3.3. Menerima pernyatan registrasi dan dokumen-dokumen pendukung dari perusahaan yang akan going public dan dari anderwiter. Jika aplikai ini emenuhi kriteria yang di syaratkan. 3. 2. 4. 4.5. Perusahan bersangkutan harus menugaskan pakar-pakar pasar modal dan insitusi- institusi pendukung untuk membantu di dalam penyediaan dokumen-dokumen yang di butuhkan .yaitu kelengkapan dokumen. 7.selanjutnya underwiter dapat menjual saham perdana tersebut di pasar primer. Emiten mengisi dan menyerahkan aplikasi ini berdasarkan yang formulirnya di sediakan oleh BEI untuk permintaan mencantumkan sahamnya di bursa efek.5. Mempelajari dokumen-dokumen yang di perlukan.BEI akan menyetujhuinya.perusahan harus mendaftarkannya ke agen peningkat untuk mendapatkan peringkat untuk obligasi yang akan di tawarkan. .2. 2. Mengumumkan ke public. registrasi di BAPEPAM-LK setelah semua persiapan yang di butuhkan sudah di selesaikan dan semua dokumen yang di butuhkan untuk registrasi di BAPEPAM-LK suda kirimkan. 8.jika selma 30 hari BAPEPAM-LK tidak memberi jawaban. Mendatangi perjanjian-perjanjian yang berhubungan dengan going public.kebenaran dan kejelasan dari informasi dan pengungkapan (disclosure) tentang aspek-aspek legalitas. 3. Mempersiapkan kontrak awal dengan bursa. 5. 1. BEI akanmengevaluasi aplikasi ini berdasrkan kriteria yang sudah di tenrukan. 3. 2.

perusahan ini menjadi perusahaan public yang sahamnya juga di milliki oleh public. 3. Sekuritas yang suda tercantum ini sipa untuk di perdagangkan. Cara mendapatkan harga seperti di atas yaitu dengan cara lelang kontinyu adalah untuk jenis transaksi yang reguler.5.investor tidak dapat langsung melakuakan transaksi di lantai bursa. BEI kemudian akan mengumumkan pencantuman dari sekuritas ini. 3.broker dapat juga melakukan transaksi untuk dirinya sendiri untuk membentuk portofolionya. BAPEPAM-LK dan BEI mengharuskan perusahan public untuk menyerahkn laporan-laporan rutin atau laporan-laporan khsus yang menerangkan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi.6 SISTEM PERDAGANGAN DI BEI transaksi perdagangan di BEI mengunakan order-driven market system dan sistem lelang kontinyu (continous auction system) dengan order-driven market system bahwa pembeli dan penjual sekuritas yang ingin melakukan transaksi harus melalui broker.harga transaksi di tentuka jika ada pertemuan antara harga penawarn dan permintaan. 6. block trades merupakan transaksi dengan minimum 200.biaya jasa pencantuman terdiri dari dua macam yaitu .harga penawaran penjualan (ask price) dan harga permintaan pembelian (bid price) darii investor di teriakan oleh broker di lantai bursa.masing-masing perusahaan broker mempunyai staf yang di tugaskan di lantai bursa.odd-lot trades dan foreing board trades.DI BEI.kemudian order ini akan di proses oleh komputer JATS yang akan menemukan harga transaksi yang cocok dengan mempertimbangkan waktu urutan dari order.laporan keuangan ini akan segera di sebarkan ke publik melalui pengumuman di bursa ata investor dapat mendaptkan atau meminta langsung di BEI atau lewat broker.broker memasukan order dari investor ke warstation JATS di lantai bursa.untuk sistem manual.untuk melindungi public yang juga pemilik dari perusahaan.di samping itu.000 lembar yang di guankan di antara angota bursa.di samping itu. cross trades terjadi jika transaksi menjual dan membeli .staf ini di sebut dengan securities dealer-broker representive atau wakil perantara pedagang efek (WPPE) dengan sistem lelang kontinyu maksutnya harga transaksi di tentukan oleh penawaran (supply) dan permintaan (demand) dari investor.4 pelaporan yang di wajibkan Setelah perusahan mencatatkan sahamnya di pasar bursa.cash trades.harga dari transaksi reguler ini yang akan digunakan utntuk memnghitung indekx harga gabungan dan yang akan di gunakan sebagai harga yang di cantumkan di bursa dan akan di sebarkan ke seluruh penjuru dunia.hanya broker yang dapat melakukan transaksi jual dan beli di lantai bursa berdasaarkan order dari investor.seperti di pasar lelang. 5.sistem lelang ini akan terus di lakukan secara kontinyu selama jam kerja bursa sampai di temukan harga kesepakatan.cross trades.beberapa transaksi non reguler juga dapat di lakukan seperti misalnya block trades.transaksi reguler di lakukan dengan cara rount lot yaitu sebanyak 500 lembar untuk non-investement fund dan 100 lembar untuk investment fund. 4.biaya jasa pencantuman awal dan biaya jasa pencantuman tahunan. Emiten kemudian harus membayar biaya jasa pencantuman (listing fee).untuk sistem otomatisasi dengan JATS.

18 fraksi harga saham mulai 6 januari 2014 Harga saham Fraksi harga Maksimum harga perubahan >=Rp5..yaitu sebesar Rp 25 ini berarti harga saham akan kelipatan dari Rp25 misalnya Rp1500 harga saham tidak mungkin sebesar Rp1510 karena tidak kelipatan dari Rp25 setelah krisis moneter dan karna beberapa harga saham turun dengan drastis misalnya sampai dengan Rp100 maka penurunan atau kenaikan harga saham dengan fraksi Rp25 akan sangat signifikan sekali.maka mulai 6 januari 2014.1 lot di tetapkan sebnayak 500 lembar saham.oleh karna itu. Tabel 3.000 Rp50 >=Rp2. foreing board trades merupakan transaksi saham dengan investor asing.BEI juga merubah fraksi saham dari 5 kelompok menjadi 3 kelompok sebgai berikut ini Tabel 3.000 Rp25 >=Rp500 Rp10 >=Rp200 Rp5 <Rp200 Rp1 Jika sebelum tahun 2014.sejak tangal 6 januari 2014 ini. .000 Rp5 Rp100 <Rp500 Rp1 Rp20 Umumnya transaksi yang terjadi di bursa bukanmerupakan transaksi tunai (transaksi tunai juga di lakukan dengan sebagai transaksi non reguler) pembayaran dan penyrahan sertifikat di ataur pada hari kelima atau hari ke T+4 setelah transaksi terjadi.000 Rp25 Rp500 >=Rp500 sampai Rp5. odd-lot trades di lakukan untuk transaksi di bawah 500 lembar.BEI menetapkan 1 lot sebanyak 100 lembar saham.Pt kliring pinjaman efek indonesia (KPEI) di tunjukan untuk mengumpulkan pembayarn dan melakukan penyerahan sertifikat.sebelum krisis moneter.17 berikut ini.BEJ hanya menawarkan sebuah fraksi tunggal. cash trades dilakukan oleh angota bursa yang ingin membayar tunai untuk mendapatkan sertifikst langsung (umumnya sertifikat pemilihan diberikan pada hari keempat).17 fraksi harga saham Harga Saham Fraksi Harga >=Rp5. Harga saham di tawar dengan kelipatan nilai tertentu yang di sebut dengan fraksi.setelah krisis moneter yaitu pada tanggal 20 oktober 2000 BEI mengunakan fraksi jamak seperti tampak di tabel 3.dengan jumlah kuantitas dan harga yang sama di lakukan oleh seorang broker.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Menggunakan semua Perusahaan Tercatat sebagai komponen perhitungan Indeks. Agar IHSG dapat menggambarkan keadaan pasar yang wajar.broker membayar komisi ke BEI karna menguanakn fasilitas yang di sediakan oleh BEI.7 INDEKS PASAR MODAL Indeks harga saham adalah indikator atau cerminan pergerakan harga saham. yang secara terus menerus disebarluaskan melalui media cetak maupun elektronik. Bursa Efek Indonesia tidak bertanggung jawab atas produk yang diterbitkan oleh pengguna yang mempergunakan IHSG sebagai acuan (benchmark).broker menerimah komisi dari investor tidak boleh melebihi dari 1% dari nialai transaksinya (baik beli maupun jual).salah satu sumber penhasilan BEI adalah komisi dari broker akibat terjadinya transaksi (penghasilan yang lain adalah fee dari emiten yang mencatatkan sahamnya di bursa). jika jumlah saham Perusahaan Tercatat tersebut yang dimiliki oleh publik (free float) relatif kecil sementara kapitalisasi pasarnya cukup besar. Dasar pertimbangannya antara lain. khususnya saham. rata-rata nilai kelas adalah indeks sektoral dan rata-rata nilai sekolah adalah IHSG. Bursa Efek Indonesia berwenang mengeluarkan dan atau tidak memasukkan satu atau beberapa Perusahaan Tercatat dari perhitungan IHSG. Sedangkan nilai rata-rata kelas unggulan adalah LQ45. Untuk lebih gampangnya. sehingga perubahan harga saham Perusahaan Tercatat tersebut berpotensi mempengaruhi kewajaran pergerakan IHSG. Rumus yang di guankan untuk menghitung IHSG adalah sebagai berikut: IHSG=nilai pasar/nilai dasar *100 Notasi: IHSG= indeks harga saham gabungan hari ke-t . IHSG adalah milik Bursa Efek Indonesia. 3. Bursa Efek Indonesia juga tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun atas keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun Pihak yang menggunakan IHSG sebagai acuan (benchmark). Anda dapat membandingkan sbb: Nilai rapor anak Anda adalah harga saham. Jadi indeks tersebut menggambar kinerja sekelompok saham tersebut. Indeks-indeks tersebut adalah: 1.PT BEI merupakan perusahaan suwasta yang menyediakan fasilitas perdagangan sekuritas. Indeks merupakan salah satu pedoman bagi investor untuk melakukan investasi di pasar modal. Tidak cuma IHSG dan LQ45. ternyata masih ada bermacam-macam jenis indeks saham yang ada di Bursa Efek Indonesia Indeks harga saham boleh dibilang "rapor" sekelompok saham. Saat ini Bursa Efek Indonesia memiliki 11 jenis indeks harga saham.untuk membiayayai semua kativitasnya.sebaliknya broker menerima komisi dari investor karna melakukan order yang di inginkan oleh investo.

indeks sektoral menggunakan semua perusahaan tercatat yang termasuk dalam masing-masing sektor. Jakarta Islamic Index (JII) Indeks yang menggunakan 30 saham yang dipilih dari saham-saham yang masuk dalam kriteria syariah (Daftar Efek Syariah yang diterbitkan oleh Bapepam-LK) dengan mempertimbangkan kapitalisasi pasar dan likuiditas. Indeks ini diharapkan memberi tambahan informasi kepada investor yang ingin berinvestasi pada emiten-emiten yang memiliki . tingkat pengembalian modal (Return on Equity / ROE) dan opini akuntan publik. Indeks LQ45 Indeks yang terdiri dari 45 saham Perusahaan Tercatat yang dipilih berdasarkan pertimbangan likuiditas dan kapitalisasi pasar. Indeks PEFINDO25 Kerja sama antara Bursa Efek Indonesia dengan lembaga rating PEFINDO meluncurkan indeks harga saham yang diberi nama Indeks PEFINDO25. Infrastruktur. Perdangangan dan Jasa. Indeks yang terdiri dari 27 saham Perusahaan Tercatat yang dipilih berdasarkan kriteria fundamental. 3. Indeks BISNIS-27 Kerja sama antara Bursa Efek Indonesia dengan harian Bisnis Indonesia meluncurkan indeks harga saham yang diberi nama Indeks BISNIS-27. 6. Review dan penggantian saham dilakukan setiap 6 bulan. Indeks ini dimaksudkan untuk memberikan tambahan informasi bagi pemodal khususnya untuk saham-saham emiten kecil dan menengah (Small Medium Enterprises / SME). industri dasar. Review dan penggantian saham dilakukan setiap 6 bulan. Properti. 5. Indeks SRI-KEHATI Indeks ini dibentuk atas kerja sama antara Bursa Efek Indonesia dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI). pertambangan. 4. teknikal atau likuiditas transaksi dan Akuntabilitas dan tata kelola perusahaan. Indeks Kompas100 Indeks yang terdiri dari 100 saham Perusahaan Tercatat yang dipilih berdasarkan pertimbangan likuiditas dan kapitalisasi pasar. Indeks ini terdiri dari 25 saham Perusahaan Tercatat yang dipilih dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria seperti: Total Aset. sekarang ini ada 10 sektor yang ada di bei yaitu sektor pertanian. 2. SRI adalah kependekan dari Sustainable Responsible Investment. barang Konsumsi. Keuangan. nilai pasar=rata-rata tertimbang nilai pasar (jumlah lembar tercatat di bursa di kalikan dengan harga pasar perlembarnya) dari saham umum dan saham preferen pada hari ke-t nilai dasar= sama dengan nilai pasar tetapi di mulai dari tanggal 10 agustus 1982. 8. dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. diperhatikan juga faktor likuiditas dan jumlah saham yang dimiliki publik. 7. Selain kriteria tersebut di atas. aneka industri. dan Manufatur. dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan.

9.pekerjaan yang panjang di belakang bursa masih menungu setelahnya. Setelah transaksi perdagangan terjadi di lantai bursa.yaitu sistem yang dapat menghitung penghasilan neto (net) dari dana dan efek terhadap seluruh transaksi yang di lakukan oleh angota bursa pada satu hari kerja bursa. PT kliring deposit efek indonesia (KPEI) di dirikan pada tahun 1992 oleh tujuh BANK BUMN (pt bank bumi daya. Price Earning Ratio (PER) dan Free Float. kinerja sangat baik dalam mendorong usaha berkelanjutan. Indeks Papan Utama Menggunakan saham-saham Perusahaan Tercatat yang masuk dalam Papan Utama.pt bank pembangunan indonesia.membayarkan dan menerbitkan sertifikat kepemilikan. Indeks ini terdiri dari 25 saham Perusahaan Tercatat yang dipilih dengan mempertimbangkan kriteri-kriteria seperti: Total Aset. Proses penyelesaian pekerjaan administrasi. serta memiliki kesadaran terhadap lingkungan dan menjalankan tata kelola perusahaan yang baik. 10. pada bulan januari tahun 1994 dengan mengunakan limah buah saham yang paling likuid di bej.pt kedai telah berhasil mencoba sistem penyelesaian saham (kliring) untuk pertama kalinya.pt kliring dan deposit efek inonesia di tunjuk untuk untuk mengumpulkan pembayaran dan melakukan penyerahan sertifikat pada hari kelima atau hari ke T+4 setelah transaksi terjadi.tujuan dari pt kedai adalah untuk merancang dan mengembangkan sistem kliring yang efisien dan efektif.proses penyelesaian pekerjaan-pekerjaan ini di sebut dengan kliring dan perusahaan yang di percaya untuk menangani ya adalah PT kliring pinjaman efek indonesia (KPEI) sebelumnya adalah PT kliring deposit efek indonesia (KPEI) dan PT kustodian sentral efek indoneisa (KSEI). 3.dan pt bank tabungan negara) dan dua bursa efek (bej dan bes).pekerjaan ini merupakan pekerjaan administrasi.8 PENYELESAIAN TRANSAKSI.pt bank rakyat indonesia.pt bank dagang negara.sistem ini adalah sistem netting.pengembangan sistem ini di mualai setelah memperoleh izin usaha dari mentri keuangan pada 25 februari 1993. Indeks Papan Pengembangan Mengguanakn saham-saham Perusahaan Tercatat yang masuk dalam Papan Pengembangan.maka penyelesaian transaksi antar angota bursa .dengan sistem neting ini. 11.pembayaran dan peneritan sertifikat kepemilikan. Indeks Individual Indeks harga saham masing-masing Perusahaan Tercatat.

dengan sistem ini pemindahan tangan suatu sekuritas tidak harus selalu di buatkan sertifikatnya. Target utama lainnya dari pt kliring pinjaman efek indonesia (KPEI) adalah mengembangkan dan menerapkan sistem penyelesaian transaksi tanpa sertifikat.pada bulan april tahun yang sama.akan tetapi cukup di catat dan di lakukan pemindahbukuan posisi kepemilikan secra elektronik.jumlah saham yang di uji untuk sistem ini di tingkatkan menjadi 60 buah.akan lebih muda diselesiakan.BAPEPAM-LK dan sebuah tim kerja yang terdiri dari wakil-wakil asosiasi profesional pasar modal mengevaluasi kinerja dari sistem ini hasilnya menyetujui penerapan sistem ini secara penuh.pada tangal 27 juni 1994.sistem ini di sebut sebagai sistem pemindahbukuan ()scripless system .