You are on page 1of 6

Makalah Instrumen Listrik

Sistem Akuisisi Data Analog dan Digital

Disusun Oleh :

Muhammad Maulana Rasiddin (17218027)

FAKULTAS TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS NEGERI PADANG DILUAR DOMISILI

dianalisa dan disimpan dalam sebuah komputer. Berikut gambaran elemen dasar dari sistem akuisisi data : Bisa dilihat dari gambar bahwa elemen dasar dari sistem akuisisi data meliputi :  Sensor dan Transduser  Field Wiring  Signal Conditioning (Pengondisian Sinyal)  Hardware Akuisisi Data  Personal Computer (Operating System)  Software Akuisisi Data SISTEM AKUISISI DATA Halaman 1 . Sistem akuisisi data (DAQ) lebih erat dengan pengambilan data dari transduser serta bagaimana data tersebut disimpan dan diolah. Akuisisi Data  Definisi Akuisisi data adalah sebuah proses dimana kondisi fisik di alam nyata diubah menjadi sinyal elektronika yang telah diukur dan diubah dalam format digital untuk diproses.

 Sinyal Analog Adalah sinyal yang berisi informasi dengan tingkat amplitudo yang bervariasi terhadap waktu. proses informasinya pun mudah. sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau. yang letaknya jauh dari komputer. Adapun yang termasuk sinyal analog sebagai berikut :  Sinyal analog DC Adalah sinyal statis atau lambat dalam membedakan sinyal. Relevansi isi informasi pada sinyal tergantung pada berubahnya menjadi lambat atau menjadi cepat terhadap waktu. Field wiring mewakili koneksi fisik dari :  Transduser dan sensor menuju hardware pengondisian sinyal atau hardware akuisisi data  Antar elemen-elemen. Informasi yang dibawa pada sinyal ini berisi pada level atau amplitudo yang diambil secara serta-merta terhadap waktu. Sensor dan Transduser Adalah interface antara dunia nyata (fenomena alam) dan sistem akuisisi data dengan mengonversi atau mengubah fenomena fisik tersebut berupa sinyal listrik dimana hardware akuisisi data bisa menerima. cepat dan akurat. Adapun yang termasuk sinyal digital sebagai berikut : SISTEM AKUISISI DATA Halaman 2 . namun juga bagaimana amplitudo berubah-ubah terhadap waktu`  Sinyal Digital Sinyal digital merupakan hasil teknologi yang dapat mengubah signal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (juga dengan biner). tetapi transmisi dengan isyarat digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat.  Sinyal Analog AC Informasi yang terkandung pada sinyal analog AC adalah tidak hanya berisi level tegangan atau amplitudo sinyal yang diambil terhadap waktu. Field Wiring Field wiring berupa jalur fisik yang menggunakan interface komunikasi serial kabel RS-232 atau RS-485. Sering disebut bahwa field wiring merupakan communications cabling atau pengkabelan komunikasi. bukan bagaimana membedakan level terhadap waktu. Signal Conditioning (Pengkondisian Sinyal) Sinyal listrik dihasilkan oleh transduser yang bisa diterima oleh hardware akuisisi data. terutama sekali oleh konverter A/D (Analog to Digital) yang mengubah sinyal analog (sinyal AC atau DC) dari tranduser menjadi format digital (sinyal pulsa atau binner).

Resolusi maksimum diperoleh dengan meguatkan sinyal masukan sedemikian hingga rentang tegangan-nya sama dengan (menyesuaikan) konverter ADC yang terdapat dalam perangkat keras akuisisi data.dimana sinyal tersebut pada kondisi level tertinggi. Didefinisikan sebuah pulsa karena tidak berada pada satu periode yang pendek. seperti termokopel. sangat sulit bagi sinyal yang sangat kecil yang diterima oleh sensor-sensor bisa bertahan selama dilakukan pengukuran atau akuisisi data.  Amplification (Penguatan) Setelah dilakukan penapisan sinyal masukan. beberapa produk sudah cocok dengan termokopel tertentu. sebuah pulsa digital train juga hanya mempunyai dua kondisi atau level. sinyal hanya mempunyai dua kemungkinan kondisi yang spesifik. Seperti semua sinyal digital. saat ‘ON’.  Biner Digital atau biner. namun bergantian pada level logika ‘0’ berubah menjadi logika ‘1’ secara terus menerus Prinsip Signal Conditioning  Filtering (Penapisan/Penyaringan) Dalam lingkungan yang berderau.  Linearisation (Linearisasi) Banyak transduser. menyatakan suatu hubungan non-linear antara kuantitas fisik yang diukur dan ukuran yang dibutuhkan (suhu sebenarnya dengan sinyal listrik yang dihasilkan). dimana sinyal tersebut pada kondisi level terendah. pada kasus termokopel. Misalnya. selain itu perangkat kerasnya mampu melakukan penguatan dan linearisasi pada saat SISTEM AKUISISI DATA Halaman 3 . dan saat ‘OFF’. Jika derau sama atau bahkan lebih besar dari sinyal yang dikehendaki.  Pulsa Digital Train Terdiri dari digital pulsa yang berurutan. Metode yang digunakan untuk linearisasi antar sinyal sinyal masukan berbeda produk. Peralatan pengkondisi sinyal sering dilengkapi dengan penapis lolos-rendah yang dirancang untuk menghilangkan derau yang biasanya berfrekuensi lebih tinggi yang bisa menyebabkan datanya menjadi tidak akurat. maka derau harus dibuang atau ditapis terlebih dahulu. Penempatan penguat sedekat mungkin dengan sensor bisa mengurangi efek derau pada kabel sinyal antara transduser dengan perangkat keras akuisisi data-nya. langkah berikutnya adalah dilakukan penguatan sinyal untuk meningkatkan resolusi-nya.

 Operator komputer dari kecelakaan. SISTEM AKUISISI DATA Halaman 4 . Kontrol sinyal analog digunakan untuk mengontrol sistem atau proses.  Kontrol sinyal output . langkah berikutnya adalah dilakukan penguatan sinyal untuk meningkatkan resolusi-nya. menggunakan A/D. bisa karena kerusakan listrik maupun pelepasa elektrostatik). Komputer Personal (PC) Komputer yang digunakan dapat mempengaruhi kecepatan akuisisi data Dan mempengaruhi unjuk-kerja dari sistem akuisisi data secara keseluruhan. sinyal digital dari komputer. dimana data sinyal analog terukur.  Proses konversi menjadi format analog.yang bersamaan. Penempatan penguat sedekat mungkin dengan sensor bisa mengurangi efek derau pada kabel sinyal antara transduser dengan perangkat kerasakuisisi data-nya. isolasi dilakukan agar pengukuran bisa akurat dan aman. Proteksi isolasi untuk mencegah:  Peralatan komputer dari kerusakan.  Isolation (Isolasi) Setelah dilakukan penapisan sinyal masukan. menggunakan D/A.  Excitation (Sinyal pembangkit) Pengkondisi sinyal juga menyediakan eksitasi untuk beberapa transduser. Resolusi maksimum diperoleh dengan meguatkan sinyal masukan sedemikian hingga rentang tegangan-nya sama dengan (menyesuaikan) konverter ADC yang terdapat dalam perangkat keras akuisisi data. Jika digunakan tingkat tegangan commonmode-nya tinggi atau dibutuhkan kebocoran arus common-mode yang sangat rendah. Solusi yang murah.  Digital sinyal input berisi informasi untuk sistem atau proses. processing dan konversi menjadi format digital. Data lalu ditransfer ke komputer untuk ditampilkan. misalnya: strain gauges. disimpan dan dianalisa. Dibutuhkan sinyal eksitasi tegangan atau arus eksternal. seperti pada aplikasi medik. Faktor yang mempengaruhi jumlah data yang dapat disimpan dan kecepatan penyimpanan adalah kapasitas dan waktu akses hard disk. Hardware Akuisisi Data Hardware Data acquisition and control (DA&C) dapat didefinisikan sebuah komponen yang lengkap dari sistem akuisisi data dan kontrol dimana mempunyai bentuk fungsi seperti dibawah ini:  Input. thermistors RTDs dan RTDs. Peralatan pengkondisi sinyal dapat juga digunaka sebagai isloasi antara transduser dan komputer (bisa terjadi transien tegangan tinggi muncul pada sistem yang sedang dipantau. mudah dan lebih fleksibel adalah menggunakan perangkat lunak – program untuk melakukan linearisasi sinyal. Aplikasi-aplikasi akuisisi data secara real-time (waktu-nyata) membutuhkan prosesor yang cepat sehingga perlu prosesor khusus untuk pemrosesan sinyal digital (DSP –Digital Signal Processor).

 Menggunakan utilitas level rendah yang berupa software driver. Ada tiga pilihan yang telah tersedia untuk mengunakan program yang sesuai dengan sistem hardware . dan 0S2. biasanya disediakan oleh pembuat hardware. yakni:  Program register yang langsung dihubungkan dengan hardware DAQ. Software Akuisisi Data Applikasi software berjalan pada komputer yang mengunakan operating system yang berjalan dengan DOS atau Windows. Unix.  Mengunakan aplikasi software utilitas off-the-shelf. Seperti LabVIEW dan Labtech Notebook SISTEM AKUISISI DATA Halaman 5 .