You are on page 1of 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah : SD Negeri Bonagung 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pelajaran : 8
Tema : Senang Bisa Membaca Al-Qur’an
Subtema : Melafalkan Surah Al-‘Asr
Kelas/Semester : II/2
AlokasiWaktu : 4 x 35 Menit

A. Kompetensi Inti (KI)
KI-4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam nkarya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar (KD)
4.6.1 Melafalkan Q.S.an-Nās dan al-‘Asr dengan benar dan jelas.

C. Indikator PencapaianKompetensi
1. Siswa mampu melafalkan surah al-‘Asr
2. Siswa mengetahui pesan-pesan dalam surah al-‘Asr.

D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu melafalkan surah al-‘Asr dengan benar.

E. Materi Pembelajaran
1. Bacaan surah al-‘Asr
2. Pesan-pesan dalam surah al-‘Asr

F. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :Sientifik
2. Metode:
1. Observasi
2. Diskusi
3. Presentasi
4. Demontrasi

G. Media Pembelajaran
Software PAI SD/MI dari JGC yang berisi materi surah al-‘Asr.

H. Sumber Belajar
1. Buku PAI dan Budi Pekerti SD Kelas I
2. Al-Qur’an dan terjemahannya
3. Lingkungan sekitar

I. Langkah-langkah Pembelajaran

5. Melalui motivasi dari guru. Kegiatan Waktu 1. Siswa mencermati guru melafalkan surah al-‘Asr dengan suara jelas ayat 1 s. Peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan atau berdasarkan tempat duduk secara bergantian melakukan 1-2 kali. berdialog. 6. Peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan atau berdasarkan tempat duduk secara bergantian menirukan melakukan 1-2 kali. 3 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali). Guru mengarahkan kesiapan diri peserta didik dan kehadiran peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran. Pendahuluan 1.menanya. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan lafal surat_ al-‘Asr. Artinya:“Ya Allah.d. menyimak. Guru Membuka pembelajaran dengan membaca Basmallah 10 dilanjutkan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah menit seorang peserta didik dengan penuh khidmat do’a mecari ilmu: “Robbizidnii ‘ilman Warzuqnii Fahmaa”. 2. Siswa diterangkan oleh guru peran surah al-‘Asr dalam sholat. Siswa mencermati guru melafalkan surah al-‘Asr dengan suara jelas ayat 1 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali). 4. peserta didik menanya pesan- pesan yang terkandung dalam surah al-‘Asr. • Mengekplorasi/menalar. Kegiatan Inti • Mengamati 120 1. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati. 1. 2 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali). 2.d. Siswa mencermati guru memberikan contoh bacaan surah menit al-‘Asr yang benar. 6. tambahkanlah kepadaku ilmu dan berilah aku pengertian yang baik. 4. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai. 3.No. • Menanya 1. menanggapi dan membuat kesimpulan hasil pembelajaran 2. Siswa mencermati guru melafalkan surah al-‘Asr dengan suara jelas ayat 1 s. mengkomunikasikan dengan menyampaikan. 5. Guru Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan surah Al Fatihah. 3. 2. Peserta didik menyanyikan lagu tentang membaca dan .

Pada rubrik “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) untuk melafalkan surah al-‘Asr secara bergantian • Komunikasi/demonstrasi/Networking 1. 1. • Penutup 1. Nyanyikan secara berulang- ulang. 5. guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “insya Allah aku bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Penilaian Hasil Belajar . Membaca do’a penutupan “Alhamdulilah” Artinya : Segala puji bagi Allah. Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan 10 mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari Menit kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya 2. 6. Tuhan semesta alam J. dibimbing guru. guru menjelaskan bahwa peserta didik secara mandiri dapat melafalkan sendiri. 4. 3. 3. Dibantu guru peserta didik membuat kesimpulan 3. Guru menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi. Pada rubrik “sikapku”. Peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan atau berdasarkan tempat duduk secara bergantian melakukan 1-2 kali. Siswa mendemonstrasikan lafal surah al-‘Asr sendiri- sendiri di didepan guru. Apabila sudah banyak yang melafalkan secara individual. Tugas. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. menghafal al-Qur’an. peserta didik mendemonstrasikan pelafalannya. Kegiatan ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati perkembangan peserta didik dalam pelafalan surah al-‘Asr. 2. Apabila peserta didik belum bisa melafalkan dengan lancar. 2.d. dapat diulangi melalui cara yang sama dari langkah 1 s.  Mengasosiasi/mencoba. Siswa mendemonstrasikan lafal surah al-‘Asr bersama- sama dengan benar. 3.

3=baik. 3=baik. No Aspek Pengukuran Nilai Skor 1. Penghayatan/kekhuusyu’an 1–4 (4=sangat baik. Penilaian melafalkan surah al-‘Asr Nama Siswa :………………………. 1=kurang) 3. 3=baik. 1=kurang) 6. 2=cukup. Jeda untuk bernafas 1–4 (4=sangat baik.Pd. Kelancaran 1–4 (4=sangat baik.posisi duduk . Kejelasan 1–4 (4=sangat baik.Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. 196207161982011003 NIP. 19560925 197912 2 002 . 1=kurang) 5. 2016 Mengetahui.I NIP. 2=cukup.S. 1=kurang) 4. Kepala Sekolah SD Negeri Bonagung 2 Guru Mata Pelajaran PAI SARI TEGUH MULYONO.S. 3=baik. Bonagung. 2=cukup. Kefasihan/makhraj huruf/intonasi 1–4 (4=sangat baik. 2=cukup. 2=cukup. 3=baik.memegang al-Qur’ān dengan benar .. Sikap membaca: 1–4 . 1=kurang) 2.membuka al-Qur’ān dengan urutan yang benar Skor Maksimum 24 Nilai siswa = (nilai perolehan : 24) x 10 atau 100.Pd KULTUN.jarak antara mata dan al-Qur’ān . Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.