You are on page 1of 4

DELL adalah perusahaan teknologi komputer yang mengembangkan penjualan, perbaikan dan

dukungan, komputer dan produk terkait komputer. DELL telah menyadari bahwa rantai pasokan
menjadi semakin penting bagi kesuksesan dunia bisnis saat ini dan mereka bekerja sesuai untuk
mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar.

Disini dalam penelitian ini, proses supply chain yang digunakan oleh DELL akan menjadi
pertimbangan yang dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Rantai pasokan DELL akan
banyak dianalisis di bidang strategi integrasi rantai pasokan dan aspek manajemen permintaan.

DELL memiliki model bisnis yang berbeda dari pesaingnya, yang dapat diidentifikasi sebagai "model
langsung". Dalam model ini DELL menjual PCnya langsung ke pelanggan tanpa menggunakan saluran
ritel.

Oleh karena itu, ia menciptakan hubungan langsung dengan masing-masing pelanggan individual
yang telah tersegmentasi menjadi beberapa kelompok agar lebih mudah mendekati. Terutama ada
tiga segmen pelanggan yang bisa diilustrasikan sebagai organisasi besar, usaha kecil dan menengah,
dan konsumen pribadi.

Aspek lain yang membuat rantai pasokan DELLs unik adalah strategi Build-to-order. Menurutnya,
sekali pesanan ini dilakukan oleh pelanggan, semua detail konfigurasi dikirim ke lantai manufaktur
dan kemudian perakitan PC dimulai. Setelah komputer dibangun dan semua perangkat lunak
diunduh maka akan dikirim ke pelanggan dengan menggunakan 3PL.

Karena aspek ini DELL memiliki keunggulan kompetitif dibanding lainnya karena beberapa alasan.
Tingkat biaya persediaan sangat rendah karena kasus respons yang lebih cepat terhadap perubahan
permintaan. Hal ini juga terlihat bahwa pelanggan membayar untuk memesan sebelum DELL
membayar pemasoknya untuk komponen produk.

Dengan demikian, bagian yang paling menarik dari DELL dan rantai pasokannya adalah hubungan
yang mereka pertahankan di antara pelanggan yang tentu saja meletakkan dasar bagi eksistensi
bisnis.

DELL menggunakan penyedia 3PL dan menerapkan teori manufaktur di luar negeri. Hal ini diperlukan untuk menganalisis dan memprediksi kapasitas dalam rantai pasokan sehingga dapat diambil langkah untuk memperluas fasilitas yang sesuai. Dalam kasus DELL. e-business. mereka dapat mengurangi biaya pergudangan. dan dengan demikian menghindari penggunaan teknologi tanggal. Oleh karena itu di semua tiga tingkat DELL. hal itu harus dilaksanakan di semua tingkat dalam organisasi. strategis. Tim manajemen tingkat menengah memiliki tanggung jawab atas hal ini. mempekerjakan orang untuk melacak dan memelihara inventaris. Karena persediaan DELL hanya siklus 6 hari. Persediaan dan tenaga kerja adalah kewajiban tertinggi yang ada di perusahaan bisnis. praktik rantai pasokan sedang dimanfaatkan. gagasan inkonvensional penggunaan metode penjualan langsung harus berasal dari tingkat strategis. Hal yang sama ketika menyangkut pembuatan produk keputusan strategis diambil untuk memverifikasi kapasitas fasilitas yang ada dan barang-barang logistik lainnya. Ada lebih penting lagi bila menyangkut tingkat operasional. Semua aktivitas supply chain di DELL dilakukan secara menyeluruh oleh cluster ini. Juga DELL telah mampu memperoleh keuntungan superior di industri ini karena mereka memiliki pengetahuan di bidang teknologi informasi. dan internet dan web. Peran Supply Chain dalam Memaksimalkan Profit di DELL DELL mampu mempertahankan keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing di industri komputer karena sistem rantai pasok / distribusi yang sangat efisien. . Keputusan ini sangat penting karena mencerminkan keseluruhan strategi perusahaan perusahaan. Terutama segmen pelanggan yang diidentifikasi menargetkan pemasaran dan periklanan perusahaan. e-commerce. Karena sistem persediaan ini Dell telah mampu memperoleh margin keuntungan yang lebih tinggi. Manajemen senior DELL memberikan arahan strategis saat mempertimbangkan produk yang harus diproduksi dan ditawarkan oleh perusahaan kepada pelanggan mereka. Dalam keputusan tingkat strategis akan dibuat mengenai keseluruhan organisasi mengingat rantai pasokan.Agar rantai pasokan efektif secara strategis. komunikasi. DELL menerapkan sistem persediaan Just-In-Time (JIT) yang beroperasi hanya dalam enam hari persediaan. taktis dan operasional.

Satu hal lain yang membuat rantai pasokan ini benar-benar kompetitif adalah kenyataan bahwa pelanggan DELL hanya bisa memesan komputer melalui DELL sendiri yang menghasilkan ikatan yang sangat erat dengan pelanggan. yang memberi Dell keunggulan kompetitif yang signifikan. DELL juga memiliki aliansi strategis dengan perusahaan lain agar produk mereka dijual di saluran distribusi penjualan langsung DELL. Strategi Integrasi Rantai Pasokan Integrasi perencanaan dan pelaksanaan yang lebih baik telah menjadi salah satu tema dominan dalam rantai pasokan. DELL telah memberikan tempat khusus untuk integrasi rantai pasokan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Inti kesuksesan Dell adalah rantai pasokan terpadu. dan perakitan produk cepat. yang memungkinkan pembuatan. penggunaan informasi strategis Dell telah memungkinkan pengurangan dramatis dalam waktu yang telah berlalu dari pengiriman pesanan. Secara keseluruhan dalam strategi integrasi virtual. fabrikasi.Seperti yang digambarkan dalam diagram. Semua elemen dalam rantai pasokan mereka menjadikannya yang terbaik dalam bisnis ini. Bahkan dengan persediaan yang berkurang. Persediaan telah dikurangi secara dramatis melalui pembagian informasi secara luas. teknik ini sangat sederhana namun merupakan alat terbaik untuk meningkatkan keuntungan. Dengan demikian strategi integrasi yang telah dijelaskan sebelumnya ada di DELL. • Penggunaan komunikasi tanpa kabel yang cepat • Definisi yang jelas tentang apa yang terbaik DELL • Seleksi mitra yang terbaik di bidangnya masing-masing • Penggunaan jumlah pemasok minimum . Hal ini membuat mereka mempertahankan pangsa pasar mereka dalam bisnis ini. karakteristik ini terlibat. serta pengiriman langsung ke pelanggan. pilihan yang bijaksana mengingat risiko keusangan dan pengurangan teknologi dalam biaya bahan yang dapat melebihi 50 persen.

Permintaan & Manajemen Pasokan: Permintaan konsumen proyek dan juga kebutuhan pesanan dan pengiriman. siapkan dan kirim kiriman. DELL memiliki seperangkat analis khusus yang memperkirakan permintaan di setiap tingkat produksi.• Menggunakan internet sebagai strategi untuk menghilangkan batasan antar perusahaan dan mempromosikan integrasi yang efektif • Kurang menekankan pada menjaga aset intelektual dan lebih menekankan pada penggunaan aset dengan cepat sebelum mereka rusak DELL sangat diuntungkan dengan menggunakan rantai pasokan yang sangat terintegrasi yang menghasilkan keunggulan integrasi vertikal sekaligus mendapatkan keuntungan dari investasi. Tentukan bauran dan penempatan produk dan kembangkan rencana acara untuk masa depan. terima dan stok barang di rak ritel. dan spesialisasi pemasok yang sangat terfokus. Eksekusi: Tempatkan pesanan. Ada 4 area tugas utama sesuai model ini Strategi & Perencanaan: Menetapkan peraturan dasar untuk hubungan kolaboratif. inovasi. Pada semua tingkat keakuratan ramalan ini sangat penting. catat transaksi penjualan dan pembayaran Analisis: Memonitor aktivitas perencanaan dan pelaksanaan untuk kondisi pengecualian. efisiensi. DELL menggunakan strategi bisnis kolaboratif dan model proses seperti yang ditunjukkan pada diagram. berbagi wawasan dan menyesuaikan rencana untuk hasil perbaikan yang berkesinambungan Rantai nilai DELL . Hasil gabungan dan menghitung metrik kinerja utama.