You are on page 1of 28

Klien 1

A. Data Biografi Klien
Nama : Tn. A
Tempat & Tanggal Lahir :-
Pendidikan terakhir :-
Agama : Islam
Status Perkawinan : Cerai mati
TB / BB :-
Penampilan :-
Pekerjaan : tidak bekerja
Alamat : panti social tresna werdha
Orang Yang Dekat Dihubungi :-
Hubungan Dengan Usila :-
Tanggal Masuk Panti :-
Alasan Dibawa Ke Panti :-

B. RIWAYAT KELUARGA
Genogram :

C. STATUS KESEHATAN
Status kesehatan umum selama setahun yang lalu :-
Status kesehatan umum selama 5 yang lalu :-
Keluhan utama : pasien mengeluh nyeri pada sendi lutut menjalar kekaki
1) Provocative / Paliative : pasien menderita artritis
2) Quality / Quantity : seperti ditusuk tusuk
3) Region : pada sendi lutut menjalar kekaki
4) Severity Scale : skala 5
5) Timing : kadang kadang
Pemahaman & Penatalaksanaan Masalah Kesehatan : -

Obat-obatan :-
No Nama Obat Dosis Keterangan
1. - - -

Status Imunisasi
Tetanus :-
Difteri :-
Influensa :-
Pneumovaks :-

Alergi
Obat-obat :-
Makanan :-
Faktor lingkungan :-

Penyakit yang diderita
 Artritis

D. AKTIVITAS HIDUP SEHARI-HARI (ADL)
Index Katz :B
Keterangan : Mandiri untuk 6 fungsi / Kemandirian dalam
aktivitas sehari-hari.kecuali satu dari fungsi tersebut ( mandi )
Oksigenasi : Klien tidak menggunakan alat bantu untuk
bernafas
Cairan & Elektrolit : pada kasus tidak terkaji
Nutrisi : tidak terkaji pada kasus
Eliminasi : pada kasus tidak terkaji
Aktivitas : apabila beraktivitas ringan dan berat pasien
mengeluh nyeri pada lutut sampai ke kaki
Istirahat & Tidur : pada kasus tidak terkaji
Personal Hygiene : pasien tidak dapat mandi sendiri

Sistem Reproduksi : tidak ada keluhan 10. 7. Ekstremitas Atas & Bawah :klien mengalami nyeri sendi di bagian lutut menjalar kekaki . Sistem Persyarafan : Tidak ada keluhan 11. Seksual : pada kasus tidak terkaji Rekreasi : pada kasus tidak terkaji Psikologis : pada kasus tidak terkaji Persepsi Klien : pada kasus tidak terkaji 1) Konsep diri : pada kasus tidak terkaji 2) Emosi : pada kasus tidak terkaji 3) Adaptasi : pada kasus tidak terkaji 4) Mekanisme Pertahanan Diri : pada kasus tidak terkaji E. Mata. TINJAUAN SISTEM Keadaan Umum : pada kasus tidak terkaji Tingkat Kesadaran : Composmentis Skala Koma Glasgow : pada kasus tidak terkaji Tanda-tanda vital : pada kasus tidak terkaji 1. Abdomen & pinggang  Gastrointestinal : pada kasus tidak terkaji 6. Dada & punggung :  Payudara : Simetris  Paru-paru : pada kasus tidak terkaji  Jantung : pada kasus tidak terkaji 5. Sistem Immune : Klien terlihat masih bugar. telinga. hidung : pada kasus tidak terkaji 3. Kepala : Tidak ada kelainan 2. Sistem Pengecapan : Tidak ada keluhan 12. 8. Sistem Penciuman : Tidak ada keluhan . Genetalia : Klien sudah andropause 9. Leher : pada kasus tidak terkaji 4.

Status Kognitif 1. tiap objek disebut dengan rentang waktu 1 detik. (bantal. 72) Mengingat: 3 2 Menyebutkan kembali 3 nama objek pada langkah ke-3. 93. tanggal. kabupaten/kota. sabun. 3 2 Meminta klien untuk menyebut ketiga benda yang telah saya sebutkan. provinsi. Nilai 1 untuk setiap jawaban benar. 13. sabun. Mini-Mental State Exam (MMSE) Nilai Skore yang Aspek Penilaian Maksimum Didapat Orientasi: 5 3 Tanggal berapa hari ini? (tahun. Short Porteble Mental Status Questionaire (SPMSQ) - 2. 86. kamar) Registrasi: Meminta klien menyebutkan 3 nama objek yang tidak saling berhubungan. (100. Tactil Respon : Tidak ada keluhan F. hari) Orientasi: 5 3 Dimana kita berada? (negara. bulan. musim. Menayakan: Apakah ini? (menunjuk pensil) Apakah ini? (menunjuk jam tangan) . (bantal. daun) Konsentrasi dan Kalkulasi: Meminta klien menghitung mundur dari 100 dengan kelipatan 7 5 4 sampai 5 tingkat. 79. daun) Bahasa: Menunjukan sebuah benda kemudian meminta klien 2 2 menyebutkan nama benda tersebut. RS/panti.

(tulis: "Pejamkan mata anda") Bahasa: 1 0 Meminta klien untuk menulis sebuah kalimat. Interval Depresi Beck . Jika klien tidak berespon. Letakkan di lantai Bahasa: Meminta klien untuk membaca dan mengikuti perintah yang 1 1 anda tulis. Ambil kertas ini dengan tangan kiri 2. Bahasa: 1 1 Membuat kalimat kemudian meminta klien menirukannya. Minta klien untuk menggambar 1 0 30 TOTAL 19 Interpretasi MMSE Metode skore Interpretasi Single cutoff < 24 Abnormal Range < 21 Meningkatkan kemungkinan dimensia >25 Menurunkan kemungkinan menderita dimensia Pendidikan 21 Abnormal untuk pendidikan kelas 8 <23 Abnormal untuk pendidikan SMA <24 Abnormal untuk pendidikan kuliah Keparahan 24-30 Tidak ada kelemahan kognitif 18-23 Kelemahan kognotof ringan 0-17 Kelemahan kognitif berat 3. (Andi bermain sepeda di halaman) Bahasa: Meminta klien untuk mengikuti 3 langkah perintah yaitu: 3 1 1. minta klien menulis tentang cuaca. Lipat setengahnya 3.

APGAR Keluarga - G. Data Penunjang pada kasus tidak terkaji . - 4.

Data Biografi Klien Nama : Tn. B Tempat & Tanggal Lahir :- Pendidikan terakhir :- Agama : Islam Status Perkawinan : Cerai mati TB / BB :- Penampilan :- Pekerjaan : tidak bekerja Alamat : panti social tresna werdha Orang Yang Dekat Dihubungi :- Hubungan Dengan Usila : Tanggal Masuk Panti :- Alasan Dibawa Ke Panti :- B. RIWAYAT KELUARGA Genogram : C. STATUS KESEHATAN Status kesehatan umum selama setahun yang lalu :- Status kesehatan umum selama 5 yang lalu :- Keluhan utama : pasien mengeluh nyeri pada sendi lutut menjalar kekaki 1) Provocative / Paliative : pasien menderita artritis 2) Quality / Quantity : seperti ditusuk tusuk 3) Region : pada sendi lutut menjalar kekaki 4) Severity Scale : skala 5 5) Timing : kadang kadang Pemahaman & Penatalaksanaan Masalah Kesehatan : - .Klien 2 A.

- Status Imunisasi Tetanus :- Difteri :- Influensa :- Pneumovaks :- Alergi Obat-obat :- Makanan :- Faktor lingkungan :- Penyakit yang diderita  Artritis D. . .kecuali satu dari fungsi tersebut ( mandi ) Oksigenasi : Klien tidak menggunakan alat bantu untuk bernafas Cairan & Elektrolit : pada kasus tidak terkaji Nutrisi : tidak terkaji pada kasus Eliminasi : pada kasus tidak terkaji Aktivitas : apabila beraktivitas ringan dan berat pasien mengeluh nyeri pada lutut sampai ke kaki Istirahat & Tidur : pada kasus tidak terkaji Personal Hygiene : pasien tidak dapat mandi sendiri . AKTIVITAS HIDUP SEHARI-HARI (ADL) Index Katz :B Keterangan : Mandiri untuk 6 fungsi / Kemandirian dalam aktivitas sehari-hari.Obat-obatan :- No Nama Obat Dosis Keterangan 2.

Sistem Reproduksi : tidak ada keluhan 10. telinga. Sistem Penciuman : Tidak ada keluhan . Mata. 7. Kepala : Tidak ada kelainan 2. Sistem Immune : Klien terlihat masih bugar. Sistem Pengecapan : Tidak ada keluhan 12. hidung : pada kasus tidak terkaji 3. Dada & punggung :  Payudara : Simetris  Paru-paru : pada kasus tidak terkaji  Jantung : pada kasus tidak terkaji 5. 8. Ekstremitas Atas & Bawah :klien mengalami nyeri sendi di bagian lutut menjalar kekaki . Leher : pada kasus tidak terkaji 4. TINJAUAN SISTEM Keadaan Umum : pada kasus tidak terkaji Tingkat Kesadaran : Composmentis Skala Koma Glasgow : pada kasus tidak terkaji Tanda-tanda vital : pada kasus tidak terkaji 1.Seksual : pada kasus tidak terkaji Rekreasi : pada kasus tidak terkaji Psikologis : pada kasus tidak terkaji Persepsi Klien : pada kasus tidak terkaji 1) Konsep diri : pada kasus tidak terkaji 2) Emosi : pada kasus tidak terkaji 3) Adaptasi : pada kasus tidak terkaji 4) Mekanisme Pertahanan Diri : pada kasus tidak terkaji E. Abdomen & pinggang  Gastrointestinal : pada kasus tidak terkaji 6. Genetalia : Klien sudah andropause 9. Sistem Persyarafan : Tidak ada keluhan 11.

Tactil Respon : Tidak ada keluhan F. daun) Konsentrasi dan Kalkulasi: Meminta klien menghitung mundur dari 100 dengan kelipatan 7 5 4 sampai 5 tingkat. 72) Mengingat: 3 2 Menyebutkan kembali 3 nama objek pada langkah ke-3. (bantal. 3 2 Meminta klien untuk menyebut ketiga benda yang telah saya sebutkan. kamar) Registrasi: Meminta klien menyebutkan 3 nama objek yang tidak saling berhubungan. bulan. 13. tanggal. Nilai 1 untuk setiap jawaban benar. tiap objek disebut dengan rentang waktu 1 detik. (100. Short Porteble Mental Status Questionaire (SPMSQ) - 2. Mini-Mental State Exam (MMSE) Nilai Skore yang Aspek Penilaian Maksimum Didapat Orientasi: 5 3 Tanggal berapa hari ini? (tahun. Status Kognitif 1. (bantal. provinsi. 93. sabun. 79. RS/panti. musim. sabun. Menayakan: Apakah ini? (menunjuk pensil) Apakah ini? (menunjuk jam tangan) . hari) Orientasi: 5 3 Dimana kita berada? (negara. 86. kabupaten/kota. daun) Bahasa: Menunjukan sebuah benda kemudian meminta klien 2 2 menyebutkan nama benda tersebut.

(tulis: "Pejamkan mata anda") Bahasa: 1 0 Meminta klien untuk menulis sebuah kalimat. Ambil kertas ini dengan tangan kiri 5. (Andi bermain sepeda di halaman) Bahasa: Meminta klien untuk mengikuti 3 langkah perintah yaitu: 3 1 4. Minta klien untuk menggambar 1 0 30 TOTAL 19 Interpretasi MMSE Metode skore Interpretasi Single cutoff < 24 Abnormal Range < 21 Meningkatkan kemungkinan dimensia >25 Menurunkan kemungkinan menderita dimensia Pendidikan 21 Abnormal untuk pendidikan kelas 8 <23 Abnormal untuk pendidikan SMA <24 Abnormal untuk pendidikan kuliah Keparahan 24-30 Tidak ada kelemahan kognitif 18-23 Kelemahan kognotof ringan 0-17 Kelemahan kognitif berat 3. Lipat setengahnya 6. Interval Depresi Beck . Bahasa: 1 1 Membuat kalimat kemudian meminta klien menirukannya. minta klien menulis tentang cuaca. Jika klien tidak berespon. Letakkan di lantai Bahasa: Meminta klien untuk membaca dan mengikuti perintah yang 1 1 anda tulis.

Data Penunjang pada kasus tidak terkaji . APGAR Keluarga - 5. - 4.

C Tempat & Tanggal Lahir :- Pendidikan terakhir :- Agama : Islam Status Perkawinan : Cerai mati TB / BB :- Penampilan :- Pekerjaan : tidak bekerja Alamat :- Orang Yang Dekat Dihubungi :- Hubungan Dengan Usila : Alamat : panti social tresna werdha Tanggal Masuk Panti :- Alasan Dibawa Ke Panti :- B. Data Biografi Klien Nama : Tn.Klien 3 A. RIWAYAT KELUARGA Genogram : C. STATUS KESEHATAN Status kesehatan umum selama setahun yang lalu :- Status kesehatan umum selama 5 yang lalu :- Keluhan utama : pasien mengeluh nyeri pada sendi lutut menjalar kekaki 1) Provocative / Paliative : pasien menderita artritis 2) Quality / Quantity : seperti ditusuk tusuk 3) Region : pada sendi lutut menjalar kekaki 4) Severity Scale : skala 5 5) Timing : kadang kadang Pemahaman & Penatalaksanaan Masalah Kesehatan : - .

AKTIVITAS HIDUP SEHARI-HARI (ADL) Index Katz :B Keterangan : Mandiri untuk 6 fungsi / Kemandirian dalam aktivitas sehari-hari.kecuali satu dari fungsi tersebut ( mandi ) Oksigenasi : Klien tidak menggunakan alat bantu untuk bernafas Cairan & Elektrolit : pada kasus tidak terkaji Nutrisi : tidak terkaji pada kasus Eliminasi : pada kasus tidak terkaji Aktivitas : apabila beraktivitas ringan dan berat pasien mengeluh nyeri pada lutut sampai ke kaki Istirahat & Tidur : pada kasus tidak terkaji Personal Hygiene : pasien tidak dapat mandi sendiri . .Obat-obatan :- No Nama Obat Dosis Keterangan 3. . - Status Imunisasi Tetanus :- Difteri :- Influensa :- Pneumovaks :- Alergi Obat-obat :- Makanan :- Faktor lingkungan :- Penyakit yang diderita  Artritis D.

Seksual : pada kasus tidak terkaji Rekreasi : pada kasus tidak terkaji Psikologis : pada kasus tidak terkaji Persepsi Klien : pada kasus tidak terkaji 1) Konsep diri : pada kasus tidak terkaji 2) Emosi : pada kasus tidak terkaji 3) Adaptasi : pada kasus tidak terkaji 4) Mekanisme Pertahanan Diri : pada kasus tidak terkaji E. Sistem Immune : Klien terlihat masih bugar. Sistem Penciuman : Tidak ada keluhan . Dada & punggung :  Payudara : Simetris  Paru-paru : pada kasus tidak terkaji  Jantung : pada kasus tidak terkaji 5. Sistem Reproduksi : tidak ada keluhan 10. Leher : pada kasus tidak terkaji 4. Ekstremitas Atas & Bawah :klien mengalami nyeri sendi di bagian lutut menjalar kekaki . hidung : pada kasus tidak terkaji 3. Genetalia : Klien sudah andropause 9. Mata. TINJAUAN SISTEM Keadaan Umum : pada kasus tidak terkaji Tingkat Kesadaran : Composmentis Skala Koma Glasgow : pada kasus tidak terkaji Tanda-tanda vital : pada kasus tidak terkaji 1. telinga. 8. Abdomen & pinggang  Gastrointestinal : pada kasus tidak terkaji 6. 7. Sistem Pengecapan : Tidak ada keluhan 12. Kepala : Tidak ada kelainan 2. Sistem Persyarafan : Tidak ada keluhan 11.

Menayakan: Apakah ini? (menunjuk pensil) Apakah ini? (menunjuk jam tangan) . 3 2 Meminta klien untuk menyebut ketiga benda yang telah saya sebutkan. (100. musim. sabun. 13. (bantal. daun) Konsentrasi dan Kalkulasi: Meminta klien menghitung mundur dari 100 dengan kelipatan 7 5 4 sampai 5 tingkat. Mini-Mental State Exam (MMSE) Nilai Skore yang Aspek Penilaian Maksimum Didapat Orientasi: 5 3 Tanggal berapa hari ini? (tahun. Short Porteble Mental Status Questionaire (SPMSQ) - 15. kamar) Registrasi: Meminta klien menyebutkan 3 nama objek yang tidak saling berhubungan. daun) Bahasa: Menunjukan sebuah benda kemudian meminta klien 2 2 menyebutkan nama benda tersebut. provinsi. RS/panti. 79. hari) Orientasi: 5 3 Dimana kita berada? (negara. sabun. bulan. Status Kognitif 14. (bantal. kabupaten/kota. 86. 72) Mengingat: 3 2 Menyebutkan kembali 3 nama objek pada langkah ke-3. 93. Nilai 1 untuk setiap jawaban benar. Tactil Respon : Tidak ada keluhan F. tanggal. tiap objek disebut dengan rentang waktu 1 detik.

Interval Depresi Beck . (Andi bermain sepeda di halaman) Bahasa: Meminta klien untuk mengikuti 3 langkah perintah yaitu: 3 1 7. Bahasa: 1 1 Membuat kalimat kemudian meminta klien menirukannya. minta klien menulis tentang cuaca. Ambil kertas ini dengan tangan kiri 8. Jika klien tidak berespon. (tulis: "Pejamkan mata anda") Bahasa: 1 0 Meminta klien untuk menulis sebuah kalimat. Letakkan di lantai Bahasa: Meminta klien untuk membaca dan mengikuti perintah yang 1 1 anda tulis. Minta klien untuk menggambar 1 0 30 TOTAL 19 Interpretasi MMSE Metode skore Interpretasi Single cutoff < 24 Abnormal Range < 21 Meningkatkan kemungkinan dimensia >25 Menurunkan kemungkinan menderita dimensia Pendidikan 21 Abnormal untuk pendidikan kelas 8 <23 Abnormal untuk pendidikan SMA <24 Abnormal untuk pendidikan kuliah Keparahan 24-30 Tidak ada kelemahan kognitif 18-23 Kelemahan kognotof ringan 0-17 Kelemahan kognitif berat 16. Lipat setengahnya 9.

Data Penunjang pada kasus tidak terkaji . - 17. APGAR Keluarga - G.

Data Biografi Klien Nama : Tn.Klien 4 A. D Tempat & Tanggal Lahir :- Pendidikan terakhir :- Agama : Islam Status Perkawinan :- TB / BB :- Penampilan :- Pekerjaan :- Alamat : panti social tresna werdha Orang Yang Dekat Dihubungi :- Hubungan Dengan Usila : Tanggal Masuk Panti :- Alasan Dibawa Ke Panti :- B. STATUS KESEHATAN Status kesehatan umum selama setahun yang lalu :- Status kesehatan umum selama 5 yang lalu :- Keluhan utama : pasien mengeluh nyeri pada sendi lutut menjalar kekaki 1) Provocative / Paliative : pasien menderita artritis 2) Quality / Quantity : seperti ditusuk tusuk 3) Region : pada sendi lutut menjalar kekaki 4) Severity Scale : skala 5 5) Timing : kadang kadang Pemahaman & Penatalaksanaan Masalah Kesehatan : - . RIWAYAT KELUARGA Genogram : C.

- Status Imunisasi Tetanus :- Difteri :- Influensa :- Pneumovaks :- Alergi Obat-obat :- Makanan :- Faktor lingkungan :- Penyakit yang diderita  Artritis D.kecuali satu dari fungsi tersebut ( mandi ) Oksigenasi : Klien tidak menggunakan alat bantu untuk bernafas Cairan & Elektrolit : pada kasus tidak terkaji Nutrisi : tidak terkaji pada kasus Eliminasi : pada kasus tidak terkaji Aktivitas : apabila beraktivitas ringan dan berat pasien mengeluh nyeri pada lutut sampai ke kaki Istirahat & Tidur : pada kasus tidak terkaji Personal Hygiene : pasien dapat mandi sendiri . AKTIVITAS HIDUP SEHARI-HARI (ADL) Index Katz :B Keterangan : Mandiri untuk 6 fungsi / Kemandirian dalam aktivitas sehari-hari.Obat-obatan :- No Nama Obat Dosis Keterangan 4. . .

8) Genetalia : Klien sudah andropause 9) Sistem Reproduksi : tidak ada keluhan 10) Sistem Persyarafan : Tidak ada keluhan 11) Sistem Pengecapan : Tidak ada keluhan 12) Sistem Penciuman : Tidak ada keluhan . TINJAUAN SISTEM Keadaan Umum : pada kasus tidak terkaji Tingkat Kesadaran : Composmentis Skala Koma Glasgow : pada kasus tidak terkaji Tanda-tanda vital : pada kasus tidak terkaji 1) Kepala : Tidak ada kelainan 2) Mata. hidung : pada kasus tidak terkaji 3) Leher : pada kasus tidak terkaji 4) Dada & punggung :  Payudara : Simetris  Paru-paru : pada kasus tidak terkaji  Jantung : pada kasus tidak terkaji 5) Abdomen & pinggang  Gastrointestinal : pada kasus tidak terkaji 6) Ekstremitas Atas & Bawah :klien mengalami nyeri sendi di bagian lutut menjalar kekaki . 7) Sistem Immune : Klien terlihat masih bugar. telinga.Seksual : pada kasus tidak terkaji Rekreasi : pada kasus tidak terkaji Psikologis : pada kasus tidak terkaji Persepsi Klien : pada kasus tidak terkaji 1) Konsep diri : pada kasus tidak terkaji 2) Emosi : pada kasus tidak terkaji 3) Adaptasi : pada kasus tidak terkaji 4) Mekanisme Pertahanan Diri : pada kasus tidak terkaji E.

tiap objek disebut dengan rentang waktu 1 detik. (100. kabupaten/kota. provinsi. tanggal. 86. daun) Konsentrasi dan Kalkulasi: Meminta klien menghitung mundur dari 100 dengan kelipatan 7 5 4 sampai 5 tingkat. 79. bulan. (bantal. 13) Tactil Respon : Tidak ada keluhan F. 93. Nilai 1 untuk setiap jawaban benar. hari) Orientasi: 5 3 Dimana kita berada? (negara. daun) Bahasa: Menunjukan sebuah benda kemudian meminta klien 2 2 menyebutkan nama benda tersebut. musim. RS/panti. 3 2 Meminta klien untuk menyebut ketiga benda yang telah saya sebutkan. Status Kognitif 1) Short Porteble Mental Status Questionaire (SPMSQ) - 2) Mini-Mental State Exam (MMSE) Nilai Skore yang Aspek Penilaian Maksimum Didapat Orientasi: 5 3 Tanggal berapa hari ini? (tahun. kamar) Registrasi: Meminta klien menyebutkan 3 nama objek yang tidak saling berhubungan. sabun. (bantal. 72) Mengingat: 3 2 Menyebutkan kembali 3 nama objek pada langkah ke-3. sabun. Menayakan: Apakah ini? (menunjuk pensil) Apakah ini? (menunjuk jam tangan) .

Ambil kertas ini dengan tangan kiri 11. minta klien menulis tentang cuaca. (Andi bermain sepeda di halaman) Bahasa: Meminta klien untuk mengikuti 3 langkah perintah yaitu: 3 1 10. (tulis: "Pejamkan mata anda") Bahasa: 1 0 Meminta klien untuk menulis sebuah kalimat. Letakkan di lantai Bahasa: Meminta klien untuk membaca dan mengikuti perintah yang 1 1 anda tulis. Lipat setengahnya 12. Minta klien untuk menggambar 1 0 30 TOTAL 19 Interpretasi MMSE Metode skore Interpretasi Single cutoff < 24 Abnormal Range < 21 Meningkatkan kemungkinan dimensia >25 Menurunkan kemungkinan menderita dimensia Pendidikan 21 Abnormal untuk pendidikan kelas 8 <23 Abnormal untuk pendidikan SMA <24 Abnormal untuk pendidikan kuliah Keparahan 24-30 Tidak ada kelemahan kognitif 18-23 Kelemahan kognotof ringan 0-17 Kelemahan kognitif berat 3) Interval Depresi Beck . Bahasa: 1 1 Membuat kalimat kemudian meminta klien menirukannya. Jika klien tidak berespon.

- 4) APGAR Keluarga - 5) Data Penunjang pada kasus tidak terkaji .

Data Biografi Klien Nama : Tn. E Tempat & Tanggal Lahir :- Pendidikan terakhir :- Agama : Islam Status Perkawinan : cerai mati TB / BB :- Penampilan :- Pekerjaan : tidak bekerja Alamat : panti social tresna werdha Orang Yang Dekat Dihubungi :- Hubungan Dengan Usila : Tanggal Masuk Panti :- Alasan Dibawa Ke Panti :- B. STATUS KESEHATAN Status kesehatan umum selama setahun yang lalu :- Status kesehatan umum selama 5 yang lalu :- Keluhan utama : pasien mengeluh nyeri pada sendi lutut menjalar kekaki 6) Provocative / Paliative : pasien menderita artritis 7) Quality / Quantity : seperti ditusuk tusuk 8) Region : pada sendi lutut menjalar kekaki 9) Severity Scale : skala 5 10) Timing : kadang kadang Pemahaman & Penatalaksanaan Masalah Kesehatan : - . RIWAYAT KELUARGA Genogram : C.Klien 5 A.

. . Obat-obatan :- No Nama Obat Dosis Keterangan 5. - Status Imunisasi Tetanus :- Difteri :- Influensa :- Pneumovaks :- Alergi Obat-obat :- Makanan :- Faktor lingkungan :- Penyakit yang diderita  Artritis D. AKTIVITAS HIDUP SEHARI-HARI (ADL) Index Katz :B Keterangan : Mandiri untuk 6 fungsi / Kemandirian dalam aktivitas sehari-hari.kecuali satu dari fungsi tersebut ( mandi ) Oksigenasi : Klien tidak menggunakan alat bantu untuk bernafas Cairan & Elektrolit : pada kasus tidak terkaji Nutrisi : tidak terkaji pada kasus Eliminasi : pada kasus tidak terkaji Aktivitas : apabila beraktivitas ringan dan berat pasien mengeluh nyeri pada lutut sampai ke kaki Istirahat & Tidur : pada kasus tidak terkaji Personal Hygiene : pasien dapat mandi sendiri .

7) Sistem Immune : Klien terlihat masih bugar. hidung : pasien menalami kebutaan 3) Leher : pada kasus tidak terkaji 4) Dada & punggung :  Payudara : Simetris  Paru-paru : pada kasus tidak terkaji  Jantung : pada kasus tidak terkaji 5) Abdomen & pinggang  Gastrointestinal : pada kasus tidak terkaji 6) Ekstremitas Atas & Bawah :klien mengalami nyeri sendi di bagian lutut menjalar kekaki . telinga. Seksual : pada kasus tidak terkaji Rekreasi : pada kasus tidak terkaji Psikologis : pada kasus tidak terkaji Persepsi Klien : pada kasus tidak terkaji 1) Konsep diri : pada kasus tidak terkaji 2) Emosi : pada kasus tidak terkaji 3) Adaptasi : pada kasus tidak terkaji 4) Mekanisme Pertahanan Diri : pada kasus tidak terkaji E. TINJAUAN SISTEM Keadaan Umum : pada kasus tidak terkaji Tingkat Kesadaran : Composmentis Skala Koma Glasgow : pada kasus tidak terkaji Tanda-tanda vital : pada kasus tidak terkaji 1) Kepala : Tidak ada kelainan 2) Mata. 8) Genetalia : Klien sudah andropause 9) Sistem Reproduksi : tidak ada keluhan 10) Sistem Persyarafan : Tidak ada keluhan 11) Sistem Pengecapan : Tidak ada keluhan 12) Sistem Penciuman : Tidak ada keluhan .

APGAR Keluarga - G. Data Penunjang pada kasus tidak terkaji . Mini-Mental State Exam (MMSE) 3. Interval Depresi Beck - 4. Status Kognitif 1. Short Porteble Mental Status Questionaire (SPMSQ) - 2.13) Tactil Respon : Tidak ada keluhan F.