You are on page 1of 35

LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN (LPK

)
KULIAH KERJA NYATA (KKN) TEMATIK

Pekon : Sukorahayu
Kecamatan : Labuhan Maringgai
Kabupaten : Lampung Timur

Oleh

Nama Mahasiswa KKN Unila :
1. Adlia Ulfa Syafira 1318011001 Fakultas Kedokteran
2. Andi Nabila Maharani I. 1318011011 Fakultas Kedokteran
2 Dea Gratia Putri 1318011046 Fakultas Kedokteran
3 Indah Iswara 1318011082 Fakultas Kedokteran
4 Intan Siti Hulaima 1318011087 Fakultas Kedokteran
5 M. Egi Surya Pratama 1311031062 Fakultas Ekonomi dan Bisnis
6 Muhammad Ridho 1312011220 Fakultas Hukum
7 Mey Handayani S. 1316051052 Fakultas Ilmu Sosial Politik
8 Rizka Helisia Putri 1314111047 Fakultas Pertanian

UNIVERSITAS LAMPUNG
BANDAR LAMPUNG
2016

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 |1

LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN
MAHASISWA KKN UNILA

Desa : Sukorahayu
Kecamatan : Labuhan Maringgai
Kabupaten : Lampung Timur

Nama Mahasiswa KKN Unila :
3. Adlia Ulfa Syafira 1318011001 Fakultas Kedokteran
4. Andi Nabila Maharani I. 1318011011 Fakultas Kedokteran
9 Dea Gratia Putri 1318011046 Fakultas Kedokteran
10 Indah Iswara 1318011082 Fakultas Kedokteran
11 Intan Siti Hulaima 1318011087 Fakultas Kedokteran
12 M. Egi Surya Pratama 1311031062 Fakultas Ekonomi dan Bisnis
13 Muhammad Ridho 1312011220 Fakultas Hukum
14 Mey Handayani S. 1316051052 Fakultas Ilmu Sosial Politik
15 Rizka Helisia Putri 1314111047 Fakultas Pertanian

Tanggal Persetujuan :

Menyetujui, Bandar Lampung, 26 Maret 2016
Dosen Pembimbing Lapang Kordinator Desa
(DPL) (Kordes)

Herman Yulianto S.Pi M.Si Muhammad Ridho
NIP. 19510711 198303 1 001 NPM. 1312011220

Mengetahui
Ketua BP-KKN UNILA

Prof. Dr I Gede AB. Wiranata, S.H.,
NIP. 196211091988111001

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 |2

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa berkat limpahan rahmat penulis
dapat menyelesaikan laporan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) tematik ini guna
memenuhi tugas kuliah kerja nyata (KKN) periode I tahun 2016.
Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang
penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan
materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan orang tua, sehingga
kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi.
Laporan ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu yang dapat di kuliah
kemudian di aplikasikan di masyarakat. Laporan ini di sajikan berdasarkan hasil
program kerja desa yang dibuat berdasarkan bukti yang dilampirkan dalam
laporan. Laporan ini disusun oleh penulis dengan berbagai rintangan. Baik yang
datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh
kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah juga dosen pembimbing lapang
akhirnya laporan ini dapat terselesaikan.
Semoga laporan ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan
menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para mahasiswa
Universitas Lampung. Penulis sadar bahwa laporan ini masih banyak kekurangan
dan jauh dari sempurna. Untuk itu, penulis meminta kritik dan saran demi
perbaikan pembuatan laporan di masa yang akan datang

Bandar Lampung, 26 Maret 2016

Penyusun

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 |3

bagi pemerintah daerah dan masyarakat setempat. berbangsa dan bernegara. serta seni untuk melaksanakan pembangunan. Kegiatan KKN merupakan salah satu bentuk kegiatan yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat diluar kampus. serta menyamakan persepsi mahasiswa antara landasan teori yang diperoleh di bangku perkuliahan dengan aplikasinya dalam kehidupan masyarakat.1 Latar Belakang Salah satu kegiatan intrakurikuler yang dijalankan oleh mahasiswa pada suatu perguruan tinggi adalah kuliah kerja nyata (KKN). Dengan selesainya kegiatan KKN. KKN dilaksanakan di masyarakat dengan maksud meningkatakan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan teknologi. Kegiatan KKN merupakan salah satu bentuk pengintegrasian antara kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan pendidikan dan penelitian yang juga merupakan pelaksanaan kegiatan yang bersifat interdisipliner. I. kegiatan KKN dapat membantu percepatan proses pembangunan serta membentuk kader penerus kegiatan pembangunan. KKN Tematik juga merupakan bentuk penegasan loyalitas dan solidaritas Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) untuk mewujudkan visi dan misi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 |4 . kemampuan dan kesadaran baru tentang hidup bermasyarakat. Kegiatan KKN diharapkan dapat mengembangkan kepekaan rasa. PENDAHULUAN 1. mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan. Pola KKN direncanakan dan dilaksanakan secara sistematis berdasarkan tema KKN yakni harmonisasi sosial. agama. Sekaligus sebagai proses pembelajaran serta mengabdi kepada masyarakat yang sedang membangun dansecara langsung mengidentifikasi serta membantu menangani masalah- masalah pembangunan yang sedang dihadapi.

khususnya dalam masalah yang berkaitan dengan disiplin ilmu yang diketahui. 3. penunjang maupun kelanjutan program. Program kegiatan KKN Tematik yang dilakukan oleh mahasiswa di setiap lokasi harus sesuai dengan tema program tertentu berdasarkan permasalahan dan kebutuhan nyata di lokasi masing-masing. Mendorong learning comunnity dan learning society 7. Kegiatan dapat bersifat: rintisan.Unila.2 Tujuan KKN Tematik Tujuan dari pelaksanaan KKN Tematik adalah : 1. Menambahkan jiwa peneliti : a. 6. Meningkatkan daya saing nasional. Kemandirian. Menyelaraskan ilmu pengetahuan yang didapat dari perkuliahan dengan kondisi nyata di masyarakat. Nasionalisme dan jiwa Pancasila b. Eksploratif dan analisis b. Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa. 1.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan KKN Tematik KKN tematik dilaksanakan di Desa Sukorahayu. pelengkap. Keuletan. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan berlatih memecahkan berbagai masalah kemasyarakatan secara langsung dan praktis. Dalam pelaksanaan program kegiatan KKN Tematik tersebut. Kecamatan Labuhan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 |5 . 2. fasilitator dan problem solver. Menanamkan nilai kepribadian : a. kepedulian. kerjasama mahasiswa secara multidisipliner dan kontribusi daya saing daerah dan nasional. mahasiswa berperan sebagai: motivator. Pelaku utama dalam pelaksanaan kegiatan adalah masyarakat sebagai subjek dan objek pembangunan masyarakat. 1. kepemimpinan dan kewirausahaan 4. etos kerja dan tanggung jawab c. 5. Melaksanakan terapan IPTEKS secara teamworks. KKN Tematik diharapkan dapat lebih meningkatkan empati.

Kemudian dilakukan sosialisasi dan pelaksanaan program kerja baik program pokok POSDAYA maupun program tambahan dengan melibatkan masyarakat dan mahasiswa/i peserta KKN Tematik Unila. Kristen. tokoh masyarakat. ketua organisasi dan tenaga kesehatan guna mencari informasi mengenai Desa Sukorahayu dan kondisi masyarakat yang ada di Desa Sukorahayu. Cirebon dan Bali. terutama tambak udang. Kabupaten Lampung Timur. KKN Tematik berlangsung selama 60 hari yaitu mulai tanggal 17 Januari 2016 sampai dengan tanggal 17 Maret 2016. Ditinjau dari segi agama. masyarakat terdiri dari Agama Islam. Bugis. dan tempat-tempat lain yang menyediakan kebutuhan umum masyarakat. pengolah ikan asin yang belum produktif maupun yang sedang berproduktif. Tempat-tempat umum di Desa Sukorahayu cukup ramai.Maringgai. Adapun sumber daya manusia di desa Sukorahayu antara lain : 1. Desa Sukorahayu sangat berpotensi dalam sektor perikanan. Pemukiman warga di Desa Sukorahayu cukup padat. Sebelumnya Desa Sukorahayu merupakan daerah unit penempatan transmigrasi lokal (UPT) dengan sebutan transmigrasi. Desa Sukorahayu terdiri atas 6 suku. pemimpin lembaga yang berdiri di Desa Sukorahayu.4 Kondisi dan Gambaran Umum Lokasi KKN Desa Sukorahayu adalah sebuah kampung yang berada di Kecamatan Labuhan Maringgai. Potensi Desa Potensi Dasar  Jumlah RT : 20 RT Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 |6 . yaitu Jawa. Desa Sukorahayu sendiri merupakan lokasi yang terletak tidak begitu jauh dan medan yang ditempuh jika ingin memasukinya pun tidak begitu berat. Provinsi Lampung yang merupakan wilayah tujuan transmigrasi lokal. dibuktikan dengan adanya pasar. Sunda. dan Hindu. tokoh agama. 1. Kabupaten Lampung Timur. Lampung. Pada minggu pertama dilakukan adaptasi dan kunjungan dengan lingkungan di Desa Sukorahayu terutama pada aparatur desa. ATM bersama. alfamart.

Sarana Kampung  Kantor Desa :1  Masjid :4  Sekolah Dasar :1  Sekolah Lanjutan :-  Poskamling :4  Jembatan :2  Gedung TPQ :1  Balai Desa :1 3.375 orang  Jumlah Kepala Keluarga : 837 KK 4. diantaranya:  Sektor Pertanian Sebagian besar di dusun III mata pencaharian penduduk adalah bertani dengan komoditas utama adalah sawit dan sawah dan sebagian kecil adalah petani sayuran. Penduduk  Jumlah Penduduk : 3. Kondisi Perekonomian Desa Sukorahayu memiliki sumber daya yang cukup berpotensi untuk dikembangkan. 2. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 |7 . dusun II dan dusun IV memiliki mata pencaharian sebagai nelayan tangkap yaitu nelayan menangkap hasil laut menggunakan alat tangkap sesuai dengan alat yang diperbolehkan oleh kementrian perikanan.  Sektor Perikanan Mayoritas masyarakat di desa Sukorahayu khususnya dusun I.

II. Kecamatan Labuhan Maringgai berlangsung hampir seluruh program kerja yang telah direncanakan terlaksana dengan baik. Kabupaten Lampung Timur. Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan termasuk dalam kegiatan pokok maupun kegiatan tambahan. Sosialisasi Narkotika. Sosialisasi PHBS RT (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Rumah Tangga) 9. Pemeriksaan dan Pendataan Golongan Darah 6. Berikut merupakan rincian kegiatannya yaitu: 4.1 Program Pokok KKN Tematik Unila Periode Pertama Tahun 2016 di Desa Sukorahayu: 1. Pemeriksaan Tekanan Darah dan Konsultasi Kesehatan Gratis 2. Program kerja yang kami laksanakan terdiri dari 21 kegiatan pokok dan 9 kegiatan tambahan. Kecamatan Labuhan Maringgai. dan Zat Aditif (NAPZA) dalam segi Kesehatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 |8 . Psikotropika. Sosialisasi Demam Berdarah Dengue 5. Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah 3. Sosialisasi ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) 7. PELAKSANAAN KKN TEMATIK 4. Dokter Kecil 8. Sosialisasi Kuku dan Rambut Bersih 10.1. sejak 17 Januari sampai dengan 17 Maret 2016 di Desa Sukorahayu. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Unila 2016 berlangsung selama enam puluh hari.1 Hasil Pelaksanaan KKN Tematik Selama kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di desa Sukorahayu. Pemeriksaan dan Pendataan Golongan Darah 4. Kegiatan yang telah dilakukan berkaitan dengan tema KKN Tematik yaitu “POSDAYA”. Propinsi Lampung.

Pembuatan rumah hijau 4. 28. Sentra Kriya Pengolahan Perikanan dalam aplikasi pembuatan bakso ikan dan kerupuk rajungan di Rumah Pintar 30. Bisnis Kreatif Anak SD 24. Ekonomi Kreatif 27. Peningkatan Nilai Jual Ikan Dalam Pembuatan Nugget 26. Sosialisasi wajib belajar 12 tahun 3. Sosialisasi Sikat Gigi 21. Diskusi Publik Anti Terorisme dan Radikalisme 2. Sosialisasi Imunisasi Dasar Bagi Bayi dan Balita 20. Sosialisasi penggunaan kontrasepsi (KB) 15. Koperasi Dusun 25. Sosialisasi Air Susu Ibu (ASI) dan Makanan Pendamping ASI (MP- ASI) 12. Sosialisasi Pedoman Umum Gizi Seimbang (Pugs) 19.1. Sosialisasi Tentang Edukasi Penderita dan Keluarga Penderita Tuberkuloasis 13. Penanaman Mangrove 31. Sosialisasi Ayo Gemar Makan Ikan dan Manfaatnya. Ayo Menabung Dini 23. Bimbingan belajar siswa SD 2. Pemutaran film nasional “Pendidikan Moral dan Nasionalisme bagi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 |9 . Sosialisasi GAHARU 5. Sosialisasi dan Bakti Sosial 29. Edukasi Seks 18. Cuci Tangan 16. Pengadaan Lapangan Olahraga Untuk Masyarakat Umum 22. 11. Sosialisasi Petunjuk Pemanfaatan Toga 17. Pengukuran Status Gizi Siswa SDN Sukorahayu 14.2 Program Tambahan KKN Tematik Unila Tahap Pertama Tahun 2016 di Desa Sukorahayu : 1.

Di bawah ini merupakan penjelasan singkat tentang kegiatan-kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang menjadi program kerja dari Mahasiswa. Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh masyarakat yang hadir dalam kegiatan posyandu. selain membawa perubahan pada masyarakat juga memberikan dampak yang positif bagi mahasiswa yang menjalani. Kecamatan Labuhan Maringgai.2 Pembahasan Sebagai salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. Lalu diberikan saran untuk menindaklanjuti pemeriksaan dan penatalaksanaan dari kemungkinan penyakit yang ada. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik POSDAYA Unila sejak tanggal 17 Januari 2016 sampai 17 Maret 2016 4. Pembuatan TOGA dan sosialisasi (tanaman obat keluarga) 7. Pemeriksaan Tekanan Darah dan Konsultasi Kesehatan Gratis Tujuan dan pemeriksaan tekanan darah yaitu untuk mengetahui tekanan darah sehingga menjadi parameter untuk memprediksi risiko beberapa gangguan kesehatan. serta yang inisiatif Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 10 . Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik POSDAYA.1 Program Pokok 1. Kabupaten Lampung Timur. pengobatan gratis di Puskesdes.2. Mahasiswa belajar bagaimana hidup bersosialisasi dan bagaimana menyesuaikan diri dengan masyarakat serta mahasiswa KKN lainnya. Lari pagi bersama warga dusun I 8. Setelah dilakukan pemeriksaan tekanan darah dilanjutkan dengan konsultasi kesehatan yaitu dengan memberikan interpretasi kemungkinan risiko yang terjadi berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan. Program kerja yang direncanakan dibuat berdasarkan tema yang diberikan serta kondisi yang ada pada Desa Sukorahayu. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik POSDAYA mengemban nilai pengabdian terhadap masyarakat. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan fungsi mahasiswa sebagai “Agent of Change”. Pelatihan menari anak SD 4. siswa SD Negeri Sukorahayu” 6. Pembuatan plang nama jalan dusun III 9.

Memakai sepatu bersih dan rapih 5.untuk memeriksa tekanan darah di rumah. Membuang sampah ke tempat sampah yang terpilah 13. yang menjadikan seseorang dapat menolong diri sendiri maupun lingkungannya.00.00-12. Ada beberapa indiKator yang dipakai sebagai ukuran untuk menilai PHBS di sekolah yaitu : 1. Memberantas jentik nyamuk di sekolah 9. Total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 175. Pemeriksaan tekanan darah dan konsultasi kesehatan gratis dilakukan di setiap kegiatan posyandu. Total biaya yang dikeluarkan sebanyak Rp 20. guru. Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap bulan Sasaran kegiatan ini adalah seluruh siswa SD Negeri Sukorahayu pada setiap hari Sabtu pukul 10. Posyandu dusun 2 dilaksanakan tanggal 23 Januari dan 23 Februari 2016. Berolahraga teratur dan terukur 6. Menggunakan air bersih 11.00 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 11 .000. Setiap kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB. memelihara rambut agar bersih dan rapih 2. Posyandu dusun 1 pada Tanggal 15 Februari 2016. Posyandu dusun 3 pada tanggal 19 Februari 2016.000. dan masyarakat lingkungan sekoah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran. 2.00 . memakai pakaian bersih dan rapih 3.12. Posyandu dusun 4 dilaksanakan tanggal 5 Februari dan 5 Maret 2016. Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun 12.00. memelihara kuku agar selalu pendek dan bersih 4. Mengkonsumsi jajanan sehat dari kantin sekolah 14. Tidak menggunakan NAPZA 8. Menggunakan jamban yang bersih dan sehat 10. PHBS di sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik. Tidak merokok di sekolah 7. Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Perilaku hidup bersih dan sehat adalah sekumpulan perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran pada diri individu.

Posyandu dusun 4 dilaksanakan tanggal 5 Februari dan 5 Maret 2016. gejala. Posyandu dusun 2 dilaksanakan tanggal 23 Januari dan 23 Februari 2016. Setiap posyandu dimulai pukul 09.00 5. kurang lebih 40% anak yang ada di Sukorahayu terkena penyakit ISPA. Sehingga dapat segera melakukan tindakan yang dapat mencegah DBD. pencegahan. Tujuannya untuk mempermudah pencarian donor darah apabila terjadi kegawatdaruratan.000.dan tata laksana awal yang dapat dilakukan oleh masyarakat umum.00 . Sasaran kegiatan ini adalah warga desa Sukorahayu terutama yang bersedia mendonorkan darahnya apabila terjadi kegawatdaruratan pada warga Sukorahayu. Total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 35. Hal ini dilakukan karena berdasarkan informasi yang didapat dari pihak tenaga kesehatan yang ada di Desa Sukorahayu. Total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 435. Sosialisasi dilakukan seiring terlaksananya kegiatan di setiap posyandu.00 WIB. Setelah dilakukan pemeriksaan akan dilanjutkan dengan pendataan.00. Sosialisasi Demam Berdarah Dengue Bertujuan untuk memberikan pengetahuan ke warga mengenai bahaya Demam Berdarah Dengue.000. hal ini dapat mempermudah dalam proses pengobatan yang berhubungan dengan darah.00 . pada hari Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 12 . Dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2016 pukul 09. yang meliputi definisi.11. Sosialisasi ini dilaksanakan pada saat kegiatan rumah pintar. Pemeriksaan dan Pendataan Golongan Darah Pemeriksaan golongan darah bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat untuk mengetahui golongan darah tiap individu.00 WIB.12. Posyandu dusun 1 pada Tanggal 15 Februari 2016. Sasaran kegiatan ini adalah ibu-ibu warga Sukorahayu. Mengingat fungsi darah yang sangat penting dalam tubuh. Sosialisasi ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) Tujuan dari sosialisasi Infeksi Saluran Pernapasan Akut ini adalah agar setiap warga dapat menambahkan pengetahuannya tentang apa itu penyakit ISPA. Posyandu dusun 3 pada tanggal 19 Februari 2016. 4.3.

Sosialisasi ini memiliki sasaran yaitu pada ibu-ibu.00-16. Materi yang telah diberikan akan menjadi bahan ujian untuk dinobatkannya dokter kecil di setiap kelas. dan remaja yang ada di masyarakat. para siswa/i mendapatkan materi yang bermanfaat sehingga dapat diterapkan terhadap dirinya sendiri maupun orang lain. 27 Februari 2016.20.00.dan kelas 6 sabtu. Sosialisasi PHBS RT (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Rumah Tangga) Tujuan sosialisasi ini bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat didalam rumah. dan 6. 6. 13 februari 2016. Hal ini dilakukan karena melihat keadaan lingkungan perumahan di Desa Sukorahayu yang masih kurang dari standar rumah yang bersih dan sehat.00 WIB. Setelah didapatkan siapa peserta yang pantas untuk dinobatkan sebagai dokter kecil akan diberikan hadiah pada minggu terakhir. Serta penobatan dan penutupan pada sabtu. dan menyampaikan bahwa itu penting. Waktu pelaksanaan sosialisasi ini yaitu.000. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pemberian materi dan praktek bagaimana cara menutup luka yang baik dan benar. Dokter Kecil Penobatan sebagai dokter kecil di sekolah ini memiliki tujuan yaitu agar siswa/i Sekolah Dasar memiliki gambaran bagaimana bila menjadi seorang dokter dan memiliki motivasi untuk meraih cita-cita. Selain mendapatkan motivasi.00. Materi ini hanya diberikan kepada kelas 4. bapak-bapak. 5 Maret 2016. Lalu tes dokter kecil dilakukan sabtu. kelas 5 sabtu. di MTS Sukorahayu pukul 13. 7. 20 Februari 2016. 5 maret 2016.200. 6 februari 2016 .000. Pada sosialisasi ini kami memberikan lembaran materi dengan biaya Rp. Kegiatan ini berupa pemaparan materi-materi yang mudah dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 13 .sabtu. Total hadiah yang diberikan Rp. Selain menyampaikan materi. serta diberikan pula motivasi giat belajar agar dapat mencapai cita- citanya. disertai penutupan kegiatan di SDN Sukorahayu. pemberian materi pada kelas 4 sabtu. 5. pada sosialisai ini juga dilakukan kegiatan pelatihan pembuatan alat pernafasan sederhana untuk pertolongan pertama.

Maka dari itu sosialisasi ini perlu dilakukan untuk membiasakan menjaga kebersihan kuku dan rambut sejak dini.12. Sosialisasi ini dilakukan pada saat dilaksanakan Posyandu. Psikotropika. Memiliki sasaran yaitu pada anak-anak. yaitu dusun 1 pada hari Senin. Biaya yang dikeluarkan untuk sosialisasi ini adalah Rp.26.00 .00 .00 hingga pukul 16. 5 maret 2016 pukul 13.00 WIB. agar terhindar dari kuman dan berbagai penyakit. 23 februari 2016 pukul 10. Sosialisasi Kuku dan Rambut Bersih Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menerapkan perilaku-perilaku kecil yang biasanya diabaikan oleh anak-anak kecil.00 dan diadakan di Balai Desa Sukorahayu. Kegiatan ini berupa pemberian materi tentang apa efek samping bila tidak menjaga kebersihan kuku dan rambut.00-12.000. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 14 . Biaya yang dikeluarkan adalah Rp.00 . Kegiatan ini dilakukan karena anak-anak di Sukorahayu terlihat kurang peduli akan kebersihan dirinya sendiri. Dengan tujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat bahaya dari NAPZA bagi kesehatan dan organ-organ yang akan rusak ketika mengkonsumsi NAPZA. Pukul 10. dusun 3 Jumat.00 WIB. cara membersihkannya.dapat dilakukan kepada setiap rumah tangga untuk dapat hidup bersih dan sehat. 5 Februari 2016. 23 januari 2016 & Selasa. 19 februari 2016 pukul 10.00 - 12. dan Zat Aditif (NAPZA) dalam segi Kesehatan Kegiatan ini diadakan pada hari Selasa. 8.12. yang memiliki sasaran kepada setiap warga.60.Setiap kegiatan Posyandu di Desa Sukorahayu yang diadakan di setiap dusun. Sosialisasi Narkotika. Sosialisasi ini dilaksanakan pada saat kegiatan rumah pintar di MTS Sukorahayu pada hari sabtu. Sasaran dari program ini adalah kaum muda dan orang tua baik yang sudah terjebak agar dapat sadar dan mengubah perilaku yang dapat merugikan diri sendiri atuapun yang tidak mengkonsumsi agar mengetahui bahaya serta menghindari sehingga tidak terjebak pada lingkaran setan NAPZA.00 WIB. 16 Februari 2016 dimulai pukul 13.00 WIB dan dusun 4 Jumat.00 WIB. 15 februari 2016 pukul 10.00. yaitu tentang kebersihan kuku dan rambut.00.000. dan disertai oleh hiburan-hiburan berupa lagu tentang kebersihan. 9. dusun 2 Sabtu.16.

Sosialisasi Tentang Edukasi Penderita dan Keluarga Penderita Tuberkuloasis Penderita Tuberkulosis (TB) merupakan penderita dengan penyakit yang perlu diobati hingga tuntas. Pengajaran pembuatan MP-ASI bertujuan untuk memberikan informasi bagaimana membuat makanan pendamping ASI yang murah dan sehat. baik penderita maupun keluarga. Budi Arifyanto. Kami juga mengajarkan cara pembuatan MP-ASI kepada ibu-ibu agar dapat memberikan MP-ASI berbarengan dengan pemberian ASI setelah usia anak lebih dari 6 bulan. Tujuan diadakannya sosialisasi ASI dan MP-ASI adalah karena begitu banyak ibu-ibu yang kurang peduli pentingnya ASI bagi tumbuh kembang anak.12. yaitu:  Posyandu Dusun 1: 15 Februari 2016  Posyandu Dusun 2: 23 Januari 2016 dan 23 Februari 2016  Posyandu Dusun 3: 19 Februari 2016  Posyandu Dusun 4: 15 Februari 2016 dan 5 Maret 2016 Sosialisasi diadakan dari pukul 09. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi terbuka sehingga masyarakat dapat langsung bertanya kepada narasumber dan mendapatkan jawaban yang tepat. Adapun Biaya yang dikeluarkan untuk program kerja ini adalah Rp 340. Budi dan dilanjutkan dengan pemaparan dari segi hukum.00 .00 WIB. dibuka dengan pemaparan secara umum apa itu NAPZA oleh mahasiswa KKN Fakultas Hukum dilanjutkan dengan pemaparan Bahaya NAPZA bagi kesehatan oleh dr. Biaya untuk program kerja ini adalah Rp 7000. Kegitan ini berkerjasama dengan bagian hukum dari Kapolsek Labuhan Maringgai. Kegiatan ini disampaikan oleh pembicara dari Puskesmas Labuhan Maringgai yaitu dr. Peran serta keluarga Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 15 . Sosialisasi Air Susu Ibu (ASI) dan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) Kegiatan ini diadakan setiap dilakuakannya Posyandu di setiap Dusun di Desa Sukorahayu. total diadakannya Posyandu selama kami disini ada 6 kali Posyandu. 11. dan juga menjelaskan bahaya apa yang didapat oleh anak jika tidak mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan.000 10.

posyandu Dusun 3 (19 Februari 2016) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 16 . khususnya kelas I.meningkatnya kesehatan keluarga berencana dengan cara penjarangan kelahiran (kontrasepsi). Tujuan dari program kerja ini adalah untuk mengetahui Berat Badan dan Tinggi Badan siswa dan pengaplikasiannya dalam status gizi.00-16. 5 Maret 2016 pukul 13. meningkatkan jumlah penduduk sukorahayu untuk menggunakan alat kontrasepsi. Sasaran dari program kerja ini adalah siswa SD Sukorahayu dan hasil diberikan kepada sekolah. 20 Februari 2016. dan Meningkatkan kualitas keluarga. Program kerja ini dilakukan setiap hari sabtu di SDN Sukorahayu. Biaya yang dikeluarkan untuk program kerja ini adalah Rp7000 12. dan V. dan 27 Februari 2016. meningkatnya kesejehtaraan keluarga berencana. Sosialisasi penggunaan kontrasepsi (KB) Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan informasi pada masyarakat mengenai macam macam kontrasepsi. Sosialisasi ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan posyandu tentang macam macam kontrasepsi yang dapat digunakan dan Tanya jawab dari peserta seputar kontrasepsi dengan sasaran utama ibu ibu dengan bayi dan balita dan ibu hamil. Pengukuran Status Gizi Siswa SDN Sukorahayu Pengukuran status Gizi siswa SDN Sukorahayu dengan cara pengukuran Tinggi Badan dan Berat Badan siswa SDN Sukorahayu. posyandu Dusun 2 (23 Januari 2016 dan 23 Februari 2016). Pelaksaan pengukuran Berat Badan dan Tinggi badan yaitu pada tanggal 13 Februari 2106. III.juga sangat berpengaruh bagi kesembuhan penderita. berdasarkan data yang telah kami terima dari Puskesmas Labuhan Maringgai. program kerja ini memberikan pengetahuan kepada masyarakat baik yang sudah menderita ataupun belum beserta keluarga penderita. Tujuan program kerja ini agar proses penyembuhan pasien baik dan keluarga tidak terserang oleh Tuberkulosis juga. sehingga guru dapat mengetahui perkembangan siswa-siswanya. Sosalisasi diadakan pada hari Sabtu. waktu pelaksanaan posyandu Dusun 1 (15 Februari 2016). Biaya yang dibutuhkan untuk program kerja ini adalah Rp10.00 WIB di Rumah Pintar Sukorahayu.000 13.

dengan cara demonstrasi atau simulasi menggunakan simulasi cuci tangan Sosialisasi ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan PHBS. Adapun biaya yang Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 17 .ayo menabung. meningkatkan kesadaran merubah perilaku cuci tangan tidak benar menjadi perilaku cuci tangan yang benar. Sosialisasi Petunjuk Pemanfaatan Toga Kegiatan ini dilakukan untuk penghijauan lingkungan agar lingkungan dapat terlihat anggun. posyandu Dusun 4 (15 Februari 2016 dan 5 Maret 2016). Cuci Tangan Kegiatan ini dilakukan untuk membiasakan salah satu poin pola hidup bersih dan sehat .00 WIB di kelas V (31 januari 2016).00 . 15.12.pada puku 09. toga ini ditanam di 5 rumah contoh toga dengan sasarannya adalah Masyarakat Dusun III dan masyarakat sukorahayu waktu pelaksanaan 28 februari 2016 Pukul 19.00 . dan agar anak-ank mengetahui bedanya cuci tangan yang benar dan cuci tangan dengan benar. sejuk. asri.21. Untuk kebutuhan obat herbal yang bebas dari bahan kimia obat herbal biasanya digunakan untuk penyembuhan penyakit dengan cara tradisional tidak mengandung bahan kimia. bisnis kreatif dan pemutaran film nasionalisme masing masing kegiatan dilaksanakandi kelas kelas berbeda pada waktu yang bersamaan sasarannya adalah siswa siswi SDN 1 Sukorahayu waktu pelaksaanaan sabtu. kelas I dan III (27 februari 2016).00 dan Poster PHBS Rp. Program kerja ini dilaksanakan bersamaan dengan pupuk bokashi dan penanaman Toga. kelas IV. 5000 14. 7000. gemar makan ikan.00 WIB. pembersihan luka. V dan VI (5 maret 2016) dokter kecil adapun biaya yang dikeluarkan adalah poster cuci tangan Rp. dan untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta melestarikan kekayaan alam melalui tanaman yang ada disekitar kita. pukul 10. kelas IV dan VI (20 februari 2016). gosok gigi. kelas III (13 februari 2016). meningkatkan kesadaran anak- anak tentang adanya dampak buruk akibat melakukan perilaku cuci tangan yang tidak benar. rindang.00. kelas II (6 februari 2016). Total biaya yang dikeluarkan yaitu print out slide Kontrasepsi Rp. 7000.00WIB belokasi didusun III.

memperbaiki kualitas dan kauntitas konsumsi pangan masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat merubah perilaku gizi masyarakat kearah perilaku gizi seimbang. sekaligus mendukung implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dalam hal ini saudari Intan Siti Hulaima.bertempat di balai Desa Sukorahayu. Keadaan gizi yang baik dapat meningkatkan kesehatan individu dan masyarakat. Pendidikan seks untuk anak pra sekolah lebih bersifat pemberian informasi berdasarkan komunikasi yang benar antara orangtua dan anak. mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Untuk acara ini diperkirakan lembar materi dipersiapkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 18 . Adapun sasarannya adalah ibu ibu dan anak anak SD maupun pra sekolah. Pada hari Sabtu tanggal 5 Maret 2016 bertempat di MTS Sukorahayu telah berlangsung kegiatan sosialisasi Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS). dan diakhiri dengan tanya jawab seputar gizi seimbang. Namun pada realisasinya. 30. Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh warga masyarakat desa Sukorahayu. bertindak sebagai pembicara. Masyarakat diberi informasi mengenai apa itu gizi seimbang. Sosialisasi Pedoman Umum Gizi Seimbang (Pugs) Pola makan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi. Adapun uraian kegiatan Program kerja ini dilaksanakan bersamaan dengan rumah pintar dengan cara diskusi bersama ibu ibu dan anak anak SD maupun pra sekolah.500 17. Pola makan yang baik adalah berpedoman pada Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) bukan lagi 4 serta 5 sempurna.dikeluarkan adalah buku petunjuk pemanfaatan TOGA Rp.500 16. Adapun biaya yang dikeluarkan adalah Rp. 32. Edukasi Seks Edukasi seks untuk anak-anak bertujuan agar anak mengerti identitas dirinya dan terlindung dari masalah seksual yang dapat berakibat buruk bagi anak. mengapa gizi seimbang itu penting dalam memperbaiki kualitas hidup. Edukasi seks dilaksananakan pada tanggal 6 februari 2016 pukul 09.00- selesai. hanya beberapa warga masyarakat desa Sukorahayu yang hadir.

Pemberian pemahaman bahwa imunisasi tidak hanya memberikan pencegahan terhadap anak tersebut.00 . 18. Imunisasi merupakan upaya paling efektif mencegah dan memutuskan rantai penularan penyakit berbahaya.00 .00 . Imunisasi sendiri bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Penyakit-Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I). Kegiatan sosialisasi dilakukan setiap diadakan posyandu di masing- masing dusun yang ada di Desa Sukorahayu (Posyandu Dusun 1 (15 Februari 2016) Pukul 09. manfaat dan cara pemberiannya. pemberian informasi tentang jadwal imunisasi rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) 2014.00 WIB).000. dilanjutkan tanya jawab seputar imunisasi. Adapun tempat pelaksanaannya di rumah pintar dengan total biaya Rp 30. Imunisasi merupakan program yang berkontribusi besar pada upaya penurunan angka kematian anak sesuai Millenium Development Goals (MDGs) 4. Posyandu Dusun 3 (19 Februari 2016) Pukul 09.00 WIB.00 - 12.sebanyak 50 lembar dengan harga Rp 30.12. tetapi juga akan memberikan dampak yang jauh lebih luas karena mencegah terjadinya penularan dan meningkatkan imunitas secara umum di masyarakat. penyakit yang dicegah.12. Setiap anak berhak memperoleh imunisasi dasar sesuai dengan ketentuan untuk mencegah terjadinya penyakit yang dapat dihindari melalui imunisasi berdasarkan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Sasaran kegiatan ini adalah seluruh ibu-ibu masyarakat yang memiliki bayi dan balita. Posyandu Dusun 2 (23 Januari & 23 Februari 2016) Pukul 09. kader posyandu. penyakit apa yang dapat dicegah sesuai dengan jenis imunisasi.00 WIB.12. efek samping imunisasi. Posyandu Dusun 4 (5 Februari & 5 Maret 2016) Pukul 09. Sosialisasi Imunisasi Dasar Bagi Bayi dan Balita Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan agar tenaga kesehatan. dan masyarakat umum secara menyeluruh mengerti dan paham apa dan bagaimana imunisasi baik definisi. Kegiatan sosialisasi meliputi pemberian informasi tentang apa saja imunisasi dasar yang wajib diberikan pada bayi dan balita. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 19 .00 WIB.00.00.000.

Dengan demikian mereka akan selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan benar. Lagu tersebut dapat dinyanyikan sesuai dengan nada lagu ampar-ampar pisang. Selain lagu. Namun pada pelaksanaannya yang membantu membuat lapangan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 20 . kami juga telah mempersiapkan gerakan yang sesuai untuk mengiringi lagu tersebut. dan sosialisasi dokter kecil. sehingga sering menyebbabkan sakit gigi dan bau mulut.000. 13 Februari 2016 di kelas II. Untuk kegiatan ini dipersiapkan selembar poster agar menarik seharga Rp 10. Pengadaan Lapangan Olahraga Untuk Masyarakat Umum Lapangan olahraga dibuat agar warga masyarakat dapat menggunakannya untuk berolahraga. Sasaran kegiatan ini adalah siswa-siswi SD Sukorahayu. dilanjutkan dengan perkenalan diri dari masing-masing mahasiswa KKN Unila 2019. dan 27 Februari 2016 di kelas I dan III. Sasaran kegiatan ini adalah seluruh penduduk usia produktif di desa Sukorahayu. sosialisasi cuci tangan WHO.20 . Dengan berolahraga. Kegiatan sosialisasi sikat gigi diadakan setiap hari Sabtu pukul 10. diharapkan tingkat kesehatan masyarakat secara umum dapat meningkat.19. selanjutnyaa perkenalan diri dari siswa-siswi dari kelas yang kami masuki. Alasan lain adalah untuk membangun pribadi anak-anak yang cinta akan kebersihan diri khususnya kebersihna gigi dan mulut.00. Awalnya kami mebicarakan niat untuk mengadakan lapangan olahraga di Desa Sukorahayu kepada induk semang kami (Pak Tosim) yang juga merupakan Ketua RT 04. Untuk kegiatan ini kami telah menyiapkan lagu yang dapat mempermudah siswa-siswi mengingat cara menyikat gigi yang baik dan benar.00 WIB bersamaan dengan sosialisasi PHBS sekolah.12. Serta menerapkan cara menyikat gigi yang baik dan benar agar tidak menimbulkan penyakit. Memberikan penjelasan kepada sisswa-siswi dan memunculkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dengan rincian waktu pelaksanaan 30 Januari 2016 di kelas V. Sosialisasi Sikat Gigi Kegiatan sosialisasi sikat gigi dilaksanakan agar siswa-siswi Sekolah dasar (SD) Sukorahayu mengerti akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut yang mana sering disepelekan. 20. Setiap kalinya kegiatan ini dimulai dengan do’a. 20 Februari 2016 di kelas IV dan VI.

Ayo Menabung Dini Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Januari dan 5 Maret 2016 pukul 10. 27 Februari 2016 di kelas VI. Yang dihasilkan dari kegiatan ini yaitu para siswa-siswi dilatih bagaimana mereka bisa menciptakan sesuatu dari barang bekas menjadi barang yang berguna dengan ide kreatif mereka.30 WIB oleh Mahasiswa KKN Nyata (KKN) Tematik di SDN Sukorahayu. Pada tanggal 5 Maret bagi buku tabungannya yang paling banyak menabung pada setiap kelas mulai dari kelas I sampai kelas VI diberikan celengan sebagai motivasi untuk meningkatkan lebih giat menabung. Untuk kegiatan ini dipersiapkan net seharga rpp 150. Proses kegiatan ini dilakukakan dengan sosialisasi kepada anak –anak SD dari kelas I sampai kelas VI melalui sosialisasi manfaat dan fungsi dari menabung dengan menggunakan nyanyian dan hiburan agar anak – anak SD merasa terhibur dan menimbulkan rasa semangat untuk menabung. Biaya program kerja ini yaitu Rp Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 21 .000.00 dan bola seharga Rp 300.30 WIB oleh Tim KKN dan saya sebagai Penanggung Jawab (PJ) Program Kerja ini di SDN Sukorahayu. Adapun biaya program kerja ini yaitu Rp 40. Setiap siswa-siswi SDN Sukorahayu diwajibkan membawa satu barang bekas yang sudah dikreatifkan oleh mereka sendiri.00 21. Dari hasil yang didapat dengan melihat buku tabungan dari tanggal 23 Januari – 5 Maret mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Pukul 10. Tujuan diadakannya program kerja Sosialisasi Ayo Menabung Dini untuk mengajarkan kepada anak-anak sekolah dasar betapa pentingnya manfaat menabung. Bisnis Kreatif Anak SD Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2016 di kelas IV. Adapun waktu pelaksanaannya adalah Minggu 12 Maret 2016.00 – 11.olahraga ini adalah pria dewasa dan pemuda pria Sukorahayu. 22.000. 20 Februari 2016 di kelas III dan kelas V. Tujuan kegiatan ini yaitu mengajarkan kepada Siswa Siswi SDN Sukorahayu bagaimana kita belajar berbisnis dan belajar membuat bisnis sendiri dengan ide kreativitas sendiri. dan tanggal 5 Maret 2016 dikelas I dan II.30 WIB – 11.000 untuk 6 kelas di SD tersebut.

Karena hasil program kerja Kelompok Niaga yaitu membuat pupuk bokashi hasilnya dijual dan uang nya dimasukan kedalam kas koperasi dusun. Adapun total biaya yang digunakan Rp 47. Kami membuat struktur keanggotaan koperasi dusun. Ekonomi Kreatif Dalam program kerja Ekonomi Kreatif saya bekerja sama dengan anak pertanian karena saya mengambil objek pada pekerjaan petani di Desa Sukorhayu dusun 3. pupuk bokashi cair. Tujuan dari koperasi ini adalah untuk simpan pinjam Kelompok Niaga dan tabungan lebaran untuk warga Dusun III. Disini saya mengambil bagaimana cara membuat pupuk bokashi padat.000 dengan cara mengelola ikan biasa menjadi nugget ikan. dan starter dengan cara manual.000 menjadi Rp 15. Kegiatan ini tidak hanya mengajarkan kepada ibu-ibu cara membuat nugget ikan tapi juga mengajak mereka menjual hasil dari pembuatan nugget ikan tersebut. Koperasi Dusun Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 28 Februari 2016 oleh Mahasiswa KKN di Dusun III bersama dengan Kelompok Niaga. 23.000 yang terdiri dari hadiah alat-alat tulis untuk satu kelas sehingga total dana yang dikeluarkan adalah Rp 120. Mengapa hanya Kelompok Niaga saja yang boleh simpan pinjam uang koperasi. Itupun hanya warga Dusun III yang mendaftar menjadi anggota koperasi dusun. Dengan tujuan untuk membandingkan harga beli dan jual di pasar dengan harga membuat sendiri atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 22 . Peningkatan Nilai Jual Ikan Dalam Pembuatan Nugget Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 5 Maret 2016 di Rumah Pintar bersama Ibu-ibu Desa Sukorahayu.000 untuk mencetak buku kas.000 25. Dengan cara seperti ini setidaknya mereka mempunyai tambahan penghasilan walaupun tidak terlalu besar namun mempunyai manfaat dan membantu para suami mereka yang bekerja di laut. Warga Dusun hanya bisa mengambil uang yang mereka tabung pada saat lebaran dan keperluan mendesak. Biaya yang dikeluarkan untuk program kerja ini yaitu sebesar Rp 10. 24. Saya mengajak ibu-ibu disini untuk mengolah ikan yang seharga Rp 5.000. 20.

manual.00 di Dusun III Desa Sukorahayu. Berikut ini adalah sub program kerja Ekonomi Kreatif : a) Pupuk Bokashi Padat Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 03 Februari sampai 27 Februari 2016. Setelah seminggu pembuatan starter.00-17.5 liter. Hasil yang didapat dari pembuatan Starter (EM4) manual ini menghasilkan 7 botol berukuran 1. Sebenarnya pembuatan ini hampir sama Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 23 . Adapun biaya yang digunakan untuk membuat pupuk bokashi padat adalah Rp 36.000/botol dengan Starter yang dibuat sendiri/manual.000 diluar dari bahan-bahan pepaya. b). pukul 09. selanjutnya dilakukan penyaringan bakteri yang ada pada starter tersebut. c). pukul 13. Starter (EM4) Manual Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Februari sampai 19 Februari 2016.00- 15.30 WIB di Dusun III Desa Sukorahayu. Selanjutnya setelah kepengurusan dibentuk. serta dalam pembentukan ini pengurus menentukan lokasi. Mulai dari pembentukan struktur kepengurusan yakni membuat struktur agar pembuatan pupuk ini dapat berkesinambungan dan diharapkan para petani dapat beralih dari pupuk kimia ke pupuk padat.00-11. sekam. Serbuk gergaji dan kotoran hewan. alat dan bahan yang dibutuhkan.500 diluar dari bahan-bahan seperti daun hijau.00 WIB di Dusun 3 Desa Sukorahayu. Setelah dilakukan penyaringan Starter (EM4) tersebut dapat digunakan dan dapat diperjual-belikan oleh lembaga niaga dan masyarakat dusun III Desa Sukorahayu. maka dilakukan pembuatan pupuk oleh Lembaga Niaga selama 2 minggu. pukul 13. kacang. Mulai dari mengumpulkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat Starter (EM4) yang disediakan oleh Lembaga Niaga dusun III. Tujuan pembuatan Starter (EM4) dengan cara manual adalah membandingkan harga yang dijual dipasar dimana dijual dengan harga Rp 28. pisang. Adapun biaya pembuatan Starter (EM4) Manual adalah Rp 33. Pupuk Bokashi Cair Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2016. bayem/kangkung. nanas.

serta Kepala POL-AIRUD Kabupaten Lampung Timur . donor PMI. Dinas Badan Lingkungan Hidup. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa gemar makan ikan dan memberikan penjelasan manfaat gizi ikan bagi tubuh manusia. pembagian bibit tanaman sayuran gratis. Sosialisasi dan Bakti Sosial Kegiatan ini dinamakan “Sosialisasi dan Bakti Sosial” dengan tema sosialisasi “Dampak Kerusakan Ekosistem Pencemaran Perairan di Wilayah Pesisir” dilaksanakan pada tanggal 21 Febuari 2016 pukul 09. Kegiatan ini berkoordinasi dengan PMI yang bertugas di Kabupaten Lampung Timur tepatnya di Rumah Sakit Sukadana dan juga berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan. tensi gratis. Kuala Penet. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah memberikan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 24 . souvenir gratis dan undian berhadiah. Hasil dari pembuatan Pupuk Bokashi Cair sebanyak 37 botol berukuran 1. 30. Dari hasil yang didapat anak – anak sangat aktif mendengarkan sosialisasi tersebut dan juga kondisi kelas sangat kondusif. Adapun biaya yang digunakan dalam pembuatan Pupuk Bokashi Cair adalah Rp 36.dengan pembuatan Pupuk Bokashi Padat. 26. Pelaksanaan kegiatan ini meliputi sosialisasi perikanan.5 liter.000 diluar dari bahan-bahan kotoran hewan.00 yang bertempat di Gedung Sekaya Maritim. Sosialisasi Ayo Gemar Makan Ikan dan Manfaatnya. pembagian bubur gratis. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 30 Januari 2016 dan 13 Febuari 2016 pukul 10.00 – 12.000 27. hanya saja yang digunakan hanya kotoran hewan dan ditambahkan 50 liter air dengan menggunakan Starter bakteri sebanyak 1 liter.30 WIB oleh tim Kerja Nyata (KKN) Tematik di SDN Sukorahayu.000 untuk satu kelas sehingga dana total Rp. Proses kegiatan ini dilakukan dengan sosialisasi kepada anak – anak SD dari kelas 1 sampai kelas 6 melalui sosialisasi manfaat dari makan ikan menggunakan LCD dan sesi tanya jawab. pada akhir sesi bagi penanya diberikan hadiah berupa susu atau snack.20 WIB – 11. Adapun biaya program kerja ini yaitu Rp. 180. Tujuan pembuatan Pupuk Bokashi Cair ini sebagai pemeliharaan untuk menghindari jamur pada tumbuhan.

Adapun biaya yang digunakan dalam kegiatan ini sebesar Rp.00 – 10 WIB pengambilan bibit mangrove di LMC (Lampung Mangrove Center) untuk dipindahkan kedalam polibek yang nantinya akan ditanam di lahan mangrove. Karang Anyar.500 dan biaya transportasi Rp.969. 2.00 WIB yang dilaksanakan di lokasi Rumah Pintar Sukorahayu yang telah diresmikan oleh Camat Labuhan Maringgai dan Kepala Desa Sukorahayu. pembuatan nugget. Total biaya yang digunakan dalam program kerja ini untuk kapal Rp. Sasaran dari kegiatan ini adalah untuk ibu – ibu desa Sukorahayu dan anak – anak desa Sukorahayu. hukuman bagi nelayan pelanggar dari aturan – aturan yang dibuat dan memfasilitasi masyarakat desa Sriminosari. penggunakan trowl.000 29.00 – 12. Pada hari Kamis.00 – 17. 60.informasi dampak dari kerusakan ekosistem perairan akibat dari pengeboman. Sukorahayu. Diskusi Publik Anti Terorisme dan Radikalisme Latar Belakang diadakannya Diskusi Publik ini adalah informasi dari kades Margasari pada saat pembukaan KKN Unila di Balai Desa Margasari Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 25 . Biaya yang digunakan menghabiskan dana sebesar Rp 120.000 28. bakso ikan dan kaki naga juga lomba mewarnai anak – anak. 1 Maret 2016 pukul 07.000 30. 112. illegal fishing. Srigading dan Margasari untuk menyalurkan aspirasi yang ada kepada narasumber yang diundang.00 WIB dilakukan penanaman mangrove dengan menggunakan benih yang sudah dipersiapkan sebelumnya. 10 Maret 2016 pukul 06. Tujuan dari kegiatan ini memberikan fasilitas bagi ibu – ibu dan anak – anak untuk mengembangkan kreatifitas sehingga dapat menjadi mata pencaharian sampingan yang berkesinambungan. Kegiatan yang dilakukan meliputi cek golongan darah. Penanaman Mangrove Kegiatan ini merupakan program kecamatan yang dilaksanakan pada hari Selasa. pembuangan sampah sembarangan. Sentra Kriya Pengolahan Perikanan dalam aplikasi pembuatan bakso ikan dan kerupuk rajungan di Rumah Pintar Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 05 Maret 2015 pukul 13.

dan Pemerintah Desa Srigading Kecamatan Labuhan Maringgai sebagai tuan Rumah dalam Acara Diskusi Publik ini.H.tentang adanya percobaan perekrutan anggota Teroris oleh kelompok yang dicurigai sebagai kelompok radikal di desa karanganyar Kecamatan Labuhan Maringgai. 15 Tahun 2003 adalah tindak pidana yang banyak memakan korban jiwa yang tidak berdosa dan Tindak pidana ini adalah tindak pidana yang sedang di perangi oleh seluruh negara di dunia.H. Polsek Labuhan Maringgai. dan Untuk mencegah terjadinya Tindak Pidana Terorisme. Serta Danramil Tentara Nasional Indonesia Kecamatan Labuhan Maringgai Tujuan Dari Acara ini adalah. memberi pengetahuan kepada seluruh masyarakat se-Kecamatan Labuhan Maringgai akan bahaya Tindak Pidana Terorisme dan bahaya perekrutan dari kelompok – kelompok yang mengatasnamakan Islam padahal Kelompok-Kelompok yang mengatasnamakan Islam tersebut adalah Kelompok yang diduga mempunyai faham radikalisme dan terorisme. serta untuk mendukung program pemerintah dalam rangka Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.. Seperti yang kita ketahui. sekitar 2 bulan sebelum tim kkn masuk ke lima desa yang ada di labuhan maringgai. Maka kami seluruh tim KKN UNILA sepakat untuk mengadakan acara diskusi Publik Anti Terorisme dan Radikalisme di Balai Desa Srigading Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 26 . Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Lampung Timur 3. Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Labuhan Maringgai. Untuk itulah supaya tidak ada lagi perekrutan anggota kelompok teroris di Kecamatan Labuhan Maringgai. Fakultas Hukum Universitas Lampung. Tindak Pidana Terorisme yang telah diatur dalam Undang-Undang No. Kapolsek Labuhan Maringgai yang diwakili oleh bapak Roy Alagan Sebagai Kanit Intelkam Polsek Labuhan Maringgai 2. Kegiatan ini dilakukan atas kerjasama antara tim KKN Universitas Lampung Se-labuhan Maringgai.M. 4. Akademisi dari Bagian Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Lampung Bapak Iwan Satriawan. Adapun pemateri dari diskusi publik Anti Terorisme dan Radikalisme adalah : 1.S. Acara ini dilakukan pada hari jum’at tanggal 29 Januari 2016 pada pukul 13:00 sampai dengan 17:30 WIB.

31.00 yang dana tersebut diperoleh dari patungan per- kelompok. Proses Kegiatan ini dilakukan dengan cara penyampaian materi oleh masing-masing pemateri selama 20 menit. adanya informasi dari kepala dusun IV Desa Sukorahayu Kecamatan Labuhan Maringgai tentang maraknya peredaran Miras dan Narkotika yang ada di lingkungan beliau. Setelah masing-masing pemateri menyampaikan materinya lewat power point yang di tampilkan di LCD. Acara ini terselenggara atas kerjasama Tim KKN Unila Desa Sukorahayu dengan Polsek Labuhan Maringgai. Tim KKN desa Sukorahayu sepakat untuk mengadakan acara diskusi publik ini. Dan Puskesmas PONED Kecamatan Labuhan Maringgai serta Pemerintah Desa Sukorahayu Kecamatan Labuhan Maringgai.000. Beliau memberitahu bahwa warga desanya banyak yang mengkonsumsi minuman keras dan memakai Narkotika.750. Peminum minuman keras dan pemakai Narkotika di wilayah beliau tidak hanya dari golongan pemuda saja. Sasaran dari acara ini adalah seluruh warga Masyarakat di 5 desa Yang ada di kecamatan Labuhan Maringgai. Melainkan ada juga dari peminum minuman keras dan pengguna Narkotika dari golongan orang-orang yang sudah berumur diatas 30 tahun. Untuk itulah supaya tidak ada ada lagi peminum minuman keras dan pengguna Narkotika di Desa Sukorahayu. Maka seluruh warga desa dan mahasiswa KKN se-Kecamatan Labuhan Maringgai dipersilahkan untuk bertanya kepada pemateri. Acara ini dilaksanakan pada hari Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 27 . Diskusi Publik Anti Miras dan Narkotika Dilihat Dalam Segi Kesehatan dan Hukum Latar belakang diadakannya acara ini adalah. Adapun biaya dari acara ini adalah Rp. Warga desa pun terlihat antusias dan memperhatikan seluruh materi yang disampaikan oleh 4 orang pemateri yang telah di undang oleh panitia diskusi publik ini. serta memberitahu dampak pemakaian Miras dan Narkotika dari Kacamata Kesehatan Dan Kacamata Hukum Pidana maka kami.Kecamatan Labuhan Maringgai dengan peserta seluruh warga di 5 desa se- Kecamatan Labuhan Maringgai. Hasilnya atas kerjasama dari Tim KKN Labuhan Maringgai dengan instansi-instansi terkait maka acara ini terselenggara dengan tertib dan kondusif.

Dikarenakan adanya pembagian bibit dari Dinas Kehutanan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 28 .35 tahun 2009 tentang Narkotika bagi pengguna dan pengedar narkotika. Sasaran kami untuk acara ini adalah seluruh warga masyarakat desa sukorahayu terkhusus remaja desa sukorahayu. Setelah masing-masing pemateri menyampaikan materinya lewat power point yang di tampilkan di LCD. Adapun pemateri dari acara diskusi Publik ini adalah : 1. Pala dan Sengon Merupakan kegiatan yang dilaksanakan atas dasar permintaan dari SD Negeri Sukorahayu.Selasa tanggal 16 Februari 2016 pukul 13:00 sampai dengan pukul 16:00 WIB. Adapun biaya dari acara ini adalah.000. dr. Hasilnya atas kerjasama dari Tim KKN Desa Sukorahayu Labuhan Maringgai dengan instansi-instansi terkait maka acara ini terselenggara dengan tertib dan kondusif. Kapolsek Labuhan Maringgai yang diwakili Bapak Roy Alagan sebagai Kanit Intelkam Polsek Labuhan Maringgai. Proses Kegiatan ini dilakukan dengan cara penyampaian materi oleh masing-masing pemateri selama 20 menit. untuk menginformasikan bahaya penggunaan Miras dan Narkotika dilihat dari sudut pandang hukum pidana dan sudut pandang kesehatan. Warga desa Sukorahayu pun terlihat antusias dan memperhatikan seluruh materi yang disampaikan oleh 2 orang pemateri yang telah di undang oleh panitia diskusi publik ini. Sehingga setelah masyarakat mengetahui akan bahaya pemakaian Narkotika dan Miras dari segi kesehatan dan mengetahui pula ancaman sanksi Pidana baik pidana Penjara sampai dengan Pidana Mati yang telah diatur dalam Bab XV tentang ketentuan Pidana dalam Undang-Undang No. Sosialisasi Perawatan Pohon Gaharu.2 Program Kerja Tambahan : 1. Nangka. 2. maka kami berharap tidak ada lagi warga desa sukorahayu yang meminum – minuman keras dan memakai narkotika.150.2. Budi Arifianto sebagai Ketua Puskesmas Poned Kecamatan Labuhan Maringgai 2. Tujuan diadakannya acara diskusi publik ini adalah. Maka seluruh warga desa dan mahasiswa KKN se- Kecamatan Labuhan Maringgai dipersilahkan untuk bertanya kepada pemateri.00 yang dana tersebut diperoleh dari patungan per-individu.

Rabu. agama.000. yang memiliki sasaran yaitu kepada orang tua yang memiliki anak yang masih mengenyam bangku pendidikan. bahasa inggris. Sosialisasi diberikan untuk siswa kelas IV. Setiap orang tua di Sukorahayu banyak yang melepas anaknya untuk pergi bekerja/berlayar setelah lulus Sekolah Dasar. dan agar mereka mendapatkan pengetahuan yang luas tentang dunia ini. dan kami mengajarkan komputer kepada siswa SMP yang masih buta terhadap teknologi. Selasa. Jumat. nangka.00 WIB. Bimbingan belajar kami mulai pada hari Senin.00 WIB di MTS Sukorahayu. 25 Januari 2016 hingga Rabu. Kegiatan ini dilakukan saat kegiatan rumah pintar yang dilaksanakan pada hari sabtu. kepada murid SD kami mengajarkan matematika.00-16. Kegiatan ini berupa pemaparan materi tentang wajib belajar 12 tahun yang meliputi peraturan pemerintah dan manfaatnya. V. VI. Sosialisasi Wajib Belajar 12 Tahun Tujuan dari dilakukannya kegiatan ini adalah menginformasikan kepada setiap warga terutama pada orang tua. 5 maret 2016 pukul 13. 2. bahwa kini wajib belajar 12 tahun telah berlaku. dan pala. Total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 30. dan 29 Februari 2016 dimulai pukul 07. Bimbingan Belajar Bimbingan belajar dilaksanakan bertujuan untuk menambah pengetahuan kepada anak-anak yang bertempat tinggal di Sukorahayu. tanpa melanjutkan sekolahnya lagi dijenjang berikutnya. Pelajaran yang kami ajarkan pada saat bimbingan belajar adalah membaca.untuk SDN Sukorahayu berupa bibit gaharu. sehingga mereka manjadi generasi yang cerdas dan dapat merubah pola pikir agar menjadi orang yang Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 29 .30-19. Kamis. pada tanggal 15 Februari 2016. ipa.00 . menulis dan melukis serta mewarnai untuk anak setara TK. 3. 22 Februari 2016. Bimbingan belajar dilakukan setiap hari Senin. 16 Maret 2016 setiap pukul 18. Dilaksanakan setiap hari Senin. sengon.30. Maka dari itu kami disini ingin menginformasikan dan memotivasi lagi setiap orang tua untuk menyekolahkan anaknya agar mendapatkan pendidikan yang sebenarnya. Kami ingin membagi ilmu yang sudah kami dapatkan. dan Sabtu.00.08. Kegiatan ini dilakukan karena warga Sukorahayu telah memiliki pola pikir yang salah terhadap putra-putri mereka.

00 WIB di Dusun III Desa Sukorahayu.00 WIB bertempat di dusun III dengan memilih 4 rumah sebagai contoh fokus pembuatan rumah hijau yaitu rumah kepala dusun III dan 3 rumah yang sudah ditentukan dengan membuat lahan 3 x 1 yang diberi pagar bambu kemudian ditanam dengan bibit sayuran yang sudah diberikan sebelumnya diantaranya bibit buncis. kangkung.00 . Papan Nama Toga dan Tanaman Hijau Program Kerja Tambahan ini dilaksanakan pada 10 Maret 2016 pukul 10. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan taraf kesehatan amsyarakat secara umum. bayam.12. pokcai. 20000. 5. Adapun biaya yang digunakan adalah Rp 100. Biaya yang dikeluarkan untuk program kerja ini adalah Rp.000. Latihan Menari Kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan bakat dan mengisi waktu luang siswa siswi SD Desa Sukorahayu sepulang sekolah.00 WIB – 12. kegiatan ini dilaksanakan sore hari pukul 14. 6. Pembuatan Plang Jalan. Pembuatan Rumah Hijau Kegiatan pembuatan rumah hijau dilaksanakan pada tanggal 29 Febuari 2016 pukul 10.00-17. Pembuatan Papan Nama Toga dan Tanaman Hijau adalah untuk memperlihatkan kepada masyarakat bahwa ada percontohan Toga dan Tanaman Hijau di dusun III dan untuk memudahkan pembedaaan tanaman toga dan tanaman hijau dari tanaman yang lainnya. rampai dan cabai.adapun biaya yang dikeluarkan adalah Rp 60. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 30 . 4.000. Tujuan pembuatan plang jalan adalah untuk memudahkan masyarakat mengetahui nama jalan di dusun III dan tidak hanya masyarakat dusun III namun masyarakat dari dusun lain ataupun dari luar dapat mengetahui dengan mudah lokasi dusun III. 7.terdidik.00 WIB di posko KKN Sukorahayu kegiatan ini dimulai pada tanggal 17 februari 2016 hingga 10 februari 2016 tiap hari senin dan kamis. Jalan Santai Bersama Warga Jalan santai bersama warga diadakan untuk mempererat silaturahmi antara warga dengan warga dan warga dengan mahasiswa KKN.

00. Selain itu menjadikan Dusun III menjadi Dusun Hijau. Budidaya TOGA dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. 9. Film Nasionalisme “Pendidikan Moral dan Nasionalisme bagi siswa SD Negeri Sukorahayu” Salah satu Penyebab terjadinya berbagai Tindak Pidana di Indonesia. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.00 – 14. Adapun biaya program kerja ini sebanyak Rp 145. Padahal apabila kita telah mengetahui makna dan menanamkan pada diri kita masing-masing makna dari sila pertama yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa” maka penanggung jawab dari program kerja ini meyakini bahwa tidak ada permasalahan dalam bidang hukum Pidana. menyalahgunakan Narkotika.000 8. Pembuatan TOGA Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 Februari 2016 di 5 rumah warga Dusun III pukul 10. Korupsi dan Tindak Pidana lainnya yang telah Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 31 .Tujuan pembuatan rumah hijau yakni memberikan informasi tentang manfaat dari rumah hijau sekaligus memberikan mata pencaharian sampingan. Pembuatan toga dibuat di sebidang tanah di halaman rumah warga Dusun III yang selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Karena Pada dasarnya tidak ada satupun agama di Indonesia yang memperbolehkan untuk membunuh.000 untuk pembelian bibit tanaman dan polybag. adalah karena warga negaranya sendiri tidak mengenal dasar negaranya yaitu Pancasila. Pelaksanaan pembuatan rumah hijau berkoordinasi dengan lembaga NIAGA yang sudah dibentuk dimana para anggota diajak oleh fasilitator untuk mengemukakan pendapat dan pengetahuan mereka tentang pentingnya tanaman sayuran bagi tubuh. Toga adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. 162. Adapun biaya pembuatan rumah hijau menghabiskan dana sebesar Rp.

Sasaran kami untuk acara ini adalah siswa SD Negeri Sukorahayu dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Kami Tim KKN Unila Dari Desa Sukorahayu sepakat untuk mengadakan program kerja ini. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 32 .00. Karena Itulah. siswa SD mengetahui bahwa dasar dari Negara Indonesia adalah Pancasila dan UUD 1945 dan siswa di SD tersebut sekarang telah mengetahui mantan presiden yang ada di Indonesia serta anak-anak tersebut mengetahui lagu wajib nasional. Tujuan diadakannya program kerja ini adalah.15. Acara ini diselenggarakan Setiap Sabtu Tanggal 31 Januari sampai 3 Maret 2016 Pukul 10:20. Isi dari Materi tersebut adalah pengenalan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia serta mengenang sedikit sejarah bangsa Indonesia yang mencakup seluruh mantan presiden di Indonesia dan mengetahui biodata dari Raden Intan II sebagai pahlawan dari lampung. Setelah materi selesai disampaikan maka pemateri memberikan film tentang perjuangan bangsa Indonesia yang berjuang melawan penjajahan belanda. Teknis penyampaian materinya adalah. Setiap hari sabtu penanggung jawab dari acara ini menjadi pemateri di setiap kelas dari mulai kelas satu sampai dengan kelas enam. Adapun Biaya dari acara ini adalah Rp.diatur dalam KUHP maupun diluar KUHP. Hasil dari acara ini. serta untuk mengajarkan siswa SD untuk lebih menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah gugur. supaya siswa SD Negeri Sukorahayu lebih mengetahui Identitas dan sejarah bangsanya.000.

Ada beberapa program pokok dan program tambahan yang kami jalankan terdiri dari Bidang Kesehatan. bersosialisasi dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah didapat dibangku kuliah. Dengan diadakannya KKN ini diharapkan mahasiswa-mahasiswi dapat turut berperan serta dalam membangung Kampung tempatnya masing-masing. Universitas Lampung sebagai satu-satunya lembaga pendidikan tinggi negeri di Lampung dapat menjadikan KKN sebagai percontohan untuk lembaga pendidikan lain khususnya yang ada di Lampung dan untuk mahasiswa yang akan mengikuti KKN lebih menyiapkan diri untuk kegiatan ke masyarakat. KESIMPULAN DAN SARAN 3. Program pokok dilaksanakan dengan dukungan dari perangkat desa dan antusias warga masyarakat yang cukup baik. pemilihan tema. dan Ekonomi. Lingkungan.1 Kesimpulan KKN Unila 2015 Periode I merupakan sebuah kegiatan wajib yang dilaksanakan Universitas Lampung. 3. dan pelaksanaan KKN nya itu sendiri. Kampung ini terletak di Kecamatan Labuhan Maringgai dan masuk dalam Kabupaten Lampunt Timur. membekalkan diri dengan pengetahuan serta moral yang baik sehingga dalam pelaksanaan KKN nantinya kehadiran kita selaku mahasiswa akan dapat diterima oleh masyarakat. III.2 Saran Diharapkan untuk pelaksanaan KKN tahun-tahun berikutnya akan lebih baik dari segi perencanaan. Secara garis besar program KKN Tematik Unila yang kami jalankan di Desa Sukorahayu berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti. begitu juga dengan program tambahan. Pendidikan. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 33 . Kegiatan ini merupakan sarana untuk melatih mahasiswa-mahasiswi untuk bermasyarakat. Masyarakat di desa ini mayoritas berrmata pencaharian sebagai nelayan. Salah satu lokasi yang ditunjuk oleh Universitas Lampung sebagai lokasi KKN adalah Desa Sukorahayu.

LAMPIRAN Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 34 .

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode I Tahun 2016 | 35 .