You are on page 1of 8

No Nama Obat Dosis Cara Gol.

obat Indikasi / Efek samping
pemberia kontaindikasi
n
1. Cefoperazone 2x1 Infus antibiotik Indikasi : Reaksi orang terhadap
Untuk pengobatan obat berbeda beda
infeksi saluran cefoperazone yang
pernapasan atas dan umumnya terjadi
bawah sariawan, infeksi jmur
Infeksi saluran kemih pada vagina,
atas dab bawah diare,menurunnya kadar
Peritonotis,cholecystis protein pembekuan
,cholangitis, dan darah atau
infeksi intraabdomen protrombin,muntah.
lainnya
Infeksi kulit dan
jaringan lunak
Kontraindikasi :
Pada pasien yang
alergi terhadap
penicillin,
cefoperazone,
sulbactam, atau
sefalosporin lainnya

2. Furosemid Infus Diuretik Indikasi : Pusing, vertigo, mual
Udem karena penyakit dan muntah,penglihtan
jantung,hati, dan buram, diare,
ginjal konstipasi,kram perut,
Terapi tambahan pada merasa lelah mudah
udem pulmonari akut ngantuk, aritmia, kulit
dan udem otak yang menguning, mulut
diharapkan mendapat kering reaksi alergi (
onset diuresis yang ruam atau
kuat dan cepat. pembengkakan pada
Kontraindikasi : mulut dan wajah )
Gagal ginjal dengan
anuria, prekoma dan
koma hepatik,
defisiensi elektrolit,
hipovolemia
hipersensitivitas
3. Omeprazol 40mg Infus Penghamb Indikasi : Sakit kepala, akit perut,
dalam atpompa Pengobatan jangka mual, diare muntah,
sehari proton pendek pada pada kembung, kejang
penderita tukak tangan dan kaki, kram
duodenal, yakni tuka atau nyeri otot,
luka pada usus 12jari kelemahan otot, denyut
terletak didekat jantung abnorml atau
lambung cepat.

40mg Darah tinggi gangguan fungsi pengobatan hipertensi penglihatan. seperti pada orang dengan riwayat jantung koroner stroke. Pengurangan kram atau neyri morbiditas penyakit punggung. Obat Indikasi/ Efek samping pemeberian kontraindikasi 1 Micardis 1x 10 Oral Indikasi : Kecemasan. resiko kardiovaskuler pada infeksi saluran nafas orang dewas yang atas berisiko. dewasa keringat berlebihan. rasa panas . Pengobatan refluksi esofagitis erosif/ulceratifpada penderita yang telah didiagnosa melalui endoksi penyakit GERD Kontraindikasi Digunakan pada pasien yang diketahui mempunyai riwayat hipersensitif terhadapa komponen OMZ No Nama obat Dosis Cara Gol. atau penderita DM tipe 2 kontaindikasi alergi atau hipersensitif terhadap zat aktif atau kesalah satu eksipien yang tercantum dalam komposisi obat hamil trimester kedua dan ketiga gangguan obstruksi biller. vertigo esensial pada orang atau pusing berputar. Amlodipine 5 – 10mg oral Antagoni Indikasi : Mengalami sakit perhari kalsium Pengobatan hipertensi kepala. Atau penyakit arteri perifer. kerusakan hati yang parah intoleransi fruktosa herediter 2.

karena tidak menimbulkan refleki takikardi Menimbulkan dilatasi arteri koroner utama dan arteriolakoroner. tetapi mungkin pembengkakan diresepkan oleh ahli wajah. yang tidak tercantum muntah. kesehatan Anda. pergelangan dapat diberikan kaki membengkak amlodipin dengan kombinasi diuretika golongan thiazida atau kombinasi dengan obat – obat anti angina lainnya Kontraindikasi Menimbulkan dilatasi arteriola perifer sehinnga memperkecil tahanan feriper total terhadap kerja jantung. bibir. Calcium 3x1 Oral mengobati Dapatkan bantuan Carbonate + 2500-7500 masalah Indikasi : medis darurat jika Vitamin D3 mg/hari tulang Anda memiliki (caco3) Bagian ini berisi tanda-tanda reaksi penggunaan obat ini alergi ini: mual. disetujui profesional . tekana darah pada jantung berdegup sebagian bear penderita kencang. dalam label yang gatal-gatal. atau tenggorokan.baik pada keadaan normal maupun iskemia. berkeringat. memiliki reaksi terhadap infus (bila Obat ini juga dapat obat disuntikkan ke . mrasa untuk mengontrol lelah atau pusing . merasa yang tidak terkontrol mual dan tidak dengan pengobatan nyaman dibagian amlodipin tunggal perut. Gunakan obat ini untuk atau merasa seperti kondisi yang tercantum Anda akan pingsan. gatal. 3. lidah. kesulitan bernapas. dpat digunakan tunggal dan kegerahan. dalam bagian ini jika hanya sudah Beberapa orang yang diresepkan oleh ahli menerima suntikan kesehatan atau dokter Kalsium Karbonat Anda.

pusing. rasa makan/setelah serbuk sakit. atau yang tidak sesak napas selama mendapatkan cukup atau setelah kalsium dari makanan penyuntikan Kalsium mereka Karbonat. Pengerasan . digunakan untuk dalam vena). mg Membantu mengobati Nyeri abdomen parah sirosis bilier primer pada bagian kanan atau peradangan atas. muntah Calcium Carbonate /  sembelit Vitamin D3 tidak  nafsu makan boleh dikonsumsi jika menurun Anda memiliki kondisi  mulut kering berikut: dan haus meningkat  Peningkatan dan aktivitas  kencing lebih kelenjar dari biasanya paratiroid  Penyakit ginjal  Reaksi alergi  Tumor yang larut tulang  batu ginjal  buang air besar tidak lengkap atau jarang 4. Kontraindikasi : 5. Beri mencegah atau tahu pengasuh Anda mengobati kadar segera jika Anda kalsium darah yang merasa mual. meningkatkan makan albumin) energi dari sakit dan kondisi lainnya. Kontraindikasi : Efek samping yang Hipersensitivitas pada umum mungkin Calcium Carbonate / termasuk: Vitamin D3 adalah sebuah kontraindikasi.  mual atau Sebagai tambahan. Ursodeoxycholic 3 x 1/ 250 Oral Indikasi : Feses lembek. Diare. rendah pada orang berkeringat. Channa 3x Dikonsumsi Herbal Membantu memelihara 1/500mg bersama albumin kesehatan tubuh dengan (kapsul perawatan luka.

Kontraktilitas kantung empedu Kandung empedu yang tidak berfungsi. Kelainan kalsium. Penderita Ileitis regional. Memiliki batu empedu yang dikapur kapur radio. kontraindikasi : Memiliki hipersensitif atau alergi terhadap Ursodeoxycholic Acid. 6. mm) yang tidak terlihat Pengerasan batu dengan sinar X atau empedu karena rongsen (batu empedu penumpukan radiolusen). jaringan hati. Penderita Reseksi kolon. saluran empedu. Menderita radang usus. Asam folat 3x1/400 Oral Vitamin B Indikasi : Cari pertolongan sampai 12 Anemia medis apabila Anda 800 mg megaloblastik yang mengalami tanda- . Melarutkan batu Gangguan fungsi hati empedu (diameter < 15 yang parah. Menderita Ulkus duodenum Gangguan fungsi hati akut dan kronis. Menderita Peradangan akut pada saluran empedu. Mengalami oklusi saluran empedu. Mengalami episode kolik bilier yang sering. Kondisi hati dan usus mengganggu resirkulasi cairan empedu. Kolestasis ekstrahepatik dan intrahepatik. Ruam hepatobiliar (kelainan (urticarial) hati dan empedu) yang berhubungan dengan fibrosis kistik pada anak usia 6 tahun sampai kurang dari 18 tahun.

wajah. lidah. disebabkan tanda reaksi alergi defisinsiensi asam folat terhadap asam folat: dibutuhkan untuk gatal-gatal. Infeksi Oral Antibiotik Indikasi : Efek samping Clindamycin serius: clindamycin yang 150-300 Infeksi serius yang umum terjadi adalah: mg setiap disebabkan oleh 6 jam mikroorganisme yang  Perubahan sensitif terhadap pola Infeksi Clindamycinter pencernaan lebih terutama streptokokus. kontraindkasi : jangan berikan secara Insomnia (susah tunnga untuk anemia tidur) pernisiosa addison dan Muncul ruam-ruam penyakit definsiensi di kulit vitamin B12 lainnya karena dapat Kejang menimbulkan degenerasi majemuk Muncul rasa dari medulla kesemutan spinalls. atau abdomen mengeluarkan cairan Kontraindikasi :  Ruam atau Reaksi hipersensitif gatal ringan terhadap clindamycin atau HCI atau linkomisin  Nyeri ulu hati. infeki serius ringan kulit dan jaringan  Nyeri sendi lunak. (terutama parah: penumokokus. bibir. 6 jam Seperti infeksi serius muntah. sakit tenggorokan 8. 7. osteomielitis. pada orang 300-450 stafilokokus dan tua) mg setiap bakteri anaerob. atau saluran nafas bagian sakit perut bawah.  Vagina gatal infeksi serius intra. atau tenggorokan.  Mual. dan pemeliharaan pembengkakan pada erittropoiesis normal. cardisan 5mg 1 x Oral Obat Indikasi :  Efek samping .jangan digunakan untuk penyakit ganas kecuali anemia. kesulitan sintesis nucleoprotein bernapas.

ACE inhibitor. berakibat fatal bila Kontraindikasi : terjadi.perhari hipertensi untuk hipertensi dan Cardisan maksimal angina Tablet 10mg/hari (Amlodipine)  Untuk yang sering pengobatan terjadi : sakit hipertensi. dan atau impotensi. maupun pusing. vasokonstriksi insomnia. atau obat-obat yang termasuk golongan calcium channel blockers . dihydropyridine . nyeri tiazid. riwayat hipersensitif terhadap Amlodipine.  Digunakan juga termasuk untuk edema pengobatan perifer. vaskulator takikardia. beta perut. iskema  Efek samping miokardia seperti termasuk kelainan pada angina pektoris darah. atau palpitasi. dan penyakit  Obat ini juga kuning terjadi dipakai dalam sangat jarang terapi penyakit namun akan arteri koroner. terapi tunggal kelelahan. kulit adrenoreseptor memerah. kombinasi mengantuk. baik kepala. vasospasmus / depresi. blocker. dengan diuretik mual. Oleh karena itu  Jangan pemakaian menggunakan obat ini harus obat ini pada dengan pasien yang pengawasan mempunyai dokter. koroner. somnolensi.

 Obat ini juga dikontraindikas ikan untuk penderita tekanan darah rendah (< 90/60 mmHg). lainnya. atau menderita angina yang tidak stabil jangan menggunakan obat ini. . stenosis aorta (penyempitan pada saluran keluar ventrikel kiri jantung). ibu menyusui dan wanita hamil.  Pasien yang mengalami syok kardiogenis (sirkulasi darah yang tidak normal karena ventrikel jantung tidak berfungsi optimal).