You are on page 1of 5

TEORI PEMESINAN

DISUSUN OLEH :

NAMA : ASTONI SINAMBELA

ADE

DOSEN PENGAMPU : Drs.Muslim,S.T.,M.Pd.

PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

FAKULTAS TEKNIK

UNIMED

2018

Mesin Bubut Pengertian Mesin Bubut Mesin bubut adalah salah satu jenis mesin perkakas yang digunakan untuk proses pemotongan benda kerja yang dilakukan dengan membuat sayatan pada benda kerja dimana pahat digerakkan secara translasi dan sejajar dengan sumbu dari benda kerja yang berputar. seperti pada gambar berikut: Gerakan-gerakan dalam membubut 1. Mesin bubut otomatis ini lebih dikenal dengan sebutan CNC (Computer Numerical Control) Lathe Machine ( mesin bubut dengan sistem komputer kontrol numerik). sekrap dan mesin perkakas lainnya. dimana semua pegerakan sudah diatur atau diprogram secara otomatis dengan mengunakan komputer. Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potong relatif dan gerakkan translasi dari pahat disebut gerak makan (feeding). sedangkan mesin bubut atomatis adalah mesin bubut yang perkakasnya secara otomatis memotong benda kerja dan mundur setelah proses diselesaikan. Gerakan ini juga disebut gerakan pemakanan. Mesin bubut yang otomatis sepenuhnya dilengkapi dengan tool magazine sehingga sejumlah alat potong dapat diletakan dimesin secara berurutan dengan hanya sedikit pengawasan dari operator. Gerakan ini juga disebut dengan gerakan melintan atau pemotongan permukaan. yaitu bentuk gerakan rotasi dari benda kerja yang digerakan pahat dan dinamakan gerakan potong. Mesin bubut manual adalah mesin bubut yang proses pengoperasiannya secara manual dilakukan oleh manusia secara langsung. Mesin bubut merupakan mesin perkakas yang memiliki populasi terbesar di dunia ini dibandingkan mesin perkakas lain seperti mesin freis. 2. drill. Jenis Mesin Bubut Dilihat cara pengoperasian mesin bubut dibagi menjadi dua jenis yaitu mesin bubut manual/mesin bubut konvensional dan mesin bubut otomatis/ mesin bubut cnc. Gerakan memanjang. Gerakan berputar. Prinsip Kerja Mesin Bubut Prinsip kerja mesin bubut ialah menghilangan bagian dari benda kerja untuk memperoleh bentuk tertentu dimana benda kerja diputar dengan kecepatan tertentu bersamaan dengan dilakukannya proses pemakanan oleh pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar benda kerja. yaitu bentuk gerakan apabila arah pemotongannya sejajar dengan sumbu kerja. Tahun pembuatannya tahun 2007. 3. Gerakan melintang. yaitu bentuk gerakan apabilah arah pemotongannya tegak lurus terhadap sumbu kerja. .

adalah penggerak titik sayat alat potong per satu putaran benda kerja. dll. Pahat bubut 7.Cara menggunakan mesin bubut 1. yaitu proses pembubutan luar (pembubutan silindris) yang bertujuan untuk membubut profil pada permukaan benda kerja. Memasang benda kerja yang akan dibubut pada cekam/chuck. Mepersiapkan alat-alat yang diperlukan seperti pahat bubut. 4. 4. 5. 5. Gerak makan (Feed). 7. 4. Memasang pahat bubut pada rumah pahat (tool post) setinggi ujung senter. yaitu kecepatan dimana pahat melintasi benda kerja untuk mendapatkan hasil yang paling baik pada kecepatan yang sesuai. Pelat pembawa 3. 2. Pelat cekam (pencekam) 2. yaitu pembubutan denganmenggunakan mata or. Pembubutan (drilling). sehingga diperoleh permukaan yang halus dan rata. yaitu proses pembubutan enda kerja berbentu konis. 6. sehingga akan diperoleh lubang pada benda kerja. yaitu proses pembubutan yang bertujuan untuk memperbesar lubang.kunci chuck. Parameter pemotongan pada mesin bubut 1. Pembubutan rata (pembubutan silindris). Memastikan keadaan mesin masih off dan mesin itu terhindar dari benda yang mudah terbakar. Kedalaman Pemotongan (Depth of Cut). adalah banyaknya waktu penyayatan yang dibutuhkan untuk mengerjakan (membentuk atau memotong) suatu benda kerja. Kecepatan potong (Cutting Speed). . yaitu proses pembubutan yang dilakukan pada tepi penampang atau gerak lurus terhadap sumbu benda kerja. Pembubutan tirus (taper). dll Jenis pekerjaan yang dapat dilakukan dengan mesin bubut 1. Pembubutan ulir (threading). Collet 5. Waktu Pemesinan ( Mechining Time). 2. adalah dimana dalamnya masuk alat potong menuju sumbu-sumbu benda. yaitu pengerjaan benda yang dilakukan sepanjang garis sumbu. 2. Pembubutan muka (facing). Knurling. Senter 4. 3. 3. Peralatan pelengkap yang terdapat pada mesin bubut 1. Membubut benda kerja sesuai spesifikasi yang diinginkan. Penyangga 6. yaitu pembubutan ulir dengan pahat ulir. 3. Perluasan lubang (boring).

Pahat pinggul kiri 11. Gambar berikut menjelaskan bentuk pahat bubut dan bentuk benda kerja yang di hasilkan. Bagian pahat yang bertanda bintang adalah pahat kanan.artinya melakukan pemakanan dari kanan ke kiri. Pahat sisi kanan 2. Pahat ulir segitiga kiri 9. Pahat sisi/permukaan kanan 4. Pahat alur segitiga(kanan kiri) 8. Berdasarkan bentuknya. Pahat pinggul/champer kanan 3.Jenis Pahat Mesin Bubut Beragam bentuk benda kerja yang ingin kita buat di mesin bubut menuntut kita untuk mempersiapkan bentuk-bentuk pahat bubut yang umum dipakai. Pahat sisi kiri 10. Pahat alur 7. Pahat ulir segitiga kanan 6. Pahat alur lebar . pahat bubut diatas dari kiri ke kanan adalah: 1. Pahat sisi/permukaan kanan(lebih besar) 5.