You are on page 1of 5

1.

Salah satu karakter yang menunjukan wirausaha yang sukses adalah…
a. Wilayah usahanya luas d. mempunyai tenaga kerja yg banyak
b. Keberanian mengambil resiko e. Mempunyai relasi yang sangat banyak
c. Dikenal oleh banyak orang
2. Menjadi seorang wirausaha harus mempunyai salah satu ciri ciri di bawah ini, yaitu…
a. Suka berhayal d. Takut akan tantangan
b. Berorientasi laba e. Takut akan kegagalan
c. Takut akan resiko
3. Beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha sebagai berikut
1. Produknya memiliki popularitas merek
2. Mampu mengelola kekayaan berupa keunggulan posisi di pasar
3. Membuka lapangan kerja
4. Berani mengambil keputusan baik dengan bantuan data kwantitatif maupun kwalitatuf
Seorang wirausaha agar memperoleh laba dan sukses dalam usaha harus memiliki kemampuan…
a. 1 dan 2 b. 1 dan 3 c. 2 dan 3 d. 2 dan 4 e. 3 dan 4
4. Kios bang Dul terletak di persimpangan jalan dekat dengan dua sekolah dasar dan satu SMP. Pada
saat pulang sekolah banyak yang mampir ke kiosnya untuk membeli buku atau hanya sekedar
melihat lihat. Diantara siswa banyak yang janjian lewat telepon genggam untuk bertemu di kios
tersebut. Melihat kenyataan tersebut peluang usaha yang dapat se kembangkan Bang Dul ….
a. Menambah jumlah buku yang akan dijual
b. Menyediakan bangku lebih banyak untuk para siswa
c. Menjual voucher isi ulang handphone
d. Menyediakan warung telekomunikasi
e, Menjuan makanan dan minuman ringan
5. Pak Karta berusaha membeli sayuran dan buah buahan segar dan murah langsung dari petani di
desa agar dapat menjualnya kembali ke pasar kota dengan keuntungan tinggi. Hal ini menunjukkan
ia memiliki ciri cirri wirausaha yaitu…
a. Inivatif d. Mampu berkomunikasi
b. Jujur dan percaya diri e. Selalu berusaha mendapatkan laba
c. Berkepribadian unggul
6. Farid seorang pengusaha laundry di lingkungan rumahnya. Usahanya telah memiliki banyak cabang
yang terbesar di beberapa daerah. Untuk mengelola usahanya Farid memiliki peran…
a. Menciptakan lapangan kerja d. Mendorong kegiatan ekonomi rakyat
b. Menambah penerimaan Negara e. Meningkatkan taraf hidup rakyat
c. Mengatasi masalah kemiskinan
7. Ratna adalah seorang yang terkena PHK. Pada saat itu didaerahnya terdapat banyak ibu rumah
tangga dan remaja putri yang tidak banyak mempunyai kegiatan selain menjadi ibu rumah tangga,
menyulam unik, dan desain pita. Pada sis lain di daerah perkotaan sedang tren terhadap bentuk
desain tradisional. Upaya yang dapat dilakukan Ratna adalah…
a. Mendayagunakan SDM yang ada untuk kepentingan dirinya
b. Mengajak ibu ibu dan remaja putrid untuk menyulam desain tradisional
c. Menjuak hasil kerajinan ibu ibu dan remaja putrid ke kota
d. Mencari bapak angkat uantuk mengembangkan usaha yang ada
e. Membeli daesain trasisional di kota untuk di jual di daerahnya
8. Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari penyusunan proposal usaha adalah…
a. Membantu wirausahawan untuk berpikiran kritis dan obyektif atas bidang usaha yang dimasuki
b. Suatu dokumen tertulis yang disiapkan wirausahawan yang menggambarkan keadaan internal

a. Meningkatkan komitmen dan kesetiaan pekerja d. serta penggajian dan perlindungan. Kemampuan aktualisasi . Solvabilitas b. Meningkatkan kepercayaan diri dan pengetahuan pekerja 15. a. Kemampuan membayarkewajiban kewajiban yang sudah jatuh tempo disebut…. Kartel b.. Berikut yang bukan merupakan teknik pengembangan perusahaan adalah…. Efektifitas e. Dapatmenerima gagasan gagasan baru dalam dunia usaha e. Perluasan dengan kerja sama d. Keinginan untuk menciptakan barang c. pengembangan dan evaluasi. a.70% dari upah sebulan c.. Rentabilitas 11. Sindikat e. dan eksternal c. Mewujudkan iklim kerja yang kondusif e.30% dari upah sebulan d. Likuiditas d. Menjual b. Keinginan untuk mendahulukan tujuan perusahaan d. Perluasan kembali saham b.. Meningkatkan jaringan kerja b. a. Jaminan kematian sebesar 0.5% dari upah sebulan b. Kerjasama antar beberapa orang untuk melaksanakan proyek khusus dibawah satuperjanjian disebut…. Jaminan hari tua sebesar 5. Memperoleh informasi yang jelas tentang adanya investor dalam menjalankan usaha 9.. yang dimaksut dengan visi perusahaan adalah…. Keinginan untuk menjadi pengusaha e. Advertensi e. Promosi c. a. Menyediakan tenaga kerja yang berproduktifitas tinggi c. Attention 10. Fleksibilitas c. Kapabilitas c. Merge/trust c. Kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan prodak sesuai dengan permintaan konsumen. Jaminan pemeliharaan kesehatan 3% dari upah sebulah 16. Joint venture 13. Setiap perusahaan pasti memiliki visi. Acid test ratio termasuk rasio… a. Tugas utama pengelolaan tenaga kerja dibagi menjadi tiga yaitu persiapan atau seleksi. Berikut yang bukan merupakan kontribusi dari adanya pengelolaan tenaga kerja adalah…. Perluasan skala usaha c. Penggabungan perusahaan dan ekspansi baru 14. a. Holding company d. Rentabilitas 12. Solvabilitas b. Perluasan cakupan usaha e. Bergadang d. Jaminan pemeliharaan kesehatan sebesar 6% dari upah sebulan bagi yang berkeluarga e. a. Memudahkan mengambil keputusan untuk dapat menentukan harga jual prodak atau jasa lebih murah dari harga pasar d. Efektifitas e. Jaminan social tenaga kerja (jamsostek) adalah suatu perlindungan tenaga kerja dalam bentuk santuanan uang sebagai pengganti sebagian daari penghasilan yang hilang. Jaminan kecelakaan kerja kelompok 10. Pandangan jauh kedepan ke mana perusahaan tersubut akan dibawa b. Likuiditas d. Berikut besarnya iuran program jamsostek sebagaimana ditetapkan dalam peraturan pemerintah nomor 14 tahun 1993 yang benar adalah…. Kegiatan ini biasa disebut dengan.

Menindaklanjuti keputusan 21. kelemahan. Berikut merupakan atrategi usaha yang tidak bias ditempuh oleh seorang wirausahawan baru adalah… a. Kekuatan. Misi perusahaan d. Pekerjaandiseleseikan tepat waktu tanpa hasil yang memuaskan c. Pekerjaan diseleseikan tepat waktu sesuai dengan rencana dengan hasil yang memuaskan b. Berada dipasar terbuka dengan prodak imitasi b. Memfokuskan diri di pasar kecil e. dan ancaman merupakan salah sayu analisis yaitu… a. Seorang pengelola usaha dalam bernogosiasi dengan mengatakan persediaan barangnya terbatas dan laku keras. Pekerjaan cepat selesei e. Mengikuti kebanyakan orang c. Sasaran perusahaan b. Maksut perusahaan 18. Strategi penyaluran prodak yang tepat e. Meniru usaha orang yang sdh sukses d. Desain prodak yang sesuai dengan keinginan konsumen d. Determination menurut Bygrave adalah…. Pemasaran prodak yang kuat c.17. Takut dalam persaingan pasar 24. a. Berikut yang tidap perlu dipertimbangkan oleh sorang wirausaha ketika meluncurkan prodak baru adalah… a. Waktu peluncuran produksi yang tepat b. Pekerjaan gampang diseleseikan 23. a. Tidak mudah menyerah e. Melihat kejayaan masa lau 20. Melihat kemampuan dan kecakapan yang dimiliki b. Pertimbangan dalam memilih usaha salah satunya adalah…. Identifikasi b. Tidak bekerja terlambat b. Suatu pekerjaan dapat dikatakan tidak efektif apabila… a. Mengikuti jejak orang tua e. Tujuan Perusahaan c. Peluang e. Berdedikasi sangat tinggi d. peluang. Mengubah karakteristik prodak 22. Manfaat perusahaan e. POAC d. Berada di pasar pertama dengan prodak atau jasa baru c. maka orang tersebut menerapkan sistim bernegosiasi… . Memposisikan usaha pada pasar kusus d. Ancaman 19. Melaksanakan kegiatan dengan penuh perhatian c. Melaksanakan segala kegiatan yang dilakukan untuk dapat mewujudkan visi perusahaan merupakan… a. SWOT c. Pekerjaan yang mengulur waktu penyeleseian d.

Perusahaan 25. batu. tua e. Membentuk 31. kayu. Kreatifitas. Baju c. Kendi d. keramik. Kerajinan bahan premier dan kerajinan bahan skunder d. Dibawah ini yang bukan merupakan jenis-jenis produk kerajinan yang berasal dari Indonesia. keahlian. Tenun serat. Rotan. Cetak d. Gerabah c. Kerajinan adalah sebutan bagi suatu benda hasil karya… a. kayu. Pengelola pada waktu menawarkan barang dengan memberikan jasa pilihan yang lain dengan menurunkan syarat suatu kualitas barang adalah cara bernegosiasi… a. batik b. Kerajinan bahan dasar dan kerajinan bahan utuh c. dan ……. Penguasaan dalam proses pembuatan produk. logam e. Tekstil e. Berikut ini merupakan prodak keramik modern adalah… a. tas. Persediaan terbatas c. Keramik yang dibut dari material sintetis yang tidak ada di alam di sebut… a. Daun lontar e. Membuka kartu lawan bisnis e. Kerajinan bahan alam dan kerajinan bahan buatan b. kayu c. Sintesis b. yaitu. penguasaan dalam proses pembuatan produk. logam. Kerajinan tanah liat. Kulit c. kecakapan 28. Serat 34. Gentong e. a. Kerajinan topeng. kerajinan melukis. a. Memanjang c. kerajinan serat 33. kerajinan kulit e. Kain d. Putar 37. kerajinan sabun d. modern c. tekstil tenun serat. batu. Imajinasi. Keramik d. tradisional b. Kerajinan kulit. kayu d. Kerajinan menganyam. Kerajinan terdiri dari 2 jenis yaitu… a. Lelang b. Gerabah c. logam. Kecakapan. Mendulang e. keahlian. indah e. Wayang. kerajinan lilin. Memberi pilihan d. kerajinan bahan pabrik dan kerajinan home industry e. Batas waktu d. kerajinan gips. Optik 35. Pot kecil c. Penyiapan tanah liat melalui proses……. Pengirisan dan pembentukan . Pijat b. kerajian menyamak kulit c. kerajinan tanah liat b. Nilai-nilai yang dibutuhkan untuk membuat suatu kerajinan yaitu… a. Pura pura yang paling tahu 26. kuno d. Berikut merupakan aneka produk kerajinan dari bahan lunak yaitu… a. keahlian. gouda 36. menggigit sedikit demi sedikit b. Genting b. a. Rotan d..Serat 32. kerajinan keset. seni manusia kreatititas manusia d. imajinasi b. Kecakapan. Pilin e. kecakapan d. Pengulian dan pengirisan b. pengolahan tangan manusia 27. emas. dompet. Kerajinan bubur kertas. Kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat sering dikenal orang dengan kerajinan… a. Keramik b. sepatu merupakan hasil kerajinan yang menggunakan bahan… a. Kerajinan bahan mentah dan kerajinan bahan setengah jadi 29. rotan 30. Karya seni atau kerajinan yang dibuat atau memakai tekstil sebagai bahan utama disebut… a. Teknik teknik pembuatan keramik antara lain sebagai berikut.. timah. kecuali teknik…… a. Benang b. gerabah. keindahan manusia e. jaket. imajinasi c. Tanah liat. Lambungkan harga e. keunikan manusia c. kerajinan tas. kecakapan.

Homogen c. Bahan lunak buatan b. Pengulian dan pembakaran 38. Bahan buatan 1. Bahan lunak asli d. Kerajinan serat alam c. plastisnya harus merata dan tidak boleh ada yang keras atau lembek. Pengulian dan pemadatan d. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kerajinan ! 5.. Pengirisan dan pembakaran e. Mudah dibentuk 40. Mengapa mutasi pegawai termasuk dalam pengembangan tenaga kerja ! 3. Porositas 39. Bahan lunak yang diperoleh dari alam sekitar dan cara pengolahannya juga secara alami tidak dicampur maupun di kombinasi dengan bahan buatan disebut. c. Memiliki kemampuan bentuk b. Bentuknya bagus d. Syarat yang dimaksud adalah… a.Sulit dibuat e. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kerajinan berbahan baku lunak ! . Harganya murah c. Sebutkan prinsip-prinsip dalam pengelolaan tenaga kerja ! 2. a. Bebas dari gelembung udara d. Bahan lunak alami e.. Kontinuitas e. Mudah didapat b. Salah satu ciri kerajinan berbahsn bsku lunak… a. Sebutkan cara cara pengembangan usaha ! 4. Tanah liat yang digunakan untuk membuat kramik.