You are on page 1of 15

Manusia terbagi menjadi dua anggota gerak, yaitu anggota gerak atas dan anggota gerak bawah.

Yang masing-masing anggota gerak terdiri atas tulang, sendi, otot, ligamen dan saraf.

Gerak adalah ciri kehidupan. Tiada hidup tanpa gerak dan apa guna hidup bila tak mampu bergerak.
Memelihara gerak adalah mempertahankan hidup, meningkatkan kemampuan gerak adalah
meningkatkan kualitas hidup.

Olahraga merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh. Olahraga dapat dilakukan oleh
siapapun baik orang dewasa maupun anak-anak untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.
Selain itu, olahraga dapat dilaksanakan kapanpun dan dimanapun kita berada.

Olahraga dan kesehatan merupakan kebutuhan bagi setiap orang, karena semua orang pasti ingin
sehat, tidak seorangpun yang ingin sakit atau terganggu kesehatannya.
Olahragatentunyamerupakansuatuupayauntukmencapaikesehatan

PATELLA TENDINITIS
DEFINISI
Patellar tendinitis adalah cedera pada tendon yang menghubungkan tempurung lutut
dengan (patella) tulang kering Anda. Patellar tendon bersamaan dengan otot-otot di
bagian depan paha untuk memperpanjang lutut, sehingga Anda bisa menendang, berlari
dan melompat. Penyakit Tendinitis patellar juga dikenal sebagai lutut pelompat,
umumnya terjadi pada atlet olahraga yang sering melakukan lompatan, seperti bola
basket dan bola voli. Namun, orang-orang yang tidak terlibat dalam olahraga yang
sering melakukan lompatan juga bisa terkena patellar tendinitis.

Bagi kebanyakan orang, pengobatan patellar tendinitis dimulai dengan terapi fisik yang
bertujuan untuk meregangkan dan memperkuat otot-otot sekitar lutut.

GEJALA
Rasa sakit adalah gejala pertama dari penyakit tendinitis patellar, biasanya di antara
tempurung lutut dan dimana tendon melekat pada tulang kering Anda (tibia).

Hubungi dokter Anda jika gejala :  Secara terus menerus atau semakin buruk  Mengganggu saat melakukan kegiatan sehari-hari  Menyebabkan pembengkakan atau kemerahan pada sendi PENYEBAB Patellar tendinitis adalah cidera berlebihan yang disebabkan oleh tekanan berulang pada patellar tendon. adalah: . yang disebabkan oleh stres berulang pada tendon patellar Anda. seperti menggunakan es atau kantong es dan mengurangi atau menghindari aktivitas yang memicu gejala Anda.  Pada akhirnya akan mengganggu gerakan harian Anda seperti memanjat tangga atau bangkit dari kursi. itu disebut tendinopathy. karena robekan ini terjadi berulang kali. Kapan Anda Harus Menemui Dokter Untuk nyeri lutut. Apabila kerusakan tendon ini berlanjut selama lebih dari beberapa minggu. Stres dapat menyebabkan tetesan pada tendon. Tekanan ini menimbulkan robekan kecil pada tendon. mereka menyebabkan peradangan yang sakit dan membuat tendon menjadi lemah.Rasa sakit di lutut Anda bisa berupa :  Pada awalnya akan terasa hanya ketika Anda mulai melakukan aktivitas fisik atau hanya setelah latihan yang cukup berat. Tapi seperti air mata dalam tendon. itu disebut tendinopathy. Apabila kerusakan tendon ini berlanjut selama lebih dari beberapa minggu.  Gejalanya terasa semakin buruk sampai mengganggu ketika Anda bermain bola. Patellar tendinitis adalah cedera berlebihan yang umum. rasa sakit akan timbul karena inflamasi dan kelemahan pada tendon. dimana tubuh akan mencoba memperbaikinya. FAKTOR RISIKO Beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyakit patellar tendinitis. Namun. yang kemudian dipulihkan oleh tubuh. perawatan sendiri dapat anda lakukan.

Peningkatan mendadak yang dipicu seringnya dan beratnya aktivitas yang Anda lakukan juga bisa memperberat tekanan pada tendon. Jika beberapa otot-otot kaki Anda lebih kuat daripada yang lain. seperti sepatu lari. dan Anda terkena tendinopathy patellar lebih serius. Otot Paha kecil/ketat (paha depan dan paha belakang) juga dapat meningkatkan ketegangan pada tendon patellar Anda.  Perhatikan cedera yang telah terjadi yang mungkin telah merusak sendi lutut Anda.  Ketidakseimbangan otot. juga bisa mempengaruhi sepatu yang Anda kenakan. dokter mungkin menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis.seberapa keras atau seringkah Anda melakukanya atau peralatan yang Anda gunakan. itu bisa menyebabkan tetesan semakin besar di dalam patellar Anda. seperti spesialis olahraga. Sakit lutut dan penurunan fungsi bisa terjadi jika Anda cenderung mengabaikan masalah tersebut. otot-otot yang lebih kuat bisa menarik lebih kuat tendon patellar Anda. KOMPLIKASI Jika tetap bekerja di saat merasa sakit dan mengabaikan gejala yang Anda rasakan. Apa yang dapat Anda lakukan  Daftar gejala yang Anda rasakan dan kapan gejala tersebut muncul.  Otot-otot kaki yang kecil/ketat. termasuk kondisi yang Anda miliki dan obat-obatan dan suplemen yang Anda konsumsi. Tarikan yang tidak sama ini dapat menyebabkan tendinitis. . PERSIAPAN SEBELUM MENEMUI DOKTER Jika Anda merasakan sakit lutut selama atau setelah beraktivitas fisik yang tidak membaik setelah diobati dengan es atau beristirahat. Setelah tes dilakukan. Catatan Jika Anda telah baru saja mengubah aktivitas Anda. Berlari dan melompat adalah aktivitas yang paling sering dianggap sebagai penyebab patellar tendinitis. segeralah menemui dokter . termasuk lama dan intensitas latihan olahraga atau latihan lainnya.  Tuliskan aktivitas harian Anda. Beberapa informasi dapat membantu sebelum berkonsultasi.  Aktivitas fisik.  Tulis informasi kesehatan.

atau saat Anda mengunci atau menekuk lutut Anda?  Apakah Gejala tersebut mempengaruhi kemampuan Anda untuk bekerja.  Membuat pertanyaan sebelum menemui dokter dapat menghemat waktu Anda secara efektif. selama atau setelah Anda bekerja atau terjadi setiap waktu?  Apakah rasa sakit bersamaan dengan lutut bengkak. rasa sakit dari patellar tendinitis adalah pada bagian depan lutut. dokter akan melakukan tekanan pada bagian lutut untuk menentukan bagian yang sakit.  Apakah penyebab utama gejala yang saya alami ini?  Jenis tes apa yang harus saya lakukan?  Apakah saya membutuhkan perawatan khusus?  Dengan melakukan pengobatan. Biasanya. . Berikut ini adalah beberapa pertanyaan dasar untuk yang bisa Anda tanyakan mengenai penyakit tendinitis patellar. jangan ragu untuk menanyakanya. termasuk:  Apakah gejala Anda semakin buruk?  Seberapa parah rasa sakit yang Anda rasakan?  Apakah rasa sakit terjadi sebelum. apa saya dapat bermain olahraga dan berapa lama saya akan menjalani pengobatan?  Latihan apa yang aman saya lakukan sementara saya dalam proses pengobatan?  Langkah-langkah perawatan apa yang harus saya ambil?  Apakah Saya harus menemui dokter spesialis? Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter Dokter Anda mungkin untuk mengajukan pertanyaan. tepat di bawah tempurung lutut Anda. naik tangga atau melakukan aktifitas lainnya?  Apakah Anda sudah melakukan perawatan di rumah? Apakah gejala berkurang? TES DAN DIAGNOSIS Selama tes. Jika ada pertanyaan lain.

lain) dapat memberikan pengobatan jangka pendek dari rasa sakit yang terkait dengan patellar tendinitis. Terapi ini membantu menyebarkan obat kortikosteroid pada kulit Anda dan kemudian menggunakan alat yang memberikan listrik muatan rendah untuk mendorong obat melalui kulit Anda. Motrin IB. Latihan peregangan yang teratur. lain-lain) atau natrium naproxen (Aleve.Tes pencitraan Dokter akan menyarankan satu atau lebih dari tes pencitraan berikut:  Sinar-x. Obat Obat penghilang gejala nyeri seperti ibuprofen (Advil.  Magnetic resonance imaging (MRI).  Iontophoresis.  Tali patellar tendon. Tes ini menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar lutut. Bedah dan prosedur lainnya . Latihan dengan mengendorkan kaki secara lambat sangat membantu. Ini dapat membantu mengurangi rasa sakit. Sinar-x membantu untuk menghilangkan masalah tulang lain yang dapat menyebabkan nyeri lutut. MRI menggunakan Medan magnet dan gelombang radio untuk membuat gambar yang rinci yang dapat mengungkapkan perubahan kecil dalam patellar. PERAWATAN DAN OBAT-OBATAN Dokter biasanya mengawali dengan perawatan yang kurang invasif sebelum mempertimbangkan pengobatan lain. melihat luka pada tendon patellar Anda. seperti operasi.  Latihan penguatan.  USG. secara teratur dapat mengurangi kejang otot dan membantu memperpanjang otot tendon. Otot paha yang lemah bisa mengakibatkan ketegangan pada tendon patellar Anda. Terapi Berbagai teknik terapi fisik dapat membantu mengurangi gejala yang berkaitan dengan patellar tendinitis. yaitu :  Latihan peregangan. Tali ini memberikan tekanan pada tendon patellar dan dapat membantu untuk mendistribusikan kekuatan dari tendon dan langsung melalui tali tersebut.

 Bedah. Gunakan Es setelah melakukan aktivitas yang menyebabkan rasa sakit. seperti:  Injeksi Kortikosteroid .  Injeksi platelet-kaya plasma. Anda perlu mengurangi olahraga Anda atau sementara waktu beralihlah pada olahraga yang memiliki dampak yang lebih rendah. perhatikan hal. lalu Anda dapat meletakan air yang telah beku tersebut pada bagian yang sakit. Jenis injeksi ini telah dicoba pada beberapa orang dengan masalah patellar tendon yang bersifat kronis. Hingga lutut nyeri hilang.  Gunakan Es. Hindari kegiatan yang memberikan tekanan pada tendon patellar Anda. jika perawatan lain gagal.  Menghindari aktivitas yang menyebabkan rasa sakit. dokter mungkin menyarankan bedah untuk perbaikan tendon patellar. Diharapkan suntikan mampu membantu pembentukan jaringan baru dan membantu menyembuhkan kerusakan tendon. Atau pijatkan es pada bagian tersebut. gunakan es untuk mendinginkannya dan beristirahatlah. GAYA HIDUP DAN PENCEGAHAN RUMAH Jika lutut Anda sakit. dokter mungkin menyarankan terapi lainnya. Obat-obatan non-preskripsi seperti ibuprofen dan naproxen natrium dapat memberikan bantuan untuk nyeri jangka pendek.hal berikut:  Penghilang rasa sakit. Tapi obat jenis ini juga dapat melemahkan tendon dan membuat mereka lebih cenderung pecah. Dalam kasus yang jarang terjadi. Suntikan Kortikosteroid USG di sekitar patellar tendon dapat membantu mengurangi rasa sakit. Beberapa prosedur dapat dilakukan melalui sayatan kecil di sekitar lutut Anda. PENCEGAHAN Untuk mengurangi risiko terkena penyakit patellar tendinitis. . Jika perawatan secara konservatif tidak membantu. Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut:  Tidak bermain saat terasa sakit. Penelitian ini masih berlangsung. Tempatkan es dalam kantong plastik dan bungkus dengan handuk. Masukan air ke dalam kantung plastic kemudian bekukan. Segera saat terasa nyeri pada lutut Anda. Bekerja denagn rasa sakit dapat merusak tendon patellar Anda menjadi lebih paeah.

belajarlah dengan benar atau dapatkan petunjuk dari orang professional tentang cara yang benar maupun mengenai peralatan yang akan Anda gunakan Tentang Cedera Lutut: Patellar Tendinopathy OLEH REDAKSI · 31 MARET 2015 · 2648 Penggunaan yang berlebihan dari tendon patela – tendon yang menghubungkan tempurung lutut ke tulang kaki bagian bawah – juga merupakan cedera yang kerap terjadi pada pelari. rasa sakit akan hadir saat berlari dan sering muncul saat aktivitas sehari-hari sedang berjalan. para ahli setuju bahwa kondisi ini disebabkan oleh regangan yang berulang pada tendon. Untuk memastikan bahwa Anda menggunakan tubuh Anda dengan benar. hal ini menyulitkan proses pengidentifikasian sumber nyeri. dengan mengendorkan kaki Anda secara lambat akan sangat membantu. Meskipun ada perdebatan dalam menentukan sebutan yang tepat bagi kondisi tendon patela (tendinitis atau tendinosis atau tendinopathy). berlari tanpa alas kaki atau gaya minimalis saat berlari dapat menjadi faktor munculnya nyeri tendon patella. Selain itu. Nyeri patellar tendinopathy biasanya berhubungan dengan perubahan mendadak dalam program latihan.” Dengan kata lain. Gejala Karena patellar tendinopathy dan nyeri tempurung lutut sama-sama menyebabkan rasa sakit di bagian depan lutut. Sedangkan itu. Saat cedera berkembang lebih parah. para peneliti Jerman melaporkan dalam Journal of Biomechanicsbahwa “Berlari dengan forefoot tampaknya menjadi faktor utama dalam pengembangan patella tendinopathy.  Perkuat otot-otot Anda. Latihan eksentrik.  Mengubah cara bermain. Otot paha yang kuat lebih mampu menangani tekanan yang dapat menyebabkan patellar tendinitis. patellar tendinopathy dapat dibedakan dari nyeri tempurung lutut karena rasa sakit biasanya terasa langsung pada tendon atau pada bagian sambungan tulang. Tapi penting untuk dicatat . Namun. nyeri tempurung lutut biasanya terletak di sekitar atau di bawah tempurung lutut.

keseimbangan antara latihan kekuatan dan latihan kardiovaskular yang aman harus menjadi tujuan utama dari program pemulihan konservatif. dan boling. bekerja. Selain itu. Gangguan ini terjadi pada tendon patellar atau area tempurung lutut dan merupakan penyebab umum cedera yang dialami oleh atlet olahraga basket dan voli. golf. Tendinitis biasanya bermula dari kesalahan teknik dalam melakukan gerakan sehingga membebani tendon. renang. tendinitis juga bisa disebabkan oleh kecelakaan atau cedera yang terjadi secara tiba-tiba. pergelangan. seperti patellar tendinitisatau jumper’s knee. selalu lebih baik untuk mengunjungi dokter ahli dan berkonsultasi secara serius. Tendinitis paling sering terjadi di area bahu. Gangguan ini menyebabkan nyeri dan sakit pada persendian. antara lain basket. dan siku. Tendinitis atau tendonitis adalah gangguan berupa peradangan atau iritasi pada tendon. Seperti layaknya cedera apapun juga. . alih-alih memaksakan diri terus berlari atau mencoba- coba mendiagnosa diri sendiri.bahwa sedikit rasa tidak nyaman pada tendon memang sering dialami oleh banyak pelari dan tidak dapat langsung ditentukan sebagai patellar tendinopathy. tennis elbow. Beberapa istilah lain untuk tendinitis yang umum didengar adalah swimmer’s shoulder. atau melakukan hobi kesukaan dapat menimbulkan stres dan cedera pada tendon. Kegiatan yang melibatkan getaran serta menjangkau area yang tinggi secara terus-menerus juga menjadi faktor risiko lain yang perlu diwaspadai. Teknik gerakan yang dilakukan saat sedang berolahraga. terutama jika teknik yang dilakukan tidak sepenuhnya benar. Pengobatan Sebuah artikel Sports Medicine yang meninjau pengobatan cedera ini merekomendasikan pelari untuk fokus pada latihan kekuatan. Artikel ini menyoroti kebutuhan untuk istirahat ringan dari berlari namun menekankan bahwa istirahat total justru mungkin dapat memperburuk masalah. terutama otot paha depan. Penyebab Tendinitis Tendinitis umumnya terjadi akibat adanya beban pada tendon yang berasal dari gerakan yang dilakukan secara berulang kali. lari. bisbol. yaitu suatu kumpulan jaringan ikat berserat yang merekatkan otot dengan tulang. dan golfer’s elbow. Oleh karena itu. Beberapa jenis olahraga yang memiliki gerakan atau teknik di atas. tumit. Jenis pekerjaan atau kegiatan yang memerlukan kegiatan fisik atau dilakukannya gerakan berulang dalam posisi yang tidak biasa atau dengan tenaga besar dapat memicu tendinitis. lutut. Tendinitis memiliki nama yang berbeda-beda untuk tiap area. tenis. pitcher’s shoulder.

dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. seperti X-ray atau tes pencitraan lain (seperti MRI dan ultrasonografi Doppler) untuk membantu diagnosis ataupun mengeliminasi kondisi-kondisi lain yang mungkin menjadi penyebab munculnya gejala yang dialami pasien. Obat-obatan Obat pereda rasa sakit (aspirin atau ibuprofen) dan suntikan kortikosteroid adalah sebagian jenis obat-obatan yang dapat direkomendasikan oleh dokter. lokasi cedera. Latihan fisik . tendon juga menjadi lebih fleksibel dan lebih rentan terhadap terjadinya cedera. Gejala Tendinitis Gejala tendinitis muncul dalam bentuk rasa nyeri terutama saat menggerakkan sendi yang terkena. Pada kebanyakan kasus. Disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu dalam mempertimbangkan prosedur pengobatan yang belum umum digunakan. Selain itu. Anda disarankan untuk segera berkonsultasi kepada dokter. Selanjutnya dokter dapat merekomendasikan Anda kepada spesialis kedokteran olahraga. Setelah itu. kondisi ini masih dapat ditangani sendiri. atau mulai mengganggu aktivitas hingga berhari-hari. terapi fisik. Selain obat minum. Namun jika gejala ini berlanjut dan diikuti kekakuan pada sendi dan tendon. obat pereda rasa sakit dalam bentuk krim mungkin efektif dan memiliki risiko efek samping yang lebih kecil dibandingkan obat minum. ortopedi. Diagnosis Tendinitis Untuk mendapatkan diagnosis tendinitis. Metode yang masih dalam penelitian ini diduga dapat membantu menangani kasus tendonitis kronis. Warna kemerahan dan rasa panas juga dapat menyertai. Prosedur pemberian PRP meliputi pemisahan platelet dan faktor-faktor penyembuh dari darah penderita untuk kemudian disuntikkan kembali ke area tendon yang mengalami iritasi kronis. atau ahli reumatologi.Faktor usia juga dapat memicu munculnya tendinitis karena seiring bertambahnya usia. atau prosedur lain berdasarkan jenis cedera dan kondisi fisik pasien. operasi. dan jenis kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan. Dapat pula timbul pembengkakan ringan dan rasa nyeri bila ditekan. Pengobatan Tendinitis Penanganan tendinitis dapat dilakukan melalui beberapa metode. plasma darah kaya trombosit atau PRP juga dapat menjadi pilihan pengobatan. yaitu melalui pemberian obat-obatan. Suntikan kortikosteroid berulang tidak direkomendasikan pada tendonitis kronis yang berlangsung lebih dari tiga bulan karena dapat meningkatkan risiko robeknya tendon akibat mendapatkan terlalu banyak suntikan. Penanganan ini bertujuan meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit. dokter biasanya menanyakan kronologis cedera.

Anda biasanya dapat mulai menggerakan area yang mengalami cedera setelah 2-3 hari beristirahat. Latihan ini menitikberatkan kepada terjadinya kontraksi pada otot dalam keadaan memanjang. beberapa hal dapat membantu mempercepat penyembuhan dan menghambat perburukan. mengangkat kaki yang sedang cedera melebihi level ketinggian jantung juga bisa mengurangi pembengkakan (elevation). Pencegahan Tendinitis Untuk mencegah dan mengurangi risiko terjadinya cedera pada tendon. selain dengan penggunaan obat pereda rasa sakit yang bisa didapatkan tanpa resep dokter.Salah satu latihan fisik yang dapat dilakukan untuk tendinitis kronik adalah latihan eksentrik. masing- masing selama 20 menit. Prosedur ini mulai banyak digunakan dibanding prosedur operasi tradisional (operasi terbuka). Sebuah pengobatan invasif yang menggunakan panduan gelombang ultrasound (USG) dan peralatan operasi yang sangat kecil bernama FAST (focused aspiration of scar tissue) dapat dilakukan. Prosedur ini dilakukan setelah proses pembiusan lokal untuk mengambil jaringan parut pada tendon tanpa memengaruhi jaringan tendon yang sehat. Operasi dan prosedur lain Tendinitis yang parah dapat menyebabkan robeknya tendon. Akronim RICE (Rest Ice Compression Elevation) sering digunakan untuk mempermudah pasien mengingat dan melakukan perawatan ini di rumah. Pada tendinitis ringan. Pemulihan tendinitis dapat berlangsung 3-6 bulan dengan fase akut penyembuhan selama 6-8 minggu. Istirahat cukup (rest) serta menghindari penggunaan berlebihan tendon yang cedera. Gerakan seperti ini berfungsi merenggangkan dan menguatkan bagian otot tendon yang terkena peradangan atau iritasi. Namun perlu diperhatikan juga bahwa tubuh yang terlalu lama beristirahat dan tidak bergerak dapat menyebabkan sendi menjadi kaku sehingga melakukan aktivitas fisik kecil dan ringan secara perlahan-lahan tetap disarankan. Pengobatan kondisi ini membutuhkan prosedur operasi. Pada tendinitis yang menyerang area lutut. terutama jika tendon telah terpisah dari tulang. ada baiknya Anda memperhatikan aktivitas dan gerakan tubuh yang dilakukan. Mengurangi tekanan penyebab . Pasien yang melalui prosedur FAST pada umumnya dapat langsung beraktivitas dengan normal dalam waktu 1-2 bulan. Penggunaan es (ice) untuk mengompres bagian yang sakit dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari. Tanyakan kepada dokter Anda kapan sebaiknya mulai beraktivitas. Tindakan perawatan lain yang bisa dilakukan di rumah adalah mengompres area yang mengalami pembengkakan dengan perban elastis untuk mengurangi bengkak (compression). sesuai dengan batas kemampuan agar fleksibilitas sendi tetap terjaga.

Tendon patela berperan penting untuk menggerakkan otot-otot kaki dengan cara membantu otot meregangkan lutut untuk menendang bola. pengaturan area kerja berdasarkan pertimbangan ergonomis dapat menjaga tendon dan persendian Anda dari stres yang berlebihan. Selain menambah efisiensi.stres berlebih pada tendon adalah salah satunya. seperti lari dan berenang atau bersepeda. serta keyboard yang disesuaikan dengan ukuran dan bentuk tubuh atau jenis pekerjaan yang biasa dilakukan di area cedera. Tendinitis patella paling sering menyerang atlet olahraga yang sering melompat seperti atlet basket dan voli. Saat itu. Akhirnya. komputer. berjalan menanjak dan melompat. Penyebab Tendinitis patella adalah cedera yang sangat umum terjadi ketika tendon patela mendapatkan tekanan secara berulang-ulang. Lakukanlah ini sebelum Anda memulai olahraga atau rutinitas yang melibatkan gerakan fisik tertentu. Waktu perenggangan yang baik adalah setelah Anda melakukan kegiatan fisik. akan menyebabkan rasa sakit dari peradangan dan melemahnya tendon. risiko munculnya trauma berulang pada jaringan yang tegang dapat dikurangi. Dengan begini. Rasa sakit biasanya berasal di bagian tendon patela antara tempurung lutut (patela) dan perlekatan tendon dengan tulang kering (tibia). . Cobalah mengombinasikan gerakan fisik berbeban berat dengan yang lebih ringan. Tapi ketika robekan bertambah banyak. Gejala Nyeri adalah gejala pertama tendinitis patella. kerusakan tendon akan terus berlanjut selama lebih dari beberapa minggu dan disebut tendinopathy. Namun orang yang tidak melakukan olahraga melompat juga dapat mengalaminya. Melakukan perenggangan dan menguatkan otot sebelum melakukan kegiatan fisik dapat membantu otot tendon mengatasi tekanan dari gerakan yang berat dan membantu memaksimalkan gerakan sendi. Mendapatkan bantuan dari seorang profesional untuk mendapatkan informasi teknik gerakan atau peralatan olahraga seperti apa yang cocok bagi kemampuan fisik Anda sangat disarankan. rasa sakit ini akan mengganggu pekerjaan sehari-hari seperti naik tangga atau bediri dari kursi. Sedikit tekanan akan sedikit merobek tendon yang dapat diperbaiki oleh tubuh. tendinitis patella umumnya dikenal sebagai jumper knee. Oleh karena itu. Beberapa gerakan fisik dapat memberikan beban yang berat pada area tubuh tertentu dan menyebabkan sakit. Berhenti dan beristirahatlah jika mulai timbul rasa sakit saat sedang melakukan kegiatan fisik tertentu. Mulailah menata ulang area kerja dengan memilih dan meletakkan kursi. Rasa sakit di lutut awalnya hanya terasa saat memulai aktivitas fisik atau setelah latihan yang intens dan kemudian maju ke titik yang mengganggu aktivitas berolahraga. Deskripsi Tendinitis patella adalah cedera pada tendon yang menghubungkan tempurung lutut (patella) ke tulang kering. setelah otot-otot memanas.

dapat meningkatkan tekanan pada tendon patella. Tendon ini membantu otot memperpanjang lutut sehingga kita dapat menendang bola. Beberapa prosedur dapat dilakukan melalui sayatan kecil di sekitar lutut. berlari menanjak dan melompat di udara. Tali yang berfungsi untuk memebrikan tekanan pada tendon patela dapat membantu meratakan kekuatan tendon langsung melalui tali. Latihan peregangan. maka otot-otot yang lebih kuat bisa memberikan tarikan lebih keras pada tendon patella. Lompatan berulang kali paling sering dikaitkan dengan tendinitis patella. Latihan kekuatan.html#ixzz53Ao4mHVK Tendinitis patella adalah cedera yang mempengaruhi tendon yang menghubungkan tempurung lutut ke tulang kering. yang menelusuri bagian belakang paha. penelitiannya masih berlangsung. Suntikan plasma yang diperkata ptatelet telah dicoba pada beberapa orang yang bermasalah pada tendon patelanya. Jika metode biasa tidak membantu setelah dilakukan selama berbulan-bulan. dalam kasus yang jarang. Saat ini. Tapi obat ini juga dapat melemahkan tendon dan membuatnya menjadi lebih parah. 2. Namun. Rasa sakit biasanya terletak di bagian tendon patella. Stres menghasilkan robekan kecil pada tendon. Kondisi ini terjadi ketika kita menempatkan stres/tekanan berulang pada tendon patella. mereka menyebabkan nyeri akibat adanya peradangan dan melemahnya struktur tendon. di antaranya: • Intensitas dan frekuensi aktivitas fisik. Suntikan kortikosteroid. cara ini dapat membantu mengurangi rasa sakit.com/2012/03/patella-tendinitis-cedera-tendon- karena. Berkurangnya fleksibilitas pada otot paha (paha depan) dan paha belakang. antara tempurung lutut dan daerah di mana tendon melekat pada tulang kering (tibia). seperti: Obat Obat penghilang nyeri seperti ibuprofen (Advil. Motrin. Terapi ini dilakukan dengan cara mengoleskan obat kortikosteroid pada kulit dan kemudian menggunakan perangkat yang memberikan muatan listrik rendah untuk mendorong obat meresap melalui kulit. pengobatan tendinitis patella dimulai dengan terapi fisik untuk meregangkan dan memperkuat otot-otot sekitar lutut. Diharapkan suntikan akan mempercepat pembentukan jaringan baru dan membantu menyembuhkan kerusakan tendon. seperti: 1. Otot paha yang lemah juga bisa menyebabkan ketegangan pada tendon patela. Bedah dan prosedur Jika pengobatan biasa tidak membantu. Latihan peregangan yang rutin dapat mengurangi kejang otot dan membantu memperpanjang tendon 2. dimana tubuh berusaha untuk memperbaikinya. orang lain) dapat membantu mengatasi rasa sakit yang disebabkan tendinitis patella untuk sementara. Gejala Tendinitis patella adalah cedera berlebihan yang umum terjadi. Iontophoresis. hingga mengabaikan tanda-tanda peringatan yang dikirimkan tubuh. Read more: http://radittyashere. • Ketidakseimbangan otot. Penyebab & Faktor Risiko Nyeri adalah gejala pertama dari tendinitis patella. Rasa sakit di lutut: • Awalnya hanya hadir ketika memulai aktivitas fisik atau hanya setelah latihan yang intens • Berkembang ke titik yang mengganggu kinerja olahraga • Akhirnya mengganggu tugas-tugas sehari-hari seperti naik tangga atau bangun dari kursi Komplikasi Jika tetap bekerja ketika merasa sakit.seperti basket dan voli. bahkan orang yang tidak berpartisipasi dalam olahraga melompat dapat mengalami tendinitis patella. 4. • Pengetatan otot kaki.blogspot. Jika beberapa otot di kaki anda jauh lebih kuat daripada yang lain. Tali tendon patella. Latihan dengan cara menurunkan kaki scara lambat setelah meregangkan lutut akan sangat membantu. dokter akan menyarankan pembedahan tendon patela. Saat kerusakan tendon ini terus berlanjut selama lebih dari beberapa minggu. 3. Tendinitis patella umumnya dikenal sebagai lutut peloncat. Bedah. Peningkatan mendadak dalam intensitas aktivitas fisik atau peningkatan frekuensi aktivitas juga menempatkan tekanan tambahan pada tendon. Terapi Berbagai teknik terapi fisik dapat membantu mengurangi gejala yang disebabkan dengan tendinitis patella. Faktor Risiko Kombinasi faktor-faktor yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan tendinitis patella. Tapi ketika robekan pada tendon menjadi lebih banyak. Tendinitis patella paling sering terjadi pada atlet olahraga yang melibatkan gerakan melompat (dengan frekuensi yang lebih sering). Untuk alasan ini. others) atau naproxen (Aleve. 3. Bagi kebanyakan orang. Suntikan plasma diperkaya platelet. dokter akan menyarankan terapi lain seperti: 1. kondisi tersebut disebut tendinopathy. Suntikan kortikosteroid ke dalam selubung di sekitar tendon patela dapat membantu meringankan rasa sakit. .Pengobatan Dokter biasanya memulai dengan perawatan tanpa pembedahan. Tarikan yang tidak merata ini dapat menyebabkan tendinitis. Tendon patela memainkan peran penting dalam cara kita menggunakan otot-otot kaki.

Anda bisa menyebabkan robekan meluas dan masalah tendon patella lain yang lebih besar. cobalah perbaiki tekniknya dan sekaligus mengatasi masalah pada tendon. Tapi jenis obat ini juga dapat melemahkan tendon dan membuat mereka lebih mungkin untuk pecah. lakukan langkah-langkah berikut: • Jangan berolahraga/bermain ketika merasa sakit. seperti mendinginkan daerah yang terkena dan untuk sementara mengurangi atau menghindari kegiatan yang memicu gejala. karena hal ini dapat lebih merusak tendon patella. Pembedahan dan prosedur lainnya Jika pengobatan konservatif tidak membantu. cobalah perawatan diri terlebih dahulu. yang melibatkan penurunan kaki secara lambat setelah Anda memperpanjang jangkauan lutut akan sangat membantu. • Injeksi plasma-platelet. pertimbangkan pendekatan untuk menghilangkan rasa sakit di rumah: • Penghilang nyeri. • Latihan penguatan. Gaya Hidup & Perawatan di Rumah Untuk kasus tendinitis patella.com/id/penyakit/334_tendinitis-patella. dokter mungkin menyarankan terapi lain seperti: • Suntikan kortikosteroid. Suntikan plasma-platelet telah dicoba pada beberapa orang dengan masalah tendon patella kronis. Nyeri pada lutut dan pengurangan fungsi lutut dapat bertahan jika faktor yang berkontribusi terhadap tendinitis patella tidak ditangani. Terapi Berbagai teknik terapi fisik dapat membantu mengurangi gejala yang berhubungan dengan tendinitis patella. Jangan lakukan loncat tinggi selama waktu peregangan. Obat penghilang nyeri seperti ibuprofen dan naproxen dapat memberikan bantuan jangka pendek dari rasa sakit yang terkait dengan tendinitis patella.html Copyright DokterDigital. latihan peregangan yang dilakukan secara rutin dapat mengurangi kejang otot dan membantu memperpanjang unit otot-tendon. Pencegahan Untuk mengurangi risiko terkena tendinitis patella. Aplikasikan es setelah kegiatan yang menyebabkan rasa sakit.dokterdigital. Otot paha yang lemah berkontribusi terhadap ketegangan pada tendon patela anda. termasuk: • Latihan peregangan. Ketika Anda merasa bahwa latihan yang dilakukan berhubungan dengan nyeri di lutut. Diharapkan suntikan dapat meningkatkan pembentukan jaringan baru dan membantu menyembuhkan kerusakan tendon. Jika pendekatan konservatif tidak membantu setelah dilakukan pengobatan selama pengobatan. « Kembali Source: http://www. • Tali patella tendon. dan kondisi itu mungkin berkembang menjadi kondisi yang lebih kronis (dari tendinopathy patella). Suntikan kortikosteroid yang dipandu USG ke dalam selubung tendon sekitar patella dapat membantu mengurangi rasa sakit. Latihan eksentrik. • Memperkuat otot-otot.com Tendinitis Patella Tendinitis Patella . • Es. Atau cobalah pijat es. Kapan Harus ke Dokter ? Jika mengalami nyeri lutut. Otot paha yang kuat lebih mampu menangani jenis tekanan yang dapat menyebabkan tendinitis patella. Studi lebih lanjut sedang berlangsung. (meskipun jarang) dokter mungkin menyarankan intervensi bedah untuk tendon patella. Hubungi dokter jika rasa sakit: • Terus berlanjut atau semakin buruk • Mengganggu kemampuan untuk melakukan aktivitas rutin sehari-hari • Berkaitan dengan pembengkakan atau kemerahan sendi Gaya Hidup & Perawatan di Rumah Dokter biasanya memulai dengan perawatan kurang invasif sebelum mempertimbangkan pilihan lain seperti operasi. • Iontophoresis. Terapi ini dilakukan dengan menyebarkan obat kortikosteroid pada kulit dan kemudian menggunakan perangkat yang memberikan muatan listrik rendah untuk mendorong obat melalui kulit. Beberapa prosedur dapat dilakukan melalui sayatan kecil di sekitar lutut. • Memperbaiki teknik. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa sakit. Biasanya. Ini mungkin berarti mengurangi frekuensi berlatih/olahraga anda atau sementara beralih ke olahraga yang berdampak rendah. Obat-obatan Obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen atau naproxen dapat memberikan bantuan jangka pendek dari rasa sakit yang terkait dengan tendinitis patella. • Hindari aktivitas yang menyebabkan rasa sakit. Jika teknik Anda dalam kegiatan olahraga tergolong kurang baik (kurang tepat). Pertimbangkan untuk mengambil pelajaran baru atau mendapatkan instruksi profesional ketika memulai olahraga baru atau menggunakan peralatan olahraga. Tempatkan es dalam kantong plastik dan bungkus kantong plastik dengan handuk. • Pembedahan. Sebuah tali yang menempatkan tekanan pada tendon patella dapat membantu untuk mendistribusikan tekanan agar menjauh dari tendon itu sendiri dan mengarahkan tekanan melalui tali sebagai gantinya. Latihan eksentrik umumnya akan sangat membantu. hindari kegiatan yang dapat menempatkan tekanan pada tendon patella Anda. segera istirahatkan dan tempelkan es ke daerah yang menyakitkan saat beristirahat. Jangan mencoba untuk bekerja ketika merasa sakit. Sampai lutut bebas dari rasa sakit.

pada fase ini mulai terjadi penutupan luka. reaksi vascular terjadi pembekuan darah dan peningkatan jaringan fibrin. (2) Panjang sesi pelatihan. yaitu : a) Faktor-faktor intrinsik (Ferretti 1986) : (1) Sex. Pada fase initiatives jaringan sudah mulai berfungsi. (5) Gerakan rotasi tibia / femoralis dan (6) Stabilitas lutut. 2) Kelelahan otot-otot disekeliling sendi lutut Keseimbangan sendi lutut baik dalam sikap berdiri. kelelahan otot-otot disekeliling sendi lutut dan penggunaan sendi yang berlebihan. respon sel berupa pelepasan leukosit dan sel phagocytic lainnya. Rasa nyeri yang dikeluhkan pada daerah lutut terjadi akibat kerusakan dan gangguan pada ujung – ujung saraf yang mengalami penekanan. 2001) dan sudut fleksi lutut pada saat tekanan terjadi (Richards et al. 4. elastic. Hal yang paling berpengaruh dalam terjadinya tendinitis patella adalah aktifitas melompat yang terus- menerus pada saat atlit bermain. Nyeri merupakan tanda peringatan terhadap organism untuk berhenti atau menghindar dari aktifitas yang dapat merusak dan membiarkan proses regenerasi berlangsung. Fase fibroflactic refair (5 – 6 minggu) terjadi proses ploriferasi dan regenerasi secara aktif dimulai dengan terbentuknya jaringan granulasi yang kemudian menjadi kolagen. Spasme otot – otot pada daerah lutut terjadi karena adanya penarikan yang terlalu kuat pada jaringan lunak secara spontan atau tiba – tiba atau adanya peningkatan ketegangan jaringan lunak pada daerah lutut sehingga akan menimbulkan rasa nyeri pada daerah lutut tersebut. bila terjadi kelelahan yang belebihan pada otot-otot tersebut terutama otot bagian flexor dapat mengakibatkan kesalahan keseimbangan pada sendi lutut. (2) Umur. (1990) cedera ini dipengaruhi oleh : a) besarnya gaya terapan b) durasi beban c) sudut fleksi lutut selama tekanan terjadi 3. Biasanya dalam 3 minggu jaringan yang kuat.1. Proses radang ditandai fase – fase yaitu fase inflamasi respon (0 – 4) ditandai adanya tanda inflamasi. Sedangkan menurut Bassett et al. Fase remodeling merupakan proses yang lama. (4) Posisi tempurung lutut. . Tendinitis patellaris adalah terjadinya rasa nyeri pada tendon patella yang menghubungkan tempurung dengan tulang tibia.menerus. Selain itu terjadinya tendinitis patella juga memiliki hubungan dengan kekakuan group otot hamstring dan group otot quadriceps (Writvrouw et al. 1) Trauma Dengan adanya trauma pada sendi lutut pada saat melompat. Sedangkan faktor yang mempengaruhi terjadinya cedera Terbagi atas dua faktor utama. Proses ini terjadi realignment atau remodeling dari jaringan kolagen. (3) Keterpaduan lutut. 2) Spasme otot quadriceps femoris. 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fleksibilitas yang lebih rendah dari paha depan dan otot hamstring dapat berkontribusi bagi pengembangan tendinitis patella dalam populasi atletik Sudut longitudinal otot paha depan. melompat dan berjalan dihasilkan oleh kekuatan atau kerja otot disekeliling lutut. rentan terkena cedera Usia 18-30 tahun. dan tanpa perdarahan sudah terjadi. Pria lebih sering terkena (rasio 6:1). Proses penguraian dan sintesa kolagen menjadi suatu jaringan yang kuat dan teratur. hamstring dan gastrocnimeus. Sehingga otot – otot tersebut tidak dapat berkontraksi karena kurangnya pergerakan pada daerah lutut. 1996) b) Faktor-faktor ekstrinsik (Ferretti 1986) : (1) Kerasnya permukaan tempat bermain (Semen 38% Parket 4% Linoleum 23%). karena adanya peradangan yang disebabkan oleh ketegangan otot yang terjadi secara terus . yang disebabkan oleh penarikan pada tendon yang berlebihan sehingga terjadi perobekan pada tendon patella. Terjadi proses profilerasi dimana kolagen menjadi lebih solid dan kuat. Patella tendinitis atau “jumpers knee“ adalah suatu kondisi yang dihasilkan dari penggunaan berlebihan dari lutut. Definisi Tendinitis Patella merupakan peradangan pada patella yang terjadi saat melompat. Perubahan Patologi Bila tendon patella mengalami radang maka akan di ikuti proses radang di sekitar tendon tersebut. kemungkinan akan terjadi cedera. 3) Keterbatasan gerak dari jongkok ke berdiri. Tanda dan gejala 1) Adanya rasa nyeri pada daerah lutut. Etiologi Adapun penyebab tendininis patellaris yaitu trauma. 3) Penggunaan sendi berlebihan Dalam hal ini daya tahan cartilago articularis lama-kelamaan akan berkurang karena terus menerus dari berat badan.

Stif joint pada sendi lutut dapat disebabkan oleh beberapa factor yang antara lain yaitu dengan adanya rasa nyeri yang dirasakan penderita sehingga penderita sulit untuk menggerakkan sendi lutut dan ketika hal ini berlangsung lama akan terjadi perlenggketan jaringan dan kekakuan sendi lutut. Test khusus yang digunakan pada kasus ini adalah gerakan isometrik melawan tahanan pada gerakan extensi lutut. pembentukan fissura. Selain itu diperlukan adanya pemeriksaan penunjang yaitu dengan MRI. . Pemeriksaan didapat dari anamneses yang cermat. Pembebanan yang terlalu berat dan bersifat kronis dapat mengakibatkan kelainan–kelainan degeneratif didalam lapisan tulang rawan pada patella bagian belakang atau didalam tulang rawan persendian condylus femoris (terutama yang lateral). pengamatan dan test khusus agar tidak mengalami kesalahan dalam diagnosis. Keterbatasan gerak sendi lutut terjadi karena adanya nyeri sehingga penderita akan cenderung mempertahankan sendi lutut untu tidak bergerak. jika atlit mendapatkan perawatan yang cepat dan intensif. Tidak adanya pergerakan yang maximal dari sendi lutut akibat nyeri yang dirasakan akan menimbulkan kontraksi otot akan berkurang. bersepeda dan lainnya. Dalam pemeriksaan timbulnya nyeri jika dilakukan gerakan extensi yang ditahan dan juga flexi pasif. qua ad cosmetica baik dan qua ad fungsional baik. Diagnosa Untuk menegakkan diagnose pada penderita tendinitis patellaris diperlukan beberapa pemeriksaan. Diagnosis pada tendinitis patellaris dapat berupa keterbatasan gerak dari jongkok ke berdiri karena adanya rasa nyeri. 6. Kelainan-kelainan degeneratif ini sering terjadi dalam hal arthrosis (melunak. orosi yang disertai eksposisi tulang subkontral) yang sering mengenai tulang rawan. apabila ditemukan adanya rasa nyeri pada daerah depan lutut maka positif terjadinya tendinitis patella. 5. qua ad vitam baik. Apabila di palpasi maka akan ditemukan suatu daerah atau atau yang biasanya terbatas dengan rasa nyeri tekan pada sisi patella. 7. yang bertambah sakit bila membungkuk. 2) Chondromalacia patella. 5) Rasa nyeri ketika meluruskan kaki. Komplikasi 1) Stif joint pada sendi lutut. Prognosis Pada kasus ini mempunyai prognosis yang baik. 4) Kesemutan (neuropati) pada daerah lutut. berlutut dan melakukan gerakan-gerakan seperti naik turun tangga. sehingga ketika lutut digerakkan extensi nyeri akan terjadi. 8. Kontraktur dapat terjadi akibat keterbatasan gerak pada sendi lutut sehingga penderita cenderung mempertahankan sendi lututnya untuk tidak bergerak yang kemudian otot-otot disekitar lutut melemah dan mengalami pemendekan. Kebas – kebas atau kesemutan pada daerah lutut terutama pada tendon patella yang mengalami kerusakan terjadi akibat penyempitan dan penekanan pada ujung – ujung saraf. 2) Contraktur pada daerah lutut. Bila terjadi iritasi maka akan timbul hydrops atau penumpukan cairan. Diagnosa banding 1) Soff tissue swelling (pembengkakan pada jaringan lunak sendi). 3) Penurunan kekuatan otot quadriceps femoris. jongkok. Prognosa dapat berupa qua ad sanam baik. hamstring dan gasrocnimeus. bengkak sehingga penderita akan cenderung mempertahankan sendi lutut untuk tidak bergarak dan otot – otot penggerak sendi lutut dalam keadaan memendek sehingga akan terjadi kontraktur. Dengan adanya kontraktur pada otot penggerak sendi lutut maka akan terjadi penurunan lingkup gerak sendi pada sendi lutut. fregmentasi. hal ini akan membuat otot-otot akan mengalami kelemahan. Keterbatasan gerak sendi lutut terjadi karena adanya nyeri. 3) Tendopati Insersi quadriceps Penderita mengeluh tentang adanya rasa sakit di daerah patella.