You are on page 1of 4

UNIT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
Jalan Jend. A. Yani KM. 36 Banjarbaru Kal-Sel 70714 Telp. (0511) 4773112

MEKANISME DEBAT
PEKAN SAINS 2017

A. Aturan Umum
a. Tiap sesi debat terdiri dari 2 (dua) tim. Satu tim bertindak sebagai tim
pemerintah/government (proposisi), tim lain bertindak sebagai tim oposisi.
b. Dalam tiap sesi debat terdapat 1 (satu) buah topik/mosi yang akan diperdebatkan. Tim
pemerintah bertindak sebagai pendukung mosi tersebut, sedangkan tim oposisi
menentang mosi tersebut.
c. Setiap tim terdiri dari 3 orang yang bertindak sebagai pembicara pertama, pembicara
kedua, pembicara ketiga serta pembaca kesimpulan (dilakukan oleh pembicara pertama
atau kedua).
d. Waktu penyusunan argumen 1 menit. Penyampaian argumen awal (untuk pidato
substantif) yang disampaikan pembicara pertama diberi waktu 3 menit. Pembicara ke-2
diberi kesempatan untuk berbicara selama 3 menit. Pembicara ke-3 diberi kesempatan
untuk berbicara dan memberikan kesimpulan selama 3 menit. Pembaca kesimpulan diberi
kesempatan untuk berbicara selama 1 menit.
e. Urutan pembicara adalah sebagai berikut :

f. Setiap sesi debat akan dipandu oleh seorang moderator dan didampingi oleh satu orang
pencatat waktu (time keeper).

Tugas Pembicara 1. pembicara 2 dan pembicara 3 (tim split). (0511) 4773112 PRO KONTRA Penyusunan argumen 1 menit 1 menit Penyampaian argumen 3 menit 3 menit Interupsi 2 x 15 detik 2 x 15 detik B. parameter terhadap mosi. UNIT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT Jalan Jend.  Menyampaikan susunan argumen yang akan dibawakan oleh pembicara 1.  Menyampaikan argumen yang menjadi tugasnya. 36 Banjarbaru Kal-Sel 70714 Telp.  Menyampaikan garis besar kasus yang dibawakan. Tim Pemerintah/Pro Pembicara 1  Memberi definisi. Pembicara 2  Menyampaikan bantahan atas kasus atau argumen yang dibawakan oleh pembicara 1 dari tim oposisi. Tim Oposisi/Kontra Pembicara 1  Menyatakan sikap (menerima atau menolak) definsi yang diberikan oleh tim pemerintah.  Menyusun kembali kasus tim pemerintah dan tidak diperkenankan menyampaikan argumen baru. Pembicara 3  Menyampaikan bantahan atas kasus atau argumen yang dibawakan oleh pembicara 1 dan pembicara 2 dari tim oposisi. 2.  Menyampaikan argumen yang mendukung mosi.  Menyampaikan susunan argumen yang akan dibawakan oleh pembicara 1. pembicara 2 dan pembicara 3 (tim split). Yani KM. A. .

(0511) 4773112  Menyampaikan bantahan terhadap argumen yang dibawakan oleh pembicara 1 dari tim pemerintah.00-2. Pembicara yang sedang membawakan kasusnya memiliki otoritas penuh untuk menerima atau menolak interupsi.  Menyusun kembali argumen tim oposisi dan tidak diperkenankan membawa argumen baru. Pembicara 2  Menyampaikan bantahan terhadap argumen pembicara 1 dan 2 dari tim pemerintah. UNIT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT Jalan Jend. pemilihan kata-kata dan bahasa tubuh (40%). Penampilan (Manner) Mencakup kelancaran berbicara. Kriteria Penilaian 1. 2 dan 3 dari masing-masing tim. Toleransi waktu yang diberikan untuk masing-masing interupsi adalah maksimal 15 detik.  Tidak diperkenankan membawa bantahan atau argumen baru. Isi argumen (Matter) Isi argumen mencakup substansi dari kasus yang dibawakan (40%). pada rentang waktu antara menit ke 1.  Membawakan argumen yang merupakan tugasnya (menolak mosi). 2. 2 dan 3 dari tim pemerintah. C. Pembicara 3  Menyampaikan bantahan terhadap argumen pembicara 1.  Menyampaikan keunggulan tim (mengapa timnya pantas menang). Yani KM. 36 Banjarbaru Kal-Sel 70714 Telp. 3.  Membawakan argumen yang merupakan tugasnya. 3. 2. Interupsi hanya boleh diberikan pada saat pidato substantif (disampaikan oleh pembicara 1.30. Interupsi 1. D. Pembaca Kesimpulan  Membawakan resume atau ulasan debat dari sudut pandang tim (oposisi atau pemerintah). A. .

Bantahan  Bantahan terhadap argumen yang diberikan kepada lawan harus disertai alasan yang jelas dan bila perlu dengan bukti yang dapat menjatuhkan argumen lawan. Topik akan diberikan sebelum pelaksanaan lomba.  Sinkronisasi : Kemampuan untuk menghubungkan komponen asersi. UNIT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT Jalan Jend.  Definisi harus fair.  Reason : alasan-alasan yang mendasari asersi. Metode Penyampaian (Method) Mencakup struktur kasus yang dibawakan. E. namun tidak perlu memperdebatkan alasan. Garis Besar Kasus Adalah garis besar/alasan utama yang mendasari tim tersebut menerima/menolak suatu mosi. Definisi  Definisi adalah pemberian makna terhadap mosi yang diperdebatkan. alasan. 2. . Sesi Debat 1.  Tim oposisi berhak menolak definisi yang diberikan tim pemerintah. Pembagian Tugas /Tim Split Pembagian tugas yang akan dibawakan oleh pembicara 1. 36 Banjarbaru Kal-Sel 70714 Telp. Menggunakan sistem gugur. Argumener diri dari  Asersi : Pernyataan. 4. Keterangan Lain 1. 5. (0511) 4773112 3. 2. dalam arti masih bisa diperdebatkan. dengan memberi suatu parameter/tolak ukur. 2 dan 3 dari sebuah tim. apakah terstruktur dengan baik atau tidak (20%). F.  Bukti : fakta/data yang mendukung alasan.  Tidak diperkenankan menyinggung hal-hal yang bersifat pribadi dari lawan. dimana tim yang kalah tidak dapat mengikuti babak selanjutnya. A. 3. dan bukti. Yani KM.