You are on page 1of 10

PROTEKSI

Proteksi adalah suatu kebijakan pemerintah untuk melindungi industri dalam negeri
terutama yang baru tumbuh dari saingan luar negeri. Tujuan kebijakan Proteksi adalah :

 Memaksimalkan produk dalam negeri.
 Memeperluas lapangan kerja.
 Memelihara tradisi nasional.
 Menghindari resiko yang mungkin timbul jika hanya menggantungkan diri pada satu
komoditi andalan.
 Menjaga stabilitas nasional, yang di khawatirkan akan tergantung jika bergantung pada
negara lain.

ALASAN PROTEKSI DI BERIKAN
Dalam perdagangan luar negeri konsep proteksi berarti usaha-usaha pemerintah yang
mematasi atau mengurangi jumlah barang yang diimpor dari Negara-negara lain denga tujuan
untuk mencapai beberapa tujuan tertentu yang penting artinya dalam pembangunan Negara dan
kemakmuran perekonomian Negara.

Ada beberapa tujuan penting dari proteksi:

a. Mengatasi masalah deflasi dan pengangguran.

b. Mendorong perkembangan industri baru

c. Mendiversifikasikan perekonomian

d. Menghindari kemerosotan industri-industri tertentu

e. Memperbaiki neraca pembayaran

f. Menghindari neraca pembayaran

g. Menghindari dumping

h. Menambah pendapatan pemerintah

jumlah barang di pasar turun dan impor barang turun. Akibat tarif impor adalah harga yang harus dibayar konsumen untuk membeli barang impor lebih tinggi. Apapun tujuan utamanya. yaitu memberi perlindungan terhadap saingan dari luar negeri. Bentuk umum kebijakan tarif adalah penetapan pajak impor dengan prosentase tertentu dari haga barang yang di impor tersebut. produksi dalam negeri meningkat. mempunyai maksud untuk proteksi untuk industri dalam negeri untuk memperoleh pendapatan negara. . tarif selalu mempunyai konsekuensi proteksi bagi industri negara lain yang memproduksi barang yang sama/serupa dengan barang impor yang terkena tarif. Bentuk proteksi yang sering di jumpai dalam praktek adalah : a. Dan aspek proteksi dari tarif ini sangat penting. tapi hakikaynya tetap sama. Bentuknya bisa beraneka ragam.BENTUK PROTEKSI Bagaimanakah bentuk proteksi dalam praktek? Sekali lagi disni perlu ditekankan perbedaan antar “bentuk” dan “hakikat” dari proteksi. Dengan pengenaan bea masuk yang besar atas barang-barang dari luar negeri. sebagai berikut : Harga barang naik. sehingga jumlah barang impor yang dibeli konsumen menurun. Tarif atau Bea masuk Tarif atau bea masuk adalah pajak yang dikenakan terhadap barang yang diperdagangkan baik barang impor maupun ekspor. Dan barang –barang yang masuk kewilayah negara di kenakan bea masuk. Akibat dan pengenaan tarif.

. Larangan impor bertujuan untuk melindungi produsen dalam negeri dengan meningkatkan produktivitasnya dan meningkatkan harga. Pelarangan Impor Pelaranga Impor adalah kebijakan perdagangan internasional yang melarang secara mutlak impor barang tertentu. Akibat Pelarangan Impor sebagai Berikut : Harga barang naik. Produksi dalam negeri meningkat dan jumlah barang di pasar turun. Yaitu :  Bea masuk Ekspor ( export duties ) adalah pajak/bea yang masuk terhadap barang yang di angkut menuju negara lain ( diluar costum area )  Bea transito ( transit duties ) adalah pajak/bea yang masuk dikenakan terhadap barang-barang yang melalui batas wilayah suatu negara dengan tujuan akhir barang tersebut ke negara lain. ( grafik Pengenaan Tarif atau Bea masuk ) Ada Tiga Macam Penentuan Tarif atau Bea masuk.  Bea Impor ( Impor duties ) adalah pajak/baea yang dikenakan terhadap barang- barang yang masuk dalam suatu negara ( tom area ). b.

biasanya satu tahun. ( grafik Pelarangan Impor ) c. . Pelarangan Ekspor Larangan ekspor adalah kebijakan pemerintah suatu negara melarang total semua ekspor komoditas tertentu. Sebaliknya. produksi dalam negeri meningkat. Perdagangan bebas tidak menyetujui pemberlakuan kuota dalam perdagangan internasional. Larangan ekspor bertujuan agar industri tumbuh. d. dan impor barang menurun. negara yang menganut kebijakan proteksi sering menggunakan instrumen ini untuk mencegah masuknya barang impor. Kuota Kuota adalah batas maksimum jumlah barang tertentu yang bisa diimpor dalam periode tertentu. Akibat Kuota sebagai berikut : Harga barang naik. jumlah barang di pasar menurun. membuka kesempatan kerja baru dan memberantas penyelundupan.

Jumlah barang di pasar tetap dan Impor barang turun. ( grafik Kuota ) e. keringanan pajak. Seperti. ( grafik Subsidi ) . Dampak kebijakan subsidi sebagai berikut : Harga barang di pasar tetap. Subsidi Subsidi adalah kebijakan pemerintah untuk memberikan perlindungan atau bantuan kepada industri (pengusaha) dalam negara dalam bentuk modal. mesin- mesin. keahlian. peralatan. Produksi dalam negeri meningkat. pengambilan pajak dan fasilitas kredit.

negara pengimpor kadang mempunyai industri yang sejenis sehingga persaingan dari luar negeri ini dapat mendorong pemerintah negara pengimpor memberlakukan kebijakan anti dumping (dengan tarif impor yang lebih tinggi). Setelah persaingan di luar negeri mati maka harga di luar negeri akan dinaikkan untuk menutup kerugian sewaktu melakukan predatory dumping. Tarif atau Bea masuk Kelemahannya :  Memberikan beban yang cukup berat bagi administrasi pemerintah khususnya bea cukai karena memerlukan data dan perincian harga. Hal ini dilakukan untuk menetralisir dampak subsidi ekspor yang diberikan oleh negara lain. . . f. Namun. Setelah persaingan di luar negeri mati maka harga di luar negeri akan dinaikkan untuk menutup kerugian sewaktu melakukan predatory dumping. Predatory dumping dilakukan dengan tujuan untuk mematikan persaingan di luar negeri. Hal ini dilakukan untuk menetralisir dampak subsidi ekspor yang diberikan oleh negara lain. Kebijakan dumping dapat meningkatkan volume perdagangan dan menguntungkan negara pengimpor. harga produk akan dinaikkan sesuai dengan harga pasar setelah berhasil merebut dan menguasai pasar internasional. terutama menguntungkan konsumen mereka. Dumping Dumping adalah kebijakan yang dilakukan oleh suatu negara dengan cara menjual barang ke luar negeri lebih murah daripada dijual di dalam negeri atau bahkan di bawah biaya produksi. Namun. Kebijakan ini hanya berlaku sementara. atau sering disebut counterveiling duties. KELEMAHAN DAN KELEBIHAN DARI BENTUK PROTEKSI a. terutama menguntungkan konsumen mereka. Predatory dumping dilakukan dengan tujuan untuk mematikan persaingan di luar negeri. negara pengimpor kadang mempunyai industri yang sejenis sehingga persaingan dari luar negeri ini dapat mendorong pemerintah negara pengimpor memberlakukan kebijakan anti dumping (dengan tarif impor yang lebih tinggi). Kebijakan dumping dapat meningkatkan volume perdagangan dan menguntungkan negara pengimpor. atau sering disebut counterveiling duties.

Kuota Kelemahannya :  Produksi di dalam negeri berkurang.  Dapat digunakan sebagai alat control produksi industry dalam negeri.  Terdapat deferencisi harga produk sesuai dengan kwalitasnya. b. .  Hanya dapat digunakan sebagai alat control proteksi yang bersifat status.  Menumbuhkan rasa cinta produk dalam negeri  Mengurangi devisa ke luar negeri.  Defisit Perdagangan yang berdampak pada Defisit Neraca Pembayaran. Kelebihannay :  Meningkatkan kesejahtraan konsumen.  Mudah dilaksanakan karena tidak memerlukan perincian harga barang.  Sering menimbulkan perselisihan dalam menentukan harga untuk pertimbangan bea masuk antaran importer dengan bea cukai. c.  Konsumsi terhadap barang dalam negeri menjadi berkurang.  Banyaknya penggauran. Pelarangan Impor Kelemahanya :  Inflasi  Melemahnya nilai Tukar Rupiah.  Pengenaan tarif dirasakan barang tidak adil karena tidak membedakan harga / kwalitas barang. Kelebihannya:  Dapat mengikuti perkembangan tingkat harga.  Meningkatkan industri dalam negeri.

yang mengolah bahan mentah menjadi bahan baku atau bahan baku menjadi barang jadi. Industri Yang Menyurut Industri adalah bagian dari proses produksi. d. sehingga menjadi barang yang bernilai bagi masyarakat. dan berdampak ke masyarakat.  Barang susah untuk di dapatkan karena mahal.  Meningkatkan devisa negara.  Untuk melindungi kepentingan ekonomi negara.  Meningkatkan daya saing terhadap barang-barang impor  Menambah produksi dalam negeri. Kelebihannya:  Mensejahtrakan msayarakat. . Gambar ini menunjukan industri garam yang lagi menyusut di akibatkan cuaca yang tidak bersahabat. Bila perubahan situasi ekonomi dan perubahan dalam pola permintan dan pola ke unggulan komparatif mengakibatkan suatu sektor mengalami penyusutan. Kelebihannya:  Untuk melindungi hasil perindustrian di negara. A.  Untuk menjaga keseimbangan balance of payment. Subsidi Kelemahannya :  Masyarakat menengah bawah makin susah.

Contohnya : Ini adalah contoh dari diverifikasi produk. Dalam rangka meningkatkan nilai jual produk hasil pertanian.  Barang yang disediakan sudah tidak sesuai dengan selera konsumen. sebagi berikut :  Pemasaran yang kurang lancar karena persaingan. berupa makanna. Diversifikasi Pengolahan adalah suatu proses .  Tenaga ahli dan terampil yang terbatas. diverifikasi sering diidektikkan dengan ungkapan “ Tidak Menaruh Telur dalam satu keranjang “. Tetapi memang ada kalanya bahwa meskipun semua bantuan lansgung telah diberikan. dan hanya sebagai program bantuan langsung tersebut. Yang diingat adalah bahwa tarif ini bersifat sementar.Ada beberapa faktor yang mengakibatkan penyusutan industri.  Bahan baku untuk jenis-jenis barang tertentu sangat bergantung kepada impor dari negara lain. Di dalam dunia bisnis. tetapi toh pengenaan tarif masih dirasa perlu. B.  Sarana dan prasarana pendukung industri yang belum merata. Diversifikasi Diverifikasi merupakan kegiatan atau tindakan untuk membaut sesuatu menjadi lebih beragam atau tidak hanya terpaku pada satu jenis saja. diharapakan para petani memiliki inovasi dan ketrampilan untuk melakukan DIVERSIFIKASI PENGOLAHAN.  Modal relatif kurang lancar.

1.merubah bentuk. Ketela Pohon ----------> Keripik Singkong Aneka Rasa 2. skenario. Pisang -------------> Keripik Pisang 5. tampilan dan rasa untuk dijadikan produk baru guna meningkatkan nilai jual produk dimaksud. dll C. Kedelai -------------> Susu Kedelai 3. Industri Anak-anak Industri anak di benrtujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kreativitas berbahasa anak-anak dalam menghasilkan karya-karya kreatif bahasa anak. cerita pendek. Berikut beberapa contoh diversifikasi yang bisa dilakukan oleh para petani. seperti puisi. novel. dan sebagainya. Buah Melinjo ---------------> Emping Melinjo 4. drama. baca puisi. Contohnya : (Tempat pensil dari kaleng bekas dan di lilit menggunakan benang wol) .