You are on page 1of 4

SOAL QUIZ MOTOR BAKAR

1. Apa pengertian dari motor secara umum dan sebutkan beberapa jenis motor berdasarkan
sumber energinya!
2. Jelaskan yang dimaksud dengan motor bakar!
3. Jelaskan perbedaan dari internal combustion engine dan eksternal combustion engine!
4. Jelaskan secara singkat proses setiap langkah yang terjadi pada motor bensin 2 tak dan 4
tak!
5. Jelaskan mengapa motor diesel dapat disebut motor tekanan tinggi!

JAWAB

1. Sebuah motor adalah mesin yang dapat mengubah energi menjadi gerak.

Alat yang dapat mengubah panas menjadi gerak biasanya disebut sebagai mesin yang
mempunyai banyak sekali tipe. Salah satu tipenya adalah mesin panas seperti mesin
pembakaran dalam yang bekerja dengan membakar bahan bakar dan udara, dan
menggunakan gas panas yang dihasilkan untuk menghasilkan tenaga. Mesin pembakaran luar,
contohnya mesin uap menggunakan panas untuk menghasilkan tenaga melalui cairan terpisah.

Beberapa Jenis Motor

- Motor elektrik. Motor ini bekerja dengan adanya sumber dari listrik dan menghasilkan
gerak melalui medan elektromagnetik.
- Motor bakar. Motor ini bekerja dengan adanya sumber dari panas yang dihasilkan
menjadi energy gerak

2. Motor bakar adalah suatu perangkat/mesin yang mengubah energi termal/panas menjadi
energi mekanik. Energi ini dapat diperoleh dari proses pembakaran yang terbagi menjadi 2
(dua) golongan, yaitu:

Motor bakar pembakaran luar, yaitu suatu mesin yang mempunyai sistim pembakaran yang
terjadi diluar dari mesin itu sendiri. Misalnya mesin uap dimana energi thermal dari hasil
pembakaran dipindahkan kedalam fluida kerja mesin. Pembakaran air pada ketel uap

menghasilkan uap kemudian uap tersebut baru dimasukkan kedalam sistim kerja mesin untuk mendapatkan tenaga mekanik. mesin kapal laut serta kereta api. dibandingkan mesin pembakaran luar . salah satu kekurangannya yang sangat mencolok dari mesin pembakaran luar ini adalah ia membutuhkan ruang yang cukup besar Mesin pembakaran dalam mesin pembakaran dalam adalah mesin yang menghasilkan sebuah usaha atau tenaga dimana pembakaran yang terjadi di dalam mesin itu sendiri atau dalam bahasa inggrisnya disebut internal combustion engine. yaitu motor bensin dan motor diesel. mesin pencacah rumput dsb. 3. bentuknya yang simple dan praktis sehingga tidak membutuhkan ruang yang banyak. Motor bakar itu sendiri dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan sistim yang dipakai. motor bakar turbin gas. mesin 4 tak . Menurut langkah kerjanya motor bakar dibagi menjadi mesin dengan proses dua langkah dan mesin dengan proses empat langkah. Motor pembakaran dalam. Untuk motor bakar torak dibagi atas 2 (dua) macam. mesin pembakaran dalam mempunyai beberapa keunggulan seperti misalnya. dimana daun atau bilah turbin tersebut dihubungkan dengan sebuah as. mesin pembakaran luar jenis uap ini banyak digunakan pada mesin-mesin industri. uap yang berhembus kencang tersebut diarahkan pada bilah-bilah atau daun turbin. usaha atau tenaga yang dihasilkan adalah karena hasil pembakaran udara yang bertekanan tinggi yang dibakar menggunakan bahan bakar yang dipercikkan ke dalam ruang silinder. . karena volumenya yang kecil dan praktis itulah makanya kini banyak alat-alat pertanian yang menggunakan mesin ini seperti contohnya mesin traktor . yaitu motor bakar torak. kalau daun turbin tersebut ditendang oleh uap yang diarahkan padanya maka otomatis as juga akan ikut berputar. mesin 2 tak . Mesin pembakaran luar Mesin pembakaran luar atau dalam bahasa inggrisnya disebut eksternal combustion engine adalah mesin yang menghasilkan sebuah usaha atau tenaga dimana pembakarannya dilakukan diluar mesin itu sendiri contohnya adalah mesin uap. dan motor bakar propulsi pancar gas. pada mesin uap ini air yang dipanaskan lalu diubah menjadi uap. Pada umumnya motor pembakaran dalam dikenal dengan motor bakar. contoh dari mesin pembakaran dalam ini adalah mesin diesel. Proses pembakaran bahan bakar terjadi didalam mesin itu sendiri sehingga gas hasil pembakaran berfungsi sekaligus sebagai fluida kerja mesin.

Dalam langkah ini.4.Prinsip kerja motor 4 tak 1. Langkah kompresi Piston bergerak dari TMB ke TMA. Katup buang terbuka. Katup isap terbuka sedangkan katup buang tertutup. akan mulai bergerak lagi untuk persiapan berikutnya. piston bergerak dari TMB ke TMA mendorong gas bekas pembakaran ke luar dari silinder. kekuatan dari tekanan gas pembakaran yang tinggi mendorong torak kebawah. yaitu langkah isap. . Akibatnya tekanan dan temperaturnya menjadi naik. Langkah usaha Piston bergerak dari TMA ke TMB. sehingga akan mudah terbakar. Waktu piston bergerak ke bawah. campuran udara dan bahan bakar dikompresikan/dimampatkan. Waktu torak mulai naik dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA) campuran udara dan bahan bakar yang diisap tadi dikompresikan. gas yang terbakar dibuang dari dalam silinder. Ketika torak mencapai TMA. . Dalam langkah ini. busi memberi loncatan bunga api pada campuran yang telah dikompresikan. Langkah buang Piston bergerak dari TMB ke TMA. campuran udara dan bahan bakar diisap ke dalam silinder. mesin menghasilkan tenaga untuk menggerakan kendaraan. langkah isap dan kompresi . 3. Dalam langkah ini.Prinsip Kerja Motor 2 tak 1. Dengan terjadinya pembakaran. 4. Usaha ini yang menjadi tenaga mesin (engine power). Sesaat sebelum torak mencapai TMA pada saat langkah kompresi. menyebabkan ruang silinder menjadi vakum. masuknya campuran udara dan bahan bakar ke dalam silinder disebabkan adanya tekanan udara luar (atmospheric pressure). Dalam langkah ini. 2. Katup isap dan katup buang tertutup. Langkah isap Piston bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah).

Motor Diesel merupakan salah satu bentuk motor pembakaran dalam (internal combustion engine) di samping motor bensin dan turbin gas. busi memercikan bunga api. Pada saat 10-5 derajat sebelum TMA.Piston bergerak ke atas. Sementara sisa hasil pembakaran tadi akan terdorong ke luar dan keluar menuju saluran buang. sehingga campuran udara dan bahan bakar yang telah naik temperatur dan tekanannya menjadi terbakar dan meledak. udara dan campuran bahan bakar yang berada di ruang bawah piston tidak dapat keluar menuju saluran masuk. Sementara dibagian ruang atas piston terjadi langkah kompresi. kemudian menuju knalpot. Pada saat piston terdorong ke bawah/bergerak ke bawah. 2. sehingga udara dan campuran bahan bakar yang sudah berada di ruang atas piston suhu dan tekanannya menjadi naik. akibatnya udara dan campuran bahan bakar terisap masuk ke dalam ruang dibawah piston. Keterangan : Pada saat piston bergerak ke bawah. Sehingga campuran udara dan bahan bakar yang berada di ruang bawah piston menjadi terdesak keluar dan naik ke ruang diatas piston melalui saluran bilas. Motor diesel disebut dengan motor penyalaan kompresi (compression ignition engine) karena penyalaan bahan bakarnya diakibatkan oleh suhu kompresi udara dalam ruang bakar. Langkah kerja ini terjadi berulang-ulang selama mesin hidup. karena adanyareed valve 5. Ruang dibawah piston menjadi vakum/hampa udara. . ruang di bawah piston menjadi dimampatkan/dikompresikan. Dilain pihak motor bensin disebut motor penyalaan busi (spark ignition engine) karena penyalaan bahan bakar diakibatkan oleh percikan bunga api listrik dari busi. Langkah usaha dan buang Hasil dari pembakaran tadi membuat piston bergerak ke bawah.