You are on page 1of 6

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Ujian merupakan kegiatan yang dilakuka untuk mengukur pencapaian

kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasu belajar dan penyelesaian dari

suatu satuan pendidikan (Peraturan pemerintah No.19 tahun 2005). Satuan

Pendidikan adalah kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan

pada jalur formal, non formal dan informal pada setiap jenjang dari jenis pendidikan

(undang-undang No.20 tahun 2003).

SMKN P 1 Sukaraja merupakan satuan pendidikan formal setingkat menengah

atas yang melakukan ujian soal ujian dan lembar jawaban disajikan dalam kertas. Hal

ini dapat menimbulkan masalah seperti kurangnya lembar ujian dan jawaban, kertas

ujian dan jawaban rusak, siswa harus mempersiapakan alat untuk menghadapi ujian

dan kurang efektif dalam sistem ujiannya. Sehingga dapat menghambat proses ujian

dan mengurangi waktu mengerjakan ujian, yang berakibat siswa kurang

berkonsentrasi dalam mengerjakan soal ujian (Rusliana, 2016).

Dengan adanya sistem informasi ujian online ini, sistem ujian menjadi lebih

efektif dan efisien (Susanto, 2015) dari segi teknis pelaksanaan ujiannya dan dengan

sistem informasi ujian online ini data soal ujian dan jawaban lebih aman (Tsani,

2015) yang diharapkan menjadi solusi dari berbagai masalah yang sring muncul

ketika ujian.

1

Perumusan Masalah Perlu adanya sistem informasi ujian online yang diharapkan membantu sekolah dalam mengelola ujian di sekolah dan memberikan solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi oleh sekolah.2. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dibahas di atas maka dibuat penelitian yang berjudul “Perancangan Sistem Informasi Ujian Online pada SMKN P 1 Sukaraja”.3. 1. 2. 2 . Keamanan lembar soal dan jawaban sangat rentan rusak sehingga berdampak buruk pada saat pengerjaan soal ujian dan saat pemeriksaan hasil ujian. 3. Identifikasi Masalah Masalah-masalah yang muncul dalam sistem ujian di SMKN P 1Sukaraja ini adalah: 1. Siswa harus mempersiapkan alat ujian seperti pensil. Kurangnya lembar ujian dan jawaban sehingga menghambat pengerjaan ujian. hal ini membuat siswa terganggu untuk belajar di rumah. penghapus. 1. papan ujian dan lain-lain.

Sedangkan tujuan dari penulisan skripsi ini adalah sebagai salah satu syarat kelulusan pada program Strata Satu (S1) Program Studi Sistem Informasi di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri ( STMIK Nusa Mandiri) Sukabumi. Data-data yang dikumpulkan adalah masalah-masalah yang berkaitan langsung dengan ujian online. Metode Penelitian 1. 2.5.1. 2. 1. karena soal ujian bisa di input dimana saja. Observasi Melakukan pengamatan langsung terhadap pelaksanaan ujian di SMKN P 1 Sukaraja untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dalam menyusun skripsi ini. Guru lebih leluasa dalam menyiapkan soal ujian.1. Wawancara 3 . 3. Teknik Pengumpulan data 1. Siswa jadi lebih berkonsentrasi dalam belajar. Manfaat dan Tujuan 1. Membantu sekolah dalam mengelola sistem ujian onine. karena tidak lagi harus mempersiapkan alat untuk ujian.5.4.

maka dilakukan wawancara terhadap guru. buku sebagai landasan teori yang berkaitan langsung dengan objek penelitian. Desain masukan yang dibuat disesuaikan dengan beberapa data yang harus diinput berdasarkan data yang diperlukan. wakil kepala sekolah bidang kurikulum (WAKASEK Kurikulum) dan kepala sekolah SMKN P 1 Sukaraja tentang bagaimana masalah-masalah yang terjadi saat ujian. guru. 4 . yang saling terintegrasi antara satu halaman dengan yang lainnya. Analisa Kebutuhan Sistem Pada tahap ini diperlukan beberapa halaman penting yang dapat menunjang kinerja pembuatan ujian online yang tengah dibuat. 3.5. B. 1. Untuk mendapatkan data yang lebih mendalam. Desain Kegiatan yang dilakukan dalam tahap desain antara lain meliputi. Serta untuk mempermudah menampilkan data dan menyimpan data diperlukan basis data untuk menampung data yang sudah tersimpan baik data sebelumnya maupun data yang akan ditampilkan. desain masukan dan design keluaran. artikel dan lain-lain. Untuk pemecahan masalahnya dilakukan studi pustaka seperti dari jurnal untuk studi kasus yang hampir sama. Seperti halaman admin. Studi Pustaka Masalah-masalah yang telah dihimpun dari hasil observasi dan wawancara. kemudian dicari alternatif pemecahan masalhnya. dan siswa.2 Model Pengembangan Sistem A.

data guru.pdf. Pada tahap ini akan dilakukan uji coba untuk mengecek apakah sistem yang dimaksud dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan ataukah tidak. Hal tersebut diharapkan agar website yang telah dibuat dapat diakses oleh seluruh siswa. C. D. html maupun javascript. Halaman guru hanya bisa menginput data soal. 1. data soal. E. Testing Tahap testing merupakan tahap selanjutnya setelah tahap code generation. input data siswa. Jika program yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk bagian admin mempunya hak akses penuh terhadap sistem ini. baik ditampilkan dalam bentuk tabel maupun dalam bentuk laporan seperti dalam bentuk format . baik mengalami kerusakan maupun kekurangan maka program tersebut akan mengalami koreksi atau dikembangkan lagi. Code generation Agar setiap objek dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan maka diperlukan code tertentu dalam menggerakan objek yang dimaksud.6 Ruang Lingkup Batasan dari masalah yang hendak dirancang hanya meliputi aktivitas yang dilakukan pada ujian mulai dari input data guru. Adapun kode yang dimaksud dalam website dapat berupa kode php. Support Untuk mensupport website ujian online yang telah dibuat maka perlu didaftarkan ke hosting. cetak hasil 5 . guru dan admin dimana saja. melihat hasil ujian. cetak hasil ujian dan cetak soal. Sedangkan output design dibuat untuk memperjelas secara detail mengenai data yang sudah diinput. input data pelajaran dan input data soal. admin disini bisa mengimput data siswa.

6 . dan cetak soal dan pada halaman siswa hanya bisa mengerjakan soal yang telah dibuat.ujian.