You are on page 1of 9

LAPORAN PRAKTIKUM SEL ELEKTROLISIS

Disusun Oleh :

-Aditya Wira P
-Alifia Syifa A
-Dina Nisrina Rosandi
-Januar Frista M
-Novita Nur'aini
- Risang Bayu A
- Selly Oktarahmah

XII MIPA 2

Angkatan 42

SMAN 1 CIBINONG

KAB.BOGOR

2 . Kami menyadari bahwa penyusun laporan ini perlu penyempurnaan. Akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan serta terwujudnya laporan ini. Kami mengucapkan terimakasih kepada Ibu Agustin yang telah memberikan tugas praktikum ini. Penyusun. sehingga kami dapat menyusun laporan ini. sehingga kami dapat belajar dan mengerti atas materi yang terselip dari sebuah praktik. Oleh karena itu. kami mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak demi perbaikan dan penyempurnaan laporan ini. Semoga laporan ini dapat berdaya guna dalam pemgembangan ilmu pengetahuan terfokus dalam ilmu Kimia mengenai penurunan titik beku larutan larutan. Kata Pengantar Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan taufiq serta hidayah-Nya.

.................................................................................................................6 D............................................................. Sel Elektrolisis.......................................... Penutup......................4 B.......................1 Kata Pengantar……………………………………………………................................................... Pembahasan.................................................4 C.................. Daftar Isi Cover.................................................................2 Daftar Isi………………………………………………………………………............6 C.................... Manfaat pratikum….............................................................. Rumusan masalah.............................................8 B........3 BAB I PENDAHULUAN A....................7 BAB IV PENUTUP A...........................................................8 DAFTAR PUSTAKA.... Alat dan Bahan..................................................................... Saran....4 BAB II LANDASAN TEORI A..................................................................................................................................9 BAB I 3 ..................................................................................................................................................................6 B..............................................................8 C...................................................... Tujuan pratikum..........................................................………………………………...............................................................................................................................5 BAB III METODE PENELITIAN A...................... Hasil pengamatan......... Kesimpulan...... Langkah percobaan......................................................................4 D............................................................. Latar Belakang...................................................

B. dan over potensial dari spesi yang terdapat dalam sel elektrolisis.Mengetahui ion yang dapat dihasilkan dari percobaan tersebut 3.Dapat memahami lebih jauh mengenai sel elektrolisis 2. Rumusan Masalah 1 Bagaimanakah proses elektrolisis larutan KI ? 2. Tujuan Praktikum Mempelajari perubahan-perubahan yang terjadi pada elektrolisis larutan Kalium Iodida (KI) dan larutan NaOH C. halogen. sedangkan anion diosidasi di anode. Elektrolisis merupakan proses dimana reaksi redoks yang tidak bisa berlangsung spontan. Reaksi-reaksi elektrolisis bergantung pada potensial electroda. Setiap kendaraan bermotor dilengkapi dengan sel aki sebagai sumber arus untuk menghasilkan tenaga listrik. PENDAHULUAN A. Sel elektrolisis terdiri dari larutan yang dapat menghantarkan listrik yang disebut elektrolit. Bagaimanakah proses elektrolisis larutan NaOH? 3. Elektrokimia merupakan bagian dari ilmu kimia yang mempelajari hubungan antara perubahan zat dan arus listrik yang berlangsung dalam sel elektrokimia. sedangkan anode bermuatan positif. dan dua buah elektroda yang berfungsi sebagai katoda. Kemudian kation direduksi di katode. yaitu penguraian atas elektrolit tadi. Lampu tersebut sangat penting keberadaannya jika kita berkendaraan pada malam hari. gas hidrogen dan gas oksigen. Apa saja yang dihasilkan elektrolisis larutan KI ? 4. elektrolisis mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Elektrolisis mempunyai banyak keguanaan. Pada sel elektrolisis katode bermuatan negatif. pemahaman akan elektrolisis sangat penting. serta salah satu proses elektrolisis yang popular adalah penyepuhan. yaitu melapisi permukaan suatu logam dengan logam lain. konsentrasi. Latar Belakang Elektrolisis yaitu peristiwa penguraian atas suatu larutan elektrolit yang telah dilaliri oleh aurs listrik searah. Oleh karena itu. dan melalui percobaan ini diharapkan praktikan mendapatkan lebih banyak pengetahuan. di antaranya yaitu dapat memperoleh unsur-unsur logam. Lampu merupakan unsur penting pada kendaraan. Dalam kehidupan sehari-hari penerapan elektrolisis sangat banyak. sehingga penting agar mahasiswa melakukan praktikum ini agar mahasiswa lebih mengetahui dan dapat mempelajari proses dari elektrolisis. digunakan dalam pemurnian suatu logam. misalnya dalam dunia industri seperti pemurnian logam. kemudian dapat menghitung konsentrasi ion logam dalam suatu larutan. Sedangkan sel di mana terjadinya reaksi tersebut disebut sel elektrolisis. Manfaat Praktikum 1. Dalam proses pengisian akidapat disimulkan bahwa apabila kedalam suatu larutan elektrolit dialiri arus listrik searah. Seperti yang telah diketahui di atas. Apa saja yang dihasilkan elektrolisis larutan NaOH ? D. Menambah wawasan tentang Anoda dan Katoda BAB II 4 . maka akan terjadi reaksi kimia.

Sel eleltrolisis memiliki 3 ciri utama.yaitu energi listrik ( arus listrik ) diubah menjadi energi kimia ( reaksi redoks ). Elektroda yang menerima electron dari sumber arus listrik luar disebut Katoda. Ion – ion ini dapat memberikan atau menerima electron sehingga electron dapat mengalir melalui larutan. sedangkan elektroda yang mengalirkan electron kembali ke sumber arus listrik luar disebut Anoda. b) Ada 2 elektroda dalam sel elektrolisis.seperti baterai yang mengalirkan arus listrik searah ( DC ). Proses ini disebut elektrolisis. dan energi kimia yang menyertai reaksi kimia diubah menjadi energi listrik. c) Ada sumber arus listrik dari luar. Dalam sel. Katoda adalah tempat terjadinya reaksi reduksi dan anoda adalah tempat terjadinya reaksi oksidasi.yaitu : a) Ada larutan elektrolit yang mengandung ion bebas. Pengecasan baterai timbal adalah contoh elektrolisisis. LANDASAN TEORI A. Pada sel elektrolisis. Sel Elektrolisis Elektrolisis adalah penguraian suatu elektrolit oleh arus listrik. 5 . Bila potensial diberikan pada sel dalam arah kebalikan dengan arah potensial sel. reaksi sel yang berkaitan dengan negatif potensial sel akan diinduksi. Katoda merupakan elektroda negative karena menangkap electron sedangakan anoda merupakan elektroda positif karena melepas electron. reaksi kimia akan terjadi jika arus listrik dialirkan melalui larutan elektrolit. Dengan kata lain. reaksi oksidasi reduksi berlangsung dengan spontan. reaksi yang tidak berlangsung spontan kini diinduksi dengan energi listrik.

Pada percobaan ini melakukan tahap yang sama seperti pada percobaan larutan KI 0.Mencatat hasil pengamatan. 5.Melakukan proses elektrolisis larutan NaOH 0. 2. Sebelum dielektrolisis  Larutan KI + amilum=> keruh (mengandung I-)  Larutan I2 + amilum => biru tua/hitam (mengandung I2) 2.Menambahkan dua tetes indikator phenolptalein (PP) pada tabung I dan pada tabung II tambahkan larutan amilum. kami memindahkan larutan dari ruang katoda kedalam dua tabung reaksi masing-masing ± 1 ml. 4. Alat dan Bahan No Nama Ukuran Jumlah 1 Pipa U Kecil 1 2 Pipet Halus 2 3 Tempat Sampel standar 1 4 Batang Karbon 6 cm 2 5 Baterai Besar 6 cm 2 potong 6 Kabel 25 cm 2 potong 7 Lakban kabel secukupnya 2 potong 8 Papan 30 x 25 cm 1 potong 9 Larutan KI Secukupnya 10 Larutan NaOH Secukupnya 11 Larutan PP 2 tetes 12 Larutan Amilum 2 tetes 13 Kertas indikator pH 2 universal B. Hasil Pengamatan laruta KI 1. Setelah dielektrolisis Cairan dari Perubahan Perubahan setelah ditambah Ruang Selama PP IU Amilum Elektrolisa Anoda (+) Warna menjadi Tidak pH = 5 Hitam* kuning berubah kecoklatan warna Katoda (-) Ada gelembung Merah pH=9 Tidak 6 . Langkah Percobaan 1.Dengan menggunakan pipet tetes.5 M.5 M sampai terlihat perubahan pada elektroda.Melakukan proses elektrolisis larutan KI 0. Hasil Pengamatan a.Melakukan hal yang sama terhadap larutan dari ruang anoda.5 M sampai terlihat perubahan pada kedua elektroda 3. BAB III METODE PENELITIAN A. 6. 7.Merangkai alat dan bahan. C.

hal ini membuktikan adanya OH. hal ini menunjukan di ruang anoda terdapat I2. caranya jika zat itu berubah menjadi warna hitam maka zat tersebut mengandung I2 setelah larutan KI dielektrolisis.atau tidak) dengan melihat perubahannya setelah ditambahkan penolfthalien. ternyata penofthalin bisa digunakan sebagai indikator apakah suatu zat merupakan suatu basa atau bukan (mengandung OH. menunjukan KI di ruang katoda berubah menjadi basa. Di ruang anoda berubah menjadi hitam setelah ditambah amilum. diruang katoda berubah menjadi warna merah muda setelah ditambahkan penolfthalien.diruang katoda. amilum bisa menjadi indikator untuk mengetahui adanya lugol (I2) dalam suatu zat. 2) Pembahasan laruta NaOH Pada percobaan ini. Pembahasan 1) Pembahasan laruta KI Jadi dari percobaan yang telah dilakukan. 7 . Hasil Pengamatan laruta NaOH Warna Indikator di dalam Indikator Anoda Katoda Penolfthalien Ungu Ungu (Pp) (Berubah) (Berubah) D. selain itu di anoda juga terdapat gelembung gas. gas muda** berubah warna *mengandung I2 **mengadung OH- b.

Terimakasih kami ucapkan. harus lebih diperhatikan hal-hal seperti berikut : 1. reaksi kimia akan terjadi jika arus listrik dialirkan melalui larutan elektrolit. Senyawa KI termasuk basa karena pada katoda terdapat OH-. Penutup Berikutlah sajian ilmu mengenai pembelajaran sel elektrolisis pada batang karbon. Kritik serta saran anda sangat saya butuhkan untuk pembelajaran selanjutnya agar perdalaman terhadap materi ini dapat ditekankan kembali demi tercapainya pemahaman diri.yaitu energi listrik (arus listrik) diubah menjadi energi kimia (reaksi redoks). Saran Untuk penelitian kedepannya.Sebaiknya dalam melakukan praktikum harus benar-benar dilihat dan dimengerti arahan langkah kerja.  Pada sel elektrolisis. Pada katoda menghasilkan gelembung. terjadi persaingan antara ion dan pelarutnya atau ion lainnya dalam reaksi akan dimenangkan oleh zat yang memiliki harga potensial lebih besar untuk reaksi reduksi dan harga potensial kecil untuk reaksi oksidasi. 2. B. Semoga dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap anda sebagai pembaca. 8 .  Reaksi elektrolisis terdiri dari reaksi katoda (reduksi) dan reaksi anoda (oksidasi). C.Sebaiknya sebelum melakukan praktikum kita harus benar-benar menguasai teori yang ada sehingga dapat melakukan praktikum dengan semaksimal mungkin. sedangkan pada anoda terjadi perubahan warna dari jernih menjadi kuning kecoklatan dan menghasilkan I2.  Elektrolisis senyawa KI. Kesimpulan  Elektrolisis adalah penguraian suatu elektrolit oleh arus listrik. BAB IV PENUTUP A. Semoga laporan ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.

Jakarta.co. 2012.blogspot. KIMIA Untuk SMA/MA Kelas XII. Erlangga Rufaidah. D.html (On Line) diakses tanggal 23 September 2012. http://lovekimiabanget.google. Jakarta : PT Intan Pariwara. DAFTAR PUSTAKA www.id Purba. Michael. Anis dan Waldjinah.com/2011/08/laporan-kimia-elektrolisis. http://annishadiiennaniisshha. Kimia.com) 9 . 2012.blogspot.