You are on page 1of 7

PRAKTIK PROFESI KEPERAWATAN ANAK

SATUAN ACARA PENYULUHAN

PIJAT BAYI
DI RUANG PERINATOLOGI RSUD ARIFIN ACHMAD

Disusun oleh:

ZAINATUN HASANAH
SRI RAHAYU
ELZA OKTALISTA
RAMONA APRIYANTI

PROGRAM STUDI NERS
UNIVERSITAS RIAU
PEKANBARU
2016

II. Tujuan Instruksional Umum Setelah dilakukan penyuluhan ini. Tanya Jawab . Memahami manfaat pijat bayi dengan benar 4. Kontraindikasi/Kondisi yang tidak dianjurkan memijat bayi 3. Metode Pembelajaran a. Memahami hal-hal yang perlu disiapkan saat pijat bayi dengan benar 5. Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara melakukan pijat bayi dengan benar III. SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP) Tema : Pijat Bayi Waktu : 30 menit Hari/tanggal : 24 September 2016 Tempat : Ruang Laktasi Perinatologi RSUD Arifin Achmad I. Tutorial b. diharapkan ibu dapat memahami tentang pijat bayi. Memahami pengertian pijat bayi dengan benar 2. Tujuan Instruksional Khusus Setelah diberikan penyuluhan selama 20 menit diharapkan ibu dapat mengetahui tentang : 1.

Manfaat pijat bayi 4. Menjelaskan TIK dan memperhatikan TIU 20 menit Pelaksanaan A. Kain lembut/bedong untuk alas bayi f. Laptop b. Minyak zaitun V.IV. Hal yang perlu dipersiapkan saat pijat . Pengertian pijat bayi 2. Rencana Kegiatan Waktu Kegiatan Respon 3 menit Pembukaan 1. Menjelaskan pada peserta Mendengar dan tentang : memperhatikan 1. Media dan Alat a. Kontraindikasi/Kondisi yang tidak dianjurkan memijat bayi 3. Leaflet d. Boneka bayi e. Infokus c. Salam pembukaan Menjawab salam 2. Perkenalan Mendengarkan dan 3.

Ibu mengungkapkan perasaannya . Ibu menjawab pertanyaan ners muda d. Menutup pertemuan dengan salam VI. Menyimpulkan hasil Mendengarkan dan penyuluhan menjawab salam 2. Ibu-ibu mampu mengerti dan memahami penyuluhan yang diberikan sesuai dengan tujuan khusus c. Evaluasi a. Demonstrasi cara melakukan pijat bayi 5 menit Evaluasi Memberikan pertanyaan kepada Menjawab Pertanyaan peserta seputar materi yang telah disampaikan 2 menit Penutup 1. Ibu-ibu memperhatikan ners muda memberi penyuluhan b. bayi B.

Jangan dilakukan pada bayi yang suhu tubuhnya tinggi b.. Membuat bayi tidur lebih nyenyak dan lelap 4. Pengertian Bayi adalah seorang anak yang berumur dibawah 0 bulan-12 bulan dan masih sangat tergantung pada orang lain terutama ibunya. Mampu meningkatan daya tahan tubuh bayi 3. B. Kontraindikasi/Kondisi yang tidak dianjurkan memijat bayi a. peningkatan produksi ASI dan lainnya. Terapi sentuhan (pijat) bisa memberikan efek positif secara positif. LAMPIRAN MATERI A. Jangan dilakukan pada bayi yang sedang sakit C. Meningkatkan kenaikan berat badan 7. Pijat bayi adalah biasa disebut dengan stimulus touch. Meningkatkan hubungan batin antara orang tua dan bayi . Merangsang fungsi pencernaan dan pembuangan sisa-sisa makanan 6. antara lain kenaikan berat badan. Memperlancar sirkulasi darah 5. Pijat bayi dapat diartikan sebagai sentuhan komunikasi yang nyaman antara ibu dan bayi dengan menggunakan tangan. Manfaat pijat bayi 1. Memberi rasa nyaman dan tenang pada bayi 2..

Punggung kaki diurut dengan kedua ibu jari. jangan sampai jari-jari tangan pemijat yang kasar menggores kulit bayi yang lembut 5. Cuci tangan dan pastikan kuku tidak panjang sebelum melakukan pemijatan 2. Cara Melakukan Pijat Bayi 1. Atau ibu jari membuat lingkaran- lingkaran kecil dari mata kaki ke jari kaki. Jemari kaki dipijat satu persatu dengan gerakan memutar menjaui telapak kaki. dan memutar kaki bayi secara lembut. Selanjutnya kedua tangan membuat gerakan menggulung ke ara pergelangan kaki. Telapak kaki diurut dengan kedua ibu jari. Hal-hal yang perlu dipersiapkan 1. teteskan minyak di telapak tangan pemijat dulu baru kemudian dioleskan ke bayi E. Akhirnya.D. Atur temperatur ruang memijat bayi. Letakkan bayi di tempat yang aman 4. Pemijatan kaki dengan cara memegang pangkal paha bayi. dan diakhiri dengan tarikan lembut pada tiap ujung jari 2. dan dengan halus kedua kaki bayi diusap dari atas ke bawah. Buka cincin dan gelang ketika akan memijat bayi. kedua kaki bayi dirapatkan. dan pangkal paha dengan gerakan memeras. Atau membuat lingkaran-lingkaran kecil pada telapak kaki. Atau dua tangan bergerak bersamaan. Ketika akan memijat perhatikan tangan dan jari pemijat. selain lebih nyaman juga tidak membahayakan 6. lalu tangan digerakkan ke arah pergelangan kaki seperti memerah susu. Pada saat akan mengoleskan minyak. . jangan sampai bayi kedinginan saat dibuka bajunya 3. memijat.

Pemijatan punggung dilakukan menggunakan kedua telapak. Sementara keempat jari Anda memijat bagian punggung tangan bayi. Kedua ibu jari memijat alis mulai dari tengah ke samping. Pada telapak tangan. Buat lingkaran-lingkaran kecil dipelipis. Atau gerakan membuat gambar jantung besar hingga ke tepi selangka. . tangan kanan dan kiri Anda seperti bergerak memera susu. Cara lain. dan memutar secara lembut pada lengan bayi. Lalu jemari menekan lembut ditengah dahi. Kemudian kedua lengan bayi dirapatkan kebadannya dan diusap lembut. gerakan menggaruk dengan tekanan lembut. Atu kedua tangan melakukan gerakan memeras. juga ke daerah pipi di bawah mata. Dada dipijat dengan telapak tangan yang membuat gerakan dari tengah dada ke samping. gerakan seperti membuat gambar jantung kecil disekitar puting susu. Atau. membuat lingkaran-lingkaran kecil. Atau gerakan membentuk gambar jantung dengan meletakkan ujung- ujung jari pada ulu hati. memijit. dengan gerakan mengusap.\ 4. 5. Pemijatan tangan dimulai dari pundak. Gerakan ini diakhiri dengan tarikan lembut pada tiap ujung jari. Jari bayi dipijat satu per satu ke arah ujung jari dengan gerakan memutar. kedua ibu jari membuat lingkaran-lingkaran kecil.3. 6. 8. Pemijatan muka dimulai dengan mengusap wajah bayi ke arah samping dengan kedua telapak tangan. dan membat gerakan ke samping kiri dan kanan. 7. Lengan bayi dipijat dengan gerakan menggulung dari kedua telapak tangan Anda. lalu jari-jari tangan diregangkan seolah membuat gambar burung kecil.