You are on page 1of 6

LAPORAN KIMIA KELOMPOK

“LARUTAN UJI ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT”
D
I
S
U
S
U
N
OLEH :
KELOMPOK 4 :
1. A.MUHAMMAD HAERUL TAUFIK (1)
2. IMAM AHMAD ZAQKY (12)
3. JESIKA J.D TARUK LA”BI (14)
4. KEZIA BRIJITA YUSAR LAMBA (15)
5. WAHYUDI WICAKSONO (34)

SMAN 15 MAKASSAR
TAHUN AJARAN 2017/2018

dan penulis berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi diri saya sendiri dan khususnya pembaca pada umumnya. 30 Januari 2018 Penyusun . sehingga saya dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini dengan judul “LARUTAN ALAT UJI ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT ”. Akhirnya saya sampaikan terima kasih atas perhatiannya terhadap makalah ini. Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Kimia. Dalam makalah ini membahas tentang berbagai macam dan ketentuan larutan yang di ujikan bersama alat elektrolit dan non elektrolit. Dengan segala kerendahan hati. Alhamdulillah puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang masih memberikan nafas kehidupan. Makassar . begitulah adanya makalah ini. saran-saran dan kritik yang konstruktif sangat saya harapkan dari para pembaca guna peningkatan pembuatan makalah pada tugas yang lain dan pada waktu mendatang. Tak ada gading yang tak retak.

sementara gas larut dalam gas lain. yaitu larutan elektrolit kuat dan larutan elektrolit lemah. Dasar Teori : Dalam kimia. Contoh larutan yang umum dijumpai adalah padatan yang dilarutkan dalam cairan. Larutan elektrolit kuat dapat menghantarkan arus listrik dengan baik sehingga saat diuji dengan alat penguji elektrolit. Terdapat pula larutan padat.1. Selain itu. Larutan elektolit lemah menghantarkan arus listrik dengan lemah sehingga lampu tidak dapat menyala atau menyala redup dan terdapat sedikit gelembung gas. nyala lampu terang dan terdapat banyak gelembung gas. sedangkan larutan nonelektrolit adalah larutan yang tidak dapat mengkantarkan arus listrik. Menguji daya hantar listrik pada larutan elektrolit dan non lektrolit 2. Mengetahui perbedaan ciri-ciri larutan elektrolit dan non elektrolit 3. Zat yang jumlahnya lebih sedikit di dalam larutan disebut (zat) terlarut atau solut. Mengetahui dan mengidentifikasi larutan elektrolit dan non elektrolit 2. Larutan elektrolit dibedakan menjadi dua. larutan adalah campuran homogen yang terdiri dari dua atau lebih zat. Larutan elektrolit dan non elektrolit Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus lisrtik. seperti garam atau gula dilarutkan dalam air. misalnya aloi (campuran logam) dan mineral tertentu. A. Gas juga dapat pula dilarutkan dalam cairan. sedangkan proses pencampuran zat terlarut dan pelarut membentuk larutan disebut pelarutan atau solvasi. misalnya karbon dioksida atau oksigen dalam air. Komposisi zat terlarut dan pelarut dalam larutan dinyatakan dalam konsentrasi larutan. . sedangkan zat yang jumlahnya lebih banyak daripada zat-zat lain dalam larutan disebut pelarut atau solven. cairan dapat pula larut dalam cairan lain. Larutan nonelektrolit tidak dapat menghantarkan arus listrik sehingga tidak dapat menyalakan lampu dan tidak menimbulkan gelembung gas. Tujuan Penelitian : 1.

B. seorang ilmuwan dari Swedia. basa. electron tersebut dapat dihantarkan melalui ion-ion dalam larutan . Pada saat dilewatkan ke dalam larutan elektrolit kuat . HBr. Pembuktian sifat larutan elektrolit yang dapat menghantarkan listrik ini dapat diperlihatkan melalui eksperimen. dan garam. Senyawa elektrolit kuat dalam air dapat terurai sempurna membentuk ion positif (kation) dan ion negative (anion). Banyak sedikit elektrolit menjadi ion dinyatakan dengan derajat ionisai ( α )yaitu perbandingan jumlah zat yang dihantarkan. Larutan elektrolit kuat Hal ini untuk pertama kalinya diterangkan oleh Svante August Arrhenius(1859-1927). seperti dihantarkan oleh kabel. maka harga derajat ionisasi ( α ) = 1. Asam-asam kuat 2. Garam-garam yang mudah larut Contoh larutan elektrolit kuat : HCl. HI. Arus listrik merupakan arus electron. Larutan elektrolit kuat adalah larutan yang banyak menghasilkan ion-ion karena terurai sempurna . Basa-basa kuat 3. HNO3. Elektrolit kuat terurai sempurna dalam larutan. Yang tergolong elektrolit kuat : 1. sedangkan ion yang bermuatan negatif disebut anion. Arrhenius menemukan bahwa zat elektrolit dalam air akan terurai menjadi partikel- partikel berupa atom atau gugus atom yang bermuatan listrik. Karena secara total larutan tidak bermuatan. Jenis – jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik : 1. Ciri-ciri daya hantar listrik larutan elektrolit kuat yaitu:  Lampu pijar akan menyala terang  Timbul gelembung-gelembung disekitar electrode Larutan elektrolit kuat terbentuk dari terlarutnya senyawa elektrolit kuat dalam pelarut air. Zat-zat yang tergolong elektrolit yaitu asam. Ion yang bemuatan positif disebut kation. dan lain-lain . maka jumlah muatan positif dalam larutan harus sama dengan muatan negatif. Atom atau gugus atom yang bermuatan listrik itu dinamai ion. Akibatnya lampu pada alat uji elektrolit akan menyala.

Larutan urea . 2. Ciri-ciri larutan elektrolit lemah: 1. sebab hanya sebagian yang terurai menjadi ion. Alat dan Bahan 1. Menimbulkan gelembung gas Contoh larutan elektrolit lemah : larutan ammonia .dll 3.5 v 4 buah 4. sebab semua zat yang dilarutkan terurai menjadi ion.Larutan glukosa . Adapun non elektrolit memiliki harga α = 0. Larutan elektrolit lemah Larutan elektrolit lemah adalah larutan yang daya hantar listriknya lemah dengan harga derajat ionisasi sebesar 0<α<1.Larutan sukrosa . Yang tergolong larutan nonelektrolit adalah: . Tidak memberikan gejala lampu menyala 2. sebab tidak ada yang terurai menjadi ion. Kekuatan elektrolit  Kekuatan suatu elektrolit ditandai dengan suatu besaran yang disebut derajat ionisasi (α)  Keterangan : Elektrolit kuat memiliki harga α = 1. Kabel listrik secukupnya 3. Elektrolit lemah memiliki harga α<1. Larutan elektrolit lemah mengandung zat yang hanya sebagian kecil menjadi ion-ion ketika larut dalam air. Larutan non elektrolit Larutan nonelektrolit lrutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik karena zat terlarutnya di dalam pelarut tidak dapat menghasilkan ion-ion (tidak mengion). Elektrolit kuat : α = 1(terionisasi sempurna) Elektrolit lemah : 0 < α < 1 (terionisasi sebagian) Non Elektrolit : α = 0 (tidak terionisasi) 3. Electrode karbon 2 buah . Bola lampu 6 volt 2. larutan cuka. Yaitu lampu tidak menyala dan tidak ada gelembung-gelembung gas di sekitar elektroda. Baterai 1.Larutan alkohol dan lain-lain C.

Larutan garam 8. Gelas beker 500 ml 6. Larutan gula . Larutan ammonia 13. Larutan HCL 9. Larutan cuka 14. Tisu 7. Larutan urea 11. Larutan NaOH 12.5. Air suling 10.