You are on page 1of 4

Berilium

Berilium adalah unsur kimia yang mempunyai simbol Be dan nomor atom 4. Unsur
ini beracun, bervalensi 2, berwarna abu-abu baja, kukuh, ringan tetapi mudah pecah. Berilium
adalah logam alkali tanah, yang kegunaan utamanya adalah sebaga i bahan penguat dalam
aloy (khususnya tembaga berilium).

1. Sejarah

Nama berilium berasal dari bahasa Yunani beryllos, beril. Berilium pernah dinamakan
glucinium (dari Yunani glykys, manis), karena rasa manis garamnya. Unsur ini ditemukan
oleh Louis Vauquelin dalam tahun 1798 dalam bentuk oksida dalam beril dan dalam zamrud.
Friedrich Wöhler dan A. A. Bussy masing-masing berhasil mengasingkan logam pada tahun
1828 dengan mereaksikan kalium dengan berilium klorida.

2. Sifat-sifat

Berilium Berilium mempunyai titik lebur tertinggi di kalangan logam-logam ringan.
Modulus kekenyalan berilium kurang lebih 1/3 lebih besar daripada besi baja. Berilium
mempunyai konduktivitas panas yang sangat baik, tak magnetik dan tahan karat asam nitrat.
Berilium juga mudah ditembus sinar-X, dan neutron dibebaskan apabila ia dihantam oleh
partikel alfa (seperti radium dan polonium [lebih kurang 30 neutronneutron/juta partikel
alfa]). Pada suhu dan tekanan ruang, berilium tak teroksidasi apabila terpapar udara
(kemampuannya untuk menggores kaca kemungkinan disebabkan oleh pembentukan lapisan
tipis oksidasi).

3. Kegunaan Berilium

 Berilium digunakan sebagai agen aloy di dalam pembuatan tembaga berilium (Be
dapat menyerap panas yang banyak). Aloy tembaga-berilium digunakan dalam
berbagai kegunaan karena konduktivitas listrik dan konduktivitas panas, kekuatan
tinggi dan kekerasan, sifat yang nonmagnetik, dan juga tahan karat serta tahan fatig
(logam). Kegunaan-kegunaan ini termasuk pembuatan: elektroda pengelasan bintik,
pegas, peralatan elektronik tanpa bunga api dan penyambung listrik..
 Karena ketegaran, ringan, dan kestabilan dimensi pada jangkauan suhu yang lebar,
alloy tembaga-berilium digunakan dalam industri angkasa-antariksa dan pertahanan

2 μg/m³). pegas jam tangan dan peralatan yang memerlukan keringanan. Pengaruh kesehatan Berilium sangat berbahaya jika terhirup. 4. tetapi penggunaan tersebut tak dilanjutkan lagi karena pekerja yang terpapar terancam bahaya beriliosis. CBD dapat menyebabkan anoreksia. Keefektifannya tergantung kepada kandungan yang dipaparkan dan jangka waktu pemaparan. Jika kandungan berilium di udara sangat tinggi (lebih dari 1000 μg/m³).  Berilium digunakan dalam pembuatan giroskop.  Kepingan tipis berilium digunakan bersama pemindaian sinar-X untuk menepis cahaya tampak dan memperbolehkan hanya sinaran X yang terdeteksi. Sebagian orang yang sensitif kepada berilium mungkin atau mungkin tidak akan mendapat simptom-simptom ini. keadaan akut dapat terjadi. Keadaan ini menyerupai pneumonia dan disebut penyakit berilium akut.  Campuran berilium pernah pada satu ketika dahulu digunakan dalam lampu floresen. Orang- orang ini akan mengalami keradangan pada sistem pernafasan. Keadaan ini disebut penyakit berilium kronik (CBD). dan kekuatan serta kekerasan yang tinggi. Sebagian orang (1-15%) akan menjadi sensitif terhadap berilium. dan juga sesak nafas. Kebanyakan penduduk pada umumnya jarang . Penyakit ini dapat menyebabkan rasa lemah dan keletihan. dan juga titik lebur yang tinggi. Penetapan udara komunitas dan tempat kerja efektif dalam menghindari kerusakan paru-paru yang paling akut. industri tenaga nuklir menggunakan logam ini dalam reaktor nuklir sebagai pemantul neutron dan moderator. seterusnya bertindak sebagai perintang listrik. kapal terbang. penyusutan berat badan. sebagai bahan penstrukturan ringan dalam pesawat berkecepatan tinggi. dan dapat juga menyebabkan pembesaran bagian kanan jantung dan penyakit jantung dalam kasus-kasus tingkat lanjut. peluru berpandu. berilium digunakan untuk pembuatan litar bersepadu mikroskopik. berbagai alat komputer.  Karena penyerapan panas neutron yang rendah.  Berilium oksida sangat berguna dalam berbagai aplikasi yang memerlukan konduktor panas yang baik. dan dapat terjadi setelah pemaparan bertahun-tahun terhadap tingkat berilium diatas normal (diatas 0.  Dalam bidang litografi sinar-X. ketegaran dan kestabilan dimensi. dan satelit komunikasi.

BeF2 + Mg MgF2 + Be Metode Elektrolisis Untuk mendapatkan berilium juga kita dapat mengekstraksi dari lelehan BeCl2 yang telah ditambah NaCl. Reaksi yang terjadi adalah : Katoda : Be2+ + 2e. untuk unsur berilum karena potensial elektrodanya agak kecil (-1. yaitu beryllium lymphocyte proliferation test (BeLPT).Be Anode : 2Cl. 5. Satu lagi ujian darah. Seperti halnya logam alkali. sehingga ditambahkan NaCl. Logam alkali tanah dapat di ekstraksi dari senyawanya. dapat dibuat dari elektrolisis garam floridanya dengan pereduksi magnesium kalsium. kita harus memanaskan beril [Be3Al2(SiO6)3] dengan Na2SiF6 hingga 700 0C. Karena beril adalah sumber utama berilium. logam alkali tanah juga tidak bisa dibuat dengan elektrolisis larutan garamnya melainkan dengan elektrolisis lelehan garamnya. Ekstraksi Senyawa Logam Ekstraksi adalah pemisahan suatu unsur dari suatu senyawa. Tingkat kandungan berilium juga dapat diukur dari sampel paru-paru dan kulit.Namun.Cl2 + 2e . Karena BeCl2 tidak dapat mengahantarkan listrik dengan baik. yaitu metode reduksi dan metode elektrolisis. Kandungan berilium dalam darah atau air kencing dapat memberi petunjuk kepada berapa banyak atau berapa lama seseorang telah terpapar. mengukur pasti kesensitifan terhadap berilium dan memberikan jangkaan terhadap CBD. Sebelum mendapatkan BeF2.00003-0. strontium. dan barium dibuat dengan elektrolisis lelehan garam kloridanya. Untuk mengekstraksinya kita dapat menggunakan dua cara. Hal ini karena potensial elektroda yang besar dan negatif.0002 μg/m³). Ekstraksi Berilium (Be) Untuk mendapatkan Berilium. Berilium dapat diukur dalam air kencing atau darah.70 V ). bisa didapatkan dengan mereduksi BeF2.mendapat penyakit berilium akut atau kronik karena kandungan berilium dalam udara biasanya sangat rendah (0.

Wilkinson. 1993. Nahadi. Bandung : Pustaka Setia. Jakarta : Universitas Indonesia. Albert. . Kleinferter. Intisari Kimia SMA. Geofrey. Kimia untuk Universitas. 1989. Jakarta : Erlangga.Daftar Pustaka : Cotton. Kimia Anorganik Dasar. Wood. 2007. Keenan.