You are on page 1of 36

Kalimat yang terletak di awal paragraf adalah kalimat

:
a. Deduktif
b. Induktif
c. Campuran
d. Oktife Pasif

2. Apa yang dimaksud dengan kalimat induktif :
a. Kalimat yang terletak di akhir paragraph
b. Kalimat yang terletak di awal paragraph
c. Kalimat yang terletak di awal dan akhir paragraph
d. Kalimat yang terletak di tengah paragraph

3. Penggunaan kata penghubung korelatif dalam kalimat berikut ini yang tepat adalah :
a. Bukan hanya masalah PKL yang memusingkan Pemda Kota Malang tetapi juga masalah
pemukiman liar
b. Bukan hanya masalah PKL yang memusingkan Pemda Kota Malang melainkan juga
masalah pemukiman liar
c. Bukan hanya masalah PKL yang memusingkan Pemda Kota Malang namun juga masalah
pemukiman liar
d. Bukan hanya masalah PKL yang memusingkan Pemda Kota Malang sangat juga masalah
pemukiman liar

4. Susunan proses wawancara adalah :
a. Tahap inti, penutup, pembuka, pendahuluan
b. Pembukuan, pendahuluan, penutup, tahap inti
c. Penutup, pembuka, pendahuluan, tahap inti
d. Pendahuluan, pembuka, tahap inti dan penutup

5. Wawancara mengapa pada proses :
a. Dialog
b. Surat-suratan
c. Teks
d. Radio

6. Keterangan atau laporan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat disebut dengan :
a. Resensi
b. Berita
c. Wawancara
d. Topik

7. Tulisan, ulasan/ timbangan mengenai nilai sebuah buku atau hasil karya disebut dengan :
a. Berita
b. Resensi
c. Wawancara
d. Topik

8. Surat resmi yang dikeluarkan oleh instansi pemerintahan adalah surat :
a. Niaga
b. Dinas
c. Sosial
d. Kuasa

9. Surat resmi yang digunakan oleh perusahaan atau badan usaha termasuk surat :
a. Dinas
b. Niaga
c. Sosial
d. Kuasa

10. Surat yang digunakan untuk organisasi kemasyarakatan adalah surat :
a. Dinas
b. Sosial
c. Niaga
d. Kuasa

11. Jenis karangan yang menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman berdasarkan waktu
disebut karangan :
a. Eksposisi
b. Deskripsi
c. Narasi
d. Argumentasi

12. Jenis karangan yang melukiskan atau menggambarkan suatu objek apa adanya adalah
karangan :
a. Narasi
b. Eksposisi
c. Deskripsi
d. Argumentasi

13. Surat yang tidak mempunyai kepala surat adalah surat :
a. Dinas
b. Pribadi
c. Kuasa
d. Niaga

14. Kata drama berasal dari bahasa :
a. Jerman
b. Indonesia
c. Yunani
d. China

15. Susunan naskah drama yang benar adalah :
a. Tokoh, perwatakan, alur, tema

b. Tokoh, alur, perwatakan, tema
c. Alur, tokoh, perwatakan, tema
d. Perwatakan, tokoh, alur, tema

16. Sebagai suatu bentuk cerita yang berisi konflik, sikap dan sifat manusia dalam bentuk dialog
disebut :
a. Wawancara
b. Surat
c. Karangan
d. Drama

17. Susunan penulisan membuat kerangka-kerangka adalah :
a. Pembahasan, pendahuluan, penutup
b. Penutup, pendahuluan, pembahasan
c. Pembahasan, penutup, pendahuluan
d. Pendahuluan, pembahasan, penutup

18. Kalimat yang tidak mempunyai kemungkinan banyak tafsir adalah kalimat :
a. Induktif
b. Deduktif
c. Campuran
d. Ambigu

19. Kalimat yang berupa gagasan utama atau inti kalimat yaitu :
a. Induktif
b. Deduktif
c. Ambigu
d. Utama

20. Kalimat yang berisi gagasan pendukung yang berupa pengulangan dan fakta-fakta adalah :
a. Utama
b. Induktif
c. Deduktif
d. Penjelas

21. Surat yang berisi pelimpahan kewenangan dari pemberi kuasa adalah surat :
a. Kuasa
b. Niaga
c. Sosial
d. Dinas

22. Jenis karangan yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca dengan bukti-bukti atau alasan
adalah karangan :
a. Argumentasi
b. Narasi
c. Deskripsi

Anggaran Kecamatan b. Topik 26. Rencana pembangunan jangka menengah Desa adalah rencana kegiatan pembangunan Desa untuk jangka waktu : a. 6 Tahun 27. 2 Tahun d. Berita d. 4 Tahun b. Alokasi dana Desa adalah : a. 1 Tahun 28.Proses dialog antara orang yang mencari informasi dengan orang yang memberikan informasi disebut a. Argumentasi 25.d. 3 Tahun b. 4 Tahun c. Rencana kerja Pemerintah Desa adalah penjabaran dari rencana pembangunan jangka menengah Desa untuk jangka waktu : a. Deskripsi d. Resensi c. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 29. Dana yang dibagikan secara merata . Dana Desa adalah dana yang bersumber dari : a. Jenis karangan yang bertujuan menambah pengetahuan pembaca dengan cara memaparkan informasi secara akurat : a. Jenis karangan yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca dengan bukti-bukti. Eksposisi b. Anggaran Provinsi d. Deskripsi d. Narasi c. Eksposisi 23. Argumentasi 24. Narasi c. Eksposisi b. 3 Tahun c. 5 Tahun d. Wawancara b. Anggaran Kabupaten c. alasan alasan atau pendapat yang kuat sehingga pembaca mau mengikuti gagasan yang dikemukakan oleh penulisan tersebut : a.

Keuangan Desa adalah semua hak dan kewajiban Desa yang dapat dinilai dengan : a. 3 Tahun c. Pemberdayaan . Pengaturan Desa menurut Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa berasaskan tersebut dibawah ini. Uang dan barang yang berhubungan dengan pelaksaan hak dan kewajiban Desa d. APBDes 33. kecuali : a. Sekretaris Desa dalam pengelolaan keuangan Desa mempunyai tugas sebagai : a. Pembelanja 36. Tahun anggaran adalah tahun pelaksanaan anggaran selama kurun waktu : a. Dana yang diterima dari Kecamatan d.b. 1 Tahun d. Penerimaan dari Pajak Bumi dan Bangunan c. Kepala Seksi di Desa b. 4 Tahun b. 3 Tahun b. Iuaran pembangunan dari setiap warga masyarakat 34. Pengawas b. Bendahara Desa adalah unsur staf : a. Penyeleksi c. Pendapatan Desa c. Kewilayahan b. Perhitungan Penerimaan Desa d. Dana yang diterima Desa dari APBD Kabupaten 30. Partisipasi c. Kepala Urusan di Desa c. Kerja Perangkat Desa menarik pajak b. 1 Tahun d. Dana yang diterima dari Pemerintah Pusat c. Kepala Dusun di Desa d. Pengaturan keuangan Desa diselenggarakan dengan ruang lingkup tersebut dibawah ini. Pengelolaan Keuangan Desa dikelola dalam masa : a. Keuangan Desa b. 2 Tahun c. 4 Tahun 35. 2 Tahun 32. kecuali : a. Sekretariat Desa 31. Koordinator d.

Paling rendah 19 Tahun / pernah menikah d. Ketokohan warga b. Keterpandangan warga d. Jenis Peraturan di Desa terdiri atas tersebut dibawah ini : a. Peraturan Desa d. Pelaksana Teknis d. Paling rendah 20 Tahun / pernah menikah c. Keterbukaan d. Pelaksana Kesukuan b. 1 kali secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut 43. Kepastian Hukum c. Keterwakilan Wilayah c. Paling rendah 21 Tahun / pernah menikah b. 3 kali secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut c. Peraturan Gubernur 38. Anggota Badan Pemusyawaratan Desa merupakan wakil dari penduduk Desa berdasarkan : a. Kesetaraan 37. Pelaksana Kewilayahan c. Sekali dalam setahun b. Profesionalitas 39. 2 kali secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut d. kecuali : a. Paling rendah 18 Tahun / pernah menikah 44. Pendapatan asli Desa b.d. Kepribadian warga 42. Empat kali dalam setahun 41. Penyelenggaraan Pemerintah Desa berdasarkan azas tersebut dibawah ini. kecuali : a. Dua kali dalam setahun c. Musyawarah Desa dilaksanakan paling kurang : a. Peraturan Camat c. Anggota Badan Pemusyawaratan Desa dapat dipilih untuk masa keanggotan paling banyak : a. Peraturan Bupati b. Peraturan Kepala Desa . Pelaksana Sekretaris Desa 40. Tiga kali dalam setahun d. 4 kali secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut b. Batas Wilayah Desa yang dinyatakan dalam bentuk Peta Desa ditetapkan dengan : a. Usia anggota Badan Pemusyawaratan Desa : a. Perangkat Desa terdiri dari tersebut dibawah ini.

Anggaran Penerimaan dan Belanja Desa c. Kepala Desa dan BPD b. 47. c. Anggaran Pemasukan dan Belanja Desa 50. Penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Desa dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Anggaran Penerimaan dan Biaya Desa b. Penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Desa dan LPMD dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.b. d. Sekretaris Desa bersama LPM . Peraturan Desa 45. APBDesa adalah singkatan dari : a. Bupati c. Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa d. Kepala Desa dan Perangkat Desa lainnya sebagai unsur penyelenggaraan Pemerintah Desa. Yang dimaksud dengan Pemerintahan Desa adalah : a. Peraturan Kepala Desa bersama Camat c. Badan Perwakilan Desa b. Penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Desa dan Tokoh Masyarakat Desa dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kepala Bagian Pemerintahan Desa 46. Peraturan bersama Kepala Desa d. Kepala Desa dan BPD sebagai unsur penyelenggara desa. Peraturan Desa dibuat oleh : a. Tata Ruang dan Organisasi Pemerintah Desa harus mendapatkan evaluasi dari : a. b. Penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Desa dan BPD dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. d. Camat d. Badan Permusyawaratan Desa d. c. Pungutan. BPD adalah singkatan dari : a. 48. Badan Perhimpunan Masyarakat Desa 49. Yang dimaksud dengan Pemerintah Desa adalah : a. b. Kepala Desa dan Sekretaris Desa sebagai unsur penyelenggara Pemerintah Desa. Rancangan Peraturan Desa Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. Badan Permufakatan Desa c. Kepala Desa dan Perangkat Desa sebagai unsur penyelenggara Pemerintah Desa.

Setelah masa habis jabatannya Kepala Desa dapat diangkat kembali melalui pemilihan untuk : a. Masa Jabatan Perangkat Desa : a. Kepala Desa bersama BPD d. Tiga kali masa Jabatan d. Empat kali masa Jabatan b. 4 Tahun c. Setinggi – tingginya 60 Tahun 53. Sekretaris Desa bersama BPD 51. Melaksanakan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan kepada masyarakat. d. Setinggi – tingginya 58 Tahun b. BPD c. Setinggi – tingginya 57 Tahun d. 5 Tahun b. kecuali : a. Berakhir masa Jabatannya dan sudah dilantik Pejabat yang baru. Perangkat Desa dilarang melakukan tindakan tersebut dibawah ini. 7 Tahun d. Kepala Desa dan BPD b. Kepala Desa dan Sekretaris Desa 57. Merangkap Jabatan sebagai Ketua dan atau anggota Lembaga Desa. 55. Camat dan kepala Desa d. c. Terlibat dalam kampanye pemilihan umum . Dalam melaksanakan tugasnya Perangkat Desa bertanggung jawab kepada : a. b. Kepala Desa 56. Kepala Desa bersama BPD b. 6 Tahun 52. Menjadi pengurus Partai Politik c. Setinggi – tingginya 55 Tahun c. kecuali : a. Kepala Desa bersama LPM c. Menyelenggarakan hiburan di Balai Desa. b. Masa jabatan Kepala Desa selama : a. Camat atas usul Kepala Desa c. Dua kali masa Jabatan 54. Melakukan tindak pidana dan sudah mendapatkan keputusan tetap dari pengadilan. Camat d. Panitia pengisian Perangkat Desa dibentuk oleh : a. d.b. Meninggal dunia. Kepala Desa diberhentikan karena hal-hal tersebut dibawah ini. Satu kali masa Jabatan c.

Penerimaan lain yang sah 65. Pendapatan Perangkat Desa antara lain dibawah ini. Melengkapi syarat-syarat d. Undang-Undang No 8 Tahun 2014 Tentang Desa 63. Biaya pencalonan dan pengangkatan Perangkat Desa dibebankan kepada yang tersebut dibawah ini. Pembentukan panitia pemilihan Kepala Desa ditetapkan dengan : a. Mengikuti tes atau ujian seleksi 64. Menerima SILTAP/PTAPD setiap bulan b. Menerima bagian komisi dari Proyek Desa c. Keputusan Kepala Desa b. kecuali : . d. b. Melakukan tindak pidana dan sudah mendapatkan keputusan tetap dari pengadilan. Perangkat Desa diberhentikan karena hal-hal berikut. Swadaya Masyarakat d. Melakukan jalan sehat b. Meninggal dunia d. Masa kerja Perangkat Desa terhitung sejak : a. kecuali : a. Sanksi administrasi bagi Perangkat Desa yang melanggar larangan tersebut dibawah ini. c. Dana-Dana lainnya yang sah 60. 59. kecuali : a. Perangakat Desa bertugas : a. Keputusan BPD 61. Pemerintah Desa c. Membantu Kepala Desa dalam mengurus tanah bengkok dan memungut PBB. kecuali : a. Undang-Undang No 2 Tahun 2014 Tentang Desa b. Melaksanakan administrasi Desa dan mengolah tanah bengkok saja. Peraturan Kepala Desa d. Desa diatur dengan : a. Peraturan Desa c. Membantu Kepala Desa dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya. Menerima Tunjangan yang bersumber dari APBDes d. 62. Dana pinjaman yang mengikat b. Undang-Undang No 4 Tahun 2014 Tentang Desa d.58. Pendaftaran Seleksi b. Berakhir masa Jabatannya c. Pengangkatan/Pelantikan c. Membantu tugas-tugas anggota BPD dan LPM. Undang-Undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa c.

28 Oktober 72. Teguran tertulis b. Ketua BPD 69.a. Kepala Desa b. Ahmad Raffi d. Camat c. 40 % 67. Tingkat perkembangan Desa : a. Pemberhentian sementara 66. Swakarya. Melakukan kerja sukarela c. Sekretaris Desa b. Salah satu pahlawan Revolusi : a. Para Kepala Urusan di Desa dipimpin oleh : a. Ahmad Yani . Swadaya d. Perangkat Desa yang diberhentikan sementara diberikan penghasilan sebesar : a. Ahmad Dani c. 75 % d. Swakelola. Kepala Desa d. 60 % b. Kepala Seksi Pemerintahan c. Swakelola. 28 November b. Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal : a. Para Kepala Dusun merupakan satuan tugas kewilayahan yang membantu : a. Sekretaris Desa d. 55 % c. Kepala Desa d. Kepala Urusan Umum 70. Swadaya 71. Swadaya. Swawawasan c. Ahmad Albar b. Para Kepala Seksi merupakan unsur pembantu dan pelaksana tugas operasional : a. 28 September c. Swawarna. 28 Agustus d. Swaraya b. Ketua BPD 68. Swarasa. Camat c. Swasembada. Sekretaris Desa b. Teguran lisan d. Swasembada.

Setinggi – tingginya 55 Tahun . Setinggi – tingginya 58 Tahun  b. C. Purwokerto 74. Yang bukan nama Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah adalah : a. Purbalingga d. Pekalongan c. Kepala Desa bersama LPM  c. 5 Tahun  b. Kepala Desa bersama BPD  d. 7 Tahun  d. Losari b. L. Simanjuntak c. Supratman 1. Yang bukan nama Wilayah Kecamatan di Kabupaten Brebes adalah : a. Bumijawa 75. 6 Tahun 3. Kusbini b. Brebes b.73. Masa jabatan Kepala Desa selama :  a.R. Sekretaris Desa bersama BPD 2. Sekretaris Desa bersama LPM  b. W. Masa Jabatan Perangkat Desa :  a. Salem d. Peraturan Desa dibuat oleh :  a. 4 Tahun  c. Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh : a. Manik d. Bumiayu c.

Dua kali masa Jabatan 5. Melakukan tindak pidana dan sudah mendapatkan keputusan tetap dari pengadilan. kecuali :  a.  c. Kepala Desa bersama BPD  b. Tiga kali masa Jabatan  d.  d. Setinggi – tingginya 57 Tahun  d. Menjadi pengurus Partai Politik  c. Perangkat Desa diberhentikan karena hal-hal berikut. Camat dan kepala Desa  d. Setinggi – tingginya 60 Tahun 4. Kepala Desa 7. Melaksanakan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan kepada masyarakat. kecuali :  a. kecuali : . Satu kali masa Jabatan  c.  b. Berakhir masa Jabatannya dan sudah dilantik Pejabat yang baru. Kepala Desa dan BPD  b. Panitia pengisian Perangkat Desa dibentuk oleh :  a. Camat atas usul Kepala Desa  c. Terlibat dalam kampanye pemilihan umum 9.  d. BPD  c. Camat  d. Perangkat Desa dilarang melakukan tindakan tersebut dibawah ini. Kepala Desa diberhentikan karena hal-hal tersebut dibawah ini. Dalam melaksanakan tugasnya Perangkat Desa bertanggung jawab kepada :  a. Menyelenggarakan hiburan di Balai Desa. Merangkap Jabatan sebagai Ketua dan atau anggota Lembaga Desa.  b. Kepala Desa dan Sekretaris Desa 8.  c. Setelah masa habis jabatannya Kepala Desa dapat diangkat kembali melalui pemilihan untuk :  a. Meninggal dunia. 6. Empat kali masa Jabatan  b.

Melakukan jalan sehat  b. Undang-Undang No 4 Tahun 2014 Tentang Desa  d. Pendaftaran Seleksi  b. kecuali :  a. Dana pinjaman yang mengikat  b. Keputusan BPD 12. Perangakat Desa bertugas :  a. Undang-Undang No 8 Tahun 2014 Tentang Desa 14. Meninggal dunia  d. Pemerintah Desa  c.  a. Mengikuti tes atau ujian seleksi .  d. Peraturan Kepala Desa  d. Membantu Kepala Desa dalam mengurus tanah bengkok dan memungut PBB. Undang-Undang No 2 Tahun 2014 Tentang Desa  b. Keputusan Kepala Desa  b. Membantu Kepala Desa dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya. Membantu tugas-tugas anggota BPD dan LPM. Melakukan tindak pidana dan sudah mendapatkan keputusan tetap dari pengadilan.  b. Undang-Undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa  c. Biaya pencalonan dan pengangkatan Perangkat Desa dibebankan kepada yang tersebut dibawah ini. Melengkapi syarat-syarat  d. Masa kerja Perangkat Desa terhitung sejak :  a. 10. Desa diatur dengan :  a. Swadaya Masyarakat  d. Berakhir masa Jabatannya  c. Peraturan Desa  c. 13. Dana-Dana lainnya yang sah 11. Pembentukan panitia pemilihan Kepala Desa ditetapkan dengan :  a.  c. Pengangkatan/Pelantikan  c. Melaksanakan administrasi Desa dan mengolah tanah bengkok saja.

75 %  d. Ketua BPD 20. Menerima SILTAP/PTAPD setiap bulan  b. Teguran tertulis  b. Kepala Desa  b. Sanksi administrasi bagi Perangkat Desa yang melanggar larangan tersebut dibawah ini. Sekretaris Desa  b. 55 %  c. Para Kepala Urusan di Desa dipimpin oleh :  a. Camat  c. Camat  c. Para Kepala Seksi merupakan unsur pembantu dan pelaksana tugas operasional :  a. Melakukan kerja sukarela  c.15. Pemberhentian sementara 17. kecuali :  a. Sekretaris Desa  b. 60 %  b. kecuali :  a. Perangkat Desa yang diberhentikan sementara diberikan penghasilan sebesar :  a. Penerimaan lain yang sah 16. Kepala Desa  d. Menerima bagian komisi dari Proyek Desa  c. Para Kepala Dusun merupakan satuan tugas kewilayahan yang membantu :  a. Ketua BPD 19. Pendapatan Perangkat Desa antara lain dibawah ini. Sekretaris Desa  d. Teguran lisan  d. Kepala Seksi Pemerintahan . Menerima Tunjangan yang bersumber dari APBDes  d. 40 % 18.

Yang bukan nama Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah adalah :  a. Bumijawa 26. 28 November  b. Swadaya  d.  c. Swakelola. Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh : . 28 Oktober 23. Losari  b. Salah satu pahlawan Revolusi :  a. Swasembada. Kepala Desa  d. Swadaya 22. Ahmad Dani  c. Swarasa. Purwokerto 25. Pekalongan  c. Swawarna. Swawawasan  c. Tingkat perkembangan Desa :  a. 28 September  c. Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal :  a. Swasembada. Bumiayu  c. Swaraya  b. Yang bukan nama Wilayah Kecamatan di Kabupaten Brebes adalah :  a. Ahmad Yani 24. Ahmad Albar  b. Swakelola. Kepala Urusan Umum 21. Swadaya. 28 Agustus  d. Swakarya. Brebes  b. Purbalingga  d. Ahmad Raffi  d. Salem  d.

Qodlo  c. Sedekah . Simanjuntak  c. Kalam  c. Jizyah  b. C. Ilmu yang mempelajarinya disebut Ilmu :  a. Akil  c. Fiqh  b. Kusbini  b. Pengganti kewajiban karena adanya halangan permanen dalam menjalankan keajiban disebut :  a. Kemampuan untuk memilah mana yang baik dan mana yang buruk adalah definisi dari :  a. Rukhsih 31. Akhlak 28. Faraid  d. W. Udzur  d. Baligh  b. L. 7  d. Manik  d.R. 4  b. Mukalaf  d.  a. 6 29. Kemudahan dalam menjalankan ibadah diperbolehkan dengan menunda atau mengganti kewajiban disebut :  a. Tamyiz 30. Rukun wudhu ada :  a. Kifarat  c. Supratman 27. Dalam konsep Islam ada yang disebut dengan criteria baik dan buruk. Jama  b. 5  c.

12. Bonang 35. Khulu  c. Pajang  c. Kakak 37. Demak  b. Saat ayah tidak ada. Nahri 33. Cirebon 34. Tasyriq  b. Kerajaan Islam yang pertama berdiri di Pulau Jawa adalah :  a. Perceraian dimana laki-laki tidak bisa lagi mengawini bekas istrinya kecuali istrinya telah dinikahi orang dan diceraikan disebut :  a. Nisfsyaban  c. Talak Bain  b. Kalijaga  b. Mataram  d. Giri  c. Salah satu Wali yang menggunakan budaya untuk berdakwah adalah Sunan :  a. Rafakh 36. Tanggal 11.  d. Fidyah 32. Kakek  b. Syawal  d. Adik  c. Tala Roja  d. Dilihat dari segi kualitas maka hadist dibagi menjadi : . Paman  d. 13 Dzulhijjah disebut juga dengan hari :  a. Kudus  d. maka yang bisa menjadi Wali adalah :  a.

4  d. 5 Nabi pilihan bisa disebut juga :  a. Ulinnuha  c. Keistimewaan yang diberikan pada para Nabi disebut :  a. Adapun ayatnya terdiri dari berapa ayat :  a. 113 Surat  d. 114 Surat  c. 3  c. Maunah  d. Ululazmi  d. 6667 ayat  b. Berpuasa sunah senin kamis merupakan salah satu contoh sunah :  a. Hamiyah 39. Ulil absor . Takririyah  d. Al-quran terdiri dari berapa surat :  a. Kharomah  b. Sihir 42. Qauliyah  b. Mukjizat  c. Ulil albab  b. 111 Surat  b.  a. 2  b. Filiyah  c. 5 38. 6664 ayat 41. 112 Surat 40. 6665 ayat  d. 6666 ayat  c.

3H  c. Hisab 48. Hiwalah . 5H 47. Wadiah  c. NU  c. 4H  b. Al-Washliyah 44. Hari Qiyamat disebut juga yaumul :  a. Meminjam barang kepada orang dengan disertai jaminan adalah :  a. Organisasi Islam pertama yang muncul di Indonesia adalah :  a. 2H  d. adapun di Indonesia mayoritas bermadhab :  a. Wakalah  b.43. Muhamadiyah  d. Barzah  b. Salafusolih  b. Qiron  d. Hanafi  b. Syafii  d. Dalam Islam ada 4 madhabutama. Kewajiban melaksanakan ibadah puasa dimulai pada tahun :  a. Masa setelah sahabat disebut generasi :  a. Maliki  c. Abasiyah 46. Tabiin  d. Hambali 45. Jamah  c. Al-Irsyad  b. Tabiittabiin  c.

Rukun Islam yang ke 3 ( Tiga ) adalah… . Wakalah 50. Hiwalah  c. Istisqo 1. Addamu  d. Khauf  b. Pasrah dan selamat 2. Tahajud  c. Adapun mengalihkan hutang ke pihak ketiga disebut :  a. Dhuha  d. Aman dan Nyaman 4. Damai dan Nyaman 5. Islam adalah petunjuk Allah SWT yang bermakna … 2. Ikhlas dan bahagia 6.  d. Sholat minta hujan disebut sholat :  a. Addamnu 49. Wadiah  b. Selamat dan sejahtera 3.

Tahmid 9. Sejarah 10. Tasbih 4. Sholat 3. Al Quran Artinya… 7. Wajib 9. “ Sami’allohuliman hamidah” disebut dengan… 5. Hukum berbakti kepada orang tua dalam agama islam adalah… 6. Sunah 8. Tasbih 7. Makruh 10. Takbir 6. Zakat 6. Mubah 7.3. Syahadat iman 7. Syahadat wajib 5. Syahadat Sabar 8. Arah 7. Subhat 6. Puasa 5. I’tidal 8. Tahlil 5. Syahadat 7. AL Insyiroh . “ Asyhadu anlaailaahaillallah “ adalah bacaan … 4. Bacaan yang pasti benar 9. Haji 4. Syahadat tauhid 6. Bacaan baik 8. Makna “ Dibalik kesulitan ada kemudahan “ terdapat di Al Quran dalam surat… 8. Petunjuk 11.

Sumber Hukum tertinggi di Indonesia adalah… 13. Siti Aminah 14. Kitab suci Zabur diturunkan kepada Nabi… 12. Hina 12. AL Fatihah 8. Nabi Nuh 12. Berjuang 10. Nabi Zakaria 13.9. AL Kafirun 12. Hancur 10. Kiamat Artinya 9. Nabi Dawud 16. Siti Halimah 13. Dimusnahkan 9. Ibunda Rosululloh SAW adalah … 11. Norma . Rusak 11. Nikmat 11. Bertanggungjawab 13. Siti Fatimah 15. AL Ikhlas 11. Siti Hajar 12. Istiqomah 14. AL Baqoroh 10. Siti Sarah 11. Nabi Ayyub 15. Adat 14. Makna dari kata “ Amanah “ adalah… 10. Nabi Yahya 14. Dibangkitkan 13. Dapat dipercaya 12.

KUHAP 18. Permusyawaratan 14.15. Menteri 19. Emigrasi 16. Angka kelahiran 19. Angka kematian 18. Paglima TNI Sederajat dengan… 18. Wapres . Peraturan Pemerintah 13. Peraturan Menteri 21. Monarki 18. Norma etika 15. Undang – undang 17. Pancasila 17. Parlementer 16. Transmigrasi 20. KUHAP 17. Piagam Jakarta 19. Peraturan Pemerintah 19. Dasar Negara Indonesia adalah… 15. Angka perpindahan 17. Peraturan di bawah Inpres ( Instruksi Presiden ) adalah… 17. Arti Natalitas dalam ilmu kependudukan adalah… 16. Undang – undang 18. Sistem Pemerintahan di Indonesia adalah… 14. Gubernur 20. Kepres 20. Presidensiil 15. Perwakilan 17. UUD 1945 16. Pancasila 16.

Perdamaian 22. Pancasila 23.21. Aparat 21. Pencemaran 25. Kepmen 25. Tugas Polisi adalah dibidang… 20. Masyarakat 20. Prostitusi 23. Luber 26. Hukum dan Kamtibmas 20. UUD 1945 24. Sosial Budaya 21. Kejaksaan adalah aparatur penegak… 21. Kamtibmas 24. Direktur 22. Pembusukan 26. Hukum 22. Tugas Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) adalah menangani tindak pidana… 19. Azas Pelaksanaan Pemilu adalah… 22. Korupsi 22. Yang dimaksud dengan Polusi adalah… 23. Konglomerasi 19. Politik 23. Politik 24. Kamtibmas 23. Pengotoran 24. Perusakan . Pertahanan 21. Ideologi 25. Menejer 18. Jurdil 22.

Biasa 26. Pengaman 31. Memotong 25.. Mengganti 24. Pelaksanaan 29. Perencanaan 32. Mengajar 29. Mencari nafkah 27.Kepala Desa 27. Merokok di sembarang tempat merupakan perilaku… 25.. Jahat 29. Mendidik 28. Penataan 30. Wajar 27. Membantu Tugas 28. Pengawasan . Pembinaan 31. Menanam 28. Mengatur 26. Tercela 28. Jaga rumah 26. Stabilisator 27. Melindungi 27. Tugas utama seorang ibu dalam rumah tangga adalah… 26.27. Tugas utama perangkat desa adalah…. Mengatur 30. tanaman hijau 24. Mengerikan 25. Reboisasi adalah upaya menjaga lingkungan dengan cara ………. Pendamping 29. Pembentukan 23. Pelindung 30. Fungsi menejemen yang pertama adalah… 28.

Memperlancar 31. Statistis 32. Analisis 36. Sekretaris 34. Kenyamanan 33. Extradisi 34. Mempercepat 31. Menertibkan 33. Pendataan barang / peralatan / perangkat administrasi dan perkantoran menggunakan buku… 32. Administrasi 36.28. Untuk memonitoring surat keluar digunakan buku… 33. Konsultasi . Pengoperasian 35. Keamanan 32. Menambah 33. Penataan peralatan kantor untuk……. Pengaturan 31. Fungsi buku agenda adalah untuk……… surat menyurat 30. Meringankan 32. Peran Komputer dalam pengelolaan administrasi adalah… 29. Mengatur 34. Ekspedisi 35. Pengendalian 34. Memperlancar 32. Inventaris 33. Mempermudah dan mempercepat 30.kerja 31. Sanitasi 37. Agendaris 35. Mengirim 30. Melengkapi 29.

Gabungan penyajian data demografi dan profil desa disebut dengan… 34. Lancar 39. Arti dari hidayah adalah…? 3. Bermanfaat 38. JAWABLAH DENGAN SINGKAT 2. SOAL URAIAN . Arti LUBER dalam Pemilu adalah…? 5. Apa kepanjangan dari APBN dan APBD. Populasi 38. Dalam melaksanakan tugas administrasinya Bupati Kepala Daerah dibantu oleh. Eksplorasi 35.? 8. Buku yang digunakan untuk administrasi keuangan disebut dengan. Dalam melaksanakan tugas kewilayahan Kepala Desa dibantu oleh…? 9. Sukses dan bahagia 35. Bersatu 39. Dalam perpajakan apa kepanjangan dari NPWP dan SPPT…? 11.. Menang 38. Elaborasi 34. Demi untuk kesinambungan pembangunan Nasional. Merdeka 36. Dalam melaksanakan tugas legislasi. maka warga yang bijak selalu… III. Al Quran pertama diturunkan di…? 4. DPR berfungsi membuat……. Hebat 37. Toleransi adalah persyaratan utama terbentuknya masyarakat yang … 36. Sukses 37..? 10. Bekerjasama 40. Kejujuran adalah kata kunci untuk… 35. Demonstrasi 36.? 7. 33. 6. Monografi 37..bersama pemerintah. Bermartabat 1.

Apa yang dimaksud fungsi Kepala Dusun sebagai administrator ? 5. Apa saja tugas seorang Kepala Dusun ? Jelaskan ! 4. Memahami Pancasila sebagai dasar negara d. 17 Juni 1945 d. Sebutkan tata urutan system perundang – undangan di Indonesia ! —– Selamat Mengerjakan Semoga Alloh Menyertai Anda —– NASKAH UJIAN TERTULIS PERANGKAT DESA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2014 BERILAH TANDA SILANG PADA JAWABAN YANG SAUDARA ANGGAP PALING TEPAT 1. setiap warga negara hendaknya…. 1 Juni 1945 b. Pohon Beringin merupakan lambang pada ruang perisai Pancasila yang melambangkan sila… 5. 1. Oleh karena itu. Berupaya selalu mempelajari Pancasila 4. Pancasila menjadi azas dalam kehidupan bermasyarakat. dengan ilmu hidup mudah. Pertama b. Ketiga d. 17 Agustus 1945 c. Memahami Pancasila sebagai sumber hukum 3. Jelaskan bahwa dengan agama hidup terarah. 8 Agustus 1945 . Keempat 3. berbangsa dan bernegara. Kedua 6. Berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila 2. Jelaskan tata urutan Pemerintahan Desa ! 3. dan dengan seni Hidup indah ! 2. Tokoh yang pertama kali memperkenalkan kembali istilah Pancasila adalah bung Karno. ketika mengucapkan pidato di muka sidang BPUPKI pada tanggal …… 4. a.

politik dan social d. Motif ekonomi. Mohammad Hatta 9. Tiga motif yang mendasari kedatangan penjajah ke Indonesia adalah… 5. Tidak boleh marah 7. Ki Bagus Hadikusumo d. Aktif dalam kegiatan ritual umat beragama lain 12. 10. Kecuali … 8. Kedua c. Mengatur tata cara beribadah secara bersama 10. Menghadiri peribadatan di rumah ibadah yang berlainan agama 11. Motif ekonomi. Cinta kepada tanah air dan bangsa dapat dibuktikan dengan cara…… 11. Tidak boleh mencuri 8. Tersedianya tempat beribadah bagi semua umat beragama dan berdekatan 9. Pancasila termaktub dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pada alinea ke… 6. Menghadiri kegiatan seremonial penganut agama lain 13. 9. KH. Mengekspor semua hasil hasil bumi Indonesia dan mengimpor barang luar negeri 12. Motif agama. Dewantoro 8. Tidak boleh melakukan kekerasan b. Persebaran agama dapat dilakukan kepada siapa saja dan dimana saja 10.4. kecuali… 7. Setiap agama memiliki tujuan dan cara ibadah yang sama kepada Tuhan 12. Menghargai aktivitas inter dan umat beragama serta pemerintah 11. Menggunakan produksi dalam negeri meskipun mampu membelinya . Toleransi dalam kehidupan antar umat beragama berarti…………. Mengurangi impor barang dari luar negeri agar devisa tetap stabil 13. Keempat 6. sosial dan budaya 5. Tidak boleh berbohong d. Motif agama. Bung Karno b. Dalam buku Sutasoma istilah Pancasila diartikan sebagai “pelaksanaan kesusilaan yang lima (Pancasila Krama)” yang isinya adalah sebagai berikut. Toleransi antar umat beragama yang diperbolehkan adalah dengan cara……. Ketiga d. Dibawah ini adalah nama-nama anggota PPKI. agama dan budaya b. agama dan politik 6. Pertama b.

Melaksanakan hasil putusan bersama 17. Bekerja siang dan malam agar berbahagia .14. Menyumbang untuk kegiatan 12. Sikap manusia yang bertakwa dapat dibuktikan dengan cara…………. Memasang bendera 2. kecuali………. Sumbangan 15. Selalu memberikan contoh pada setiap pekerjaan 14. Mengutamakan putusan golongan yang berkuasa 16. Putusan yang diambil dalam musyawarah mufakat serta diliputi dengan semangat kekeluargaan adalah dengan…………. Memilih dengan teliti pekerjaan yang pantas akan diberikan 16. Berdoa b. Selalu melindungi kesalahan orang lain 17. Gotong royong 14. terutama pada saat mengatasi pekerjaan yang membutuhkan tenaga bersama. 14. Mempertahankan pendapat golongan yang sefaham 18. Menyanyikan lagu Indonesia Raya 3. yaitu denga cara seperti di bawah ini. Bentuk keikutsertaan anda untuk memeriahkannya adalah dengan… 1. Pada saat menjelang perayaan HUT Republik Indonesia sering diadakan pawai dan perlombaan untuk memeriahkannya. Partisipasi d. Memberikan pekerjaan sesuai dengan kodrat kemanusiannya 15. 15. Prinsip-prinsip dasar demokrasi telah tercermin dalam kehidupan masyarakat desa. Seorang pemimpin seharusnya memberikan pekerjaan kepada bawahannya dengan bijaksana yaitu………… 13. 16.. Melakukan pengecekan langsung terhadap semua hasil bawahan 13. Tidak menggunakan produksi luar negeri meskipun mampu membelinya 11. Menikmati hari libur tanggal 17 Agustus 4.. Meninggalkan ruang rapat karena berbeda pendapat 15.

bersedia mengkaji Pancasila melalui wacana. Memperlakukan dengan sama antara kepentingan umum dan kepentingan pribadi 20. a. Mengutamakan kepentingan umum dan mendahulukan kepentingan pribadi dan golongan 18. sumber tertib hukum c. kepribadian bangsa b. Persatuan Indonesia 20. XVII/MPR/1998. menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai filter masuknya budaya asing (Barat) b. Dengan dikeluarkannya Dekrit Presiden tanggal 5 Juli 1959.18. Kemanusiaan yang adil dan beradab 19. Hanya beribadah tanpa berusaha lebih baik 16. demokrasi partisipatif d. Meletakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan 17. keserasian. Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia 18. diskusi. dasar negara 20. Padi dan kapas pada brung garuda melambangkan………… 18. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan 21. demokrasi Pancasila c. a. melakukan tindakan yang indisipliner agar tujuan dapat dengan mudah tercapai d. terbuka terhadap nilai-nilai baru namun tetap sesuai dengan nilai dasar Pancasila c. kecuali …. Lambang diyakini sebagai salah satu pendorong keberhasilan suatu cita-cita. dan keseimbangan yang berarti………… 17. a. maka sistem politik di Indonesia telah berganti dari demokrasi liberal menjadi …. Berikut ini merupakan sikap positif untuk mendukung Pancasila sebagai ideologi terbuka. pandangan hidup bangsa d. demokrasi terpimpin 19. demokrasi perwakilan 19. tulisan maupun penelitian . kedudukan Pancasila bagi negara Republik Indonesia adalah sebagai …. Melepaskan diri demi kepentingan umum dan meletakan kepentingan pribadi sebagai yang pertama 19. Konsepsi pancasila tentang hubungan antara manusia dan masyarakatnya adalah terciptanya keselarasan. Menurut ketetapan MPR RI No. Bersyukur dan selalu berusaha lebih baik 19.

Golongan Abangan dan golongan Santri 23. Salah satu isi dalam sidang PPKI adalah sebagai berikut. agama dan budaya 24. Demokrasi 27. Golongan Kenegaraan dan golongan Agama 24. Mengesahkan UUD 1945 28. Mengesahkan Pancasila sebagai dasar negara 29. Motif agama. KH. Di bawah ini yang tidak termasuk dalam ideologi Marhaenisme menurut Soekarno adalah… 24. Nasionalisme atau peri kebangsaan 26. politik dan sosial 26. Golongan Nasionalis dan golongan Agama 22. Dua golongan yang terpecah saat pembahasan dasar negara Indonesia menurut Bung Karno disebut… 22. 7 Agustus 1945 d. Syafrudin Prawiranegara . kecuali… 26. 8 Agustus 1945 26. Tiga motif yang mendasari kedatangan penjajah ke Indonesia adalah… 23. agama dan politik 25. Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dibentuk pada tanggal… 25. Prawoto Mangkusasmito d. 6 Agustus 1945 c. sosial dan budaya 23. Golongan Kebangsaan dan golongan Islam 25. Mohammad Yamin c. Naskah piagam Jakarta dijadikan Pembukaan UUD 1945 26. Kekeluargaan 24. Memilih presiden dan wakil presiden 27. Seorang mentri yang mendirikan pemerintahan darurat Negara Indonesia (PDRI) di Bukit Tinggi (Sumatera Barat) adalah… 27. 9 Agustus 1945 25.21. Motif ekonomi. Motif agama. Internasionalisme atau peri kemanusiaan 25. Motif ekonomi. Wahid Hasyim 28.

Berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila d. Dalam hal ini Pancasila memiliki makna sebagai…. Berupaya selalu mempelajari Pancasila 37. mufakat dan kesejahteraan sosial.. Kerakyatan 30. Pemilihan Umum yang berlangsung tahun 1955 diselenggarakan untuk memilih… 31. ketuhanan. 32. bernegara. Seluruh bekas jajahan Belanda dahulu diserahkan kepada RIS 30.27. kebangsaan Indonesia. setiap warga negara hendaknya…. a. Pancasila menjadi azas dalam kehidupan bermasyarakat. Memahami Pancasila sebagai sumber hukum b. Memahami Pancasila sebagai dasar negara c. Kristalisasi nilai c. Roem-Royen 29. Dikembalikannnya Soekarno dan Moh. perikemanusiaan. dan bermasyarakat. kesejahteraan sosial. Gotong royong. Ciri-ciri warga negara d. MPR dan DPR d. Ketuhanan Yang Maha Esa. Terbentuknya Negara Republik Indonesia Serikat 29. peri kemanusiaan dan ketuhanan 35. Rumusan Pancasila yang tercantum dalam UUDS 1950 adalah sebagai berikut kecuali… 30.Soekarno dalam sidang BPUPKI pertama. Nasionalisme internasional (peri kemanusiaan). Kepribadian bangsa b. Pedoman hidup . mengusulkan rumusan Pancasila yaitu …. Konferensi Meja Bundar (KMB) c. Salah satu isi dari perundingan Roem-Royen adalah… 29. nasionalisme. Peri kemanusiaan d. internasionalisme. mufakat. Persatuan 31. Dalam waktu setahun sesudah pengakuan kedaulatan terhadap RIS status Irian Barat akan diperundingkan kembali 32. kesejahteraan sosial dan kutuhanan 33. Ketuhanan Yang Maha Esa c. Presiden dan wakil presiden c. berbangsa dan bernegara. Nasionalisme. Pemerintahan Kerajaan Belanda mengakui RIS sebagai negara yang merdeka dan berdaulat merupakan salah satu isi perundingan… 28. Renville 28. Ir. Anggota Konstituante dan DPR 31. a. Oleh karena itu. Pancasila sebagai way of life dalam kehidupan berbangsa. Linggarjati d. kerakyatan.Hatta beserta para petinggi dari pengasingan ke Yogyakarta 31. nasionalisme dan demokrasi 36. 34. DPR saja 32.

Pemusatan kekuasaan pada satu orang 35. Mengutamakan individualisme radikal c. Sumber hukum yang berlaku d. a. Menentukan kerjasama dengan bangsa lain c. Konsekuensi dari hubungan kausial organis antara Pancasila. Pancasila tidak mengenal adanya fasisme sebab fasisme bertitik tolak pada . a. Menentukan sistem perekonomian b. tipa unsur tersebut harus saling mengisi d. Filter bagi masuknya budaya asing b. tiap pasal atidak boleh saling bertentangan b. Rela berkorban untuk kepentingan keluarga d. batang tubuh merupakan penjelasan Pancasila 38. Manakah pernyataan dibawah ini yangsesuai dengan sila ke-2 Pancasila? a.. Perwujudan hak asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dapat dilihat dalam bentuk …. Fungsi pembukaan UUD 1945 alinea IV. Ciri dan karakteristik bangsa 36. Hasil keputusan harus dapat dipertanggungjawabkan b. Selalu menentang pada negara penjajah c. Kaum pria memiliki derajat yang lebih tinggi. Sumber budaya bangsa c.34.. a. Pemusatan kekuasaan pada beberapa orang b. b.. Keputusan diambil melalui musyawarah mufakat 37. Selalu berjuang untuk kepentingan negara b. c. d. nilai Pancasila harus ada dalam tiap pasal c. Pemimpin dan pemuka masyarakat berkedudukan lebih tinggi. Material modern dan individualisme d. Pembukaan UUD 1945. Pengambil keputusan oleh pimpinan rapat d. Mana yang terkandung pada nilai patriotisme dalam kehidupan berbangsa adalah…. Kedudukan seseorang ditentukan oelh yang dimilikinya.. a. yang mencantumkan dasar negara yang tersusun secara hierarki dan piramida di Indonesia menjadi…. Kepentingan tiap individu didahulukan c. 39. Keunggulan demokrasi Pancasila dalam setiap pengambil keputusan ialah… a. Mengakui kebebasan beragama d. Menentukan ketertiban lingkungan 40. Manusia mempunyai derajat dan martanat yangsama. Selalu mengupayakan persatuan bangsa . a. dan baang Tubuh UUD 1945 yang tidak dapat dipisahkan ialah ….

Perbandingan perkembangan ideologi b. Merupakan mitra Presiden di bidang legislatif 42. Suasana kebatinan atau cita-cita hukum dasar negara Ri terangkum dalam … a. Salah satu perbedaan prinsipil antara orde reformasi dengan orde sebelumnya adalah …. Perpaduan filsafat dan ideologi d. Kedudukan Dewan Perwakilan Rakyat. Inovatif d. Fungsi filsafat Pancasila dalam hubungan dengan ideologi-ideologi di dunia adalah sebagai …. Sekuruh anggota DPR merangkap menjadi anggota DPR c. Empat pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 44. Progresif 46. kuat karena a. Pidato kenegaraan Presiden menjelang 17 Agustus b. Terbuka c. DPR bersidang sekurang-kurangnya sekali dalam setahun b. a. Presiden dibantu oleh menteri negara 43. Perebutan hegemoni filsafat . Memberi bantuan senjata kepada negara yang bertikai d. Contoh pelaksanaan politik luar negeri yang bebas dan aktif berdasarkan Pancasila adalah … a. Ikut campur dan memihak salah satu blok b. maka Pancasila tergolong pada ideologi yang … a. Berbagai konvensi dan jurisprudensi yang berlaku c. Berhak menentapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara b. Menghimpun negara sepaham dan seidologi 45.41. menurut UUD 1945. a. Karena nilai dasar Pancasila tetap tidak mengalami perubahan. Peraturan perundang-undangan yang telah berlaku d. Kaku b. Pengiriman pasukan perdamaian ke wilayah konflik c. Presiden dibantu oleh badan nondepartemen d. Aspirasi rakyat langsung dapat disampaikan c. Setiap undang-undang menghendaki persetujuan DPR d. Penyaringan masuknya ideologi asing c.

Keempat d. Pengambil keputusan oleh pimpinan rapat d. Arjuna Wiwaha d. Keunggulan demokrasi Pancasila dalam setiap pengambil keputusan ialah… a. c. Kelima b. Manusia mempunyai derajat dan martanat yangsama. . Kepentingan tiap individu didahulukan c. a. Sutasoma b. Kaum pria memiliki derajat yang lebih tinggi. Keputusan diambil melalui musyawarah mufakat 48. Kedudukan seseorang ditentukan oelh yang dimilikinya. . d. Ketiga c.. Pemimpin dan pemuka masyarakat berkedudukan lebih tinggi. Mahabaratha . Pararaton c. b.47. a. Hasil keputusan harus dapat dipertanggungjawabkan b. Kedua 50. 49. Memaksakan pendapat dalam suatu musywarah bertentangan dengan Pancasila khususnya sila…. Istilah Bhinneka Tunggal Ika terdapat dalam kitab . Manakah pernyataan dibawah ini yangsesuai dengan sila ke-2 Pancasila? a.