You are on page 1of 11

Latihan 1

1. Jenis pekerjaan yang sesuai dengan Negara Agraris adalah … .
a. berdagang
b. berlayar
c. bertani
d. industry

2. Di bawah ini yang termasuk pekerjaan bidang jasa adalah……

.

3. Jenis pekerjaan yang membutuhkan pendidikan tinggi adalah … .
a. guru
b. montir
c. pedagang
d. sopir

4. Yang sering disebut tenaga ahli adalah …
a. arsitek
b. pemborong
c. mandor
d. tukang batu

5. Perikanan yang memerlukan air payau (campuran air laut dan air tawar) adalah …
a. udang
b. bandeng
c. belut
d. teri

6. Yang termasuk semangat wirausahawan adalah … .
a. mudah putus asa
b. pemalas
c. takut gagal
d. ulet

7. Sifat yang harus dipupuk dalam bekerja adalah…..

sabar dan ulet 9. pesimis b. pendidikan tinggi dan keahlian b.a. Gambar di bawah adalah pasar…… . grosir 12. barter d. a. a. Berdasarkan gambar di atas. percaya diri c. pedagang 10. sekretaris c. menebang hutan 11. perluasan lahan pertanian c. broker b. putus asa d. eceran c. Pekerjaan tanpa membutuhkan pendidikan yang tinggi adalah … . membuka lapangan kerja baru b. kepala desa b. pramugari d. ijasah dan ketekunan c. Salah satu usaha pemerintah untuk mengatasi pengangguran adalah … . pembangunan gedung d. takut gagal 8. a. a. syarat keberhasilan untuk usaha adalah …. Tukar menukar barang disebut … . ulet dan bekerja keras d.

dapat bekerja sama . radio. mendapat laba c. beras. pengamen d. cabai.00. tape 15. harga mahal c. Yang disebut sebagai konsumen di pasar adalah…… a. Barang yang sering dijual di pasar loak adalah……. mengalami kerugian b. a. jumlah barang sedikit d. pasir d.a. Pasar yang pembeli dan pedagang diwakili pialang/broker adalah pasar…. tidak bisa memilih 17. kemudian menjual kembali seharga Rp 4000. tradisional b..000. a. minyak goreng c. penjual b. induk d. semen.00 per kilo. Keuntungan pasar tradisional adalah … . berarti …. nyata b. Yuan membeli barang dari petani seharga Rp 3. tidak untung tidak rugi d. harga boleh ditawar b. raya 14. a. pengemis 16. a. tidak nyata c. apung c. pembeli c. modern d. sayuran b. supermarket 13.

a. Pengertian daya beli adalah…. beras dan baju b. baju. a. mobil dan menabung c. a. tambahan b. kemampuan orang untuk membeli barang c. pedagang c. sekunder 21. Pedagang yang menjual barang dalam jumlah besar disebut … . kemampuan orang untuk menjual barang d. sekunder . agama c. Orang yang menjual barang di pasar adalah…. Kebutuhan pokok manusia sering disebut kebutuhan … . a. pengrajin d. pakaian dan makanan b. olah raga. sepeda dan makanan d. pengusaha 20. makanan d. pensil dan sepatu c. Yang termasuk kebutuhan tersier adalah … a. radio dan sepeda 24. a. Yang termasuk kebutuhan rohani adalah …. tersier c. a. mobil 23. primer c. a. individu b. pasar raya 19. olah raga dan rekreasi d. rumah. kemampuan orang untuk mencari pembeli 25. pembeli b. grosir b. supermarket c. hand phone b. kemampuan orang untuk menawar barang b. televisi. Barang yang termasuk kebutuhan pendidikan yaitu….. rumah dan motor 22. tersier d. pialang d. Pendidikan dan kesehatan termasuk kebutuhan……..18.

penurunan harga/diskon d. Syarat berdirinya pasar adalah … . primer 26. warung b.. Toko yang menyediakan segala macam kebutuhan adalah…… a. a.d. mingguan d. a. nilai jual b. Jumlah uang yang harus dibayarkan kepada penjual untuk mendapatkan barang disebut …. penawaran 28. harian c. terdapat di pusat kota b. kepandaian pembeli b. kebutuhan pembeli c. adanya penjaga keamanan 30. toko kelontong d. kesepakatan penjual dan pembeli 29. tahunan 31. nilai tukar c. kantin c. Perhatikan gambar di bawah! Bagian yang diberi tanda X adalah…. Acara “Jakarta Fair” termasuk pasar…. menukar uang b. a. a. terdapat di pedesaan c. harga d. adanya penjual dan pembeli d. Penyebab terjadinya harga adalah……. nilai nominal . permintaan c. a. bulanan b. pasar pagi 27.

persamaan mata pencaharian c. Perum Peruri 33. bursa komoditi d. persediaan logam terbatas c. giral b. bursa efek 38. uang kartal d. rupee c. kurs valuta asing b. bursa valuta asing c. kartal c. uang kertas b. Perumtel c. Perum Damri d. nomer seri 32. beredar di seluruh lapisan masyarakat . tidak mudah rusak 36. Perbandingan mata uang asing dengan mata uang kita disebut … . a. a. uang logam c. Perumka b. kurs 34. a. Yang merupakan ciri uang giral adalah … a. a. riyad d. a. a. persamaan tingkat ekonomi masyarakatnya 39. perbedaan mata pencaharian b. kertas d. rupiah b. a. Gambar di bawah termasuk jenis uang…. Mata uang Indonesia adalah….. Perusahaan yang mencetak uang di Indonesia adalah….d. ringgit 37. Penyebab perbandingan mata uang antarnegara adalah…. uang giral 35. Uang yang sering digunakan penjual saham adalah … . Kelebihan uang logam adalah … . perbedaan tingkat ekonomi masyarakatnya d. mudah rusak b. sulit dibawa dalam jumlah banyak d.

Mandiri c. Keuntungan menabung di Bank adalah…. sebagai kesatuan nilai . sebagai alat pembanding b. a. BCA 41..b. Danamon b. mendapat bunga 44. bukan alat pembayaran yang sah 40. giro b. cek d. sebagai alat pembayaran jasa d. BRI d. Bank Indonesia b. kartu kredit c. Bank Rakyat Indonesia c. sebagai penukar jasa c. ATM 42. Bank Nasional Indonesia d. Alat peminjaman uang dari bank yang diberikan dalam bentuk kartu sebagai alat pengambilan adalah…… a. tidak dapat diambil d. Bank Central Asia 43. Jenis Bank yang ada di setiap kecamatan … a. mudah menggunakan c. hidup senang b. Fungsi uang yang ditunjukkan oleh gambar di bawah adalah…. alat pembayaran yang sah c. Bank yang berhak mengeluarkan uang di Indonesia adalah…. setiap orang bisa menerimanya d. a. a.

tabanas 47. Fungsi uang yang sesuai dengan gambar di atas adalah…… a... a. Peranan bank untuk pengusaha kecil adalah….45. a. a. tabungan b.. Kegunaan uang dari pernyataan di atas adalah…. Bukti pengiriman uang di kantor pos adalah…. alat kesatuan nilai 46. Cara pembayaran yang biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar menggunakan uang giral berupa…… a. giro 50. termasuk jenis tabungan … . cek d. pemberi pinjaman modal b. valuta 49. a. pembayaran yang sah b. alat pembayaran b. Menyimpan uang dengan perjanjian pengambilan harus menunggu jatuh tempo. resi c. alat pembentuk kekayaan . tempat menyimpan uang c. menjaga kesetabilan rupiah 48. wesel c. wesel b. penyimpan kekayaan d. penukar barang c. perangko d. giro d. meningkatkan kemakmuran pengusaha d. alat penukaran c. deposito c. Farah membeli dengan tunai sebuah sepeda motor baru. kesatuan nilai d. giro b.

jasa c. kekuatan 1. Uang logam d. Alat elektronik b. a. kulit. Mencari kesenangan c. rumah 10. a. kepandaian d. jagung dan padi d. Berikut ini barang yang dihasilkan dari bidang pertanian…………. pemahat c. wiraswastawan d. Memenuhi kebutuhan d. montir d. karyawan 7. obat d. Berikut ini adalah contoh dari uang kartal adalah . susu. pegawai c. Cek b. Memelihara itik termasuk pekerjaan……………… a. membuat barang 9. Petani merupakan pekerjaan yang menghasilkan………………. Petani b. Uang mainan . Menghasilkan jasa d. a. a. alat rumah tangga c. Jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah………………. a. Jagung dan karet b. a. jagung dan kopi c. a. petani d. Barang b. a. mencari teman b. pakaian d. pekerja pabrik 2. a. Sukarelawan b. Orang yang bekerja di sebuat perusahaan disebut…………. jasa c. Perusahaan konveksi menghasilkan………….. Orang tua bekerja untuk……………. Barang b. a. Dokter merupakan pekerjaan yang menghasilkan………………. pemerintahan 6. pedagang 3. Giro c. Tukang b. mencari hiburan 4.Latihan 2 1. Peternakan b. perikanan c....... perdagangan d. Sebagian besar orang yang bertempat tinggal di desa bekerja sebagai…………. dermawan c. dan bulu adalah barang yang dihasilkan dari bidang…………. alat pertanian 8. kopi dan karet 5. Menghasilkan barang c. mengolah barang b.. Daging.

Motor. 5. Kebutuhan hidup dapat terpenuhi dengan….. Contoh uang giral adalah .. 4. Montir memberikan pelayanan dalam bidang…………………. Orang bekerja agar dapat memenuhi…. Uang logam dan uang kertas b.. Uang mainan b. Membuat mesin mobil adalah jenis pekerjaan yang menghasilkan……………………… I. a. Tukang semir adalah pekerjaan yang menghasilkan…………………… 10. Tukang kayu adalah pekerjaan yang menghasilkan……………………… 9. Sandang. Barang yang dihasilkan penjahit antara lain………………………….. televisi dan HP termasuk kebutuhan…. Giral c.. Uang logan dan giro c. 8.…………. kursi dan perabotan lain merupakan kebutuhan….. a. Peternakan domba menghasilkan……………... 3. Uang lebih keren c. dan …………… 3.. Uang logam termasuk uang . a. Mainan b... Barang yang dihasilkan petani antara lain………………………. pangan dan papan merupakan kebutuhan…. 2. 7. mobil. Uang logam c. a.. Penangkap ikan di laut disebut………………………. Meja. Kartal 5. .…. 2. Uang giral 3.. Cek d.. Uang yang tidak berlaku di Indonesia adalah . Uang lebih tahan lama b. Kelebihan uang daripada barang untuk alat tukar menukar adalah . Uang kertas d. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar! 1. 4.. Uang kertas dan cek 4. Cek dan giro d. 2. Uang lebih praktis Isilah dengan jawaban yang benar! 1. Uang lebih menarik d. Dokter adalah pekerjaan di bidang………………………… 6.. Penghasilan yang didapatkan dari bekerja biasanya berupa…………………… 5.

…… 10.. peternak.. II. polisi dan guru adalah jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan…. Petani..…… 9.…… 4.. Apakah yang dimaksud dengan kebutuhan tersier dan berikan contohnya ! Jawab:………………………………………………………………………..…… 6.. perajin dan pedagang adalah jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan…. Kegiatan menjual dan membeli barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup adalah kegiatan …. ikhlas dan bertanggung jawab adalah ciri-ciri oleh orang yang memiliki … kerja. Salah satu contoh kegiatan jual beli di lingkungan sekolah adalah …. nelayan. Orang yang pekerjaannya mengemudikan kereta api di sebut …. Apakah tujuan orang bekerja itu ? Jawab:………………………………………………………………………. Apa yang dimaksud dengan kebutuhan primer dan berikan contohnya ! Jawab:………………………………………………………………………. Sebutkan beberapa alasan orang bekerja ! Jawab:………………………………………………………………………. 9. Sopir. Salah satu tempat jual beli disekitar rumah adalah …. Sebutkan ciri-ciri orang memiliki semangat kerja ! Jawab:………………………………………………………………………. jujur. Sebutkan syarat-syarat terjadinya jual beli ! Jawab:……………………………………………………………………….…… 2.…… 5.…… 8. kuli. Bekerja keras. disiplin. 7. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar ! 1.. 8. 10.…… 7. Apa tujuan didirikannya koperasi sekolah ! Jawab:………………………………………………………………………. 14. 11. 12. Apotik adalah tempat untuk membeli bermacam-macam ….. 15.…… . montir. SHU merupakan kependekan dari …. Sebutkan jenis-jenis pasar yang kamu ketahui ! Jawab:………………………………………………………………………. Tempat bertemunya penjual dan pembeli disebut …. Apa yang di maksud dengan kebutuhan sekunder dan berikan contohnya ! Jawab:……………………………………………………………………….. dokter.6.. Sebutkan tempat-tempat di mana kegiatan jual beli biasa dilakukan ? Jawab:………………………………………………………………………. 13.…… 3.