You are on page 1of 10

BISNIS PLAN PMW 2018 Universitas Sriwijaya

EKITELA
Ekado Ikan Telur Indralaya

(Eklin Meinatasya Putri/ 05061281520053/ Teknologi Hasil Perikanan/Pertanian)
(Sintya Dwika Putri/ 05061181520009/Teknologi Hasil Perikanan/Pertanian )
(Selvi Yulianti/ 05061381621024/Teknologi Hasil Perikanan/Pertanian)

NONA CHANNA

Apartemen Unsri A2.2.04 Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM. 32 Indralaya, Kabupaten
Ogan Ilir Kode Pos. 30662
Telp. 085268819651 email: eklinm21@gmail.com
WA: 085268819651

Jumlah dana yang : Rp.com b. 197404212001121002 NIM. travel 4. Pi. Pakaian 7..500. Fakultas/ PS Pertanian/ Teknologi Hasil Perikanan 4. Ph. S.500.000. Sintya Dwika Putri/ 05061181520009/ telp/ email) 081368708585/ ciyakk@gmail. D. 7. Fotografi 5. Si.com 6. Cinderamata 9. LEMBAR PENGESAHAN BISNIS PLAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2018 1.000. Jenis usulan : Baru praproposal Indralaya. Eklin Meinatasya Putri NIP. Dana digulirkan 4 kali / Rp.100. 05061281520053 ./Pertanian/ Pembimbing/ fak/ jur/ Teknologi Hasil Perikanan/081260537744 telp 5.Si.Pi.000. Judul usaha EKADO 2. ……………… 3. S. 19 Maret 2018 Mengetahui Ketua Program Studi Mahasiswa (Ketua Pelaksana) Herpandi. Kategori Usaha Barang / Jasa (lingkari salah satu) Pilih salah satu dari kategori tersebut : 1.00 dalam satu tahun 8. M. Daur ulang 10. Cash flow cycle : 4 kali / Rp. Budidaya 2. Anggota (nama/ nim/ 1. Ph. Nama Dosen Herpandi. Bimbingan belajar/les 3. Mahasiswa Pengusul a. Makanan 6.00 diusulkan 7. Selvi Yulianti/ 05061381621024/ 085788109374/ selviyulianti280@gmail.D. 2. M.com 2.. 2.00 dalam satu tahun 9. Ketua : Eklin Meinatasya Putri/ 05061281520053/ (nama/nim/telp/email) 085268819651/ eklinm21@gmail. ATK 8.

Produk yang akan kami buat berbahan dasar ikan dimana ikan menjadi sumber protein hewani yang cukup baik. Sektor Perikanan saat ini tengah menjadi sasaran bagi pelaku usaha terutama pengolahan ikan. 1. masyarakat semakin modernisasi baik dalam berpikir. Penambahan jumlah mahasiswa tiap tahun yang berasal dari berbagai daerah berpengaruh terhadap penambahan mahasiswa yang menetap di Indralaya. Uraikan latarbelakang dan motivasi melakukan usaha Perkembangan Universitas Sriwijaya menyebabkan berkembangnya daerah Ogan Ilir khususnya daerah Indralaya. Ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi terutama protein dari ikan. untuk mencegah hal itu terjadi maka perlu adanya upaya yang dilakukan untuk mengolah ikan tersebut menjadi produk dengan nilai ekonomis yang tinggi. ikan bersifat perishable food atau mudah mengalami kebusukan. praktis dan memiliki nilai gizi yang tinggi . I.1. tampilan maupun dari cita rasanya sendiri. Ikan dapat diolah menjadi berbagai macam produk seperti siomai dan mpek-mpek. Diversifikasi produk perikanan seperti ekado diharapkan dapat mencakup keinginan masyarakat yang menginginkan makanan yang unik. rasa dan nilai gizinya. Namun masyarakat biasanya mengkonsumsi ikan dalam bentuk utuh lalu dimasak dengan cara digoreng. dikeringkan. dipindang dan dibakar. bertingkah laku. Dengan bertambahnya jumlah mahasiswa ini menjadikan daerah Indralaya sebagai pangsa pasar khususnya bagi orang yang ingin mencari pekerjaan dan dengan perkembangan teknologi sekarang ini yang berkembang pesat. Konsumsi yang sama dalam jangka waktu yang lama ini dapat membuat masyarakat jenuh untuk mengkonsumsinya. Selain dari dua produk itu ikan juga dapat dolah menjadi ekado ikan. Perlu adanya pengembangan produk yang dapat menghasilkan nilai tambah baik dari segi mutu.2. Tingginya kandungan protein ikan perlu dimanfaatkan atau penting untuk dikonsumsi. pengembangan produk dapat dilakukan dengan memanfaatkan daging ikan untuk dijadikan produk baru. Sehingga dengan diperlukan upaya diversifikasi agar dapat memenuhi permintaan pasar. Sehingga untuk memanfaatkan peluang tersebut dimana masyarakat saat ini terutama kalangan pelajar dan mahasiswa lebih menyukai makanan yang unik dan baru. Ekado memiliki cita rasa yang enak dengan bentuk yang unik sehingga dapat menarik pelanggan untuk membeli. LATARBELAKANG 1. Justifikasi pemilihan obyek usaha / produk Alasan kami memilih produk ini karena konsumsi masyarakat saat ini lebih cenderung memilih produk yang unik dan memiliki nilai gizi yang tinggi. Seperti kita ketahui. Disamping itu dunia kuliner saat ini sedang gencar-gencarnya menciptakan produk-produk terbaru yang unik dan memikat konsumen baik dari segi nama.yang dapat memenuhi kebutuhan gizi berupa protein. yang sudah tidak asing lagi. Oleh karena itu. maupun dalam berkomunikasi.

1.  Mencari dana penghasilan untuk kebutuhan perkuliahan dan kebutuhan sehari-hari  Mengenalkan produk perikanan yang dipasaran  Menghasilkan produk yang tidak hanya memiliki rasa yang enak namun juga memiliki nilai gizi yang baik.3. . Tujuan usaha / bisnis Adapun tujuan dari pembuatan ekado ini adalah :  Belajar menjadi wirausahawan yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat bukan hanya sebagai sarjana yang mencari kerja nantinya.

Penggunaan daun kucai untuk mengikat kulit lumpia dikarena daun kucai termasuk sayuran sehingga aman jika digunakan tidak menimbulkan kontaminasi. Sebutkan dasar ide / gagasan usaha / peluang usaha Bisnis kuliner saat ini tengah naik daun. Sudah banyak makanan maupun minuman yang mulai bermunculan namun inovasi dari produk perikanan hanya sedikit yang terlihat dipasaran. Masyarakat kini cenderung memilih makanan yang tidak hanya menarik tetapi juga sehat. Salah satu produk olahan perikanan yang dapat dijadikan inovasi produk ialah ekado ikan. Hal ini didukung dengan antusiasme masyarakat yang mudah untuk menerima produk baru. Keunggulan/ keunikan produk/ bedanya dengan produk yang sudah ada Kami menawarkan produk ekado dimana dari segi visual ekado yang kami tawarkan memiliki bentuk yang unik dan menarik seperti kantung yang dibungkus menggunakan kulit lumpia lalu diikat diatasnya dengan menggunakan daun kucai. Dengan adanya inovasi produk perikanan akan menghasilkan produk yang baru. Bahan baku produk kami menggunakan ikan yang memiliki nilai gizi yang tinggi terutama protein selain itu juga bahan baku yang digunakan terjamin kualitasnya dengan memperhatikan sanitasi dan hygiene selama proses produksi. Sedangkan bahan isian yang kami gunakan ada daun bawang dan wortel yang dapat menambah nilai gizi dari produk yang kami tawarkan. ekado telur puyuh dan ekado tahu 2. Sehingga produk yang dihasilkan tidak hanya mengeyangkan dengan citarasa yang enak tetapi juga memberikan sumber gizi yang diperlukan oleh tubuh. Inovasi produk perikanan perlu dilakukan karena produk perikanan memiliki kandungan gizi yang tinggi. terbukti dengan banyaknya jajanan maupun produk baru dipasaran dengan berbagai merk maupun variasi. Saat ini mahasiswa dan masyarakat umumnya menyukai makanan kekinian yang unik. sehat serta rasa yang enak. Produk yang kami tawarkan ada 2 variasi terdiri dari ekado ikan dan ekado telur puyuh. baru. Berkaca dari hal itu peluang usaha dibidang olahan makanan merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan karena makanan merupakan kebutuhan yang tak terlupakan. 2. Sehingga produk yang dihasilkan memiliki kuliatas mutu yang baik dan sehat. Melihat peluang yang ada dilapangan maka perlu adanya inovasi produk perikanan yang dilakukan. enak tanpa mengesampingkan nilai gizi. Nama produk yang ditawarkan Produk yang kami tawarkan adalah ekado ikan.3.2. unik.1. KONSEP BISNIS 2. . II.

Susunan Organisasi Eklin meinatasya Putri(Ketua Pelaksana) Sintya Dwika Putri Selvi Yulianti Cindya Lucky P ( (Manager Produksi) (Manager Pemasaran) Manager Keuangan) .2.4.

mahasiswa/i bisa melihat langsung di sosial media. Produk yang sehat dan bergizi sehingga sangat cocok dengan kebiasaan mahasiswa yang sibuk dikarenakan produk ini di olah dengan pengolahan yang baik dan dengan hasil olahan yang menarik. Perkiraan / prediksi jumlah permintaan konsumen terhadap produk Melihat perkembangan daerah Indralaya serta bertambahnya jumlah mahasiswa setiap tahunnya.1. Kami mengasumsikan konsumen yang ada dalam satu minggu yaitu berjumlah 105 orang. Tahun ke. 5000 ekado /tahun . Gambaran umum pasar .Segmen pasar Produk “ekado” ditujukan pada seluruh elemen masyarakat yang ada di sekitar kota Indralaya terutama masyarakat dan mahasiswa Universitas Sriwijaya. Proyeksi permintaan (dalam unit) 1.2. Proyeksi permintaan konsumen dalam beberapa periode / tahun mendatang sesuai dengan kenaikan jumlah penduduk. Permintaan Pasar a. . . ANALISIS PEMASARAN 3. 4500 ekado /tahun 5. 3000 ekado /bulan 2. 4000 ekado / tahun 4. III. 3. Kami juga akan melakukan promosi di sosial media sehingga semua masyarakat. Ekado merupakan makanan “merakyat” yang mudah diterima diberbagai kalangan masyarakat. produk ini cocok untuk masyarakat yang menginginkan pola hidup sehat.. 3500 ekado /tahun 3. Positioning Produk yang kami tawarkan tidak hanya menarik namun juga sehat dikarenakan bahan baku yang kami gunakan berasal dari hasil perikanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi serta kebersihan yang terjaga. Target pasar Target pasar yang kami tuju yaitu semua mahasiswa-mahasiswi yang ada di sekitar Indralaya dan penghuni Apartemen Universitas Sriwijaya. b. Produk yang ditawarkan dengan harga relatif murah sehingga sesuai dengan kantong masyarakat terutama mahasiswa yang umumnya menginginkan bahan makanan dengan tampilan menarik serta sehat dengan harga yang murah. Selain itu. Sehingga dapat diasumsikan jumlah produk yang terjual 315 buah dalam satu minggu. .

Pada bagian dalamnnya diisi dengan daging ikan dan juga akan divariasikan dengan telur puyuh. IV. 4. telah dikukus. sambil terus diaduk. Uraikan Ciri-ciri produk Produk ekado yang kami tawarkan mempunyai ciri-ciri yaitu memiliki bentuk yang unik dan menarik. selama 15-20 menit didinginkan ditiriskan lalu setelah air mendidih terlebih dahulu disajikan . . Kegunaan Utama Produk Produk ekado digunakan sebagai camilan bagi masyarakat disekitar Indralaya terutama mahasiswa. bawang dan wortel bentuk bulat kemudian diikuti yang telah kemudian diikat bumbu yang lain. Proses Produksi Skema/Bagan Alur Proses Produksi Pembelian Persiapan Alat dan Daging giling Bahan Baku Bahan dilumatkan terlebih dahulu Bungkus adonan Tambahkan garam Tambahkan daun diatas kulit lumpia.1.3. karena berbentuk seperti kantung yang diikat dengan daun kucai.2. ANALISIS PRODUKSI 4. 4. Rasa dari ekado itu sendiri gurih karena menggunakan kulit lumpia dan juga memiliki rasa khas dari daging ikan giling yang sehat dan halal. dicincang dengan daun kucai aduk sampai rata Kukus adonan yang Setelah itu ekado Ekado yang telah dibungkus siap digoreng.

000.520 ekado /tahun 3. Biaya lain – lain (biaya transfortasi) Rp 120. Jasa print ( 40 rim) 2.241. Jenis biaya Jumlah (Rp) 1.000 Total Rp 2. Modal kerja/opersasional Rp 2. Jenis biaya Jumlah (Rp) 1.500.000 3.040 ekado / tahun 4.000 Total Rp 2. Beli / Sewa tanah/ bangunan Rp. Modal investasi Rp 9.000 3.000 11. Kapasitas produksi (dalam unit) 1. ATK Rp 200.080 ekado /tahun 5. Daun Kucai Rp 28.000 4. Bumbu-bumbu Rp 50. Harga pokok produksi Rp 3.000. 5. Wortel Rp 48.000 2.000 2.552. Minyak goreng Rp 450.241.000 . Hasil penjualan per-tahun 1. Kulit pangsit Rp 900. Tepung tapioka Rp 18.000 3.000 8.000 9. Gas 3 kg Rp 34. Modal Operasional/Kerja (per bulan) No.4. Telur puyuh Rp 1.6. Utilitas & Sarana Pendukung / OPERASIONAL Rp.000 6.160 ekado /tahun 4. Jenis biaya Jumlah (Rp) 1.000 4.000 7.000 3. 5.4. Bahan baku 1. 20. Mesin & Peralatan / MODAL TETAP Rp. AKP RP 1. 1.000 2.000 5.050. Plastik mika dan kantong Rp 74.260 ekado /bulan 2.000 2.000 V.515.000 10.5. 10. Daging Giling Rp 3. SDM Rp 300.500 4. 2. Biaya Investasi No. Jasa fotocopy ( 2 rim ) Rp 11. ANALISIS KEUANGAN No.000 3. Daun bawang Rp 30. 2.372. 15.000 4. Kapasitas Produksi Tahun ke.475.

000 5. M.D. Rp 15.000 investasi Pembuatan - produk Pemasaran Pembuatan Jumlah - brosur Pameran (x) Pembuatan Jumlah order papan .515.019. 05061281520053 .500 6. Break even point (BEP) Rp 11. Laba bersih (net profit) Rp 10.000 Fleksibel bahan baku Pembelian Rp 9. 197404212001121002 NIM.Si. 19 Maret 2016 Mengetahui Ketua Program Studi Mahasiswa (Ketua Pelaksana) Herpandi. S. Ph.072.Pi.750 Action Plan Kegiatan Rincian Biaya Tanggal output Kegiatan penyelesaian Produksi Pembelian Rp 2.601.893. barang terjual Penerimaan - order Retail/ distribusi/ - penjualan Dll Indralaya. pelanggan nama/spanduk Pameran - Penjualan Pengemasan Jumlah . Eklin Meinatasya Putri NIP.