You are on page 1of 4

ASUHAN KEPERAWATAN

A. Pengkajian
1. Keluhan utama
a. Rasa mual dan Rasa ingin muntah .
b. Penambahan berat badan berlebihan yang tidak adekuat .
c. Poluri ( Banyak BAK ), merupakan gejala umum pada penderita DM. Biasanya banyaknya
BAK ini disebabkan oleh gula dalam darah (glukosa) yang terlalu banyak, sehingga akan
membuat tubuh harus segera mengeluarkan kelebihan gula tersebut melalui ginjal
bersama urine (air kencing). Gejala ini biasa muncul pada malam hari, yaitu saat kadar
gula dalam darah relatif lebih tinggi daripada malam hari.
d. Polipdipsi ( Banyak Minum ) , merupakan akibat reaksi tubuh karena banyak
mengeluarkan urine. Gejala ini sebenarnya merupakan usaha tubuh untuk menghindari
kekurangan cairan (dehidrasi). Oleh karena tubuh banyak mengeluarkan air ( dalam
bentuk urin ), secara otomatis menimbulkan rasa haus untuk mengganti cairan yang
keluar , akan timbul terus keinginan untuk terus menerus untuk minum. Sebaliknya jika
ibu banyak minum maka akan menimbulkan keinginan untuk selalu kencing . Dua hal ini
merupakan serangkaian sebab akibat yang akan terus terjadi selagi tubuh dapat
mengendalikan kadar gula darahnya.
e. Poliphagi ( Banyak makan), merupakan gejala lain yang dapat dilihat . Gejala ini
terjadinya karna disebabkan oleh berkurangnya cadangan gula dalam tubuh meskipun
kadar gula dalam darah tinggi. Oleh karna itu ketidakmampuan insulin dalam
menyalurkan gula sebagai sumber tenaga dalam tubuh, membuat tubuh merasa lemas
seperti kurang tenang.
2. Status Kesehatan Sekarang

3. Riwayat Penyakit Dahulu
a. Penyakit yang pernah di alami
Diabetes adalah penyakit keturunan , jika ada salah satu keluarga yang sedarah
menderita diabetes atau orang tua dari si Ibu penyandang diabetes maka kita
sebagai tenaga kesahatan perlu memerlukan sesuatu tindakan . Namun , jika suami
dari si Ibu adalah penyandang diabetes, ini tidak memengaruhi si Ibu dan janin jika
si ibu tidak mempunyai riwayat keluarga dengan diabetes. Diabetes ini hanya dapat
diturunkan melalui warisan genetic ( Dominan Autosomal ) . Namun bayi dapat
berpontesi sebagai pengidap diabetes di masa mendatang karena memiliki gen
diabetes dari si Ayah , meskipun si Ibu tidak memilik riwayat Diabetes .

dan pernah immunisasi apa saja d. Keadaan umum Jika dalam keadaan hipoglikemi ibu bisa merasa lemah dan letih b. Riwayat immunisasi Apakah lengkap atau tidak. Nadi Pada keadaan hiperglikemia biasanya nadi lemah d. keluhan lain 7. konsumsi obat tertentu dan lainnya 4. Respirasi Pada keadaan hiperglikemia atau diabetic ketoasidosis biasanya respirasi meningkat dan napas bau keton e. Tekanan darah Gestational diabetes mellitus akan meningkatkan resiko ibu untuk mengalami tekanan darah yang tinggi selama kehamilan yang beresiko untuk terkena preeklamsia dan eklamsia c. Riwayat penyakit keluarga Riwayat penyakit diabetes mellitus. yang beresiko diturunkan secara genetik berdasarkan kebiasaan keluarganya. minum alcohol. Riwayat antenatal care Dimana tempat pelayanan. Suhu Tidak ada gangguan bisa dikatakan normal . beberapa kali perawatan serta pengobatan yang didapat. b. pernafasan. 5. peningkatan kolesterol darah. gelisah dan cemas merupakan psikologis yang sering muncul pada klien . keluhan selama hamil muda Hamil tua. kadar gula dan perawatan yang diberikan 8. Pemeriksaan fisik a. 6. Riwayat kehamilan sekarang Hamil muda. keadaan gizi. kegemukan. perubahan berat badan. peningkatan tekanan darah. nadi. Pada saat antenatalcare perlu diobservasi secara ketat juga kepatuhan ibu dalam menjalani diet. keluhan selama hamil tua. jantung. hipertensi. makanan dan lainnya c. Kebiasaan Apakah perokok. Riwayat psikososial Riwayat psikososial rasa takut. Riwayat alergi Apakah memiliki riwayat alergi terhadap obat. suhu.

Sistem pencernaan Adanya peningkatan nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan 6. Sejumlah kalori hilang ke dalam air kemih . Sistem persyarafan Adanya paresthesia 2. Untuk mengkonsumsikan hal ini penderita sering kali merasakan lapar sehingga banyak makan ( poliphagi ) . Pemeriksaan fisik persistem 1. Berat badan Mengalami penurunan berat badan g. Sistem penglihatan Pada keadaan hipoglikemia pandangan kabur atau ganda dan pada keadaan hiperglikemia akan mengeluh pandangan redup 3. Sistem perkemihan Adanya poliuri 7. Sistem intergumen Elastisitas kulit menurun 9. Pengkajian Pola Fungsi Kesehatan Menurut Gordon a. Sistem pendengaran Tidak ditemukan gangguan pada sistem pendengaran 5. Sistem kardiovaskuler Perlu dikaji karena adanya peningkatan tekanan darah 8. penderita mengalami penurunan berat badan. Pola Nutrisi Pola makan : Ada perubahan frekuensi makan karena lapar yang dirasakan inu akibat dehidarasi dan starvasi . Sistem endokrin Ketidakmampuan menghasilkan hormone insulin 9. Sistem muskuluskeletal tidak ada gangguan dengan sistem muskuluskeletal 10. Pemeriksaan Penunjang Sesuaikan dengan 10. f. Sistem pernafasan Pada keadaan hiperglikemia pernapasan cepat dan dangkal 4.

d. Pola Tidur – Istirahat Gangguan pola tidur karena perubahan peran dan melaporkan kelelahan yang berlebihan. pusing . BAB : Biasanya pada Ibu hamil tidak memiliki gangguan. nyeri pada kepala . Pola Aktifitas dan Latihan Aktifitas yang berlebihan pada keadaan hipoglikemi dapat menyebabkan rasa lapar meningkat . Pola Eliminasi BAK : Sering kencing poliuri . berkeringat . pernapasan yang dangkal dan pandangan kabur . lemah . Pola Persepsi Diri adanya kondisi khawatir tentang kehamilan. Glukosa akan sampai ke urin . bayi dan keluarga . e. c. Minum : > 8-9 gelas per hari karena pada penderita DM terdapat polyuria ma penderita merasakan haus yang berlebihan sehingga banyak minum ( Polidipsi ) b. Jika kadarnya lebih tinggi lagi maka ginjal akan membuang air tambahan untuk mengencerkan sejumlah besar Glukosa yang hilang karena ginjal mengahasilkan air kemih dalam jumlah yang berlebihan maka penderita sering berkemih dalam jumlah besar . letih . Jika ini terjadi maka si Ibu akan rentan terhadap cedera dan jika rasa lapar berlebihan ini akan menyebabkan ketidakpatuhan diet si Ibu.