You are on page 1of 6

YAYASAN JAMI’ATUL MUTTAQIN SAMARINDA

SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN
KESEHATAN JAMI’ATUL MUTTAQIN PALARAN
JL. Bojonegoro RT. 13 No. 25 Kel. Simpang Pasir-Palaran
SAMARINDA-KALIMANTAN TIMUR

Mata Pelajaran : Komunikasi Terapeutik

Guru Mata Pelajaran : Dewi Esawatin, Amd.Kep

Kelas : X (Sepuluh)

UJIAN SEMESTER GENAP

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e pada jawaban yang paling tepat !

1. Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi, makna dan pemahaman dari
pengirim pesan kepada penerima pesan. Pernyataan tersebut adalah arti komunikasi
menurut:
a. McCubbin dan Dhal (1985)
b. Taylor, dkk (1993)
c. Burgerss (1988)
d. Yuwono (1985)
e. Ross (1974)
2. Penerima informasi atau memberi respon terhadap stimulus yang disampaikan oleh
penyampai informasi disebut :
a. Komunikator
b. Komunikan
c. Pesan
d. Media komunikasi
e. Kegiatan “encoding”
3. Komponen dalam komunikasi mempunyai 6 komponen, yaitu :
a. Komunikator, komunikan, pesan, media komunikasi, kegiatan “decoding” dan
kegiatan “encoding”
b. Komunikator, pesan, komunikan, media komunikasi, komunikan, kegiatan
“encoding” dan kegiatan “decoding”
c. Komunikator, komunikan, pesan, media komunikasi, kegiatan “encoding” dan
kegiatan “decoding”
d. Komunikator, media komunikasi, pesan, komunikan, kegiatan “decoding” dan
kegiatan “encoding”
e. Komunikan, komunikator, pesan, media komunikasi, kegiatan “encoding” dan
kegiatan “decoding”
4. Tingkat hubungan komunikasi adalah : kecuali
a. Komunikasi interpersonal

1

Membantu pasien untuk memperjelas 2 . Komunikasi antarpersonal d. Pengetahuan e. Berikut ini yang bukan termasuk bentuk komunikasi non verbal adalah : a. Perkembangan b. Sikap tubuh c. Ekspresi wajah e. Komunikasi yang beretika 10.5 cm b. Mempengarui orang lain c. Humor 7. Mengurangi beban perasaan e. Jarak kelompok : 130 – 260 cm d. Pembendaharaan kata e. Komunikasi antara 2 orang 5.5 – 120 cm c. Berikut ini yang bukan termasuk zone jarak dalam berkomunikasi (Stuart & Sundden. Tujuan komunikasi terapeutik adalah kecuali : a. Mengurangi keraguan b. Cara berjalan d. Kejujuran 6. Sentuhan 9. Komunikasi massa e. Komunikasi intrapersonal c. Faktor yang mempengaruhi komunikasi adalah : kecuali a. Penampilan fisik b. Jarak personal : 45. Intonasi c. Jarak publik : 360 cm dan lebih 8. 1995) adalah : a. Jarak konsultatif-sosial : 270 – 360 cm e. Komunikasi yang direncanakan dan dilakukan untuk membantu penyembuhan pasien disebut : a. Jarak intim : sampai dengan 45. b. Jelas dan ringkas b. Persepsi c. Mengungkapkan perasaan d. Komunikasi terapeutik d. Terapeutik c. Komunikasi b. Kecepatan berbicara d. Komunikasi yang baik e. Berikut ini yang bukan termasuk bentuk komunikasi verbal adalah : a. Nilai d.

Membantu dalam hal mengambil tindakan yang efektif d. Mendorong kerja sama antara perawat dengan klien b. Hambatan komunikasi adalah : a. Perawat mendengarkan secara aktif d. Memulai konflik d. Alruisme untuk mendapatkan kepuasan dengan menolong orang lain secara manusiawi e. Perawat harus menyadari pentingnya kebutuhan pasien baik fisik maupun mental 14. Mengkaji masalah 12. Komunikasi ini umumnya lebih akrab c. Persepsi d. Berusaha menunjukkan bahwa kita lebih pandai 3 .11. Mempertahankan kontak mata d. Mengevaluasi tindakan yang dilakukan oleh perawat e. Berikut ini yang bukan termasuk prinsip-prinsip komunikasi terapeutik adalah: a. Mendengarkan b. Bertingkah laku sertif c. Mengatakan kembali isi c. Komunikasi bersifat dangkal e. Membungkuk ke arah klien e. Bahasa b. Mengidentifikasi perasaan klien c. Tempat e. Bersikap simpati c. Mengulangi kata demi kata b. Menghindari persuasi e. Berhadapan b. Tidak meninggalkan lawan berbicara d. Mendorong klien untuk berbicara secara terbuka 13. Sikap komunikasi yang tidak terapeutik adalah : a. Memahami betul arti simpati sebagai tindakan yang terapeutik dan empati bukan sebagai tindakan yang terapeutik d. Berikut ini yang bukan manfaat komunikasi terapeutik adalah : a. Keterampilan dalam komunikasi adalah : a. Terjadi antara perawat dengan pasien b. Etika berkomunikasi yaitu berupa : a. Perawat harus mengenal dirinya sendiri b. Perawat harus menciptakan suasana yang memungkinkan pasien bebas berkembang c. Komunikator c. Membina kepercayaan 16. Situasi 17. Berikut ini yang termasuk komunikasi sosial adalah : a. Memperlihatkan sikap terbuka 15.

dan rasa hormat terhadap diri sendiri c. Cara kita memulai pesan sering kali membentuk hasil komunikasi e. Komunikasi yang sebenarnya adalah pesan yang diterima bukan yang diharapkan diterima d. Bagian dari keberhasilan dalam tergantung pada bagaimana kita memulai. Hal ini termasuk dasar komunikasi : a. Bertujuan untuk bersahabat atau menyelesaikan tugas 23. Komunikasi merupakan jalan dua arah. Realisasi diri. Dalam tahap-tahap hubungan terapeutik masa persiapan sebelum berhubungan dan berkomunikasi dengan klien disebut fase : a. Berikut ini yang bukan merupakan hambatan komunikasi terapeutik adalah : a. kita harus memberi tidak harus menerima 22. e. Pikiran melayang d. Kemampuan membina hubungan interpersonal yang intim. saling tergantung dan mencintai d. Cara kita memulai pesan sering kali menentukan hasil komunikasi b. Interaksi b. Komunikasi adalah tarian 21. Segala yang kita lakukan adalah komunikasi d. Mendominasi pembicaraan b. Hal ini termasuk dasar komunikasi : a. Kita mungkin tidak selalu memikirkan setiap aspek dari cara kita menyampaikan suatu pesan. Dalam berkomunikasi harus ada kerja sama yang teratur agar komunikasi berjalan dengan baik. Pra interaksi 4 . Bela diri 19. Komunikasi adalah tarian 20. Identitas diri yang jelas dan rasa integritas diri yang tinggi b. Hal ini termasuk dasar komunikasi : a. Cara pesan disampaikan mempengaruhi bagaimana pesan tersebut diterima c. Menepis pembicaraan lawan 18. Komunikasi yang sebenarnya adalah pesan yang diterima bukan yang diharapkan diterima d. Cara pesan disampaikan mempengaruhi bagaimana pesan tersebut diterima c. cara pesan itu disampaikan selalu merupakan faktor penting yang menentukan bagaimana pesan itu diterima. Komunikasi adalah tarian c. Pengalaman masa lalu c. Menjaga kontak mata e. Segala yang kita lakukan adalah komunikasi b. Berikut ini yang bukan tujuan hubungan terapeutik adalah… a. Cara kita memulai pesan sering kali membentuk hasil komunikasi e. Komunikasi adalah tarian e. Segala yang kita lakukan adalah komunikasi b. penerimaandiri. Peningkatan fungsi dan kemampuan memuaskan kebutuhan serta mencapai tujuan personal yang realitis e.

Dalam tahap-tahap hubungan teraputik yang merupakan inti hubungan perawatan klien yang terkait erat dengan pelaksanaan rencana keperawatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai disebut fase… a. Fase yang dilaksanakan pada awal setiap pertemuan kedua dan seterusnya disebut… a. Terminasi 27. Berikut ini yang bukan merupakan teknik non verbal dalam komunikasi kreatif pada anak adalah… a. Interaksi b. Melengkapi kalimat b. Perbedaan budaya e. Fase yang merupakan akhir dari setiap pertemuan perawat dan klien disebut… a. Pra interaksi c. Kerja d. Kerja d. Pra interaksi b. Gangguan neurology c. Menggambar d. Menulis c. Magis e. Kerja d. c. Bermain c. Interaksi c. Respon fasilitatis d. Play 29. Bercerita b. Berikut ini yang bukan merupakan hambatan komunikasi dengan lansia adalah… a. Pra interaksi b. Interaksi c. Terminasi 26. Berikut ini yang bukan merupakan teknik verbal dalam komunikasi kreatif pada anak adalah… a. Kerja d. Orientasi e. Saling bercerita e. Orientasi e. Biblioterapi 28. Orientasi e. Eldery 5 . Internal distraksi b. Hambatan verbal d. Terminasi 25. Terminasi 24. Orientasi e.

30. ” 6 . Bargaining c. Denial b. Acceptance e. Anxietas “Periksa kembali jawaban anda sebelum dikumpulkan……. Depression d. Berikut ini yang bukan merupakan fase kehilangan pada penyakit kronis adalah fase… a.