You are on page 1of 13

LAPORAN HASIL OBSERVASI

DI KEBUN KURMA

SUKOREJO-PASURUAN

Oleh:

Kelompok 2 Kelas X-MIA 2

1. Aldany Ramadhana Suryanto (02)

2. Arya Dwi Ramadhan (06)

3. Iral Bella Prameswari (17)

4. Joko Priyono (19)

5. Muthiatur Rahmah (26)

adalah hal yang dapat meringankan pekerjaan. i . Semua impian kita bisa terwujud jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya dan tidak ada kata gagal jika kita belum melakukannya dengan sepenuh jiwa dan niat pada diri kita sendiri. Jika Anda berhasil menyeimbangkannya. Karena kesuksesan dapat diraih jika kita berani mengambil resiko. Salah satu rahasia sukses yaitu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang tepat dan cepat. Diperlukan semangat untuk mengerjakannya di setiap harinya. maka dapat menjadi pribadi yang sukses. MOTTO Kesuksesan berjalan dari kegagalan satu menuju kegagalan lain tanpa kehilangan semangat dan antusiasme.

M.S.Pd ii . LEMBAR PENGESAHAN Laporan ini disetujui dan disahkan oleh pembimbing pada: Hari : Jum’at Tanggal : 9 Maret 2018 Mengetahui Kepala Sekolah Pembimbing Kelompok Siti Aisyah.Pd Jennita Diah.

Karena keterbatasan observasi ini. KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat-Nya sehingga laporan hasil observasi di Kebun Kurma ini dapat tersusun. Harapan kami semoga hasil observasi ini dapat memberikan ilmu dan pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi kita semua yang membacanya dan berguna untuk panduan observasi selanjutnya. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih atas banyaknya pihak yang sudah berkontribusi dengan memberikan banyak informasi. saran maupun masukkan. Karena kami yakin masih ada banyak kekurangan dari makalah ini. maka peneliti menirima segala bentuk baik kritik. Penyusun iii .

.............................3 Tenaga dan Karyawan ......................................................... 2..2 Sasaran dan Tujuan ..........3 Program Kebun Kurma .. 2 BAB II : PEMBAHASAN ....................................3 Keistimewaan dan Fasilitas Kebun Kurma ......................... 3 2.....................................................................................................................................................2 Kondisi Umum ..............................................................................................................................................3 Manfaat .................................................................................1 Botanical Garden ................... 3.....................................2............................................................................................................ 1 1......................................................................... DAFTAR PUSTAKA........................ iv .................................................................... 2............... 2............................................................................. 3.............2 Saran ....................................................................................2 Edukasi Lingkungan.........................................................................................................2 Keadaan Masyarakat ...........1 Latar Belakang ............................................... 2.........................2........................................................................................1 Gambaran Umum .................... i LEMBAR PENGESAHAN . DAFTAR ISI MOTTO .........................4 Proses Pemasaran ................................. 2....................... 2.......1 Sejarah Kebun Kurma dan Letak Geografis ................................................................... 2..............................................................................................................................1........................... iii BAB I : PENDAHULUAN........................................................................................ 2.......................................................................... LAMPIRAN (Foto Proses Kegiatan) ....................2.. ii DAFTAR ISI .....................................................1 Kesimpulan .......................................... BAB III : Kesimpulan dan Saran ....................... 2.......................................................................1........1..... 1 1...................... 2 1...........

Salah satu daerah yang mengandalkan sektor pariwisata di Indonesia yaitu provinsi Jawa Timur.2 Sasaran dan Tujuan Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan pengetahuan kita untuk bagaimana mengetahui suatu proses cara menanam pohon kurma yang baik dan benar.1 Latar Belakang Kurma adalah tanaman palma yang buahnya dapat dimakan. BAB I PENDAHULUAN 1. seperti sentral wisata pertanian. Sasarannya yaitu untuk mengetahui lebih jauh tentang budidaya kurma dan memenuhi tugas. Padahal banyak lahan yang tidak produktif yang bisa di manfaatkan sebagai perkebunan kurma. 1.126. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen kurma biasanya tumbuh di daerah gurun yang panas kering dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi. Ini juga dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata baru. karena perkebunan kurma di Indonesia masih jarang bahkan langka.677 hektar yang hampir seluruhnya dipergunakan untuk produksi tanaman pangan. Pohon kurma yakni berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotania ke prasejarah mesir kemungkinan pada awal 4000SM. sentral wisata perikanan. sentral wisata perkebunan. di samping itu pemanfaatan lahan untuk investasi di bidang pariwisata masih sangat terbuka. Dengan luasnya lahan yang mayoritas digunakan untuk lahan nasional. Dalam hal ini banyak masyarakat di indonesia yang menganggap bahwa pohon kurma tidak cocok di budidayakan di Indonesia. Kebanyaan lahan ini dibiarkan oleh pemiliknya karena kondisi tanah yang kering. Daerah ini memiliki lahan pertanian cukup luas yakni. dan sentral wisata peternakan (Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur). 1 . 1. Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya.

2 1. .3 Manfaat Manfaatnya yaitu dapat mengetahui cara berbudidaya tanaman kurma serta mengetahui manfaat-manfaat buah kurma dan jenis-jenis buah kurma yang ada di Indonesia dan lebih tepatnya yang berada di Jawa Timur.

Pengunjung bisa melihat langsung ratusan pohon kurma yang bisa berbuah di indonesia.3 Keistimewaan dan Fasilitas Kebun Kurma Keistimewaan menanam jenis tanaman kurma yang langka di Indonesia dan berbagai jenis tananaman khas Timur Tengah.000 untuk tiket masuknya. uniknya tempat oleh-oleh tersebut berada di dalam pesawat yang membuat pengunjung penasaran untuk naik.1.1 Sejarah Kebun Kurma dan Letak Geografis Kabupaten pasuruan. 3 BAB II PEMBAHASAN 2. HM Roeslan. Di dalam wisata kebun kurma juga tersedia warung makan untuk pengunjung diantaranya tersedia di samping dan belakang pendopo. Tempat wisata yang terletak di sukorejo ini secara resmi di buka untuk umum mulai hari minggu tanggal 1 januari 2017.1. di belakang musholla wanita dan juga di dekat wahana. Kebun Kurma memiliki salah satu pusat oleh-oleh didalamnya.1 Gambaran Umum 2. Pengunjung akan di suguhkan hamparan pohon kurma dan pengunjung juga bisa melihat secara dekat buah kurma dan pohonnya. 2.1. Adanya warung makan di wisata tersebut untuk mempermudah pengunjung untuk membeli makan sembari menikamti keindahan wisata kebun kurma. Di bawah tangan dingin laki laki 70 tahun ini. lahan sekitar 3. Di dalam pesawat tersebut terdapat seorang karyawan yang layaknya 3 .2 Keadaan Masyarakat Keadaan masyarakat sekitar saat ini menjadi lebih ramai dan terjadi banyak perubahan.7 hektar di sulap menjadi kebun kurma yang eksotis. Wisata ini di gagas pemilik duta wisata grup. 5. 2. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang Rp.dimana sebelum dibangunnya wisata kebun kurma awalnya sangat sepi tetapi sekarang menjadi berkembang setelah dibangunnya wista kebun kurma. jawa timur memiliki tempat wisata baru dan layak menjadi rujukan wisatawan.

2. dan buah zaitun. 4 . buah tin.2 Kondisi Umum 2. Kami diajarkan tahapan-tahapan secara langsung membudidaya tanaman kurma mulai dari penyiapan lahan untuk lubang. Dan kami juga diajarkan untuk memanfaatkan kotoran hewan ternak sebagai kompos untuk memupuk tanaman kurma. 2. Saat di botanical garden kami diberikan penjelasan mengenai tanaman yang dibudidayakan di wisata kebun kurma ini. 2.3 Tenaga dan Karyawan Didalam kebun kurma terdapat tenaga dan karyawan yang bertugas berbeda- beda . dan cara menanam yang baik dan benar.Penggunaan kompos ini sebagai alternatif yang dapat menyuburkan kesuburan tanah. media yang diperlukan. seperti siwak.2.2.3 Program Kebun Kurma Dalam program ini kami melakukan observasi secara langsung. delima hitam.petugas kebersihan.pemandu wisata. Tenaga dan karyawan diantaranya bertugas sebagai tukang kebun.1 Botanical Garden Dalam kunjungan botanical garden kami disuguhkan berbagi jenis tanaman kurma dan tanaman khas timur tengah. delima merah. 4 berpakaian seperti pramugari yang menyediakan banyak oleh-oleh untuk para pengunjung diantaranya adalah berbagai buah kurma dan aksesoris-aksesoris.penjaga wahana permainan dan lain-lain. 2.2 Edukasi Lingkungan Dalam kegiatan edukasi lingkungan kami diajarkan untuk memanfaatkan lahan tidak produktif menjadi produktif. Tenaga dan karyawan tersebut sangat bertugas dengan bertanggung jawab dengan tugas masing-masing agar memberi kenyamanan dan kepuasan bagi para pengunjung wisata kebun kurma.2.

4 2. Hasil yang berada di kebun kurma tersebut diolah dengan cara menjadi makanan ringan yang bisa kita bawa pulang dan banyak hasil olahan dari perkebunan yang dipasarkan diantaranya manisan kurma. Bukan hanya itu saja didalam pesawat pun juga dijual aksesoris. 4 .4 Proses Pemasaran Proses pemasaran kebun kurma berda di dalam pesawat tempat pusat oleh-oleh. dan boneka.alat tulis.dan cemilan kacang yang berasal dari Timur Tengah.

Salah satu manfaatnya adalah selama berada di tempat wisata kebun kurma tersebut diantaranya kami dapat mengetahui penanaman kebun kurma dengan secara baik dan benar 3. brownies kurma.2 Saran Berdasarkan pengamatan yang telah kami lakukan maka kami akan memberi saran yaitu diharapkan Kebun Wisata Kurma agar dapat menambahkan produk- produk inovasi dari hasil budidaya kurma contohnya seperti jus kurma. 5 BAB III KESIMPULAN DAN SARAN 3.1 Kesimpulan Pada saat pengamatan kami dapat pengalaman yang sangat bermanfaat dan juga ilmu-ilmu yang dapat membuat suatu pembelajaran bagi kita semua.es krim kurma. 5 . pudding kurma dan olahan-olahan lainnya.

piknikdong.tribunwisata.com/read/2017/01/03/104200727/ingin.petik.pasuruan.wisata.kur ma.kompas.ke.datanglah.html.diakses tanggal 05 maret 2018  https://www.diakses tanggal 05 maret 2018 6 .diakses tanggal 05 maret 2018  http://www. 6 DAFTAR PUSTAKA  https://travel.com/kebun-kurma-pasuruan-wisata-petik-kurma- pertama-di-indonesia.html.com/2017/04/wisata-petik-kurma-pasuruan-serasa- di-timur-tengah.

7 LAMPIRAN Memasukkan pupuk ke dalam Memasukkan biji kurma Polybag Tanaman Delima Merah Tanaman Hias yang berada di Kebun Kurma Foto bersama anggota kelompok 2 7 .