You are on page 1of 13

MODUL PERKULIAHAN

Keamanan
Jaringan
Telekomunikasi
Rangkaian Sistem Komunikasi
Serat Optik

Fakultas Program Studi Tatap Muka Kode MK Disusun Oleh

01
Teknik Teknik Elektro P141700007 Freddy Artadima Silaban, SKom,. MT

Abstrak Kompetensi
Keamanan jaringan sangat diperlukan Setelah mahasiswa mempelajari modul
untuk membatasi proses masuk dan 1 ini dihimbau untuk memahami dan
keluar proses komunikasi. Sistem mengatahui rangkaian sistem
komunikasi serat optik memiliki komunikasi serat optik, keunggulan,
kapasitas lebih besar dan lebih cepat proses transmitter dan receiver, dan
serta jarak koneksi lebih jauh dan persamaan Maxwell dan gelombang
ekonomis. Serat optik mengirimkan datar.
mengirimkan komunikasi
menggunakan cahaya sebagai
gelombang elektromagnetik.

Prevention dilakukan apabila ada suatu akses yang tidak diundang atau dizinkan untuk mengakses oleh karena itu dapat dicegah dengan memilih dan melakukan konfigurasi service yang sedang beroperasi dengan kehati-hatian. Tembok pengaman (baik secara fisik atau maya). Integrity. Oleh karena itu dibutuhkan metode keamanan jaringan yaitu pertama pembatasan akses jaringan dengan cara internal password authentication. Authentication. observation(observasi). dan algoritman checksum/hash. terminology enkripsi-deskripsi. Aspek- aspek suatu keamanan jaringan yaitu Confidentially.SKom. Ada 2 (dua) elemen utama dalam pembentukan keamanan jaringan: a. server based token authentication. firewall dan routing control. dan Accountability . Rencana pengamanan. Integrity merupakan melakukan tindakan bagi pengguna yang tidak memiliki akses mendapatkan data dan informasi.mercubuana. Availablity berhubungan dengan ketersediaan 2018 Keamanan Jaringan Telekomunikasi Pusat Bahan Ajar dan eLearning 2 Freddy Artadima Silaban. Suatu jaringan (network) ada beberapa syarat dalam kemanan yaitu prevention(Pencegahan). Pendahuluan Keamanan jaringan sangat penting dilakukan untuk memantau proses kinerja dari jaringan dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Kedua menggunakan metode dan mekenisme seperti enkripsi. dan response(respon). Non-repudation.. Confidentially merupakan melakukan tindakan pencegahan bagi pengguna yang tidak memiliki akses untuk memperoleh data dan informasi. server based password authentication. Keamanan jaringan diperlukan juga untuk menghindari gangguan baik secara fisik maupun logik baik secara langsung mupun tidak langsung. Response dilakukan apabila suatu jaringan telah sukses disadap atau akses yang tidak bertanggungjawab sehingga membutuhkan tindakan segera harus diputuskan.ac.MT http://www. interruption merupakan dapat menguasai sistem tetapi tidak secara keseluruhan.Pembahasan 1. dimana suatu rancangan yang nantinya akan di implementasikan untuk melindungi jaringan agar terhindar dari berbagai ancamana dalam jaringan. dimana suatu cara untuk memberikan perlindungan baik secara fisik dan maya. dan modification merupakan merusak system secara keseluruhan. digital signature.id . Availability. b. Access Control. Beberapa cara dilakukan oleh hacker/penyadap untuk menyerang jaringan yaitu Interception merupakan pihak yang tidak mempunyai wewenang untuk mengakses berhasil memperoleh informasi. terminilogy kriptografi. Observation dilakukan apabila dalam suatu jaringan ada sesuatu hal tidak normal berjalan maka tindakan yang dilakukan adalah melihat daftar log akses. fabrication merupakan hacker/penyadap menyisipkan suatu objek dalam suatu target.

optik.id . dan video melalui jaringan berbasis komputer. Tujuan Jaringan Telekomunikasi 1. Tahapan perkembangan telekomunikasi yaitu:  Telegraph & Telephone (19th century)  Satelite Komunikasi (1960s)  Digital Komunikasi (1990s)  Internet Age (1990s)  Wireless Komunikasi (1990s)  Abad 21. suara. atau sistem elektromagnetik lainnya. Sistem informasi yang diserang / dijebol dapat menghambat / meniadakan akses ke informasi. 2018 Keamanan Jaringan Telekomunikasi Pusat Bahan Ajar dan eLearning 3 Freddy Artadima Silaban. pesan instan. dan konferensi video. Menurut UU No 36 tahun 1999 telekomunikasi adalah setiap pemancaran pengiriman dan atau penerimaan dari setiap informasi dalam bentuk tanda-tanda. teks. radio.. Di dalam sistem yang berbasis accountability murni tidak diterapkan mekanisme access control.ac. dan bunyi melalui system kawat.MT http://www. Accountability artinya setiap kegiatan user di dalam jaringan akan direkam (logged) User tidak akan mencoba-coba untuk melanggar kebijakan keamanan karena identitas dan segala kegiatannya dapat dikenali sehingga mereka dapat dituntut secara hukum. Accountabilitymencehah illegal behavior. gambar. seseorang yang mengirimkan email untuk memesan barang tidak dapat menyangkal bahwa dia telah mengirimkan email tersebut. gambar. Authentication berhubungan dengan metoda untuk menyatakan bahwa informasi betul-betul asli / orang yang mengakses / memberikan informasi adalah betul-betul orang yang dimaksud. Non-repudation merupakan menjaga agar seseorang tidak dapat menyangkal telah melakukan sebuah transaksi. Hal ini biasanyaberhubungan dengan masalah authentication dan juga privacy. WHAT NEXT?? I.informasi ketika dibutuhkan. audio. chat room. Memfasilitasi Komunikasi Semua orang dapat berkomunikasi secara efisiensi dan mudah melalui email. isyarat. telepon. Dengan adanya telekomunikasi memudahkan setiap manusia untuk saling berbagi informasi secara cepat dalam jarak jauh sekalipun. Sebagai contoh. Access Control berhubungan dengan cara pengaturan akses kepada informasi. Acces control seringkali dilakukan dengan menggunakan kombinasi user id/password atau dengan menggunakan mekanisme lain. Secara umum jaringan telekomunikasi dibeberapa pengaturan dimana pengirim mengirimkan pesan kepada penerima melalui saluran yang terdiri dari beberapa tipe media. tulisan. data. telepon video.SKom.mercubuana. Aspek ini sangat penting dalam hal electronic commerce. Telekomunikasi adalah proses pertukaran informasi dalam bentuk suara.

masing-masing computer pada jaringan dapat mengakses dan menggunakan hardware pada jaringan. karena data dikirimkan dalam bentuk gelombang atau inframerah. Kemampuan menyediakan akses ke data dan informasi pada perangkat penyimpanan bersama adalah fitur penting dari jaringan banyak.mercubuana. Wireless Wireless memiliki karakteristik : tidak menggunakan kabel. sehingga mudah dipindahkan. Membackup Informasi Penting Secara Tersentralisasi.SKom. dan Informasi Dalam lingkungan jaringan. Berbagai Hardware Dalam lingkungan jaringan. untuk melindungi oleh pengaruh medan elektromagnetik. b. Fiber Optic Cable Fiber optik memiliki karakterisktik sebagai berikut: data yang dikirimkan dalam bentuk pulsa cahaya kecepatan transmisinya paling tinggi. STP pada dasarnya memiliki karakteristik yang sama dengan UTP. c. Berbagi Perangkat Lunak II.ac. d. Data. setiap pengguna resmi (authorized user) dapat mengakses data dan informasi yang tersimpan di computer lain di jaringan. 2. Tipis dan fleksibel. 2. yaitu unshielded twisted-pair(utp) dan shielded twisted Pair. Selain dilindungi oleh isolator. Tidak terganggu oleh cuaca dan panas. Coaxial Cable Kabel ini terdiri atas 2 kabel yang diselubungi oleh 2 tingkat isolasi. 4. Isolasi pertama adalah isolasi yang menyelebungi kawat tembaga pejal. Twisted Pair Wire Cable Twisted pair wire cable terbagi 2 jenis. Tiap pasang kabel dipilin 6 kali per inchi. 3. kawat tembaga pejal ini juga dilindungi oleh kertas timah yang dipasang diatas isolator. Fiber Optik Fiber optik secara hararfiah memiliki arti serat optik atau bias disebut dengan serat kaca. Perbedaannya terletak pada besar kawat dan adanya selubung isolasi yang berfungsi untuk menghindari interferensi lsitrik. UTP terdiri atas 2.MT http://www.3. Serat kaca ini merupakan serat yang dibuat secara khusus dengan proses yang cukup rumit kemudian dapat digunakan untuk melewati data ingin dikirim dan 2018 Keamanan Jaringan Telekomunikasi Pusat Bahan Ajar dan eLearning 4 Freddy Artadima Silaban. Sharing File. 5. Jenis-Jenis Media Telekomunikasi a..id . Akses ke Database Berbagai Pakai (Shared) 6.4 atau lebih pasang kabel.

. Dari awal perkembangan tahun 1975 sampai sekarang. Keunggulan lainnya adalah daya tampungnya yang lebih besar. oleh sebab itu besaran yang dipakai untuk mengukur prestasinya. Fiber optik ukurannya yang kecil dan bobotnya yang ringan amat cocok jika dugunakan di tempat seperti pesawat udara. gunanya untuk mendeteksi. diukur dalam gigabit kilometer per detik (Gb. Informasi yang dibawa berupa sinyal digital. sudah terdapat lima generasi teknologi serat optik. Hal ini berdampak pada biaya yang lebih murah. Ada beberapa keunggulan serat optik dalam bidang komunikasi dibandingkan dengan kawat logam sebagai alat transmisi.km/s). karena sepanjang saluran transmisinya serat optik dengan demikian memerlukan repeater yang lebih sedikit. Mari kita ikuti perkembangannya. kemudian memperkuat sinyal lemah yang datang dan meneruskannya kembali ke tujuan semula. Jadi sejarah perkembangan serat optik selalu diwarnai usaha pemecahan rekor kapasitas transmisi ini. suatu bahan dielektrik yang transparan terhadap sinar. Dari penjelasan-penjelasan di atas. hambatan yang ada pada sistem deteksi langsung adalah kerugian intensitas selama perjalanan.MT http://www. sehingga usaha-usaha yang dilakukan pada umumnya dititik beratkan pada minimisasi kerugian intensitasnya ini. Kapasitas transmisi sebesar 1 Gb. Repeater adalah suatu alat yang dipasang di beberapa tempat sepanjang saluran transmisi.ac. bandingkan dengan gelombang radio (106 Hz) dan gelombang mikro (109Hz). serat optik mampu membawa informasi yang lebih banyak dibandingkan dengan kawat tembaga. mengakibatkan komunikasi sinar melalui serat optik dapat membawa informasi yang lebih banyak. lebih cepat dan lebih jauh penyampaiannya dengan tingkat kesalahan yang sekecil-kecilnya. yang disebut kapasitas transmisi. Kerugian selama transmisinya juga rendah karena ia terbuat dari silika (SiO 2). Komunikasi dengan sinar melalui serat optik bahkan mengungguli komunikasi dengan gelombang mikro. 1) Generasi Pertama (1975) Sistem masih sederhana dan menjadi dasar bagi system generasi 2018 Keamanan Jaringan Telekomunikasi Pusat Bahan Ajar dan eLearning 5 Freddy Artadima Silaban.mercubuana.id . Sinyal data selalu melemah dalam perjalanannya karena berbagai efek seperti hamburan dan serapan bahan yang dilaluinya. Frekuensi sinar yang digunakan relatif tinggi (berorde 1014 Hz). Sejarah Fiber Optik Teknologi serat optik selalu berhadapan dengan masalah bagaimana caranya agar lebih banyak informasi yang dibawa. yang tentu segera akan disusul oleh generasi-generasi berikutnya.SKom. apalagi jika dipakai untuk transmisi data dengan frekuensi tinggi.km/s berarti 1 milyar bit (data digital) dapat disampaikan tiap detik melalui jarak 1 km. diterima. A.

mula-mula ia mengubah sinyal gelombang yang sudah melemah menjadi sinyal listrik. kemudian diperkuat dan diubah kembali menjadi sinyal gelombang. sehingga sinyal yang sudah lemah intensitasnya masih dapat dideteksi. contohnya: suara.km/s. Repeater bekerja melalui beberapa tahap.SKom. Pada tahun 1984 kapasitasnya sudah dapat menyamai kapasitas sistem deteksi langsung..  Serat silica : sebagai penghantar sinyal gelombang  Repeater: sebagai penguat gelombang yang melemah di perjalanan  Receiver: mengubah sinyal gelombang menjadi sinyal listrik. Generasi pertama ini pada tahun 1978 dapat mencapai kapasitas transmisi sebesar 10 Gb. berupa fotodetektor. Tetapi 2018 Keamanan Jaringan Telekomunikasi Pusat Bahan Ajar dan eLearning 6 Freddy Artadima Silaban. Maka jarak yang dapat ditempuh. ukuran teras serat diperkecil agar menjadi tipe mode tunggal.2 mm sampai 1.6 mm.  Transmitter: mengubah sinyal listrik menjadi sinyal gelombang. 10 kali lipat lebih besar daripada generasi pertama.id . panjang gelombang yang dipancarkannya 1.mercubuana. Indeks bias kulit dibuat sedekat-dekatnya dengan indeks bias teras. penyempurnaan ini meningkatkan kapasitas transmisi menjadi beberapa ratus Gb.  Alat Encoding: mengubah sinyal listrik menjadi output. 2) Generasi Kedua (1981) Untuk mengurangi efek dispersi.terdiri dari:  Alat Encoding : mengubah input (missal suara) menjadi listrik. modulasinya yang dipakai bukan modulasi intensitas melainkan modulasi frekuensi.ac.km/s. Dengan sendirinya transmitter juga diganti dengan diode laser.3 mm.55 mm. Dengan modifikasi ini generasi kedua mampu mencapai kapasitas tarnsmisi 100 Gb. juga kapasitas transmisinya. ikut membesar. 3) Generasi Ketiga (1982) Penyempurnaan pembuatan serat siliki dan pembuatan chip diode laser dengan panjang gelombang 1. 4) Generasi Keempat (1984) Dimulainya riset dan pengembangan sistem koheren.MT http://www. berikutnya.87mm.km/s. berupa LED dangan panjang gelombang 0. Generasi ini terhambat perkembangannya karena teknologi piranti sumber dan deteksi modulasi frekuensi masih jauh tertinggal. kemurnian bahan siliki ditingkatkan sehingga transparansinya dapat dibuat untuk panjang gelomban sekitar 1.

SKom.ac. sedianya proyek ini akan selesai Juni 1994 yang akan dating. menghubungkan kota Aden di semenanjung Arab dengan kota Djibouti di daratan Afrika sepanjang 270 km lewat dasar laut. Kapasitas transmisi yang telah diuji mencapai 35 ribu 2018 Keamanan Jaringan Telekomunikasi Pusat Bahan Ajar dan eLearning 7 Freddy Artadima Silaban. Dengan adanya penguat optik ini kapasitas transmisi melonjak hebat sekali. tidak dapat disangkal bahwa sistem koheren ini punya potensi untuk maju pesat pada masa-masa yang akan datang. Keunggulan penguat optik ini terhadap repeater adalah tidak terjadinya gangguan terhadap perjalanan sinyal gelombang. Pada awal pengembangannya hanya dicapai 400 Gb. Sebuah penguat optik terdiri dari sebuah diode laser InGaAsP (panjang gelombang 1. Pada saat serat ini disinari diode lasernya.. Panjang soliton hanya 10-12 detik dan dapat dibagi menjadi beberapa komponen yang saling berdekatan. atom-atom itu akan serentak mengadakan deeksitasi yang disebut emisi terangsang (stimulated emission) Einstein.mercubuana. sehingga sinyal-sinyal yang berupa soliton merupakan informasi yang terdiri dari beberapa saluran sekaligus (wavelength division multiplexing).id .MT http://www. Mollenauer memelopori sistem komunikasi soliton.km/s ! Perusahaan Alcatel Submarcom sudah dikontrak untuk menerapkan teknologi generasi kelima ini di teluk Aden. 5) Generasi Kelima (1989) Pada generasi ini dikembangkan suatu penguat optik yang menggantikan fungsi repeater pada generasi-generasi sebelumnya. tetapi setahun kemudian kapasitas transmisi sudah menembus harga 50 ribu Gb. 6) Generasi Keenam ? Pada tahun 1988 Linn F.48 mm) dan sejumlah serat optik dengan doping erbium (Er) di terasnya. atom-atom erbium di dalamnya akan tereksitasi dan membuat inversi populasi*. sinyal gelombang tidak perlu diubah jadi listrik dulu dan seterusnya seperti yang terjadi pada repeater.km/s. Eksperimen menunjukkan bahwa soliton minimal dapat membawa 5 saluran yang masing-masing membawa informasi dengan laju 5 Gb/s. karena setiap saluran memiliki dua polarisasi yang berbeda. Komponen-komponennya memiliki panjang gelombang yang berbeda hanya sedikit. sehingga bila ada sinyal lemah masuk penguat dan lewat di dalam serat. Akibatnya sinyal yang sudah melemah akan diperkuat kembali oleh emisi ini dan diteruskan keluar penguat. dan juga bervariasi dalam intensitasnya. Cacah saluran dapat dibuat menjadi dua kali lipat lebih banyak jika dibunakan multiplexing polarisasi. Soliton adalah pulsa gelombang yang terdiri dari banyak komponen panjang gelombang.

Setelah cahaya ditangkap dari media fiber 2018 Keamanan Jaringan Telekomunikasi Pusat Bahan Ajar dan eLearning 8 Freddy Artadima Silaban. Didalam komponen ini terjadi proses mengubah sinyal-sinyal elektronik analog maupun digital menjadi sebuah bentuk sinyal-sinyal cahaya. cahaya yang kebal terhadap gangguan-gangguan.SKom..  Optical Receiver Optical receiver memiliki tugas untuk menangkap semua cahaya yang dikirimkan oleh optical transmitter. Sinyal inilah yang kemudian bertugas sebagai sinyal korespondensi. B. Kabel fiber optik biasanya terdiri dari satu atau lebih serat optik yang berfungsi untuk memand cahaya. yaitu yang memiliki kapasitas transmisi yang sebesar-besarnya dengan tingkat kesalahan yang sekecil-kecilnya. Cara kerja sistem soliton ini adalah efek Kerr.km/s. yang jelas. dunia komunikasi abad 21 mendatang tidak dapat dihindari lagi akan dirajai oleh teknologi serat optik.  Optical Transmitter Optical transmitter merupakan sebuah komponen yang bertugas untuk mengirimkan sinyal-sinyal cahaya ke dalam media pembawanya.MT http://www. Gb. Cahaya. sehingga soliton tidak akan melebar pada waktu sampai di receiver. komponen alam yang memiliki banyak kelebihan ini dimanfaatkan untuk membawa data dengan kecepatan dan bandwith yang sangat tinggi. Tampak bahwa penggabungan ciri beberapa generasi teknologi serat optik akan mampu menghasilkan suatu sistem komunikasi yang mendekati ideal. yaitu sinar-sinar yang panjang gelombangnya sama akan merambat dengan laju yang berbeda di dalam suatu bahan jika intensitasnya melebihi suatu harga batas.  Fiber Optic Cable Fiber optik merupaka komponen utama dalam sistem proses pengriman dan penerimaan. Cahaya yang berkecepatan tinggi. Efek ini kemudian digunakan untuk menetralisir efek dispersi. Komponen Sistem Komunikasi Fiber Optik Lima komponen utama dalam sistem komunikasi fiber optik adalah sebagai berikut:  Cahaya Pembawa Informasi Inilah sumber asal terjadinya system komunikasi fiber optik. cahaya yang mampu berjalan jauh.ac.id . Hal ini sangat menguntungkan karena tingkat kesalahan yang ditimbulkannya amat kecil bahkan dapat diabaikan.mercubuana. Sumber cahaya untuk komponen fiber optik adalah LED (Light Emiting Dioda) atau solis state laser diode.

telepon. C. optical generator terdiri dari serat optic yang dilapisi dengan bahan khusus yang dapat menguatkan laser. b) Bentuk yang sangat kecil dan murah. c) Akan ada kemungkinan kehilangan sinyal. E.MT http://www. dan perangkat digital lainnya. Sinyal cahaya yang dikirimkan akan mengalami degradasi dalam jarak kurang lebih 1 km.id .SKom.  Penurusan kualitas sinyal lebih sedikit.ac. d) Isyarat dalam kabel terjamin keamanannya. e) Karena di dalam serat tidak terdapat tenaga listrik. Kelemahan Serat Optik a) Sulit membuat terminal pada kabel serat. sinyal lsitrik digital tadi dikirimkan ke sistem pemrosesnya seperti televisi.  Lebih kuat dan tidak akan mudah mengalami korosi. computer.  Pengiriman data menggunakan sinyal digital. maka tidak akan terjadi ledakan maupun percikan api.  Optical Generator Optical generator merupakan komponen yang tidak perlu ada ketika menggunakan fiber optik dalam jarak dekat saja. Optical receiver berupa sensor cahaya seperti photocell atau photodiode yang sangat peka dan sensitive terhadap perubahan cahaya.mercubuana. Setelah di decode. pengiriman ke tujuan yang berbeda- 2018 Keamanan Jaringan Telekomunikasi Pusat Bahan Ajar dan eLearning 9 Freddy Artadima Silaban. sehingga memperkecil jumlah sambungan dan jumlah pengulang. sehingga sanggup menampung informasi besar. sehingga sinyal akan didecode menjadi sinyal-sinyal digital yang tidak lain adalah infromasi yang dikirimkan. optik..  Ukuran lebih kecil. b) Penyambungan serat harus menggunakan teknik dan ketelitian yang tinggi. c) Tidak terpengaruh oleh medan elektris dan medan magnetis.  Daya listrik lebih kecil. Keuntungan Fiber Optik Dibandingkan Komponen Lainnya Keuntungan fiber optik dibandingkan dengan komponen lainya yaitu:  Lebih ekonomis untuk komunikasi jarak jauh. Keunggulan Serat Optik a) Lebar bidang yang luas. f) Substan sangat rendah.  Ringan dan fleksibel  Komunikasi lebih aman D.

ac.MT http://www. Persamaan Gelombang Datar dan Maxwell a) Gelombang Datar Gelombang adalah fenomena alamiah yang terjadi dalam ruang dan waktu. d) Fiber masih sulit untuk disatukan dan ketika telah mencapai titik akhir maka fiber harus diterima secara akurat untuk menghasilkan transmisi yang jernih. medium di elektrik sempurna atau pada medium konduktor dan konduktor merugi. Sehingga jika gelombang datar merambat pada medium dielektrik merugi atau pada medium konduktor sempurna akan mengalami redaman yang cukup besar sehingga akan 2018 Keamanan Jaringan Telekomunikasi Pusat Bahan Ajar dan eLearning 10 Freddy Artadima Silaban. Sifat gelombang datar berbeda ketika harus merambat pada ruang bebas.mercubuana. 3. Pada ruang bebas atau pada medium dielektrik sempurna memiliki faktor atenuasi (e-ax) hampir mendekati satu (=1) dengan konstanta redaman mendekati nol (α=0). Sedangkan pada medium dielektrik merugi dan konduktor sempurna memiliki factor atenuasi yang besar dimana konstanta redaman α > 0.SKom. Contoh Gelombang Datar Gelombang datar memiliki sifat perambatan yang berbeda ketika gelombang tersebut merambat di medium perambatan yang berbeda.. Jika jarak antara sumber gelombang dan penerima sangat jauh (d>>) maka sumber gelombang dapat dianggap sebagai sumber titik dan muka gelombang seolah membentuk bidang data. Gelombang datar adalah gelombang yang apabila sebuah bidang tegak lurus dengan arah perambatannya. e) Komponen FO masih sangat mahal.id . maka titik-titik potong gelombang tersebut pada bidang yang tegak lurus memiliki sudut fasa yang sama. Gambar 1. beda dapat mempengaruhi besarnya informasi yang dikirimkan.

ilmuwan Prancis Andre Marie Ampere (1775 – 1836). Dengan Teori Maxwel tentang gelombang ekektromagnetik mempersatukan teori Newton serta Huygesa tentang ilmu cahaya. yaitu teori yang menyebutkan bahwa cahaya adalah rambatan gelombang yang dihasilkan oleh kombinasi medan listrik dan medan magnetik. James Clerk Maxwell. Persamaan gelombag datar: Keterangan :  Ex0 : Amplitudo awal medan listrik  α : Konstanta redaman (neper/meter)  ω : kecepatan sudut medan listrik yang sebanding dengan 2πf  β : konstanta fasa dari medan listrik  z : arah propagasi atau rambat medan listrik  ax : arah polarisasi atau arah getar medan listrik b) Persamaan Maxwell Teori maxwell dikemukakan pada 1864. Hal ini membuktikan bahwa di sekitar arus listrik terdapat medan magnet. Hal tersebut didasari perbedaan parameter primer atau sekunder setiap medium. persis seperti magnet.mercubuana. muncul istilah skin depth atau kedalaman kulit atau kedalaman penetrasi. James Clerk Maxwell (1831 – 1879). Kemudian.ac. panjang gelombang.MT http://www.. Percobaan yang dilakukan oleh Hans Christian Oersted (1777 – 1851). Selanjutnya medium yang bisa dijadikan kasus umum untuk persamaan gelombang adalah medium dielektrik merugi.id . menemukan bahwa dua kawat yang bermuatan arus listrik dapat dibuat tarik-menarik atau tolak-menolak.SKom. menunjukkan bahwa arus listrik dapat membuat jarum kompas berubah arah. fasa dan konstanta fasa. oleh fisikawan Inggris. Pada medium ini mengandung sifat dielektrik tetapi dengan konduktivitas lebih besar dari 0. menyatakan bahwa medan listrik dan medan magnet berhubungan erat. Adapun penurunan persamaan gelombang dapat diambil dari salah-satu medium (selanjutnya disebut kasus yang paling umum) yang dapat mewakili semua medium. impedansi gelombang. Gelombang datar menunjukan salah satu pemakaian yang paling sederhana dari persamaan Maxwell dan memberi ilustrasi mengenai prinsip penjalaran. Gelombang yang dihasilkan oleh medan listrik dan medan magnetik ini disebut gelombang elektromagnetik. Pada tahun 1865. ilmuwan Skotlandia. Menurut teori maxwell tentang 2018 Keamanan Jaringan Telekomunikasi Pusat Bahan Ajar dan eLearning 11 Freddy Artadima Silaban.

gelombang elektromagnetik bahwa cahaya adalah suatu bentuk radiasi gelombang elektromagnetik.MT http://www.id . Gelombang elektromagnetik dihasilkan oleh muatan yang dipercepat terdiri dari medan magnet B dan Medan listrik E yang bergetar saling tegak lurus serta keduanya tegak lurus arah perambatan gelombang.SKom. Maxwell menghitung cepat rambat gelomabang elektromagnetik dengan persamaan: Keterangan : C = cepat rambat gelombang elektromagnetik μₒ = permeabilitas ruang hampa = 4π x 10-7Wb/Am Ԑₒ = permitivitas ruang hampa = 8.. 2018 Keamanan Jaringan Telekomunikasi Pusat Bahan Ajar dan eLearning 12 Freddy Artadima Silaban.85418 x 10-12C2/N m2 Dengan memasukkan harga μₒ dan Ԑₒ diatas maka di peroleh cepat rambat gelombang elektromagnetik sebesar c= 2.mercubuana.ac. Sehingga gelombang elektromagnetik temasuk gelombang transversal.99792 x 108 m/s = 3 x 108 m/s. Dengan Teori Maxwel tentang gelombang ekektromagnetik.

lecture.ac. url: http://budisyihab.id/files/2011/03/03-Jaringan-Internet-Lite1.url: http://comp- eng.SKom.url: http://itgeek. Cdndata.binus.id/files/2017/08/01_BSA_Elmagtel_Persamaan- Gelombang-Datar-1_v01.go.Jaringan Internet url: http://hikaruyuuki.Universitas Telkom.itu.awardspace.pdf.url: tan.staff.php/berita_dirgantara/article/download/2106/1914.pdf Eka Firmsyah.int/dms_pub/itu- t/opb/hdb/T-HDB-OUT.PDF 2018 Keamanan Jaringan Telekomunikasi Pusat Bahan Ajar dan eLearning 13 Freddy Artadima Silaban.pdf.Pengenalan Sistem Komunikasi Fiber Optik.Daftar Pustaka Anonim.MT http://www.ac. Jurnal url: http://jurnal.telkomuniversity.id .ac.Modul SKSO.id/index..id/files/2014/05/Pengenalan-Sistem-Komunikasi-Serat-Optik.telkomuniversity.id/sistem-keamanan- jaringan-komputer/. Dosen.ub. Sugata Pikatan.Universitas Brawijaya.mercubuana.com/pubi/Optik.lapan.url: http://ridhanegara.2009.ac. Optical Fibers and System.id/files/2013/08/Modul-%E2%80%93-13-SKSO- versi-RMG.pdf. Malcolm Johnson. url: https://www.ac.telkomuniversity.id/pjj/15161/DTG2H2/DNN/COURSE_MATERIAL/z14449 769606d13c603eaab2d46c09280c3107e9299.Persamaan Gelombang Datar.pdf Ridha Negara.staff.ppt. Budi Syihab.10-2009-1-PDF-E.Sistem Kemanan Jaringan Komputer.ac.Universitas Telkom url: http://cdndata.