You are on page 1of 21

Instalasi dan Aplikasi Elektronik SPT

PPh Orang Pribadi (1770)

Cara Instal e-SPT Tahunan PPh Orang Pribadi

Klik dua kali file Setup di bawah

Kemudian klik Next

k
l
@by:4bu
i
k

Pemilihan Folder dan Konfirmasi Instalasi Klik Next @by:4bu .

@by:4bu . Proses instalasi berhasil. Klik Close.

1. berikutnya adalah menginstal patch update. Setelah berhasil diinstal.exe & Patch1. klik Patch. Caranya.exe Bila sudah instal Patch. akan ada tambahan menu seperti terlihat di bawah ini Tambahan menu setelah instal Patch @by:4bu .

Penampakan Program e-SPT yang sudah terinstal di Windows 8 Klik @by:4bu .

Simulasi Pengisian e-SPT PPh Tahunan Orang Pribadi (Buka e-SPT PPh Tahunan OP yang sudah diinstal) Klik Koneksi Database Pilih Folder Database. Lalu klik Data @by:4bu .

Menu Login Password : 123 Kemudian klik Login @by:4bu .

7-521. Mengisi Profil Wajib Pajak Yg bertanda (*) wajib diisi NPWP : 07.000 Nama : Andy Obama Telepon : 634219 Jenis Usaha : Dagang Klik @by:4bu .468.596.

@by:4bu .000) Tgl Awal Berlaku: 01/01/2015 Tgl Akhir Berlaku:31/12/2020 Lalu klik Simpan.000.000) menjadi PTKP Baru (Rp 36. Langkah-langkahnya sebagai berikut: Klik Setting  PTKP Ubah PTKP Lama (Rp 24.300. Sebelum ke menu Buat SPT. kita ubah dulu PTKP lama dengan PTKP yang baru.

Kemudian klik menu Buat SPT Baru. Pilih SPT Tahunan OP 1770 dan Tahun Pajak 2015 Klik @by:4bu .

Klik tab Tambah. Kita input dulu Daftar Pembayaran PP 46/2013. 16 (Penghasilan Lain yg Dikenakan Pajak Final) @by:4bu . Kemudian isikan data yg ada Data Peredaran Bruto & PPh Final Dibayar akan otomatis masuk ke Form 1770 III Bagian A No. berikutnya adalah memasukan data ke Lampiran SPT. Setelah SPT dibuat.

Penghasilan Neto Dalam Negeri Sehubungan dengan Pekerjaan. Daftar Utang dan Susunan Anggota Keluarga Lampiran III : Penghasilan yang Dikenakan Pajak Final. Penghasilan yg Tidak Termasuk Objek Pajak Lampiran II : Daftar Pemotongan/Pemungutan PPh oleh Pihak Lain Lampiran I : Penghasilan Neto Dalam Negeri dari Usaha dan/atau Pekerjaan Bebas. Langkah berikutnya adalah mengisi Lampiran IV hingga Lampiran I Lampiran IV : Daftar Harta. Penghasilan Neto Dalam Negeri Lainnya Lampiran IV @by:4bu .

Untuk menginput utang. Lampiran IV Bila masih ada data yg akan diinput. klik Ubah. klik Tambah. Klik Bagian B @by:4bu . Atau bila ada yg akan diubah.

Input anggota keluarga @by:4bu .

000. Lampiran III Contoh dlm simulasi ini Andy Obama memperoleh penghasilan bruto tahun 2015 sebesar Rp 250.000 (Data sudah terisi otomatis dari Daftar Pembayaran PP 46/2013) @by:4bu Klik .

Lampiran II Bila ada Bukti Pemotongan/ Pemungutan dari pihak lain. silakan diinput di form ini. @by:4bu .

Misalnya ada penghasilan dari Sewa atau Penghasilan Lainnya.IV. Silakan diinput apabila ada data yg akan diinput. Lampiran I Berikutnya adalah menginput Lampiran I. @by:4bu . Cara menginputnya sama dengan menginput di Lampiran II .

Pengisian berikutnya adalah Induk SPT. G Kuasa Tanggal agar diisi @by:4bu . Klik Induk Bag. Silakan klik Bagian B (PTKP). Kuasa (klik Wajib Pajak). B Klik sesuai status PTKP Bag. Bagian G  Lampiran (dicentang).

C M e e t m a b k u a S t P T C S V Hanya Induk yg bisa dicetak Catatan: Bila sudah dibuat CSV. Silakan lihat gambar berikut. @by:4bu . Langkah berikut adalah mencetak SPT (hanya Induk yg bisa dicetak) & membuat CSV. maka data SPT yg sudah diinput tidak dapat diubah.

Selesai @by:4bu .