You are on page 1of 5

JURNAL BELAJAR 9

VARIABEL PENELITIAN
13 Oktober 2017

A. Identitas Mahasiswa
Nama : Sendy Devi R
NIM : 160342606282
Prodi/Kelas : S1 Biologi / H

B. Topik Pembelajaran
Variabel penelitian
C. Konsep yang Dipelajari
Pada materi ini membahas tentang definisi variable dan jenis variable
D. Eksplorasi Konsep
Variabel berasal dari kata “vary” dan “able” yang berarti “berubah” dan “dapat”.
Secara harfiah variabel berarti dapat berubah, sehingga setiap variabel dapat diberi nilai
dan nilai itu berubah-ubah. Nilai tersebut bisa kuantitatif (terukur dan atau terhitung,
dapat dinyatakan dengan angka) juga bisa kualitatif (jumlah dan derajat atributnya yang
dinyatakan dengan nilai mutu). Variabel adalah suatu konsep, kualitas, karakteristik,
atribut, atau sifat-sifat dari suatu objek (orang, benda, tempat, dll) yang mempunyai lebih
dari satu nilai, keadaan, kategori, atau kondisi (Sulistijono, 2016).
Variabel penelitian pada dasarnya adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja
yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal
tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya. (Sugiyono, 2007)
Jenis variable dapat dibedakan atas :
 Variabel Dependen (terikat)
Variabel terikat (dependent) merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang
menjadi akibat dari variabel bebas (independent). Variabel terikat adalah
faktor yang diamati dan diukur untuk menentukan pengaruh dari variabel
bebas (variabel independent).

atau antecedent. Variabel bebas biasanya dimanipulasi. treatment. Apabila variabel bebas berubah.  Variabel Kontrol yang dapat mempengaruhi hasil penelitian. dipilih.  Variabel intervening adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Variabel bebas (independent) sering disebut variabel prediktor (peramal) dan variabel dependen sebagai kriterium (yang diprediksi). Konsep yang Belum Dipahami Materi yang belum saya pahami adalah bagaimana cara penentuan variabel pada suatu rumusan masalah. input. E. dimanipulasi atau dipilih peneliti untuk mengungkap apakah faktor tersebut mengubah hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Variabel moderator adalah variabel yang dapat mempengaruhi hubungan atau memodifikasi hubungan antara variabel bebas (X) dan terikat (Y). faktor. tetapi pengaruhnya dinetralkan atau dikontrol. tetapi tidak dapat diamati dan diukur. Identifikasi Masalah Permasalahan yang muncul selama perkuliahan: . Variabel kontrol adalah variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti. Variabel bebas (independent) disebut juga sebagai peubah bebas. diamati. prediktor. maka variabel terikat juga akan berubah.  Variabel Moderator Variabel moderator adalah faktor yang diukur. dijaga agar tidak memberikan pengaruh disebut variabel kontrol.  Variabel Independen (bebas) Variabel bebas (independent variable) adalah variabel yang diduga sebagai sebab munculnya variabel terikat (dependen). variabel stimulus. F. dan diukur untuk diketahui hubungannya (pengaruhnya) dengan variabel lain.

variabel tersebut akan lebih baik jika memenuhi indicator…. variabel terikatnya cowok. . jika tidak menggunakan angka Jawaban : Penanya 2 : Lita Pertanyaan : Bagaimana cara menentukan kelima macam variabel tersebut? Jawaban : mengukur tanaman berdasar nutrisi yang diberikan. moderator tidak dapat dilihat secara langsung akan tetapi mempengaruhi tanggapan : (Arik) skema intervening jangan ditaruh antara (T) dan (B) jadi sebaiknya langsung ke (T) (Faris) saya setuju dengan sumardi bahwa (I) diantara T dan B Penanya 3 : Arik Pertanyaan : variabel antara tidak dapat diamati tapi mempengaruhi variabel terikat.Sesi I Penanya 1 : arik Pertanyaan : ciri dari variabel harus dapat diukur atau dinilai. hormon tanggapan : (lita) variabel moderator dan intervening sama-sama memepengaruhi? Jawaban : sama-sama mempengaruhi.air disamakan Variabel Moderator : jamur pada akar Variabel intervening : gen . Variabel terikat : tinggi tanaman Variabel bebas : nutrisi Variabel control : cahaya. Bagaimana jika variabel antara hampir mendekati variabel bebas? Jawaban : intervening berpengaruh antara variabel bebas dan antara. intervening secara langsung mempengaruhi bisa saja tidak mempengaruhi. Intervening tidak sama dengan variabel bebas karena intervening Yang menengahi antara variabel bebas dan variabel terikat. Contoh: variabel bebasnya cewek. bisa langsung dilihat dengan langsung.

dan control itu yang utama untuk penelitian sederhana Penanya 4 : rima Pertanyaan : variabel terikat hasil dari variabel variabel. air akan mempengauhi pertumbuhan tanaman cabai . Bagaimana kita dapat mengetahui jika variabel terikatnya hasil dari pengaruh variabel bebasnya bukan dari variabel antara jawaban : tinggi tanaman cabai yang dipengaruhi oleh nutrisi v. pupuk dll v. Tanggapan : (Arik) variabel intervening tidak bisa melebihi variabel bebas Penyaji : benar karena yang utama adalah variabel bebas akan mempengaruhi variabel terikat. Penyangga : (Arik) apakah variabel intervening perlu dimasukkan dalam penelitian atau proyek kita? Jawaban : jika penelitian yang tinggi maka kita memasukkannya tp jika penelitian sederhana tidak perlu dimasukkan Penyangga : (lita) variabel intervening dan moderator perlu dimasukkan walau penelitian sederhana. antara : hormone/gen ketika tanaman cabai diberi perlakuan air.pupuk. tidak dapat diamati. Moderator dapat diamati. Moderator dan intervening bisa tidak dimasukkan. antara : hormone/gen (fita) Variabel antara mempengaruhi v bebas dab terikat V terikat : pertumbuhan tanama cabai V bebas : kadar air.akan menunjukkan pertumbuhan tanaman cabai. ketika tidak ada hormone maka pupuk . bebas : kadar air.bebas. untuk terikat. Jika v moderator harus ada v intervening? Penyaji : intervening.pupuk dll v. terikat : pertumbuhan tanaman cabai v. interveningnya yang menengahi hubungan keduanya.

Diskusi berjalan dengan baik. Kemudian setelah selesai sesi tanya jawab ditutup oleh moderator. Komentar Kegiatan Kelas (Refleksi) Pertemuan kali ini diisi tentang penjelasan materi pendekatan variabel penelitian. . Kemudian penyaji mulai berdiskusi dan menjawab satu persatu pertanyaan yang telah diberikan audience. Dengan adanya hal tersebut dosen memberikan penjelasan mengenai pertanyaan yang sulit penyelesaiannya dan memberi sedikit klarifikasi agar tidak salah pemahaman. Namun saya belum terlalu mengerti beberapa materi yang disampaikan. Beliau menyampaikan jawaban-jawaban yang sudah terjawab dengan membenarkan dan juga mengkoreksi agar tidak terjadi kesalahan teori. Selanjutnya para audience diberi kesempatan untuk bertanya. Dimana materi yang dibahas adalah mengenai pendekatan penelitian. Selanjutnya penyampaian materi oleh Ibu Dian selaku dosen pengganti sementara dari Ibu Rahayu. Kegiatan Kelas Pertemuan hari diawali dengan diskusi bersama melalui kegiatan presentasi yang dijalankan oleh kelompok presentasi. beliau menutup kegiatan presentasi dengan salam.G. Banyak pertanyaan maupun sanggahan yang diberkan audience untuk para penyaji. Diawali dengan dibuka oleh moderator dari kelompok selanjutnya sebagai prmimpin jalannya presentasi dari kelompok yang presentasi dan dengan didampingi oleh notulen juga. Selanjutnya sesi tanya jawab. presentator kembali ke tempat masing-masing. Kemudian karna jam kuliah pada mata kuliah ini selesai. Diskusi berjalan sesuai rencana dimana penyaji memulai menjelaskan materi kepada audience. Dibuka sesi pertama dengan 4 orang penanya kemudian dilanjutkan dengan membuka sesi penyangga atau penambahan materi oleh audience yang selanjutnya dicatat oleh notulen. H.