You are on page 1of 14

MAKALAH PENDIDIKAN BUDAYA ANTI KORUPSI

KASUS KORUPSI DANA IBADAH HAJI OLEH SURYADHARMA ALI
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah PBAK
Dosen Pengampu : Yamtana, SKM. M.kes

Disusun oleh :

Asila Hanunnisa

P07133216032

DIV KESEHATAN LINGKUNGAN

POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

TAHUN 2017

Yogyakarta. yang telah memberikan kemudahan dan petunjuk dalam menyelesaikan makalah ini yang berjudul “KASUS KORUPSI DANA IBADAH HAJI OLEH SURYADHARMA ALI”. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan. Semoga amal baik dan bantuan dari semua pihak mendapatkan pahala dari Allah SWT. KATA PENGANTAR Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. oleh karena itu saran dan kritik yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan penulisan makalah berikutnya. Harapan penulis. 17 Oktober 2017 Penulis . semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Korupsi di Indonesia dewasa ini sudah merupakan patologi sosial (penyakit sosial) yang sangat berbahaya yang mengancam semua aspek kehidupan bermasyarakat. dan juga harus jujur mengatakan. Bentuk perampasan dan pengurasan keuangan negara demikian terjadi hampir di seluruh wilayah tanah air. negaratercinta ini dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia bukanlah merupakan sebuah negara yang kaya malahan termasuk negara yang miskin. Kualitas tersebut bukan hanya dari segi pengetahuan atau intelektualnya tetapi juga menyangkut kualitas moral dan kepribadiannya. pada umumnya masyarakat masih dinilai belum menggambarkan upaya sunguh-sunguh dari pemerintah dalam pemberantasan korupsi di Indonesia. Berbagai sorotan kritis dari publik menjadi ukuran bahwa masih belum lancarnya laju pemberantasan korupsi di Indonesia. tidak terlepas dari kiprah KPK sebagai lokomotif pemberantasan dan pencegahan korupsi di Indonesia. bahwa hal tersebut merupakan sebuah prestasi. berbangsa dan bernegara. THR. BAB I PENDAHULUAN A. Masyarakat dan bangsa Indonesia harus mengakui. sehingga yang menonjol adalah sikap kerakusan dan aji mumpung. Latar Belakang Indonesia merupakan salah satu negara terkaya di Asia dilihat dari keanekaragaman kekayaan sumber daya alamnya. Hal itu merupakan cerminan rendahnya moralitas dan rasa malu. . Rapuhnya moral dan rendahnya tingkat kejujuran dari aparat penyelenggara negara menyebabkan terjadinya korupsi. Berbagai upaya pemberantasan korupsi. Masyarakat menduga masih ada praktek tebang pilih dalam pemberantasan korupsi di Indonesia. Tetapi ironisnya. bahwa prestasi tersebut. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya kualitas sumber daya manusianya. Masyarakat Indonesia bahkan dunia terus menyoroti upaya Indonesia dalam mencegah dan memberantas korupsi. Namun yang lebih memprihatinkan lagi adalah terjadinya perampasan dan pengurasankeuangan negara yang dilakukan secara kolektif oleh kalangan anggota legislatif dengan dalih studi banding. uang pesangon dan lain sebagainya di luar batas kewajaran. Korupsi telah mengakibatkan kerugian materiil keuangan negara yang sangat besar.

Rumusan Masalah 1. Apa pengertian dari korupsi ? 2. Untuk mengetahui kronologi kasus korupsi di Indonesia. 3. Untuk mengetahui undang – undang dan pasal yang yang menjerat kasus korupsi di Indonesia. dan selamat tercapai. Tujuan 1. B. Sorotan masyarakat yang demikian tajam tersebut harus difahami sebagai bentuk kepedulian dan sebagai motivator untuk terus berjuang mengerahkan segala daya dan strategi agar maksud dan tujuan pemberantasan korupsi dapat lebih cepat. Bagaimana kronologi contoh kasus korupsi di Indonesia ? 3. Salah satu kasus korupsi yang terjadi di Indonesia adalah kasus korupsi dana ibadah haji oleh mantan menteri agama yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dan telah menjalani hukuman. Selain itu. diperlukan dukungan yang besar dari segenap kalangan akademis untuk membangun budaya anti korupsi sebagai komponen masyarakat berpendidikan tinggi. Untuk mengetahui pengertian korupsi. Apa saja undang – undang dan pasal yang menjerat kasus tersebut ? C. 2. .

dari yang paling ringan dalam bentuk penggunaan pengaruh dan dukungan untuk memberi dan menerima pertolongan. menggoyahkan. yang arti harafiahnya pemerintahan oleh para pencuri. tetapi pada hakekatnya mempunyai makna yang sama. dan sebagainya. yang jka dilihat dari struktrur bahasa dan cara penyampaiannya yang berbeda. Jadi korupsi merupakan gejala salah pakai dan salah urus dari kekuasaan. menyogok) adalah tindakan pejabat publik. Kartono (1983) memberi batasan korupsi sebagi tingkah laku individu yang menggunakan wewenang dan jabatan guna mengeduk keuntungan pribadi. Wertheim menyatakan bahwa seorang pejabat dikatakan melakukan tindakan korupsi bila ia menerima hadiah dari seseorang yang bertujuan mempengaruhinya agar ia mengambil keputusan yang menguntungkan kepentingan si pemberi hadiah. sanak saudara dan teman. salah urus terhadap sumber-sumber kekayaan negara dengan menggunakan wewenang dan kekuatankekuatan formal (misalnya denagan alasan hukum dan kekuatan senjata) untuk memperkaya diri sendiri. baik politisi maupunpegawai negeri.rusak. merugikan kepentingan umum dan negara. korupsi atau korupsi politis adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidaklegal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak. Korupsi terjadi disebabkan adanya penyalahgunaan wewenang dan jabatan yang dimiliki oleh pejabat atau pegawai demi kepentingan pribadi dengan mengatasnamakan pribadi atau keluarga. memutarbalik. BAB II PEMBAHASAN A. Pengertian Korupsi Korupsi (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk. Banyak para ahli yang mencoba merumuskan korupsi. Beratnya korupsi berbeda-beda. Titik ujung korupsi adalah kleptokrasi. dimana pura-pura bertindak jujur pun tidak ada sama sekali. . Dalam arti yang luas. demi keuntungan pribadi. Semua bentuk pemerintah|pemerintahan rentan korupsi dalam prakteknya. sampai dengan korupsi berat yang diresmikan.

26 Mei 2014 dan resmi mengirimkan surat pengunduran diri kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 28 Mei 2014. Selanjutnya. . Keluarga yang ikut diongkosi antara lain para istri pejabat Kementerian Agama. Pada tahun 1985 ia berkarier di PT. pemisaham keuangan pribadi dengan masyarakat. juga dapat dianggap sebagai korupsi. Penetapan tersebut berdasarkan pengembangan kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji tahun 2012-2013 di Kementerian Agama. Selain itu. ia juga aktif di berbagai organisasi ritel di Indonesia. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bergerak cepat mengusut kasus dugaan korupsi dana penyelenggaran haji 2012-2013. Drs. Sebelumnya ia menjabat sebagai Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah pada Kabinet Indonesia Bersatu. M. Wertheim menambahkan bahwa balas jasa dari pihak ketiga yang diterima atau diminta oleh seorang pejabat untuk diteruskan kepada keluarganya atau partainya/ kelompoknya atau orang-orang yang mempunyai hubungan pribadi dengannya. hingga tahun 1999 di mana ia menduduki posisi Deputi Direktur perusahaan ritel tersebut. Jakarta. 19 September 1956. B. KPK juga mengeledah ruang kerja Suryadharma Ali dan Dirjen Haji-Umrah. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan menemukan adanya transaksi mencurigakan yang memperlihatkan bahwa Suryadharma mengajak 33 orang untuk berangkat haji. jelas bahwa ciri yang paling menonjol di dalam korupsi adalah tingkah laku pejabat yang melanggar azas pemisahan antara kepentingan pribadi dengan kepentingan masyarakat. pada tahun 1984. Suryadharma diduga memanfaatkan dana setoran awal haji oleh masyarakat untuk membiayai pejabat Kementerian Agama dan keluarganya naik haji. (lahir di Jakarta. Pada 23 Mei 2014 Suryadharma Ali dinyatakan oleh KPK sebagai tersangka dalam kasus korupsi dana haji. umur 61 tahun) adalah Menteri Agama Indonesia dari 22 Oktober 2009 hingga 28 Mei 2014. KPK menetapkan Menteri Agama Suryadharma Ali sebagai tersangka. Anggita Abimanyu. Suryadharma Ali menyatakan mundur dari jabatannya pada Senin. Hero Supermarket. Contoh Kasus Korupsi di Indonesia Kasus korupsi dana ibadah haji oleh Suryadharma Ali. Suryadharma Ali. Kamis (22/5/2014). Menghadapi proses hukum yang menunggunya. Kadang-kadang orang yang menawarkan hadiah dalam bentuk balas jasa juga termasuk dalam korupsi.Si. Kuota haji diduga juga diberikan kepada wartawan. Dalam keadaan yang demikian. Ia menyelesaikan pendidikan sarjananya di IAIN Syarif Hidayatullah. H.

pengawal pribadi. Suryadharma menunjuk orang- orang tertentu yang tidak memenuhi persyaratan menjadi petugas panitia penyelenggara ibadah haji di Arab Saudi. Sebagai imbalan. dan politisi PPP yang ikut dalam rombongan haji gratis. dan sopir terdakwa ataupun sopir istri terdakwa agar dapat menunaikan ibadah haji secara gratis.830.375. Vonis Suryadharma lebih ringan daripada tuntutan jaksa penuntut umum. Suryadharma di vonis 6 tahun penjara. DOM yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara yang diterima Suryadharma berjumlah Rp 100 juta per bulan. dia tahu bahwa pemondokan tersebut sudah berkali-kali ditolak oleh tim penyewaan perumahan haji. Dalam penyelenggaraan haji tersebut. Selain itu. termasuk keluarga. ajudan. Suryadharma meloloskan penawaran penyewaan rumah jemaah haji yang diajukan pengusaha di Arab Saudi. Suryadharma juga dianggap menggunakan dana operasional menteri (DOM) untuk kepentingan pribadinya. Cholid Abdul Latief Sodiq Saefudin. Suryadharma mengakomodasi permintaan Komisi VIII DPR untuk memasukkan orang-orang tertentu supaya bisa naik haji gratis dan menjadi petugas panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi. KPK juga menduga ada penggelembungan harga terkait dengan katering. Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta menolak permohonan banding yang diajukan mantan Menteri Agama Suryadharma Ali. pemondokan.Dengan demikian.4 juta. keluarga Suryadharma. Suryadharma menggunakan DOM untuk biaya pengobatan anaknya sebesar Rp 12. dia juga memasukkan orang-orang dekatnya. Suryadharma juga diwajibkan membayar uang pengganti sebesar nilai kerugian negara tersebut. Terkait penyidikan kasus ini. Jaksa menuntut Suryadharma hukuman 11 tahun penjara. Pengadilan Tinggi justru memperberat hukuman bagi Suryadharma. Dalam penyelenggaraan haji tahun 2015. ia juga membayar ongkos transpornya beserta keluarga dan ajudan ke Singapura untuk liburan sebesar Rp 95. Sementara itu. . Hakim menganggap perbuatan Suryadharma menyebabkan kerugian negara hingga Rp 1. Tidak hanya itu. Majelis hakim menjatuhkan vonis enam tahun penjara terhadap mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan itu. dan transportasi jemaah haji.8 miliar. KPK juga telah memeriksa sejumlah anggota DPR. Suryadharma menerima kiswah atau kain penutup Kakbah dari Cholid. Selama menjadi menteri.

dalam hal tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilakukan dalam keadaan tertentu. C. Pasal 2 ayat (2) berbunyi.000. 20 tahun 2001 berbunyi setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. Atas penyalahgunaan wewenangnya. pidana mati dapat dijatuhkan. Sementara itu.090.283. Suryadharma dianggap merugikan keuangan negara sebesar Rp 27. Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi menyatakan. Selain itu. denda Rp 300 juta subsider tiga bulan kurungan kepada Suryadharma Ali tidak berubah.000.00 (satu miliar rupiah). 31 tahun 1999 jo.405 riyal Saudi.068 dan 17. Pengadilan Tinggi juga menambah hukuman berupa pencabutan hak politik Suryadharma selama lima tahun setelah pidana penjara selesai dijalani. Suryadharma terbukti menyalahgunakan jabatannya selaku menteri dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2010-2013 dan dalam penggunaan dana operasional menteri. “Pasal 2 dan Pasal 3.00 (dua ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp1. UU No. . Analisa Kasus Korupsi Menteri Agama Suryadharma Ali disangka melanggar dua pasal dalam Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penyelenggaraan haji.000. dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan denda paling sedikit Rp200. majelis hakim justru menambah hukuman bagi Suryadharma menjadi 10 tahun penjara.000.000.” kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto dalam pesan singkat yang diterima wartawan di Jakarta. Kamis (22/5/2014) malam. Pasal 2 ayat (1) UU No.967. Juru bicara Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Heru Pramono mengatakan.

20 tahun 2001 berbunyi Setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi.000.000. Sedangkan Pasal 3 UU No. kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. menyalahgunakan kewenangan. .000 (satu miliar rupiah).000. UU No.000.00 (lima puluh juta rupiah) dan paling banyak Rp1. 31 tahun 1999 jo. dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan atau denda paling sedikit Rp50.

Selain itu harus bisa memperkuat iman agar selalu bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki dan tidak tergoda dengan apa yang bukan seharusnya milik kita. . . B. Suryadharma diduga memanfaatkan dana setoran awal haji oleh masyarakat untuk membiayai pejabat Kementerian Agama dan keluarganya naik haji da dianggap menggunakan dana operasional menteri (DOM) untuk kepentingan pribadinya. Pendidikan budaya anti korupsi dinilai mampu menanamkan nilai – nilai anti korupsi secara dini sebagai suatu pencegahan terhadap tindak pidana korupsi. Suryadharma Ali melanggar dua pasal dalam Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penyelenggaraan haji yaitu pasal 2 dan pasal 3.kekuatan formal (misalnya denagan alasan hukum dan kekuatan senjata) untuk memperkaya diri sendiri. . BAB III PENUTUP A. Pencegahan korupsi dimulai dari menanamkan nilai – nilai anti korupsi pada diri sendiri. merugikan kepentingan umum dan negara. Kesimpulan . . korupsi merupakan penyalahgunaan kekuasaan terhadap sumber-sumber kekayaan negara dengan menggunakan wewenang dan kekuatan . Saran Kesadaran untuk tidak menyalahgunakan wewenang ataupun jabatan memang harus menjadi suatu hal yang ditanamkan pada diri sendiri. Salah satu korupsi yang terjadi di indonesia yaitu kasus korupsi dana ibadah haji oleh mantan menteri agama . Suryadharma Ali. korupsi sebagi tingkah laku individu yang menggunakan wewenang dan jabatan guna mengeduk keuntungan pribadi. .

liputan6.com/read/2016/06/02/17231101/pt.10.Ali. DAFTAR PUSTAKA http://nasional.com/2014/05/22/23434/news/ini-dua-pasal-yang-menjerat- suryadharma-jadi-tersangka-kasus-haji http://news.11.antaranews.sayangi.liputan6.Haji.Tahun.penjara http://www.Korupsi.com/read/2409525/terbukti-korupsi-haji-suryadharma-ali-divonis- 6-tahun-penjara http://news.kompas.kompas.tahun.com/read/2015/12/23/14043601/Kasus.com/berita/539210/suryadharma-ali-hadapi-vonis-hari-ini .jadi.dki.Dituntut.suryadhar ma.vonis.Penjara http://nasional.Suryadhar ma.perberat.com/read/2409525/terbukti-korupsi-haji-suryadharma-ali-divonis- 6-tahun-penjara http://www.

LAMPIRAN .