You are on page 1of 6

JURNAL BELAJAR 10

METODE PENELITIAN KUANTITATIF

9 Oktober2017

A. Identitas Mahasiswa
Nama : Rizky Rahma
NIM : 160342606279
Prodi/Kelas : S1 Biologi

B. Topik Pembelajaran
Temadaridiskusihariseninkemarenadalah “Sumber data”

C. Konsep yang Dipelajari
Terdiri atas: defines sumber data, jenis sumber data yang dibagi menjadi dua yaitu
berdasarkan cara memperoleh (person, place, dan paper) dan berdasarkan sumbernya
(data primer dan data sekunder), dan terakhir adalah criteria sumber data yang baik. Pada
konsep ini di jenis sumber data kami juga membahas bagaimana cara atau metode
pengumpulan data.

D. Eksplorasi Konsep

tulang. empiris. Paper merupakan sumber data yang menyajikan tandatanda berupa huruf. terstruktur dan bersifat terbuka.Dalam pengambilan data sekunder tidak boleh . tidak terstruktur dan bersifat rahasia. (2) Berdasarkansumber. Person : sumber data berupa orang. misalnya: aktivitas. warna dan lain-lain.Place : sumber data berupa tempat. cara ilmiah itu sendiri adalah kegiatan penelitian yang didasarkan pada ciri- ciri keilmuan yaitu rasional (meyakinkan). wujud benda. Person yaitu sumber data yang bisa memberikan data berupa jawaban lisan melalui wawancara atau jawaban tertulis melalui angket. Sumber data primer adalah responden individu. Pada data initerdapat 2 metode dalam mencari sumber data yaitu Metode Pengumpulan Data Primer Secara Pasif (terstruktur dan bersifat rahasia. Data sekunder adalah sumber data yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data (Sugiono. Menurut Sugiyono (2013). wawancara melalui mesin= email) Data sekunderadalah data yang mengacu pada informasi yang dikumpulkan dari sumber yang telah ada. Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.Paper : sumber data berupa symbol. publikasi pemerintah. Bergerak. b. c. kayu. atau symbol symbol lain. yang cocok untuk penggunaan metode dokumentasi. kelompok fokus. tapi juga dapat berwujud batu. kelengkapan alat. Pengertian paper bukan terbatas hanya pada kertas. a. dan sistematis. Wawancara melalui surat. Sumber data sekunder adalah catatan atau dokumentasi perusahaan. internet dan seterusnya (Uma Sekaran. Diam. laju kendaraan dan lain-lain. kinerja. Disitu dijelaskan dengan cara ilmiah. 2011). internet juga dapat menjadi sumber data primer jika koesioner disebarkan melalui internet (Uma Sekaran. daun lontar dan sebagainya. Wawancara melalui telepon. Jenis sumber data di bagi menjadi dua yaitu: (1) berdasarkancaramemperolehnya. gambar. misalnya ruangan. 2008). Pada umumnya tampilan diam dan gerak merupakan objek untuk penggunaan metode observasi. tidak terstruktur dan bersifat terbuka) dan Metode Pengumpulan Data Primer Secara Aktif (Wawancara Secara Langsung dengan Responden. Data primer adalah data yang mengacu pada informasi yang diperoleh dari tangan pertama oleh peneliti yang berkaitan dengan variabel minat untuk tujuan spesifik studi. angka. 2011). situs Web. analisis industri oleh media. Place yaitu sumber data yang menyajikan tampilan berupa keadaan diam dan bergerak.

Kesesuaian: Apakah data sesuai dengan kebutuhan kita? Kesesuaian berhubungan dengan kemampuan data untuk digunakan menjawab masalah yang sedang diteliti. Kriteria Dalam Mengevaluasi Data Sekunder : 1. daftar pustaka.keuntungannya: a) hemat waktu: karena kita dapat melakukan hanya dengan duduk didepan komputer. E.dilakukan secara sembarangan. Biaya: Berapa besar biaya untuk mendapatkan data sekunder tersebut? Jika biaya jauh lebih dari manfaatnya. Ketepatan: Apakah kita dapat mengetahui sumber-sumber kesalahan yang dapat mempengaruhi ketepatan data. sebaiknya kita tidak perlu menggunaknnya. misalnya apakah sumber data dapat dipercaya? Bagaimana data tersebut dikumpulkan atau metode apa yang digunakan untuk mengumpulkan data tersebut?. Pencarian Secara Manualmelihat buku indeks. oleh karena itu kita memerlukan metode tertentu. Konsep yang Belum Dipahami darikonsephariitu yang belumsayamengertiadalahbagaimanacaramenentukanmetodepenelitiandariproyekataukary ailmiahpeneliti. Waktu Keberlakuan: Apakah data mempunyai keberlakuan waktu? Apakah data dapat kita peroleh pada saat diutuhkan. d)hemat biaya: dengan menghemat waktu dan cepat dalam memperoleh informasi yang sesuai berarti kita banyak menghemat biaya. dan literature yang sesuai dengan persoalan yang akan diteliti. 3. maka sebaiknya jangan digunakan lagi untuk penelitian kita. Jika saat dibutuhkan data tidak tersedia atau sudah kedaluwarsa. 2. F. referensi.Pencarian Secara Online. 4. c) Kesesuaian: peneliti dapat mencari sumber- sumber data dan informasi yang sesuai dengan mudah dan cepat. b) ketuntasan: melalui media Internet dan portal tertentu kita dapat mengakses secara tuntas informasi yang tersedia kapan saja tanpa dibatasi waktu. Identifikasi Masalah Permasalahan yang muncul selama perkuliahan: Sesi I Penanya 1 :Retnoelvinawati .

dan kita hanya tau alamatnya maka surat merupakan alternative utama sehingga surat menjadi efektif tapi jika kondisinya sebaliknya surat tidak lagi menjadi efektif. Contohnyaj ika disana tidak ada internet atau jaringan. Penanya 2 :SintaDewi M. kita harus obyektif sedangkan untuk secara aktif kita secara lansung bertemu dengan satu narasumber. tempatnya cukup jauh. Pertanyaan : metode penggumpulan data primer dibagi menjadi dua yaitu secara aktif dan pasif. yang pakar dalam bidangnya dan kita secara langsung bertatap muka dengan narasumber sehingga disebut aktif. kita juga dapat menentukan narasumbernya. Sedangkan untuk efisen atau tidaknya itu tergantung kondisi narasumbernya.Pertanyaan :Menurut penyaji apakah penggunaan surat untuk awan cara itu efektif atau tidak?Apakah menggunakan surat harus resmi ? Jawaban :iya. Feedback : Apakah narasumbernya hanya satu orang saja? Jawaban : Membutuhkan beberapa pakar tapi sumbernya berbeda dan berpengaruh atau dasarnya memang satu orang yang ahli di bidangnya . itu maksudny aapa? Jawaban :kalau yang secara pasif kita tidak secara langsung bertemu dengan narasumber akan tetapi kita membuat kuasioner-kuasioner yang dibagikan kepada orang-orang dalam satu wilayah yang kita tentukan. tidak secara langsung bertatap muka dan kita tidak bisa memilih narasumber sesuai keinginan kita. pada surat kita menggunakan surat resmi karenasurat tersebut di tujukan kepada orang yang kita hormati atau orang yang dimintai informasi (ahlinya). K. jadi kondisional.

sedangkan untuk kuasioner dari orang yang pendidikannya tinggi dan kita tidak tau orang yang mengisi kuasioner apakah berpendidikan tinggi atau biasaaja. pengumpulan dilakukan secara terstruktur atau resmi dan responden tidak diberi informasi mengenai tujuan penelitian.Feedback :Bisa dijelaskan kembali tentang wawan cara melalui surat dan kuasioner Jawaban : kalau surat orang yang dihadapi memang mengetahui. pengumpulan dilakukan secara tidak terstruktur atau kurang resmi dan responden tidak diberi informasi mengenai tujuan penelitian. data yang diperoleh lebih berbobot dari pada yang pasif. email tidak bertatapan muka secara langsung. Tidak Terstruktur dan Bersifat Rahasia. alasannya sudah dijelaskan dari jawaban daripertanyaan-pertanyaan sebelumnya. Dan Tidak Terstruktur dan Bersifat Terbuka. Terstruktur dan Bersifat Terbuka. pengumpulan dilakukan secara tidak . mengapa masuk pengumpulan data secara langsung? Jawaban : untuk kuasioner dari berbagai latarbelakang orang banyak. surat. Penanya 3 :FarisNizar Ghazi Pertanyaan :Berikan contoh mengenai pengumpulan data primer yang secara pasif dan aktif? Jawaban :Metode pengumpulan data bisa untuk di semua jenispenelitian Feedback : Apakah yang kuantitatif bisa secara langsung juga? Jawaban : Jika diperlukan maka bisa secara langsung juga Feedback : Apakah maksud dari pengumpulan data pasif? Jawaban : Terstruktur dan Bersifat Rahasia. pengumpulan dilakukan secara terstruktur dan responden biasanya diberi informasi mengenai tujuan penelitian. Sanggahan : FarisNizar Ghazi Pertanyaan : telepon. Untuk aktif.

presentasi dilaksanakan dengan baik dan para audien serius untuk mendengarkan pemateriatau penyaji.membuat saya menjadi paham atau mengerti dengan matakuliah tersebut. terstruktur atau kurang resmi tetapi peneliti memberikan informasi secara terbuka mengenai tujuan penelitiannya Sesi II Penanya 4 : Ajhar Pertanyaan : Bagaimana cara menanggulangi jawaban dari kuasioner yang asal- asalan? Jawaban : jika dengan metode angket. Komentar Kegiatan Kelas (Refleksi) Kegiatan perkuliahan pada hari cukup baik dan hikmat. H. akan tetapi terlalu banyak tugas dalam mata kuliah ini membuat saya kurang bisa membagi waktu antara mengerjakan tugas ini dengan tugas matakuliah yang lain. G. Penyaji mempresentasikan tema “sumber data”. caranya dengan memperbanyak angket agar lebih valid (pasif). akan tetapi masih ada sebagian kecil audien yang tidak mendengarkan. Kegiatan hari itu sama seperti kegiatan sebelumnya yaitu presentasi oleh kelompok Sembilan. walaupun dengan banyaknya tugas. hal ini dikarenakan suara sayaa tau teman saya yang menjelaskan materi kurang keras. Kegiatan Kelas Kami mengawali kuliah metode penelitian yang dipimpinoleh Bu Dian sebagai perwakilan dari dosen pengampun matakuliah metode penelitian. . jika sumber data dengan metode secara aktif dengan wawancara kepada orang lain sedangkan kuasioner dijadikan sebagai data sampingan Sanggahan : FarisNizar Ghazi Jawaban : Harusnyaperludikajiulangdanbersikaplebihramahpada narasumber. Presentasi telah selesai kemudian dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab atau diskusi.