You are on page 1of 9

METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN

PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU (RKB) SDN MENDAWAI 5

BAB.I

PENDAHULUAN
I. UMUM
Metode pelaksanaan pekerjaan sangat berperan dalam suatu proyek kontruksi Penggunanan metode yang tepat ,praktis cepat
dan aman sangat membantu dalam penyelesaian pekerjaan sehingga target waktu biaya dan mutu sebagaimana diterapkan
dapat tercapai.

II. LOKASI PEKERJAAN
Pekerjaan yang dilaksanakan pada pekerjaan ini adalah Pekerjaan Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) SDN Mendawai 5
terletak di Lokasi Kecamatan Mendawai Kabupaten Sukamara.

III. MANAJEMEN PROYEK
Pengelolaan pelaksanaan pekerjaan diproyek ini ditangani oleh tenaga-tenaga terampil dari CV. JAYA RAYA, yang sudah
berpengalaman dalam penanganan proyek pemerintah maupun swasta, sehingga keberhasilan pelaksanaan pekerjaan
akan benar-benar terjamin,sesuai dengan apa yang diharapkan oleh semua pihak.

1. Struktur Organisasi

Pelaksana Lapangan memimpin seluruh kegiatan pekerjaan ini,terutama dalam kegiatan pelaksanaan pekerjaan
dilapangan.
Untuk masalah teknik Engineering ,dilaksankan Tenaga Teknis Pengawas Bangunan.
Untuk urusan administrasi umum dan personalia,dibantu oleh bagian tenaga administrasi lapangan..
Urusan logistic dan peralatan,dibantu oleh bagian logistic dan peralatan.

Dengan pengelolaan manajemen proyek seperti diuraikan diatas serta kerjasama yang baik dengan pihak pengawas,maka
pelaksanaan proyek diharapkan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang disyaratkan

2. Koordinasi

Untuk koordinasi dalam pelaksanaan proyek,maka rapat – rapat akan dilaksanakan secara rutin antar pihak kontraktor dan
pemberi kerja sebagaiman diamanatkan dalam kontrak.
Demikian rapat internal antar bagian dalam organisasi kontraktor akan dilaksanakan minimal 1 ( satu ) kali dalam 1 ( satu
) minggu dan berpungsi membahas dan mengkoordinasi pelaksanaan pekerjaan, permasalahan dan penyelesianya serta
program pelaksanaan dilapangan.

CV. JAYA RAYA – METODE PELAKSANAAN KERJA

. d.Data tofografi dan elevasi permukaan bagian pekerjaan yang diperoleh dari data perencanaan dan hasil survey lapangan.Perencanaan dan metode yang akan dilaksanakan .Periksa target dan kemajuan .Gambar – gambar tersebut akan menunjukan perubahan – perubahan yang disetujui sebagaimana dalam gambar pelaksanaan. 5.Gambar kerja akan dipersiapkan berdasarkan gambar Kontrak dan Spesifikasi yang disyaratkan.Perhitungan – perhitungan yang diperlukan.Persiapan jadwal pelaksanaan pekerjaan .gambar gambar kerja tersebut akan diajukan beserta urutan dan metode peaksanaan kepada Direksi untuk mendapatkan persetujuan. Gambar kerja akan dibuat dalam skala dan dimensi yang spesifik dan tipikal untuk mengambarkan berbagai segi pekerjaan dan menjadi pedoman bagi pelaksana untuk dilaksanakan dilapangan. Prosedur penyiapan Gambar Kerja Setelah penandatanganan kontrak . sehingga Direksi dapat memeriksa dan / atau menyetujui tanpa mengakibatkan penundaan pelaksanaan pekerjaan dilapangan.Jenis material yang digunakan untuk tiap bagian kontruksi.semua jenis gambar pelaksanaan yang disediakan oleh kontraktor akan dibuat dalam bentuk formt yang disetujui oleh Direksi dan akan diajukan jauh sebelumnya.jadwal dan kontrol kemajuan Jadwal pelaksanaan akan dijabarkan lebih detil ( bulanan dan miingguan ) dan akan dimonitor secara cermat mengunakan laporan harian dan mingguan.mingguan dan bulanan.Perbaikan terhadap kondisi yang ada .sebelum melaksanakan pekerjaan .dengan maksud agar kondisi purna bangunan tersebut merupakan proses yang benar dan dari kondisi setiap pekerjaan. .dan akan memuat hal-hal sebagai berikut : .Laporan harian.Kontrol pelaksanaan pekerjaan . JAYA RAYA – METODE PELAKSANAAN KERJA . Tindak Lanjut . Prosedur control kemajuan pekerjaan dapat dijelaskan dalam tahapan berikut : a. Quality Control Untuk menjamin agar diperoleh hasil kerja yang baik sesuai dengan mutu yang disyaratkan perlu dilakukan pengendalian mutu ( quality Control ) terhadap pelaksanaan pekerjaan yang antara lain mengontrol :.kontraktor akan menyiapkan Gambar purna bangunan ( As Build Drawing ) untuk semua jenis pekerjaan yang telah diselesaikan. Tahap Evaluasi .Pengadaan peralatan dan tenaga. Tahap Perencanaan . Selama periode pelaksanaan . Kemauan pekerjaan selanjutnya akan diplot dalam kurva-S yang menunjukan perbandingan antara kemajuan pekerjaan dengan jadwal yang direncanakan.Perkiraan sumber daya bahan dan tenaga b.Tinjau kembali rencana pelaksanaan dan tetapka rencana baru. c. Program pelaksanaan . Tahap Pelaksanaan . 4. CV.Detil –detil dari setiap bagian pekerjaan yang akan dilaksanakan . 3.

2. Lingkup Pekerjaan BAGAIMANA PENGEMBANGAN . Tindakan Manajemen KEPUTUSAN DAN TINDAKAN CV. . tenagakerja yang digunakan dalam penanganan proyek ini terdiri atas : .JAYA RAYA.Tenaga pimpinan Pelaksana Lapangan. Pemilihan tenaga kerja .Kepala Tukang. 1.Tukang. Seluruh material yang digunakan . Perawatan alat . JAYA RAYA – METODE PELAKSANAAN KERJA .bahan yang digunakan dalam pelaksanaan pekerjaan.maupun terhadap cara pelaksanaan pekerjaan sendiri meskipun untuk hal – hal tersebut diatas sudah ada penaggung jawabnya langsung. Tenaga Kerja Personil yang terpilih yang berpengalaman dalam proyek sejenis akan ditempatkan sebagai personil inti dalam organisasi proyek.CV. baik terhadap bahan. I. Sumber Bahan KEPUTUSAN DAN TINDAKAN MANAJEMEN YANG PELAKSANAAN TERKENDALI PEKERJAAN PENGENDALIAN . Rencana Produksi KAPAN PENENTUAN . JAYA RAYA telah mengeluarkan kebijakan mutu sistem manajemen berupa :. Uraian Struktur Pekerjaan RENCANA .Tenaga Operasional lapangan : Mandor. Laporan Progres yang MONITORING DAN Teratur . Scedul UMPAN BALIK SCEDUL . Rapat Kajian Proyek Secara Teratur . Analisa EVALUASI PROGRES . Metode Pengendalian proyek Metode pengendalian proyek dapat dijelaskan pada skema berikut : APA DAN SIAPA TUJUAN . METODE PENCAPAIAN PROYEK Untuk menjamin system manajemen dapat berlangsung dengan baik . kiranya perlu ditunjuk petugas khusus quality control yang dikoordinasikan oleh bagian teknik dan melakukan proses quality control dan prosedur yang telah berlaku diproyek yang dilaksanakan oleh CV.dan Pembantu Tukang. Organisasi Proyek PROYEK . Tenaga kerja terampil akan dipilih dan didatangkan dari luar dan dari daerah setempat. Test material dilaboratorium dan lapangan ( bila diperlukan ) Melakukan pemeriksaan secar teratur .Tenaga Logistik dan Tenaga Administrasi.Pengawas Bangunan dan staf manajemen proyek termasuk . .

II STRUKTUR ORGANISASI PELAKSANAAN KEGIATAN Program : Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun.JAYA RAYA Direktur TENAGA AHLI / TEKNIS TENAGA LOGISTIK PELAKSANA LAPANGAN TENAGA ADMINISTRASI FITRI HANDAYANI YOGO WIDODO. Kegiatan : Penambahan Ruang kelas Sekolah Pekerjaan : Pembangunan Gedung Ruang Kelas Baru (RKB) SDN Mendawai-5 Lokasi : Kecamatan Sukamara CV. BAB.SE PENGAWAS BANGUNAN AGUNG SAPUTRO MANDOR KERJA TUKANG/PEKERJA CV. JAYA RAYA – METODE PELAKSANAAN KERJA .ST WALKOM GULTOM.

8. 6. Pembersihan area lokasi pekerjaan dari akar-akar pohon dan dengan mengunakan tenaga manusia/ manual. Menghitung volume sesuai hasil pengukuran. Menyediakan tempat kerja dan daerah kerja sebagai kantor lapangan. Dari hasil pengukuran Shop Drawing dan perhitungan estimasi yang telah mendapat persetujuan oleh Direkksi secara bertahap dimulai pelaksanaan kontruksi.Scedulle dan Network dibutuhkan . hasil pembersihan lokasi dibuang jauh dari lokasi pekerjaan agar tidak mengaggu dalam pelaksanaan pekerjaan dimulai. Mobilisasi peralatan . 7.tenaga kerja yang diperlukan kelokasi pekerjaan. METODE PENYELESAIAN PEKERJAAN Pembuatan Dokumen – Dokumen yang diperlukan Persiapan Penataan untuk Pelaksanaan untuk menunjang menunjang kegiatan Dokumen Survey Lokasi pelaksanaan pekerjaan pelaksanaan pekerjaan Kontrak Pekerjaan dan seperti misalnya : mengadakan peralatan.dan koordinasi Planing pada pihak direksi proyek . 3.memobilisasi -Program Mobilisasi tenaga kerja yang . PEKERJAAN PENDAHULUAN 1. Pengukuran panjang pekerjaan dan membuat patok – patok dan papan Bouwplank pada posisi sesuai dengan hasil pengukuran yang telah diukur dan dilaksanakan oleh pemborong bersama dengan direksi teknis. Pembuatan papan nama kegiatan yang sesuai dengan spesifikasi teknis dan memasang pada tempat yang sesuai.III METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN Setelah mendapat Surat Perintah Kerja segera kami melakukan persiapan : I. Rekayasa lapangan ( Mengukur dan membuat Shop Drawing ) 2. Fiel mengadakan matrial . 4.Rencana Mutu Engineering dilapangan yang .Addendum Kontrak dibutuhkan. 5. JAYA RAYA – METODE PELAKSANAAN KERJA .dll PHO / FHO SELESAI BAB. Pembongkaran matrial lama dan pemberishan materialnya dari daerah borow area kerja mengunakan tenaga manual. CV.

bagian yang akan diurug sampai mencapai ketinggian yang ditentukan tanh urug dalam kondisi sangat baik bebas di sisa (umput/akar-akar lain lainya ) b) Pengurugan dilakukan lapis demi lapis tebal maksimal hamparan 30 cm setiap lapisan kemudian tanah tersebut dilembabkan sebelum dilakukan pemadatn mengunakan stamper. e) Sekelompok pekerja akan merapikan hasil galian. Time scedulle dibuat dengan perencanaan yang sesuai dengan lingkup pekerjaan dalam pekerjaan ini jangka waktu pelaksanaan adalah 120 hari kalender dengan jangka waktu pemeliharaan 180 seratus delapan puluh hari kalender. CV. JAYA RAYA – METODE PELAKSANAAN KERJA . b) Pengalian dilakukan secara manual dengan tenaga tukang gali. dan setiap kegiatan diberi Dokumentasi setiap melaksanakan pekerjaan. Penggalian untuk pondasi yang akan dilakukan mempunyai lebar yang cukup utuk pembangunan dan mengadakkan pembersihan. c) Semua urugan kembali dibawah atau diskitar bangunan dan pengerasan sesuai dengan gambar rencana. Pekerjaan Urugan Tanah Pekerjaan ini meliputi Urugan tanah kembali dan urugan tanah peningian lantai urugan dilakukan dengan cara bertahap selapis selapis dengan tebal perlapis 30 cm kemudian dipadatkan hal ini dilakukan sampai didapat ketigian urugan sesuai dengan yang terdapat pada gambar Urutan kerja : a) Bagian. c) Hasil galian dibuang keluar lokasi proyek dengan mengunakan kereta dorong. d) Tanah sisa urugan atau tanah yang tidak dipakai dibuang keluar site atau atas petunjuk direksi pekerjaan.pasangan rolag bata merah Pekerjaan ini meliputi urugan pasir dibawah pasangan pondasi batu belah.lebar dan kedalamnya sesuai dengan direncanakan. material batu yang akan disuplly adalah batu yang keras padat dan tahan terhadap udara dan air.Pekerjaan yang telah selesai sepenuhnya dan mendapat persetujuan oleh direksi teknis dapat dihentikan semua sisa material dibersihkan dari lokasi pekerjaan dengan tenaga manual. d) Penggalian akan dilakukan sesuai dengan kedalaman yang ditetapkan pada gambar perencanaan. PEKERJAAN TANAH Galian Tanah Pekerjaan ini meliputi galian tanah pondasi bangunan. II.pasangan batu. Pekerjaan urugan pasir. Urutan kerja : a) Lahan yang akan digali dipersipkan sebelum nya dengan melakukan pemasangan patok elevasi panjang. pengalian dilakukan untuk mencapai garis elevasi permukaan dan kedalaman – kedalam yang perlu untuk pondasi lantai dan lain-lain yang dipersyaratkan atau diperlihatkan maupun di indikasikan pada gambar-gambar dengan cara yang sedemikian sehingga pekerjaan ini dapat selesai dengan baik. Pekerjaan administrasi proyek seperti laporan-laporan yang diperlukan dikerjakan dari minggu awal proyek sampai minggu akhir pelaksanaan .

g) Setelah dinding bata terpasang dan cukup kering maka dilanjutkan dengan pekerjaan plesteran dinding.Sebelumm pemasangan batu dikerjakan batu dibasahi seluruh permukaanya sehingga bisa melekat dengan campuran untuk melekatkan antara batu. CV. Setelah pekerjaan pondasi batu telah dilaksanakn dan cukup umur dan dilajutkan pekerjaan pasangan sloof diatas pondasi batu belah. d) Sebelum pasangan dinding bata mulai dipasang maka kusen pintu dan jendela harus terpasang terlebih dahulu dan diwaterpas. b) Terlebih dahulu pasang bekesting sloof diatas pondasi batu belah dan diwaterpas dan dilanjutkan dengan pekerjaan pembesian dan siapkan matrial bahan pengecoran beton sloff dan sebelum pengecoran sloof dilaksanakan hendaknya perletakan besi kolom – kolom praktis terpasang terlebih dahulu. e) Dan setiap pasangan dinding bata dilaksanakan setiap ketingian tertentu kolom praktis harus dilaksanakan untuk mengikat dinding bata agar tidak roboh dan dilanjutkan lagipasangan sampai batas ketingian dinding bangunan sesuai dengan gambar rencana yang telah ditentukan.pasir langsung disuplay kelokasi pekerjaan oleh suplayer sedangkan untuk semen Pc dikirim secara bertahap dari gudang material sesuai kebutuhan lapangan> Urutan Kerja : a) Pemasangan patok – patok profil dimensi bentuk pasangan batu yang sesuai dengan kondisi lahan yang akan dipasang pasangan batu dan sesuai dengan gambra pasangan batu pada shoop drawing b) Pondasi dialas dengan pasir urug yang bersih dengan ketebalan sesuai dengan gambar kemudian disiram dengan air secukupnya hingga jenuh. a) siapkan bahan matrial dilokasi pekerjaan untuk melaksankan pekerjaan beton dan pasangan dinding bata. f) Setelah didinding bata terpasang maka dilaksanakan pekerjaan ring balk untuk menutup dan mengikat pasangan dinding bata. h) Saat pekerjaan plesteran dinding hendaknya terlebih dahulu dinding dibasahi atau ditabur dengan semen kering agar mortar campuran mudah menempel pada dinding bata. d) Pasangan batu kali harus rata dan datar permukaanya dan diwaterpass setelah selesai pemasangan. III. c) Batu yang akan dipasang dibersihkan dan dibasahi seluruh permukaanya dan kemudian diisi spesi guna batu kali terpasang padat dan diukan antara batu kali dilapisi adukan spesi. c) Setelah pekerjaan sloof sudah selesai dan cukup umur beton yang dikehendaki sesuai dengan petujuk direksi maka pekerjaan dilanjutkan dengan pekerjaan pasangan dinding bata merah. Pekerjaan Beton sloof dan kolom praktis dan pasangan dinding bata dan plesteran. Pekerjaan dilaksanakan dengan tenaga manual dengan lokasi tersebut disepanjang daerah bangunan menurut gambar rencana yang telah ditetapkan dan disetujui oleh direksi teknik dan pengadaan material batu. JAYA RAYA – METODE PELAKSANAAN KERJA .

c) Pekerjaan ini dilaksanakn setelah pekerjaan pasangan atap sudah dilaksanakan. b) Dalam pelaksanaan pekerjaan rangka plafond dilaksanakan maka dilakukan pekerjaan pengukuran bidang yang akan dipasangn sesuai dengan bidang ukuran meurut gambar yang telah ditentukan dan setelah rangka plafond terpasang maka dilanjutkan dengan pemasangn penutup plafond dengan mengunakan pasangan plafond kalsiboard yang telah disiapkan dan sesuai petunjuk gambar dan petunjuk direksi dilapangan. d) Dalam pelaksanaan pekerjaan keramik agar bahan matrial keramik direndam terlebih dahulu agar saat pemasangan keramik yang akan terpasang waktu di ratakan tidak mudah pecah dan memudahkan pelekatan antara keramik dan spesi. Pekerjaan Lantai a) Siapkan matrial semen maupun pasir pasang dan air. yang tidak jauh dari lokasi pekerjaan yang akan dilaksanakan pekerjaan pasangan rangka plafond. yang tidak jauh dari lokasi pekerjaan yang akan dilaksanakan b) Setelah pekerjaan plafond terpasang maka dilanjutkan dengan pekerjaan pengecatan dinding maupun plafond dan lisplank atap dan kusen kusen pintu yang telah terpasang.Dari semua pekerjaan ini kami akan mendatangkan tenaga kerja khusus yang sesuai dengan bidangnya V. Pekerjaan Pengecatan a) Siapkan matrial. JAYA RAYA – METODE PELAKSANAAN KERJA . j) Setelah semua rangka kap dan atap terpasang pada sisi bawah atap ditutup dengan pemasangan Lisplank.5 cm kepala plesteran berpungsi untuk menyamakan ketebalan dan memeungkinkan untuk menutupi pasangan batu bata yang tidak lurus. i) Setealh apat terpasang dilanjutkan dengan pemasangan bubungan genteng metal sesuai dengan yang disyaratkan. IV. Pekerjaan Plafond a) Siapkan matrial. e) Dalam pemasangan atap pertama tama dilakukan pemasangan rangka kuda-kuda baja ringan sesuai dengan gmabar rencana dan menurut petunjuk direksi teknik. j) Setelah pekerjaan plesteran cukup kering maka dilanjutkan dengan pekerjaan acian dinding. c) Pekerjaan ini dilaksanakan setelah pekerjaan cor lantai beton tumbuk lantai terpasang . d) Siapkan alat – alat pekerjaan pemasangan rangka atap dan genteng metal serta bubungan sesuai dengan yang dibutuhkan.. yang tidak jauh dari lokasi pekerjaan yang akan dilaksanakan pekerjaan pengecoran. f) Dalam hal pemasangan rangka kap kuda kuda baja ringan agar pemasangan suai sesuai spesifikasi teknis yang telah ditentukan yaitu jarak kuda – kuda ± 50 cm dan suai terpasang rapat dan setiap sambungan sebagai pengikat diberi paku scrub driver . b) Dan setelah rangka atap terpasang maka dilanjutkan dengan pemasangan atap genteng metal maupun nok yang telah disipkan. Pekerjaan Atap dan Kap Atap Baja Ringan a) Siapkan matrial bahan pekerjaan rangka atap baja ringan pada lokasi pekerjaan dan selanjutnya rangka atap baja ringan dibentuk diatas dinding bangunan. b) Siapkan alat – alat pekerjaan pasangan keramik lantai yang dibutuhkan dilokasi pekerjaan.i) Awal palsanaan plesteran dibuat kepala plesteran dengan jarak 101. h) Diperhatikan dalam pemasangan atap sambungan atap satu dengan yang lainya bener-benar berkait sesuai dengan yang disyaratkan supaya tidak terjadi kebocoran / rembesan. g) Dan setelah rangka kap terpasang dilanjutkan dengan pemasangan atap genteng metal dimana dalam pemasangan harus dimulai dari atas kuda – kuda / tidak diperbolehkan dimulai dari bawah maupun samping. c) Pekerjaan ini dilaksanakan setelah pekerjaan dinding bangunan telah selesai terpasang. VII. VI. CV.

Diharapkan selama dalam proses pelaksanaan Sistem Mutu Keselamatan dan Kesehatan Kerja (RK3K) dapat diterapkan sesuai dengan sistem manajemen yang ada dipenyedia jasa. VIII. skaklar dan stop kontak.c) Setelah pengecatan keseluruhan bangunan dilaksankan selesai maka dilanjutkan dengan pemasangan / maka dilaksanakan pekerjaan mekanikal elektrikal pada bangunan.TENGKU AHMAD ZAILANI Direktur CV. yang tidak jauh dari lokasi pekerjaan yang akan dilaksanakan b) Pasang daun pintu dan jendela dengan engsel jendela dan pintu yang telah disiapkan dan pasang pada kusen pintu dan jendela.JAYA RAYA Pangkalan Bun H. c) Setelah pintu terpasang maka dilanjutkan dengan pasangan kunci pintu tanam dan handle pada pintu d) Pasang grendel. JAYA RAYA – METODE PELAKSANAAN KERJA . IV.kait angin dan hak angin pada jendela e) Pasang kaca bening pada jendela dan dilanjutkan dengan pasangan hak angin dan grendel.Jendela.handle jendela. pemasangan box panel . Pekerjaan Pasangan Instalasi Listrik a) Pekerjaan ini meliputi pemasangan instalasi jaringan titik lampu dan pemasangan instalasi stop kontak dan MCB. Pekerjaan daun Pintu. IX. P E N U T U P Kesimpulan Dengan adanya pekerjaan tersebut diatas diharapkan penyedia jasa dapat melaksanakan pekerjaan tersebut sesuai dengan mutu dan spesifikasi teknik yang sudah disyaratkan. Pangkalan Bun 12 Juni 2017 Dibuat : CV. dan Kunci a) Siapkan matrial.