You are on page 1of 4

MAKALAH

OLAHRAGA
LARI JARAK MENENGAH

Disusun Oleh:
Nurmeirita Rivaldo
XII IPA 3

SMA Negeri 3 Pekanbaru
Tahun ajaran 2017-2018

1. maka hampir setiap orang dapat melakukannya. semua pelari yang menempati lintasan II. Menjelang melewati garis finish. Bendera untuk tanda bekas lemparan.d. I5 cm.1. a. g.2. b. III. yang pelaksanaannya lebih mudah jika dibandingkan dengan nomor lempar lainnya. Panjang untuk putra : 260 s. karena harus mengatur tenaga selama menempuh lari yang cukup jauh.d.dan Perlengkapan Lembing untuk SLTP biasanya memakai lembing dari bambu. Langkah kaki panjang/lebar. Untuk pelari 800 m yang mulai berebut lintasan dan pelari 1. Karena gerakan dalam lempar lembing adalah . dan seterusnya.500 m. sebaiknya jangan secara mendadak untuk masuk ke lintasan I. sikap badan.500 m dilakukan 4 kali melewati garis finish. 270 cm Panjang untuk putri : 200 cm s. BAB I ISI 1. e. Alat-alat. Meteran gulungan yang telah disyahkan untuk mengukur jarak lemparan. Tetapi cukup dengan lari serong saja. dan kepala sama dengan lari cepat. baru boleh berebut lintasan I setelah mereka melewati tikungan I. Pada dasarnya sama dengan lari jarak pendek (sprint). Lempar Lembing Awalan Langkah Jingkat (Hopstep) Lempar lembing (javeline throwing) merupakan bagian dari nomor lempar. lari dipercepat dengan kecepatan penuh. Teknik dasar. Lebar lilitan tali pegangan untuk putri : 14 s. lengan. f. Lari Jarak Menengah Yang termasuk nomor lari jarak menengah yaitu lari 800 m dan 1. Pada lari 800 m. Pada saat melewati tikungan harus berlari sedekat mungkin dengan garis lintasan yang sebelah dalam. Tempat untuk berebut lintasan ini ditandai dengan garis.500 m yang baru lepas dari garis start.500 m.d. sedang kecepatan langkah sedikit lebih lambat daripada lari jarak pendek. Gerakan kaki. 230 cm Berat untuk putra : 800 gram Berat untuk putri : 600 gram Lebar lilitan tali pegangan untuk putra : 15 s.d. c. Garis ini merupakan garis start untuk lari 1. Hal ini mengingat. Lari 1. 16 cm. . Yang perlu diperhatikan dalam lari jarak menengah adalah sebagai berikut. Start yang digunakan yaitu start berdiri. gerakan yang alami. d. h.

Setelah sikap ini lembing segera dilemparkan dan diikuti gerak lanjutan (follow through). sedangkan yang agak sulit adalah gerakan langkah sewaktu akan melempar. Cara membawa lembing ada 2 macam. awalan. Cara Finlandia (Fin style) Ibu jari dan jari telunjuk bertemu pada unjungnya tepat di pangkal balutan. Tangan kanan memegang lembing diangkat setinggi badan lebih sedikit. karena cara memegang lembing sangat relatif dari masing-masing atlet. Gaya Lempar Lembing Gaya langkah jingkat (gaya hop step). Cara Awalan Cara mengambil awalan adalah sangat mudah. jari lainnya menelakup wajar. d. telapak tangan menghadap ke belakang. Gaya ini pada waktu akan mengambil posisi atau sikap lempar didahului dengan berjingkat. sedangkan jari lainnya menelakup wajar. Setelah gerakan berjingkat berakhir. Lengan kanan lurus ke bawah sedikit ke belakang. lembing serong ke atas. b. 2. 3. a. yaitu: 1. membawa lembing. dan cara melempar. Tetapi cara ini jarang sekali dipergunakan. terlebih dahulu pelempar harus mengambil posisi melempar yang sempuma. ibu jari dan jari lainnya menelakup wajar. satu sama yang lain tidak sama kecocokan cara memegangnya. Dari ketiga cara memegang lembing tersebut di atas. Cara biasa (Amerika style) Ibu jari dan jari telunjuk berada di pangkal bulatan lembing. Cara Memegang Cara memegang lembing ada 3 macam. Cara Membawa Yang dimaksud membawa lembing di sini yaitu pada sikap permulaan sampai melakukan lari awalan. saling menjepit. Cara menjepit (Tang style) Jari tengah dan jari telunjuk sebagai tumpu pegangan. 2. jari telunjuk agak lurus ke atas. 1. sulit untuk menentukan mana yang lebih efisien. Adapun posisi itu adalah sebagai berikut : . kemudian dilanjutkan dengan memijakkan kaki kiri ke tanah. dan gerakan langkah inilah yang membedakan gaya dalam lempar lembing. yaitu sebagai berikut. Cara Melempar Lembing Sebelum melempar lembing. c. Teknik Dasar Teknik dalam melempar lembing yang menentukan baik buruknya lemparan adalah mengenai cara memegang. maka kaki jingkat menumpu/mendaratkan ke tanah terlebih dahulu.

Ada 4 cara dalam melakukan lempar lembing yaitu : 1. Setelah mengambil posisi tersebut. Dalam posisi ini lembing segera dilempar dan diikuti dengan gerak lanjutan (follow through). Cara memegang 2. Berat badan berada pada kaki kanan. kemudian dilanjutkan dengan gerakan sebagai berikut : 1. Cara membawa 3. 3. 2. 2. Sesaat kaki kanan hampir lurus. Tangan kanan memegang lembing diluruskan jauh ke samping kanan. Cara awalan 4. 3. bersamaan dengan itu berat badan dipindahkan ke kiri selanjutnya kaki kiri berpijak pada tanah. BAB II KESIMPULAN DAN SARAN Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam lari jarak menengah diantaranya : Teknik dasar. star yang digunakan. siku kanan ditekuk dan mengangkat lembing ke depan atas. dan cara berlari yang benar. setelah itu memutar dan mendorong pinggul ke kiri. langkah kaki panjang/lebar. Cara melempar lembing . Meluruskan kaki kanan. Jarak kaki cukup jauh.1.