You are on page 1of 4

LAPORAN HASIL OBSERVASI

KULIAH KERJA NYATA

UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

Semester Antar Waktu Tahun Ajaran 2014/2015

Laporan : Individu

Model KKN : Reguler 1

Unit : 70

Desa / Dusun : Brunosari / Sabrang Wetan

Kec / Kab / Prov : Bruno/Purworejo/Jawa Tengah

Disusun oleh :

Nama : Helen Fitri Alinsia

Nim : 13613199

Fakultas/Prodi : MIPA / Farmasi

PUSAT KULIAH KERJA NYATA
DIREKTORAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
YOGYAKARTA
2015

dilakukan survey dan observasi terlebih dahulu untuk mendapatkan data serta informasi awal tentang kondisi masyarakat dan potensi yang ada. PENDAHULUAN Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Indonesia diselenggarakan sebagai salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat. TUJUAN OBSERVASI Dengan melakukan observasi langsung ke masyarakat. dimana setiap mahasiswa dituntut untuk berperan aktif terhadap kegiatan- kegiatan yang ada di sekitar masyarakat. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dikelola dan diselenggarakan oleh DPPM UII. tempat dimana penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata diadakan. mahasiswa dapat langsung bertemu dengan warga sekitar. serta untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan berusaha mencari jalan keluarnya. Setelah itu. Selain itu. Sehingga nantinya mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan intelektual serta kepekaan sosial yang tinggi. merupakan sarana pendidikan bagi mahasiswa untuk terjun langsung di tengah-tengah masyarakat dalam menerapkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah. maka mahasiswa dapat merancang program KKN yang dapat digunakan dalam mengembangkan ide program KKN yang sudah ada agar lebih produktif. Selain itu. Sebelum melakukan program yang akan dijalankan. . kegiatan ini juga bertujuan untuk membuka mata mahasiswa akan realita kehidupan masyarakat yang nyata. B. baru dilakukan diskusi dan mulai merancang serta menyusun program apa yang akan dilakukan dan diterapkan nanti di Dusun Jerukan. LAPORAN HASIL OBSERVASI A.

dilanjutkan pukul 15.00 WIB: wawancara kami ditujukan kepada Kepala Dusun Jerukan yaitu Bapak Sugito yang menjelaskan tentang struktur perangkat dusun Jerukan yang terdiri dari 1 RW dan 3 RT. Amin. tata letakdusun per RT dan perangkat dusun dan karang taruna serta mengetahui permasalahan yang ada di dusun Jerukan. menjelaskan tentang tata letak dusun jerukan. Penulis telah melakukan observasi pada tanggal 2 Agustus 2015. Setelah melakukan observasi. puskesmas keliling dan jumlah anak-anak balita dan Ibu hamil serta permasalahan kesehatan yang timbul di masyarakat dusun Jerukan. pukul 12. Bapak M.00-17. Penulis memperoleh informasi tentangkegiatanorganisasi yang ada di dusun Jerukan. Amin menjelaskan tentang kegiatan TPA dan struktur kepengurusan masjid dan permasalahan pengetahuan keislaman masyarakat. dan mata pencaharian masyarakat di dusun Jerukan. dan menjelaskan organisasi-organisasi yang ada. Bapak M.C. aspek dakwah islamiyah: kurang maksimalnya . Wujud bantuan tersebut dengan menginterpretasikan permasalahan ke dalam bentuk rencana program dan kegiatan yang bertujuan untuk membantu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat sesuai dengan masalah yang ada.00 WIB: wawancara kami tujukan kepada Takmir Masjid. maka penulis menciptakan program untuk membantu pembangunan masyarakat sesuai dengan kemampuan dan kompetensi penulis. HASIL OBSERVASI Berdasarkan survei dan observasi yang telah dilakukan oleh penulis di Dusun Jerukan. didapatkan kompilasi data dengan aspek teknologi terbarukan: bahwa remaja dan orang tua di dusun Jerukan kurang memiliki kreatifitas dalam segi aspek teknologi yang bisa bermanfaat bagi kebutuhan sehari-hari. Lalu observasi dilanjutkan pada tanggal 10 Agustus 2015 pukul 09. Observasi dilakukan dengan menggunakan metode wawancara.Warga masyarakat terutama para tokoh masyarakat dapat bekerja sama dan sangat membantu dalam kegiatan observasi ini.00 WIB: wawancara kami dilanjutkan kepada Ibu Khotimah (BidanPosyandu) menjelaskan tentang jadwal kegiatan posyandu.30- 15.00–12.

minimnya pengajar TPA. karena polisi hutan sudah melarang penebangan pohon. KESIMPULAN Setelah melakukan observasi terhadaplingkungansepertipengamatan. dapat memulai tahap selanjutnya. pengoptimalan SDM. D. Melatih Kreatifitas anak-anak sejak usia dini Program ini bertujuan untuk dapat membantu anak-anak usia dini dalam mengembangkan kreatifitasnya dengan baik dan benar dalam setiap kegiatannya. 2. tetapi adanya semangat dari anak- anak TPA. . Dan diharapkan anak-anak usia dini Dusun Jerukan dapat menerapkan kebiasaan kreatifitasnya sejak dini dalam kehidupan sehari – hari untuk meningkatkan kualitas pola pikir. diskusidanwawancaraolehwargasekitar. kurangnya pengetahuan keorganisasian. beberapa usulan pogram individunya antara lain: 1. kegiatan TPA. aspek lingkungan dan kesehatan: kurangnya pemanfaatan SDA. yaitu penyusunan program kerja individu sesuai situasi dan kondisi di Dusun Jerukan. yaitu dengan cara membuat Briket dari Sampah organik agar warga dusun tidak hanya memanfaatkan tumbuhan tersebut dari segi kayunya saja. Pelatihan Cara Pembuatan Briket Sebagai Bahan Bakar Alternatif Program ini bertujuan untuk mencari cara alternative guna memanfaatkan sumber daya alam di sekitar Dusun Jerukan.