You are on page 1of 5

Latihan soal

1. Sebutkan definisi manajemen menurut James A.F. Stoner dan Mary Farker Follet ?
2. Jelaskan fungsi-fungsi manajemen !
3. Sebutkan dan jelaskan macam-macam perencanaan dilihat dari jangka waktu! Berikan
contoh dalam pendidikan!
Jawaban
1. - Menurut James A.F. Stoner :
Manajemen adalaha proses perencanaan, pengorganisasian, pimpinan dan
pengendalian usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-
sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
- Menurut Mary Farker Follet :
Manajemen adalah sebagai sebuah seni dalam menyelesaikan suatu pekerjaan
melalui orang lain sebagai perantara.

2. - Manajemen operatif adalah memotivasi, komunikasi, supervise dengan karyawan
untuk mengarahkan mereka dalam mencapai hasil-hasil efektif.
- Manajemen administrative adalah penentuan perencanaan, tujuan, penyusunan,
pengorganisasian, personalia dan pengawasan.

3. Menurut waktunya, perencanaan dapat dibagi menjadi :
a. Perencanaan jangka pendek
Perencanaan jangka pendek adalah perencanaan tahunan atau perencanaan yang
dibuat untuk dilaksanakan dalam waktu kurang dari lima tahun, sering disebut
sebagai rencana operasional. Perencanaan ini merupakan penjabaran dari rencana
jangka menengah dan jangka panjang.
b. Perencanaan jangka menengah
Perencanaan jangka menengah mencakup kurun waktu pelaksanaan 5-10 tahun.
Perencanaan ini penjabaran dari rencana jangka panjang, tetapi sudah lebih
besifat operasional.
c. Perencanaan jangka panjang
Perencanaan jangka panjang meliputi cakupan waktu diatas 10 tahun sampai
dengan 25 tahun. Perencanaan ini mempunyai jangka menengah, lebih-lebih jika
dibandingkan dengan rencana jangka pendek. Semakin panjang rencana itu
semakin banyak pula variabel yang sulit dikontrol.
Berdasarkan keriteria di atas rencana pembangunan lima tahun dapat digolongkan
kedalam perencanaan jangka sedang, sedangkan perencanaan tahunan termasuk
perencanaan jangka pendek.
Jika dihubungkan dengan teknis perencanaan pendidikan pada tingkat institusi,
maka perencanaan dilihat dari waktuya dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu
perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang. Jika masa bakti kepala sekolah
empat tahun dalam tiap periode, maka dapat dijadikan sebagai jangka panjang.
Sedangkan jangka menengahnya satu tahun dan jangka pendeknya satu semester.
Masing-masing waktu tersebut memiliki jenis kegiatan yang berbeda namun saling
berkaitan dan berkesinambungan.

Coordinating. Maneggio 2.. a. mengkoordinasikan serta mengawasi. Proses Perencanaan (planning). c.. c. d. Reporting. Organizing. yaitu . a. Latin. Maneggio b. Planning. Maneggiare c. Ilmu manajemen menurut G.. Italia. Organizing.... Conditioning. Penyelesaian pekerjaan melalui kegiatan-kegiatan orang lain. Staffing. pengaturan dan pelaksanaan hubungan antar manusia dengan organisasi. pengorganisasian. informal dan teksnis b. 4.. Budgeting. Planning. Management d. Ilmu dan seni dalam memimpin orang atau sumber daya manusia. Italia. a. Motivating. e. dan Controlling c. Maneggio e. Kemampuan dan ketrampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka mencapai tujuan tertentu melalui orang lain b. mengorganisasi. a. a. dan Pengawasan (controlling) usaha dari suatu organisasi dan dari sumber-sumber organisasi lainnya untuk mencapai tujuan tertentu. mengorganisasi. Planning. e. 3. Controlling b.. Directing 6. Apa yang dimaksud dengan manajemen ... dan alat-alat sesuai kebutuhan.. mengarahkan.. Organizing. mengkoordinasikan serta mengawasi. Ilmu untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal dalam rangka pemenuhan kabutuhan organisasi untuk mencapai tujuan misi dan visi perusahaan. Pengorganisasian (organising). Sanskerta. Fungsi manajemen menurut Henry Fayol adalah . uang. Pengorganisasian (organising). Suatu ilmu dan seni merencanakan. Memimpin (Leadership). e. Planning.. Ilmu manajemen menurut Stoner adalah . Ilmu perencanaan. mengarahkan. dan Pengawasan (controlling) usaha dari suatu organisasi dan dari sumber-sumber organisasi lainnya untuk mencapai tujuan tertentu 5. Staffing. a. mesin. penggerakan. Ilmu dan seni tentang penggunaan sumber daya yang terbatas untuk pemenuhan kebutuhan manusia yang tak terbatas. Menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkan orang-orang. Planning. Suatu proses yang khas yang terdiri atas tindakan Perencanaan. IImu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Proses Perencanaan (planning). Pencapaian tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu dengan menggunakkan kegiatan orang lain. Suatu ilmu dan seni merencanakan. Memimpin (Leadership). Formal. Controlling d. Formal. b. Coordinating. Organizing. Usaha mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Inggris. Organizing. Istilah manajemen berasal dari “manage” yang berasal dari bahasa .R Terry adalah . Controlling e. c. b. Actuating. d. Evaluasi 1. dan pengendalian untuk mencapai tujuan tertentu melalui pemanfaatan sumber daya. Comanding.. teknis dan manajerial .. d. Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer adalah . Directing..

12.. Planning b. Membentuk susunan jabatan dan peranan d. Kemanusian dan teknis e. hal yang dilakukan pimpinan tersebut adalah termasuk dalam fungsi manajemen . Yang bukan merupakan fungsi manajemen menurut G.Fungsi manajemen untuk menggerakkan orang-orang untuk bekerja sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan adalah . Actuating d. a. Planning b.. c. a. Pengarahan e.. Mencapai tujuan organisasi b. Pengorganisasian b. organisasi dan evaluasi 7. a. Directing e. Studi ilmu manajemen sangat dibutuhkan dalam setiap organisasi karena alasan sebagai berikut. Adanya tanggung jawab yang sinergi antara masing-masing bagian dalam perusahaan. Konseptual. Mencapai efektifitas organisasi e. kecuali .. Salah satu kegiatan badan usaha yang dilakukan oleh pimpinan untuk menggerakkan karyawan agar bekerja keras dengan tujuan yang telah ditetapkan dan memberikan motivasi kerja serta suasana kerja yang nyaman.. c. Pengendalian 13. Perkantoran 9.. formal dan teknis d. Hal ini menyebabkan tampilan produk sangat menarik sehingga meningkatkan omzet penjualan. Memperlancar tugas sehari-hari 8. Ibu Esti memiliki keahlian dalam merencananakan bentuk kemasan tiap produk.. Terry adalah . a..R.. Perencanaan d. Pemasaran e. a. Fungsi manajemen yang pertama kali harus dilakukan manajemer untuk menjalankan organisasi secara efektif dan effisien adalah . a. Actuating d. Konseptual. Adanya pembagian kekuasaan antar masing-masing departemen. Personalia d. Controlling 11. Perencanaan. Ibu Suri merupakan orang yang tepat melakukan kegiatan manajemen di bidang . Organizing c.. Salah satu fungsi organisasi adalah . Organizing c. Controlling 10. Directing e.. Planning ... e. Operasional/produksi b. Pengawasan c.. a. Keuangan c. menetapkan tugas dan tanggung jawab b. Membagi pekerjaan. Adanya pendelegasian wewenang dari manajemen puncak kepada manajemen pelaksana. Menghilangkan potensi konflik dalam organisasi c. Mencapai efisiensi organisasi d.

Forcasting b. a.. Manajemen Sumber daya manusia d..4 dan 5 d. Controlling e. dan tanggung jawab masing-masing individu. Pak Francis adalah seorang manajer personalia merencanakan penerimaan pegawai baru. Actuating 15. Pengendalian mutu adalah salah satu bagian dari . Proses indentifikasi sekelompok konsumen homogen yang akan dilayani oleh perusahaan adalah . Pak Francis melakukan kegiatan-kegiatan mulai dari menetukan panitia. 2.. Pertimbangan untuk memberhantikan c.. apabila bawahan menerima berbagai tugas yang berbeda dari banyak atasan maka karyawan akan mengalami kebingungan dan sulit menentukan mana yang harus dilaksanakan. menetapkan tugas.4 dan 5 18. yaitu .2 dan 3 b.. Controlling 17. 3. Actuating d. Kualitas barang atau produk 2. 1. a. Manajemen Pemasaran e. Bentuk barang 3. Dipindah ke perusahaan lain b. Promosi 19. Tidak ada barang penggantinya Yang perlu diperhatikan dalam kepuasan jangka panjang adalah . kecuali . Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Pak Francis sesuai dengan fungsi manajemen.3 dan 4 c. Positioning d. Perhatikan pernyataan berikut ini : 1. Manajemen Perkantoran c. Manajemen Produksi b. Planning d. 2.. Prinsip umum yang seharusnya diterapkan perusahaan dalam hal ini adalah . Manajemen Keuangan 16. Dipindahkan ke pekerjaan yang lebih sempit d. Directing 14.. serta pendelegasian wewenang kepada bawahan. a.. a. Tata tertib . Planning e. Segmenting c. Dalam rangka merealisasikan rencananya. Ada beberapa akibat dari penilaian karyawan diperusahaan... Controlling c. b. Targeting b. Dipindah ke jabatan lain e. a.. Organizasing c.3 dan 4 e. a. Pelayanan purna jual 5. 1.. Menurut Henry Fayol. Mudah mendapatkan barang 4. Organizing e.

e 2. a 16. b. Remunerasi e. b 6. c 11. b 17. Otoritas dan tanggung jawab c. d 7. a. a 12. Kesatuan pengarahan 20. c 13. a ... d 3. Otoritas atau wewenang Kunci Jawaban 1. c 20. b 8. d 10. d 15. d 4. Sentralisasi dan desentralisasi e. a 19. Berikut yang bukan merupakan prinsip manajemen menurut Hanry Fayol adalah . Kesatuan perintah d. a 9. Kesatuan komando d. c 14. e 5. Pembagian kerja c. Penonjolan diri b. d 18.