You are on page 1of 17

UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL

TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018
DINAS PENDIDIKAN PROVINSI DKI JAKARTA

MATA PELAJARAN : BIOLOGI
PAKET : A (UTAMA)
KELAS : XII
PROGRAM STUDI : IPA
HARI,TANGGAL :
WAKTU : (120 menit)

A. Pilihlah jawaban dengan tepat.

1. Perhatikan gambar berikut ini! Perhatikan gambar di bawah ini!

Berdasarkan gambar tersebut, yang termasuk ke dalam keanekaragaman hayati tingkat gen
adalah .....
A. A dan B
B. A dan C
C. A dan D
D. B dan C
E. C dan D

2. Beberapa jenis penyakit dapat ditularkan oleh Mikroorganisme pathogen. Misalnya virus. Virus
New Castle Disease adalah virus yang menyerang unggas. Virus tersebut menyerang pada
bagian…
A. Saluran pernafasan
B. Mulut dan kaki
C. Saraf pusat
D. Organ hati
E. Organ ginjal

3. Pada komponen biotik dalam ekosistem terdapat berbagai interaksi salah satu contoh adalah
interaksi antar komponen biotik seperti pada gamabar berikut!

Perhatikan gambar jamur berikut! X Y Pasangan yang tepat antara nama divisi. Kompetisi 4. Phaeophyta C. Rhodophyta E. . Mutualisme D. A. Charophyta 5. Interaksi yang terjadi antar organisme tersebut adalah … A. Komensalisme C. Chlorophyta D. Chrysophyta B. Parasitisme E. Predasi B. Perhatikan gambar Protista berikut ini! Protista tersebut dapat dikelompokkan ke dalam kelas …. cara reproduksi pada kedua jamur tersebut adalah ….

. Amonifikasi dan denitrifikasi 8. . Memiliki 3 gigi dan berdarah panas C. konidiospora B. Jantungnya memiliki 4 ruang dan kulit berbulu B. Divisio Cara Reproduksi Seksual Aseksual A. Memiliki kelenjar susu dan kulit berambut D. X Ascomycota . Perhatikan gambar daur nitrogen berikut! Proses yang terjadi pada X dan Y adalah . Denitrifikasi dan amonifikasi E.. X Basidiomycota basidiospora konidiospora Y Ascomycota askospora konidiospora C. A. konidiospora Y Basidiomycota klamidiospora askospora 6. Homoioterm dan kulit berbulu 7. X Basidiomycota basidiospora sporangiospora Y Ascomycota . Perhatikan gambar hewan berikut ini : Hewan tersebut dikelompokan dalam kelas yang sama berdasarkan sifat …. Perhatikan jaring-jaring makanan berikut! . Nitrifikasi dan denitrifikasi B. A. X Basidiomycota askospora - Y Ascomycota konidiospora Basidiospora D. Denitrifikasi dan nitrifikasi C. Amonifikasi dan nitrifikasi D. Bernapas dengan paru-paru dan mempunyai kelenjar susu E. X Ascomycota konidiospora askospora Y Basidiomycota konidiospora basidiospora E.

. tikus C. Perhatikan gambar irisan daun berikut! Fotosintesis dan keluar masuknya gas terjadi pada bagian yang di tunjuk oleh nomor. 2 dan 5 C.. srigala D. A. 3 dan 4 D. burung E. kepik. katak. kelinci. 4 dan 1 E. belalang. kupu-kupu. capung. burung. Perhatikan beberapa gambar jaringan otot berikut ini! Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3 . 1 dan 2 B. elang B. ular. srigala 9. organisme-organisme yang menempati tingkat trofi IV adalah… A. Dari jaring-jaring makanan di atas. 5 dan 3 10. capung. elang.

3 D. berkontraksi kuat tetapi cepat lelah D.. mengeluarkan debu dan butiran halus yang masuk bersama udara pernapasan . Gambar 2 merupakan jaringan otot jantung yang memiliki fungsi memberikan reaksi terhadap stimulus. Gambar 3 merupakan jaringan otot lurik yang memiliki fungsi melakukan gerak peristaltik pada saluran pencernaan 11.. membantu pita suara untuk bergetar dan menghasilkan suara C. ritmis. Gambar 3 merupakan jaringan otot polos yang memiliki fungsi melakukan kontraksi cukup kuat. pernyataan manakah yang sesuai dalam menunjukkan nama jaringan dan fungsinya adalah. Perhatikan gambar sistem pernapasan manusia berikut! X Saluran X dilapisi oleh sel epitel bersilia yang memiliki fungsi. 4 E. 1 B. A. 2 C.. Gambar 1 merupakan jaringan otot lurik yang memiliki fungsi melakukan gerak peristaltik pada saluran pencernaan B.. melembabkan dan menghangatkan udara yang masuk B. dan tidak mudah lelah C.. Berdasarkan gambar jaringan otot di atas.. dan tidak mudah lelah E. menyaring partikel yang masuk bersama dengan udara yang dihirup E. 5 12.. Perhatikan gambar jantung berikut ini! Bagian jantung yang berfungsi menampung darah yang berasal dari paru-paru adalah. A.. Gambar 1 merupakan jaringan otot jantung yang memiliki fungsi melakukan kontraksi cukup kuat. ritmis. A.. menghasilkan lendir mukosa yang berfungsi mematikan kuman D.

Berikut ini adalah gambar anatomi nefron! . Kelenjar yang menghasilkan getah yang mengandung NaHCO3 serta enzim lipase. menyeimbangkan tekanan udara D. mengubah bunyi menjadi sinyal saraf B. amylase. 1 B. 5 16.. Perubahan posisi dari Y ke X terjadi karena …. 2 C. relaksasi otot trisep D. menerima gelombang suara E. X A. A.. sebagai reseptor gravitasi 14. Fungsi dari X pada gambar bagian telinga adalah . Kontraksi otot bisep dan trisep C. relaksasi otot bisep B.. dan tripsinogen adalah … 5 1 2 4 3 A. Gambar berikut menunjukkan mekanisme gerak antagonis otot lengan. Kontraksi otot trisep. Relaksasi otot bisep saja 15. meneruskan getaran ke jendela oval C. 3 D.13. Relaksasi otot bisep dan trisep E. 4 E. Kontraksi otot bisep.

Perhatikan gambar berikut! Fungsi organ yang ditunjukkan oleh label X adalah. penyelubungan antigen B. inflamasi. menyekresikan hormon testosterone 18. menyimpan sperma D. aglutinasi. penyerapan kembali zat-zat yang masih dibutuhkan tubuh D.. A... A.. sitolisis. menutrisi dan melindungi sperma B. pembentukan urine sekunder 17.. pengeluaran zat-zat sisa yang tidak diperlukan tubuh E. Perhatikan gambar berikut! Peristiwa yang terjadi pada gambar tersebut adalah. Berikut hasil laboratorium Pak Bambang . tempat terjadinya spermatogenesis E.. X Proses yang terjadi pada bagian X adalah . pengikatan antigen sehingga terbentuk gumpalan E.. pembentukan urine sesungguhnya yang akan disalurkan menuju tubuh kolekta B. A. opsonisasi. penyaringan zat-zat dalam darah yang bermanfaat bagi tubuh C.. presipitasi. melumasi sperma C. aktivitas sel mast dan basofil D.. pengendapan antigen pada cairan tubuh 19. penghancuran dinding antigen C.

Flu burung E. obat karena infeksi virus C. Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan bioteknologi modern adalah . A... antibodi monoklonal untuk vaksin hepatitis B. interferon. Tifus C.. hormon insulin dalam skala besar D. penisilin dan streptomisin E.. Hepatitis D. Dari hasil laboratorium tersebut maka Pak Bambang diduga menderita penyakit. Demam berdarah 20.. A.. AIDS B. hormon tumbuh untuk meningkatkan produksi daging .

.. amilum B. Hasil akhir percobaan di atas adalah . Guanin Purin : Adenin.. 1. Guanin 5 Basa nitrogen Pirimidin : Sitosin. Perhatikan skema tahapan respirasi sel berikut! Bagian 1. lemak 23. Perhatikan proses percobaan fotosintesis berikut.. yodium E. ... 2 dan 4 B... 2. 1. Urasil Timin Berubah-ubah menurut Tidak dipengaruhi oleh 6 Kadar kecepatan sintesis kecepatan sintesis protein Mengendalikan faktor 7 Fungsi Sintesis protein keturunan dan sintesis protein Pernyataan yang benar ditunjukkan oleh nomor . H2O D. ribosom 2 Bentuk Pita tunggal Pita spiral ganda 3 Komponen gula Deoksiribosa Ribosa 4 Ukuran Pendek Sangat panjang Purin : Adenin. 4 dan 6 E.. dan 4 secara berurutan adalah . 3 dan 5 D. A. 1.21. sitoplasma. oksigen C. Pirimidin : Sitosin. A. 6 dan 7 22. 5. 3 dan 4 C. 3. Berikut ini adalah tabel perbandingan DNA dengan RNA. No Objek DNA RNA 1 Letak Inti sel Inti sel.

glikolisis. 1-2-3-4 25. 3-4-1-2 B. Hipotonik. cairan sel umbi kentang keluar D. Hipertonik. sistein. A. serin. sel-sel umbi kentang terurai . sistein. glikolisis. 1-2-4-3 E. Isotonik. transpor elektron. transpor elektron.. Perhatikan tabel berikut! Asam Amino Kodon Glisin GGG Sistein UGC Serin AGC Treonin ACG Leusin GUA Jika urutan basa nitrogen DNA adalah TGC TCG CAT. leusin B. siklus Krebs. Treonin. Serin. 2-3-4-1 C. asam amino yang akan tersusun adalah …. Hipertonik. leusin D. Peristiwa yang terjadi adalah. siklus Krebs. treonin 26. treonin C. dan sistem transpor elektron B. Leusin. Glisin. A. Treonin. E. glikolisis. teronin. siklus Krebs. Perhatikan percobaan osmosis berikut! Sepotong kentang dimasukkan ke dalam wadah berisi larutan. A. dan sistem transpor elektron E. Perhatikan tahapan pembelahan sel berikut ! Urutan yang benar dalam pembelahan mitosis ini adalah … A. dan siklus Krebs C. serin. dan glikolisis D. transpor elektron. cairan sel umbi kentang tetap C. sel-sel umbi kentang terkikis E.. dan glikolisis 24. setelah beberapa waktu keadaan kentang berubah. 2-3-1-4 D. cairan sel umbi kentang keluar B. siklus Krebs. sistein. Hipotonik.

mikroba berasal dari air kaldu yang dibiarkan terbuka 29.27. Perhatikan gambar dibawah ini ! Pernyataan yang benar mengenai sifat enzim berdasarkan gambar adalah … A. air kaldu pada labu 4 berubah menjadi keruh dan mengandung mikroba.. mempercepat reaksi kimia B. Perhatikan gambar skema mutasi berikut! Berdasarkan gambar. mikroba dalam air kaldu berasal dari udara C. A. udara kotor dapat menyebabkan air kaldu keruh D. air kaldu yang dipanaskan belum mematikan mikoba B.. duplikasi dan katenasi . air kaldu yang terbuka dapat berubah menjadi organisme E.. terdiri atas protein D. A. Perhatikan gambar percobaan Spallanzani berikut inil Setelah dibiarkan terbuka selama 2 hari. crossing over dan delesi B. Hal ini membuktikan bahwa. delesi dan translokasi C.. kerja enzim spesifik E. bekerja dua arah 28... mutasi yang terjadi adalah . menghambat reaksi kimia C.

50% mata putih C. Dari persilangan ayam walnut (Sumpel) genotif RrPp dengan ayam berpial pea (biji) genotif rrPp. 25 mata putih .. 1 : 3 : 3 : 1 C. 3 : 1 : 1 : 3 32. 25% mata putih . 9 : 3 : 4 D. 25% mata putih E. Pada Drosophilla sp. 6 : 2 : 8 C. Paruh burung finch B. 25% mata putih : 50% mata putih 34. Sayap burung finch C. Warna burung finch 31. Mata merah dominan terhadap putih. 25% mata merah B. lalu antar keturunannya disilangkan dengan sesamanya. Pada penyilangan bunga Linaria maroccana bungan merah (Aabb) dengan bunga putih (aaBB) menghasilkan bunga ungu (AaBb). A. 50% mata merah . A. 25% mata merah . 3 : 1 : 3 : 1 E. Badan burung finch E. 75% mata merah . katenasi dan delesi 30. 1 : 1 : 3 : 3 B. 25% mata putih D. Kaki burung finch D.. 25% mata merah . delesi dan duplikasi E. berapakah rasio fenotip F2nya antara ungu : putih : merah? A. Apabila F1 disilangkan dengan bungan merah (Aabb). maka akan dihasilkan keturunan . 9 : 4 : 3 E. 3 : 2 :3 B. 12 : 3 : 1 33. Gen yang bertanggung jawab terhadap warna mata terpaut kromosom seks X. D. 25% mata merah . Di sana Darwin menemukan terjadinya adapasi dan seleksi alam terhadap…. kemungkinan akan diperoleh keturunan Walnut rose : pea : bilah dengan perbandingan …. Jika disilangkan lalat betina mata merah dengan jantan mata putih. Perhatikan diagram pewarisan hemofili berikut! . 3 : 3 : 1 : 1 D. Darwin mengemukakan teori evolusi setelah melakukan perjalanan ke kepulauan Galapagos dan melakukan penelitian terhadap burung finch.. 50% mata merah . A.

dan usus halus C.. dan rambut pada dada . dapat dipastikan bahwa individu carrier (pembawa) adalah yang bernomor . tulang ekor. otot penggerak telinga D. gigi taring. Organ sisa tubuh manusia yang menunjukkan bukti peristiwa evolusi adalah …. 1 B. rambut pada daun telinga. 3 D. limfa.. 4 E. usus halus. Berdasarkan diagram tersebut. rambut di dada. A. 5 35. otot penggerak telinga.. dan umbai cacing E. 2 C. rambut pada daun telinga. dan gigi taring B. umbai cacing. A. tulang ekor.

secara tidak sengaja telah menambah jumlah bahan anorganik pada perairan dan mencemari air. Jejenum (usus kosong) Jejenum adalah bagian kedua dari usus halus yang berbatasan dengan usus dua belas jari dan ileum. misalnya pembuangan sampah ke perairan dan pembuangan limbah pabrik secara langsung ke perairan dapat menyebabkan pertumbuhan tumbuhan air seperti eceng gondok tidak terkendali (eutrofikasi) Dari peristiwa tersebut apakah dampak yang ditimbulkan dari eutrofikasi. fungsi usus halus jejenum melakukan hampir 90% proses penyerapan nutrisi dari makanan yang dicerna. 3. dan bagaimana cara mengatasinya? Dampak Eutrofikasi 1. Y DAN Z dengan tepat! X. Mengatur dan merehabilitasi limbah sebelum masuk badan sungai 37. tentukan nama bagian dan fungsi X. Kerusakan habitat akan menyebabkan berkurangnya biodiversitas di habitat akuatik dan spesies lain dalam rantai makanan. Produksi vegetasi meningkat sehingga penggunaan air untuk navigasi maupun rekreasi menjadi terganggu. Rusaknya kualitas areal yang mempunyai nilai konservasi/ cagar alam margasatwa. Hampir seluruh usus halus memiliki jonjot usus dimana penyerapan . Tindakan manusia dalam pemenuhan kegiatan sehari-hari. Tulislah jawaban dengan tepat! 36. Hal ini berdampak pada pariwisata dan industri pariwisata. Jejenum mewakili dua per lima dari keseluruhan panjang usus halus. Rusaknya habitat untuk kehidupan berbagai spesies ikan dan invertebrata. Terjadinya “alga bloom” dan terproduksinya senyawa toksik yang akan meracuni ikan dan kerang. Y. Perhatikan gambar berikut! Berdasarkan gambar tersebut. 2. Sementara duodenum melakukan dan menyelesaikan pencernaan kimiawi. sehingga tidak aman untuk dikonsumsi masyarakat dan merusak industri perikanan. Duodenum (usus dua belas jari) Fungsi duodenum yang utama yaitu mencerna makanan secara kimia dengan bantuan enzim- enzim pencernaan yang sebagian berasal dari pankreas. Konsentrasi oksigen terlarut turun sehingga beberapa spesies ikan dan kerang tidak toleran untuk hidup. Solusi 1.B. 4. Mengurangi penggunaan pupuk atau deterjen 2. Pada masa kini hubungan antara pengkayaan nutrien dengan adanya insiden keracunan kerang di perairan pantai/laut meningkat 5.

Kumpulan sel-sel ini dinamakan Patch Peyeri sesuai nama penemunya. Z. Selain itu. dan tentukan: a. Hans Conrad Peyer. Tujuan: Mengetahui hasil percobaan kecepatan pertumbuhan tanaman jagung pada dua media tanam yang berbeda B. Siapkan alat-alat dan bahan yang diperlukan 3. usus halus disebut berperan dalam sistem kekebalan tubuh. lapisan villi dan microvilli yang membuat permukaan usus halus menjadi sangat luas. Hal ini didukung oleh sel epitel. juga menyerap sisa nutrisi dari makanan yang dicerna. ileum mengandung reseptor untuk menyerap vitamin B12 dan garam empedu. Ileum (Usus penyerapan) Ileum atau usus penyerapan adalah bagian ketiga dari usus halus. Dalam fungsi pencernaan. pada bagian jejenum fungsi penyerapannya akan lebih baik lagi. menemukan adanya kumpulan sel-sel limfatik pada ileum. Patch Payer memiliki sel B dan T yang serupa dengan yang ditemukan pada kelenjar getah bening. Selain berfungsi menyerap nutrisi makanan yang belum diserap pada proses sebelumnya. ileum menyerap sekitar 95% garam empedu terkonjugasi dari usus. Sementara itu. Alat: 2 buah pot plastik · Alat siram · Alat tulis · Penggaris · Scoop · Stopwatch/jam Bahan · 16 biji jagung · Tanah liat · Pasir · Air C. Buatlah sebuah rancangan percobaan untuk mengetahui kecepatan pertumbuhan tanaman jagung yang ditanam pada dua media tanam yang berbeda. Masukkan tanah ke pot plastik 1. Itulah sebabnya. Setiap individu biasanya memiliki 30 sampai 40 patch ini di usus halusnya. seorang ahli anatomi asal swiss. karena area yang terdapat patch tersebut bentuknya menebal dan tanpa villi. alat dan bahan yang dibutuhkan! c. . Dindingnya lebih tipis dan lebih banyak mengandung lemak mesenterika. Panjangnya hampir tiga per lima kali panjang keseluruhan panjang usus halus. tujuan dari percobaan tersebut! b. Kumpulan sel ini cukup mudah diamati pada usus. langkah kerjanya! A. ileum juga berperan dalam mengatur katup ileosekal agar tidak terjadi refluks dari usus besar ke usus halus. 2. merentang dari jejenum hingga katup ileosekal.nutrisi terjadi. pasir ke pot plastik 2volume dari keduanya harus berjumlah sama. kurang lebih seperempat bagian. Langkah kerja Rendam biji jagung dengan air selama kurang lebih 24 jam.

lemak. lemak. Asam amino tersebut akan langsung masuk ke dalam siklus Krebs. tetapi dicerna terlebih dahulu menjadi asam amino. Sebagian besar pertemuan tersebut melalui pintu awal siklus Krebs. yaitu di dalam siklus Krebs. 38. dan karbohidrat---untuk menghasilkan ATP sebagai sumber energi. dan karbohidrat dapat ditemukan di dalam senyawa Asetil KoA. lemak dan protein dalam menghasilkan energi. ditunjukkan bahwa sel menggunakan ketiga molekul tersebut---protein. dan protein adalah senyawa yang saling berkaitan satu sama lain. Catat hasil pengamatan ke dalam tabel pengamatan. 5. 7. Masukkan air kedalam 2 pot pada setiap media tanam dengan volume yang sama. protein. Lalu. Protein. terlihat keterkaitan antara metabolisme karbohidrat. Ketiga senyawa tersebut bertemu dalam proses metabolisme. 6. Perhatikan skema metabolisme karbohidrat. Tanam 8 biji jagung ke dalam setiap gelas plastik yang berisi tanah dan pasir. lemak. Perhatikan silsilah pewarisan sifat buta warna berikut! . 39. Amati perkecambahan biji dengan interval 24 jam atau sehari sekali. yaitu asetil koenzim A (asetil KoA). 4. asam amino akan diubah menjadi asam piruvat. Jelaskan keterkaitan dari proses metabolism tersebut! Karbohidrat. Selanjutnya. Protein tidak dapat dimanfaatkan secara langsung. Pada gambar di atas. asetil KoA tersebut akan masuk ke dalam siklus Krebs. dan lemak berikut! Pada bagan metabolisme tersebut. asetil KoA oleh suatu enzim. Pengubahan asam amino melalui proses deaminasi akan menghasilkan NH3 yang bersifat racun dan akan dikeluarkan dari tubuh melalui ginjal.

Berdasarkan peta silsilah tersebut a. Bagaimanakah kemungkinan fenotip anak laki-laki pada generasi ketiga? c. Berapakah persentase kemungkinan anak laki-laki yang mengalami buta warna dan laki-laki yang normal dari seluruh kemungkinan anak Genotip: XCBXcb Fenotip: Wanita carrier buta warna 50% anak laki-laki generasi 3 buta warna dan 50% anak laki-laki lainnya normal 25% anak laki-laki bw: 25% anak laik-laki normal: 25% wanita carrier: 25% wanita normal . Bagaimanakah genotip dan fenotip perempuan pada generasi kedua? b.