You are on page 1of 8

1.

Manakah diantara pernyataan berikut yang menjelaskan perbedaan diagnostik antara episode
manik dan hipomanik?

a. Episode Manik lebih banyak varietas gejala daripada hipomania
b. Episode manik berlangsung lebih lama daripada episode hipomanik
c. Episode manik tidak termasuk dalam gejala psikotik
d. Episode Hipomanik tidak menyebabkan gangguan ataupun distress yang signifikan
e. Pasien hipomanik umumnya memiliki tilikan yang rendah terhadap penyakitnya

2. Seorang pasien Nn. Y merupakan mahasiswa usia 25 tahun datang ke poli jiwa mengeluhkan
bahwa dirinya merasa kurang bersemangat serta tidak dapat menikmati kegiatan sehari-harinya.
Keluhannya dirasakan semenjak 1 bulan lalu yang disertai insomnia dan kurangnya nafsu makan.
Nn.Y merasakan minat yang kurang dalam menjalankan aktivitasnya dan memiliki kesulitan hadir
dalam kegiatan perkuliahannya. Dalam anamnesa, Nn.Y pernah merasakan keluhan yang sama seperti
sekarang dalam 1 tahun yang lalu yang berlangsung selama 2 bulan sebelum mendapatkan
pengobatan. Pasien juga mengatakan bahwa pada 2 tahun yang lalu juga terdapat episode dimana
pasien merasakan adanya peningkatan energi yang berlangsung selama 1 sampai 2 minggu. Pada
episode ini, Nn. Y merasa begitu produktif dan merasakan bahwa dirinya memiliki jiwa sosial yang
tinggi dan banyak menjalin relasi. Teman-teman pasien juga mengatakan bahwa pasien cenderung
berbicara dengan lebih cepat dan lebih cerdas dalam perkuliahan. Pasien tidak memiliki riwayat medis
lainnya. Apakah diagnosis yang tepat pada Nn. Y?

a. Gangguan Afektif Bipolar episode kini manik

b. Gangguan Afektif Bipolar episode kini depresif

c. Gangguan Siklotimia

d. Gangguan Skizoafektif

e. Gangguan depresif tidak terklasifikasikan

3. Seorang pria 32 tahun merasakan bahwa dalam 1 minggu ini perasaannya menjadi irritable.Pasien
juga merasakan bahwa adanya energi dan aktivitas yang bertambah, jam tidur menjadi berkurang, dan
pasien kesulitan bila duduk lebih lama. Pasien juga merasa bahwa dirinya semakin banyak berbicara
daripada biasanya dan lebih mudah terganggu sehingga kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaannya.
Pemeriksaan fisik dan laboratorium normal. Apakah diagnosis yang tepat terhadap kondisi pasien saat
ini?

a. Episode Manik

b. Episode Hipomanik

c. Gangguan Afektif Bipolar kini episode campuran

d. Episode Depresif berat

e. Siklotimia

4. Tn. X 42 tahun datang ke Poli Jiwa RSJ Daerah Jambi dengan keluhan selama 1 minggu terakhir
merasakan adanya peningkatan mood, kurangnya keinginan untuk tidur, dan kepercayaan diri yang
melambung tinggi. Tn. X juga mengatakan bahwa dirinya pernah merasakan hal yang sama sekitar 10

Manakah diagnosis yang paling tepat terhadap Tn. Pemeriksaan fisik dan laboratorium tidak menemukan kelainan medis yang menyebabkan keluhan Tn. Bagaimanakah membedakan perjalanan penyakit antara bipolar II disorder dengan bipolar I disorder? a. Siklotimia d. Bipolar I disorder b. Memiliki periode asimptomatik yang lebih cepat daripada bipolar I disorder e. Episode manik memiliki onset dan offset gejala yang lebih jelas d. 10% e. Perjalanan penyakit kurang episodik daripada Bipolar I disorder c. X. Manakah pernyataan dibawah ini yang membedakan antara episode manik dengan gangguan ADHD? a. Episode manik lebih kuat berhubungan terhadap rendahnya penilaian b. Episode manik lebih terlihat sebagai kondisi kronis e. Perjalanan penyakit lebih kronik daripada Bipolar I disorder b. Memiliki lebih sedikit episode mood daripada bipolar I disorder . Berapa rata-rata persentase pada kekambuhan yang dialami pada pasien yang pernah mengalami episode single manic? a.X? a. Medication-induced bipolar disorder 4. Pasien telah diberikan resep fluoxetine pada episode depresif nya namun pasien memberhentikan obatnya karena pasien merasakan bahwa mood nya telah stabil. 50% c. 90% b. Bipolar II disorder c. 1% 5. Episode manik lebih terlihat sebagai aktivitas yang berlebihan c.tahun yang lalu saat pasien kurang berhati-hati dalam mengambil keputusan bisnisnya. Memiliki periode asimptomatik yang lebih lama daripada bipolar I disorder d. Other specified bipolar disorder e. Episode manik tampak pada usia dini 6. 25% d.

tidak ada nafsu makan. Apakah diagnosa yang tepat bagi pasien di atas? a. bicaranya cepat dan kadang sulit dimengerti. Gangguan Waham Menetap 9. Setelah anamnesa lebih jauh ternyata pasien telah sering mengalami keluhan yang sama berulang dalam 1 tahun terakhir. T3 dan TSH normal. Seorang wanita berusia 34 tahun dibawa ke poliklinik RSJ Daerah Jambi karena suaminya kewalahan dengan perilaku pasien membagi2kan uang dan barang2 di toko baju milik mereka kepada pembelinya secara cuma-cuma. Gangguan Skizotinik d. Gangguan afektif bipolar kini episode mania dengan gejala psikotik c. Hasil pemeriksaan fisik. Pasien juga merasa kesulitan dalam berbaur dengan teman-temannya dan tugas yang diberikan akhir akhir ini tidak terselesaikan. merasa kesepian. 2 tahun sebelumnya pasien pernah menunjukkan gembira berlebihan. Seorang pasien perempuan 54 tahun dibawa keluarganya ke puskesmas dengan keluhan tampak tidak bersemangat dan sering sulit tidur . Gangguan afektif bipolar kini episode depresif b. didapatkan mood pasien mengayun serta terkadang merasakan berkurangnya energi dan kehilangan kegembiraan sejak 2 hari yang lalu. Gangguan afektif bipolar kini episode mania tanpa gejala psikotik d. Tetapi setelah 3 hari berikutnya pasien merasakan elevasi mood dengan lebih bersemangat dan dirasakan kelancaran dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Gangguan Skizoafektif e. Sebelumnya pasien juga merasakan keluhan yang sama pada 2 minggu yang lalu. Apakah diagnosis yang paling mungkin? . Gangguan Afektif Bipolar c. Gangguan jiwa ini adalah yang keempat kalinya dan diantara episode kekambuhan pasien tampak pulih sebelum sakit. Saat pemeriksaan pasien tampak berdandan berlebihan dengan pakaian ketat dan terbuka. Riwayat penggunaan obat disangkal. padahal ia sedang mengalami kesulitan keuangan.7. Siklotimia e. Dari hasil anamnesa. Skizofrenia b. Pasien merasa lebih baik mati saja. Episode depresif lainnya 8. Pada PF didapatkan pasien mudah lelah . Keluhan tersebut sering dirasakan sejak 1 tahun yang lalu ketika anak perempuan satu2nya menempuh pendidikan di luar negeri. sangat gembira. Diagnosis apakah yang tepat untuk pasien diatas? a. Seorang pasien remaja berusia 17 tahun datang ke prakter psikiater setelah pulang sekolah bersama kedua orang tuanya. Dokter menyatakan bahwa pasien belum dapat didiagnosa sebagai kategori depresi berat maupun hipomania. sedih dan kehilangan semangat. Pasien yakin bahwa ia sangat kaya.

Ia sering menghamburkan uangnya. Gangguan afektif bipolar episode kini manik dengan gejala psikotik e. Laki-laki 30 tahun dibawa oleh keluarganya karena menurut keluarganya pasien mulai berperilaku aneh akhir-akhir ini. Ia sering menghamburkan uangnya. Gangguan Bipolar episode depresi 10. anti Cemas b. Saat ditanyakan mengenai beberapa hal pasien cenderung tidak berkonsentrasi. Pasien sudah jarang bermain bola dan lebih suka mengurung diri di ruang kerjanya. Gangguan cemas menyeluruh d. Anti Psikotik dan mood stabiliser e. Tatalaksana yang tepat diberikan pada pasien ini adalah. Gangguan Depresi Bipolar c. Keluarga mengatakan 7 bulan lalu pasien tampak sering kelelahan dan malas bekerja. Skizoafektif tipe campuran c. Ia terlihat kurang tidur. Keluarga mengatakan 7 bulan lalu pasien tampak sering kelelahan dan malas bekerja. Gangguan Panik b. Saat ditanyakan mengenai beberapa hal pasien cenderung tidak berkonsentrasi. Gangguan Stress Pasca Trauma e.. Diagnosis a. Anti Depressan. Anti cemas. dan mood stabilizer d. anti insomnia c. apabila bertemu orang dia selalu membanggakan dirinya bahwa ia adalah orang hebat. apabila bertemu orang dia selalu membanggakan dirinya bahwa ia adalah orang hebat. a. Ia terlihat kurang tidur. anti psikotik dan anti depresan . banyak bicara dan sangat beraktivitas. banyak bicara dan sangat beraktivitas. Laki-laki 30 tahun dibawa oleh keluarganya karena menurut keluarganya pasien mulai berperilaku aneh akhir-akhir ini. Skizoafektif tipe manik b. a. Gangguan afektif bipolar episode kini manik tanpa gejala psikotik d. Gangguan depresi agitatif 11. Pasien sudah jarang bermain bola dan lebih suka mengurung diri di ruang kerjanya. Anti Insomnia.

Apakah diagnosa yang tepat pada Tn.12. Baby Blues 13. Seorang wanita berusia 35 tahun dibawa ke dokter karena sering melamun dan merenung. Pasien merasa bahwa aktivitas sehari-harinya mulai merasa terganggu. Neuroleptik 14. mengatakan tidak memiliki harapan hidup. Anti depressan d. Keluhan tersebut terjadi sejak kematian anak bungsunya di dalam sebuah perjalanan study tour. tidak mau keluar rumah.S? . Pasien mengatakan bahwa hidup ini terasa hampa dan tidak bisa merasakan bahagia. Dulu pasien sering melakukan hobinya menjahit. Waham curiga e. Dulu pasien sering melakukan hobinya menjahit. Anti Ansietas b. Schizoprenia d. namun kini pasien sudah tidak melakukan hobinya tersebut. namun kini pasien sudah tidak melakukan hobinya tersebut. Konsentrasi serta kepercayaan dirinya semakin berkurang ketika dia bekerja. tidak mau makan dan hanya berdiam diri dikamar. tidak mau keluar rumah. Pasien mengatakan bahwa hidup ini terasa hampa dan tidak bisa merasakan bahagia. Tn. Sedatif c. mengatakan tidak memiliki harapan hidup. Apakah kemungkinan diagnosa pasien di atas? a. S 32 tahun datang ke poli jiwa untuk menanyakan keadaanya yang semakin lemah. Apakah kemungkinan diagnosa pasien di atas? a. Keluhan tersebut terjadi sejak kematian anak bungsunya di dalam sebuah perjalanan study tour. GAD c. tidak mau makan dan hanya berdiam diri dikamar. Pasien mengaku kepada dokter bahwa dirinya merasa semakin terpuruk dan merasakan kesedihan yang mendalam sejak 3 minggu yang lalu. Gangguan Depresi b. Anti-mania e. Seorang wanita berusia 35 tahun dibawa ke dokter karena sering melamun dan merenung.

nafsu makan turun. Pasien tampak sedih dan cemas. Pasien merasa pesimis terhadap hidupnya dan bahkan pernah ingin mengakhiri hidupnya. Episode Depresif Ringan b. Episode Depresif berat tanpa gejala psikotik d. pasien mengaku merasa sedih. Sebelumnya pasien masih bekerja di salah satu dinas pemerintahan. Ketika ditanya mengenai perasaannya saat ini. Gangguan Afektif bipolar kini episode depresif 16. Episode Depresif Sedang c. Episode depresif Sedang c. Ketika ditanya mengenai perasaannya saat ini. . Gangguan Psikotik e. Semenjak itu pasien hanya di rumah dan melakukan sedikit aktivitas. dan sulit tidur. Pasien tampak sedih dan cemas. 15. berperawakan kurus dengan warna kulit sawo matang. Ia mengaku bahwa hubungan dengan suaminya baik baik saja. Episode Depresif berat dengan gejala psikotik e. a. Pasien perempuan 40 tahun dibawa ke poli oleh keluarganya. Ia mengaku memiliki banyak masalah. Penampilan pasien tampak tidak rapi. Episode depresif Ringan b. Anda adalah dokter yang bertugas pada hari itu. Dalam wawancara pasien sesekali menangis. pasien mengalami keluhan tersebutsejak 8 bulan yang lalu dan keluarga mengatakan ibunya tampak banyak beban tapi tidak mau bercerita. Gangguan Cemas Menyeluruh d. Berdasarkan alloanamnesa. berperawakan kurus dengan warna kulit sawo matang. Ia mengaku memiliki banyak masalah. namun pasien berhenti karena dia merasa diguna-guna oleh pegawai di tempat ia bekerja. tidak bersemangat. Terakhir ia merasa sedih karena anaknya menikah pada usia yang sangat dini. pasien mengaku merasa sedih. Pasien perempuan 40 tahun dibawa ke poli oleh keluarganya. Hasil pemeriksaan fisik dan labor dalam batas normal. Gangguan Afektif bipolar kini episode depresif 15. Penampilan pasien tampak tidak rapi. Apakah diagnosa yang tepat pada pasien di atas? a. Anda adalah dokter yang bertugas pada hari itu.

Semenjak itu pasien hanya di rumah dan melakukan sedikit aktivitas. namun pasien berhenti karena dia merasa diguna-guna oleh pegawai di tempat ia bekerja. Apakah terapiyang tepat pada pasien di atas? a. Gangguan Afektif bipolar kini episode depresif . pasien mengalami keluhan tersebutsejak 8 bulan yang lalu dan keluarga mengatakan ibunya tampak banyak beban tapi tidak mau bercerita. dan sulit tidur. Dalam wawancara pasien sesekali menangis. Ia mengaku bahwa hubungan dengan suaminya baik baik saja. Sebelumnya pasien masih bekerja di salah satu dinas pemerintahan. Fluoxetine dan Risperidone e. Pasien merasa pesimis terhadap hidupnya dan bahkan pernah ingin mengakhiri hidupnya. nafsu makan turun. Episode Depresif Sedang c. Episode Depresif Ringan b.Terakhir ia merasa sedih karena anaknya menikah pada usia yang sangat dini. tidak bersemangat. Hasil pemeriksaan fisik dan labor dalam batas normal. Berdasarkan alloanamnesa. Episode Depresif berat tanpa gejala psikotik d.