You are on page 1of 16

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Makalah ini kami susun sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Bahasa
Indonesia yang kami uraikan dalam makalah ini dengan singkat mengenai
pengertian pengertian, prinsip, tata cara kutipan, dan bibliografi serta jenis
kutipan dan tujuan kutipan, bibliografi. Dengan tersusunnya makalah ini
kami sajikan guna bisa memberi kontribusi pengetahuan kepada pembaca
yang budiman dan khususnya bisa menambah cakrawala kepada kami
(penyusun) yang masih terjadi banyak kesalahan-kesalahan atau kekurangan
dalam sistimatis menguraikan isi makalah ini.

B. Rumusan Masalah

1. Apa definisi kutipan, dan bibliografi?
2. Bagaimana prinsip-prinsip mengutip?
3. Bagaimana tata cara dalam mengutip dan cara penyusunan bibliografi?
4. Apa saja jenis kutipan dan macam-macam bibliografi?
5. Apa tujuan Kutipan?

C. Tujuan Pembahasan

1. Untuk mendeskripsikan kutipan, dan bibliografi
2. Untuk menginformasikan apa prinsip-prinsip mengutip

1

Untuk mengerti informasi kutipan dan bagaimana cara pengutipan 5. Untuk mendeskripsikan tata cara dalam mengutip 4.3. Agar mengerti tujuan Kutipan dan Bibliografi? 6. Mengerti manfaat bibliografi 2 . Untuk memberitahu cara penyusunan bibliografi 7.

] bahwa perubahan itu dibuat sendiri oleh penulis. BAB II PEMBAHASAN A. Prinsip Kutipan 1.. ide. dan tidak ada dalam teks aslinya. jurnal. pendapat salinan kalimat atau paragraf yang diambil dari berbagai sumber. Dalam hal yang demikian. baik yang terdapat dalam buku. Definisi Kutipan 1. maka ia harus menyatakan atau memberi keterangan yang jelas bahwa telah diadakan perubahan tertentu. Kutipan Dalam mengutip. ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan : a) Jangan mengadakan perubahan Pada waktu mengadakan kutipan langsung penulis tidak boleh mengubah kata-kata atau teknik dari teks aslinya. penulisan kutipan harus sesuai dengan sumber.[1] Pada umumnya. maupun terbitan lain. Bila penulis perlu untuk mengadakan perubahan tekniknya. penulis harus memberikan keterangan dalam tanda kurung segi empat [ . 3 . B. Sumber-sumber tersebut seperti seorang pengarang atau ucapan orang terkenal.. Kutipan Kutipan adalah gagasan.

Merancang Audio Mobil Hi-Fi Stereo System. Mengutip Cara mengutip tulisan dari buku. Tata Cara Mengutip 1. Contoh : 4 . 2002. Kutipan dari makalah. artikel. kata atau huruf yang khas. nomor edisi lengkap dengan tahun terbit. b) Bila ada kesalahan Bila dalam kutipan itu ada kesalahan atau keganjilan. nama kota diterbitkan buku : nama penerbit. tahun terbit buku. C. Semarang: Efhar. Contoh : Aksin. Kutipan dari buku Nama pengarang dengan nama belakang terlebih dahulu. judul lengkap dengan huruf italic atau underline. M. Dalam hal ini. Catatan itu dapat ditempatkan dalam tanda kurung segi empat [ ]. b. kutipan tetap dilakukan. tabloid atau Koran Nama majalah. hanya penulis diperkenankan memberikan catatan tersebut. jika terdapat gelar letakan paling belakang dan jika gelar lebih dari satu. nama kota diterbitkan majalah. maka setiap gelar dipisahkan dengan tanda ( koma ). Catatan dalam tanda kurung empat itu langsung ditempatkan di belakang kata dasar unsure yang hendak diperbaiki. surat kabar atau media cetak lain : a. penulis tidak boleh memperbaiki kesalahan itu. nama penerbit ( jika ada ).

alamat URL –nya. A. Jakarta. tanggal akses. Lauren P. Kutipan Langsung adalah kutipan yang sama persis seperti kutipan aslinya. Majalah Mingguan Anak-anak. “A Hypertext History of Multi-User Dimensions”. judul lengkap dalam tanda petik. Kutipan Tidak Langsung adalah kutipan yang telah kita ringkas intisarinya dari sumber kutipan aslinya. http://www.Bobo. PC Mild.[2] D. 1993. 5 . Edisi 02/2008. c. ( 2 Agustus 1993 ). B. Jakarta: PT Dian Digital Media. antara lain adalah Kutipan langsung dan Kutipan Tidak langsung. Indonesian’s Greatest Computer Newspapaer.utopia. Contoh : Burka. No.com/talent/ipb/muddex/essay. tanggal dokumen. 51/1998. Disini kita sama sekali tidak boleh merubah atau menghilangkan kata atau kalimat dari sumber kutipan kita. MUD History. atau sumber yang kita ambil untuk mengutip. Pengutipan dari internet Nama pengarang ( jika ada ) dengan nama belakang terlebih dahulu. Jenis Kutipan dan Cara Mengutip Terdapat beberapa jenis kutipan.

Kutipan a. 4. 7. 3. 6. Fungsi Kutipan Kutipan memiliki fungsi tersendiri. 2. Memudahkan pembedaan data pustaka dan ketergantungan tambahan. Mencegah pengulangan penulisan data pustaka. Menunjang apa yang diungkapkan. Menegaskan isi uraian. Menunjukkan kualitas ilmih yang lebih tinggi. E. 6 . Memudahkan penilaian penggunaan sumber dana. dan Bibliografi 1. Memudahkan peninjauan kembali penggunaan referensi. Tujuan Kutipan. Membuktikan apa yang dikatakan c. dan memudahkan penyuntingan naskah yang terkait dengan data pustaka. 5. Meningkatkan estetika penulisan. b. Fungsi dari kutipan adalah sebagai berikut : 1. Menunjukkan kecermatan yang lebih akurat.

kota penertnit. Bibliografi adalah sebuah daftar pustaka yang mencakup isi dan deskripsi sebuah buku. Jadi bibliografi berarti penulisan buku. edisi. ini juga termasuk judul tambahannya. Mungkin bagi orang awam. Unsur-Unsur Bibliografi Adapun unsur-unsur bibliografi diantaranya  Nama Pengarang. bibliografi ini tidak penting. namun bagi sarjana. PENGERTIAN BIBLIOGRAFI Menurut Para Ahli – Kata bibliografi berasal dari Bahasa Yunani yakni Biblion yang berarti buku dan Graphein yang berarti menulis. pengarang. jumlah halaman. dan bahan penerbitan lainnya yang memiliki hubungan dengan suatu kerangan yang telah digarap. calon sarjana maupun cendikiawan. ini dikutip secara lengkap  Judul Buku. ini tersusun secara sistematik berupa daftar menurut aturan yang diinginkan. artikel. nama penerbit. ukuran tinggi buku dan ISBN. mereka akan dapat melihat melihat kembli pada sumber aslinya. tahun terbit. Bibliografi merupakan kegiatan teknis untuk membuat deskripsi sebuah cantuman tertulis atau pustaka yang sudah diterbitkan. hal ini meliputi judul. cetakan. 7 . Pengertian bibliografi yang lain yaitu. bibliografi ini sangat penting karena dengan bibliografi yang disertakan di akhir tulisan. bibliografi atau yang disebut juga dengan daftar kepustakaan adalah daftar yang berisi judul buku.

tanggal dan tahunnya. Cara Penyusunan Bibliografi Cara menyusun bibliografi yang benar yaitu: 1. maka refrensi kedua dan seterusnya. 5. Nama pengarang disusun berdasarkan urutan abjad. tahun terbit. nomor jilid buku dan tebal (jumlah halaman) buku tersebut. Jarak antar baris untuk satu refrensi yakni satu spasi.  Data Publikasi. 3. judul buku atau artikel yang dimasukkan dalam urutan abjad. Apabila seorang pengarang ada pada lebih dari satu bahan refrensi. cetakan ke berapa. nama pengarang tidak diikutsertakan. 4.  Untuk artikel dibutuhkan pula judul artikel yang bersangkutan. Akan tetapi. namun diganti dengan garis sepanjang 5-7 ketikan. atau surat kabar. Apabila tidak ada nama pengarang. ini mencakup nama penerbit. Baris pertama dimulai dari margin kiri. tempat terbit. jarak antar pokok dengan pokok lain yakni dua spasi. nama majalah. 2. Baris kedua dan selanjutnya dari setiap pokok harus dimasukkan ke dalam sebanyak 3-4 ketikan. 8 .

Bibliografi Current Bibliografi curren atau terkini adalah jenis bibliografi yang mencatat terbitan 9 . Biasanya evaluasi ini mencakup penilaian terhadap isi bahan pustaka atau artikel. Seperti judul buku atau majalah. Bibliografi Evaluatif Bibliografi evaluatif adalah jenis bibliografi yang dilengkapi dengan evaluasi mengenai suatu bahan pustaka. bibliografi dibagi menjadi: Bibliografi Deskriptif Bibliografi Deskriptif adalah jenis bibliografi yang dilengkapi dengan deskripsi singkat yang diperoleh dari gambaran fisik yang tertulis dalam bahan pustaka. kata kunci dan abstrak yang tertulis. judul artikel. bibliografi dibagi menjadi: Bibliografi Retrospektif Bibliografi retrospektif adalah jenis bibliografi yang mencatat bahan pustaka yang sudah diterbitkan pada zaman lampau. nama pengarang. Contohnya :Bibliografi sejarah perang Dipenogoro. impresium.Macam-Macam Bibliografi Adapun macam-macam jenis bibliografi. kolasi. diantaranya: Berdasarkan Cara Penyajian dan Uraian Deskripsi Berdasarkan cara penyajian dan urain deskripsi. Berdasarkan Cakupan Berdasarkan cakupannya.

ini berisi judul artikel atau judul buku yang akan dideskripsikan. nama terbit. Bibliografi Subjek Bibliografi subjek adalah jenis bibliografi yang mencatat bahan pustaka atau artikel pada bidang ilmu dan subjek tertentu. atau judul buku dimana informasi tersebut berada. Bibliografi Selektif Bibliografi Selektif adalah jenis bibliografi yang mencatat terbitan tertentu dan dengan tujuan tertentu. Bagian-Bagian Bibliografi Sebuah bibliografi biasanya terdiri atas:  Judul. Contohnya Bibliografi Nasional Indonesia. Bibliografi Nasional Biliografi nasional adalah jenis bibliografi yang mencatat terbitan suatu negara atau daerah regional tertentu. ini berisi nama pengarang perorangan atau pengarang badan korporasi  Sumber.  Kepengarangan. judul prosiding. dan tahun terbit 10 . Contohnya Bibliografi khusus ternak kelinci.yang sedang atau masih terbit saat ini. ini berisi judul jurnal. ini berisi data mengenai kota terbit. Contohnya Bibliografi buku bacaan terpilih untuk anak usia pra sekolah. Contohnya: Ulrich’s International Periodicals Directory.  Data terbitan atau impresium.

berupa lokasi rak penyimpanan. Manfaat Bibliografi Manfaat pencatatan informasi tentang koleksi perpustakaan dalam bentuk bibliografi dilakukan dengan alasan. berupa kata kunci dan abstrak  Keterangan tambahan. Jika buku dijadiakan sumber acuan. kode call number.  Keterangan fisik atau kolasi buka. perpustakaan pemilik bahan pustaka dan sebagainya. seperti:  Jumlah koleksi perpustakaan yang semakin meningkat dari bentuk dan bidang kajiannya  Kebutuhan informasi pengguna semakin beragam dan jumlahnya meningkat  Usaha meningkatkan kualitas layanan penelusuran informasi dengan cepat dan tepat. ini berisi halaman tempat artikel ditemukan. Maka susunan penulisannya yaitu:  Nama Pengarang  Tahun terbit  Judul buku  Tempat terbit  Nama penerbit 11 . Contoh Bibliografi 1.  Keterangan informasi.

4. A. maka susunan penulisannya yaitu: 12 . 1985. A.”Kisah Penulisa Sebagai Pahlawan” Insert Media.N. Jika antologi dijadikan acuan. Kisah Penulisa Sebagai Pahlawan. 1985. 1985. Jika surat kabar dijadikan acuan. Cakrawala Nusantara.N. Jika majalah dijadikan sumber acuan. 12 (Desember IV).Contohnya Setiabudi. 2 November 1988 . “Kisah Penulisa Sebagai Pahlawan” Poskota. 2. Jakarta : Balai Pustaka.N. Depdikbud 1989. Maka susunan penulisannya yaitu:  Nama Pengarang  Tahun terbit  Judul artikel  Nama majalah  Nomor majalah  Bulan terbit  Tahun terbit Contohnya Setiabudi. Jakarta. A. Jakarta : Gramedia. Jakarta 3. maka penyususnan penulisannya yaitu:  Nama Pengarang  Tahun terbit  Judul artikel  Nama surat kabar  Tanggal terbit  Tempat terbit Contohnya Setiabudi.

A. “Kisah Penulisa Sebagai Pahlawan” Kasus Retorika Indonesia. A. di akses 15 November 2001) 13 . 1985. No. jilid 5. perjuangan pejuang.N. Jakarta : Universitas Gunadarma. “Kereta maglev masa depan” Wikipedia (online). 6. 1985.4. dalam Kaswati Purwo (ed).com.  Nama Pengarang  Tahun terbit karangan  Judul karangan  Nama Editor  Judul antologi  Tempat terbit  Nama penerbit Contohnya Setiabudi. Jika internet dijadikan sumber Contohnya: Setiabudi.N.atmasetya. (http://www.

dokumentasi koleksi yang dimiliki dan mandat instansi. topik yang sedang berkembang atau yang banyak dibutuhkan saat itu. 14 . Bibliografi Untuk mengetahui adanya suatu atau sejumlah buku atau pustaka yang pernah diterbitkan.TUJUAN BIBLIOGRAFI 1. Untuk menentukan cakupan atau topik bibliografi ditentukan berdasarkan beberapa pertimbangan seperti permintaan pengguna.

Dalam mengutip. banyak tata cara yang harus diperhatikan. pengarang. judul. BAB III PENUTUP A. 15 . dan jumlah halaman. edisi. cetakan. KESIMPULAN Kutipan adalah gagasan. baik yang terdapat dalam buku. Sumber-sumber tersebut seperti seorang pengarang atau ucapan orang terkenal. yaitu Jangan mengadakan perubahan dan Bila ada kesalahan. dan Bibliografi. pendapat salinan kalimat atau paragraf yang diambil dari berbagai sumber. tahun terbit. ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan. hal tersebut meliputi. ide. kami berharap setelah mengetahui mareri dapat mengaplikasikan secara nyata. jurnal. B. SARAN Di dalam pembuatan makalah Bahasa Indonesia dengan tema Penulisan Kutipan. kota penerbit. Dalam mengutip.[3] Pada umumnya. maupun terbitan lain. Bibliografi adalah daftar pustaka yang mencangkup isi dan deskripsi sebuah buku. nama penerbit. penulisan kutipan harus sesuai dengan sumber.

files.blogspot..pelajaran.com/.wordpress.kompasiana.com/tezairawan/pengertian- bibliografi_56c72c3ce4afbd9f15f1f1b5 16 . DAFTAR PUSTAKA https://pearlsunflower./makalah-penulisan-kutipan- catatan-kaki. http://makalahkuipanku...co.id/2017/03/pengertian-bibliografi https://www..id/ http://www.co.