You are on page 1of 13

Pertemuan 3

1

MENGHITUNG TITIK
SAMPEL

Bila suatu operasi dapat dilakukan dengan n1 cara. • Aturan yang sering digunakan: PERKALIAN Teorema 1. DEFINISI 2 • Dalam banyak hal. suatu soal peluang dapat diselesaikan dengan menghitung jumlah titik/outcomes dalam ruang sampel tanpa membuat daftar unsurnya. dan bila untuk tiap cara ini operasi kedua dapat dikerjakan dengan n2 cara. maka kedua operasi itu dapat dikerjakan bersama-sama dengan n1n2 cara .

kolonial dan modern di daerah pusat kota. Berapa banyak pilihan rumah yang dapat dipesan seorang pembeli ? n =4 n =3 Jumlah kemungkinan pilihan n n = 12 kemungkinan . DEFINISI 3 Contoh: Suatu perusahaan perumahan menawarkan bagi calon pembeli pilihan rumah bergaya tradisional. spanyol. pantai dan bukit.

DEFINISI 4 Bukit Pantai Pusat Kota Bukit Spanyol Pantai Pusat Kota Bukit Pantai Pusat Kota Bukit Pantai Pusat Kota .

5 macam bakmi dan 4 macam soto? n₁ = 4 n₂ = 3 n₃ = 5 n₄ = 4 Banyak macam hidangan = 4 x 3 x 5 x 4 = 240 . Bila suatu operasi dapat dikerjakan dengan n1 cara. DEFINISI 5 Teorema 2. maka deretan k operasi dapat dikerjakan dengan n1n2 . nasi goreng.. 3 macam nasi goreng. dan bila untuk setiap kedua cara tersebut operasi ketiga dapat dikerjakan dengan n3 cara. nk cara.. Contoh: Berapa banyak hidangan dapat disajikan bila masing- masing hidangan terdiri atas sop. dan bila untuk tiap cara ini operasi kedua dapat dikerjakan dengan n2 cara. bakmi dan soto. dan tersedia 4 macam sop. dan seterusnya.

cba. dan c? Jawab: n₁ = 3 pilihan untuk tempat pertama n₂ = 2 pilihan untuk tempat kedua n₃ = 1 pilihan untuk tempat ketiga jadi n₁n₂n₃ = 6 6 susunan tersebut adalah abc. cab. Banyaknya permutasi n benda yang berlainan adalah n! . Contoh: Berapa banyak susunan yang dapat dibuat dari 3 huruf a. Suatu Permutasi adalah suatu susunan yang dapat dibentuk dari suatu kumpulan benda yang diambil sebagian atau seluruhnya. PERMUTASI 6 Definisi 1. b. bca. Teorema 3. acb. bac.

da.b. bc. ingin diambil 2 huruf sekaligus. maka permutasinya adalah: ab. ca. Dalam hal ini tempat pertama n diisi 4 cara dan n diisi 3 cara. cb. ad. ac. Banyaknya permutasi n benda berlainan bila diambil r sekaligus adalah n! n Pr  Catatan : 1! = 1 (n  r )! 0! = 1 Contoh: bila dari 4 huruf a. maka banyak cara = 4x3 = 12 . bd. PERMUTASI 7 Teorema 4. ba. db dan dc.c dan d. cd.

(n-r+1). dipilih dua untuk menjadi pemenang I dan II. Hitung banyak kemungkinan pemenang I dan II dari peristiwa tersebut ! [titik sampel dalam ruang S]. PERMUTASI 8 banyak cara = 4x3 = 12 Identik dengan n(n-1)(n-2)…. 4! 4.3. 20! 20.2! 4 P2    12 2! 2! Contoh: Dari 20 lotere.19. atau dapat ditulis: n! n Pr  (n  r )! Dari contoh diatas maka.18! 20 P2    380 18! 18! .

Ada berapa banyak cara menyusun 9 bola lampu itu bila 3 diantaranya berwarna merah. 4 kuning dan 2 biru 9!  1260 3!4!2! ... PERMUTASI 9 Teorema 5. …. nk berjenis ke k adalah: n! n1!n2 !. Banyaknya permutasi n benda berlainan yang disusun melingkar adalah (n -1)! Teorema 6.nk ! Contoh :Suatu pohon natal dihias dengan 9 bola lampu yang dirangkai seri. Banyaknya permutasi yang berlainan dari n benda bila n1 diantaranya berjenis pertama. n2 berjenis kedua.

.. bila 1 kamar bertempat tidur 3 sedang 2 lainnya punya 2 tempat tidur.n !  1 2 r 1 2 r Dengan n +n +…+nr = n Contoh: Berapa banyak cara untuk menampung 7 petinju dalam 3 kamar hotel. PERMUTASI 10 Teorema 7. masing-masing berisi n1 unsur dalam sel pertama. .. Banyaknya cara menyekat suatu himpunan n benda dalam r sel. dst.. n .. n2 dalam sel kedua. n  n !n !. . adalah  n  n!    n .

. KOMBINASI 11 Teorema 8. Banyaknya kombinasi dari n benda yang berlainan bila diambil r sekaligus adalah  n  n! n Cr      r  r!(n  r )! Contoh: Bila terdapat 4 kimiawan dan 3 fisikawan ingin diambil 3 panitia beranggotakan 2 kimiawan dan 1 fisikawan.

banyak susunan yang mungkin jika sample ukuran r dipilih dari sebuah set berukuran n adalah nr Contoh: Sebuah dadu diambil 5 kali. DEFINISI 12 Definisi 2. Sampling with replacement muncul ketika sebuah objek dipilih dan kemudian dikembalikan sebelum objek berikutnya dipilih dengan prinsip perkalian. Banyak susunan yang mungkin adalah 65 = 7776 .

.200 . Banyak susunan yang mungkin adalah: (52)(51)(50)(49)(48)= 52! / 47! =311. banyak susunan yang mungkin jika sample ukuran r dipilih dari sebuah set berukuran n adalah: n! n(n  1). Sampling without replacement muncul ketika sebuah objek dipilih dan kemudian tidak dikembalikan.875. dengan prinsip perkalian.(n  r  1)  (n  r )! Contoh: Lima buah kartu diambil tanpa pengembalian.. DEFINISI 13 Definisi 3..