You are on page 1of 16

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : MAN WAJO
Matapelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI MIA /II
Materi Pokok : Dinamika Fluida
Alokasi Waktu : 8 pertemuan (16×45 menit)

A. KOMPETENSI
Kompetensi sikap spiritual dan kompetensi sikap sosial dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect learning) pada pembelajaran. Kompetensi pengetahuan dan kompetensi
keterampilan melalui keteladanan, pembiasaaan, dan budaya sekolah, denan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan konsisi peserta didik.
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli 9gotong – royong,
ketoleran, damai), santun, responsif dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Pengetahuan Keterampilan

Kompetensi Inti

3. Memahami, menerapkan, menganalisis 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
pengetahuan faktual, konseptual, ranah konkrit dan ranah abstrak terkait
prosedural berdasarkan rasa ingin dengan pengembangan dari yang
tahunya tentang ilmu pengetahuan, dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dan mampu menggunakan metode sesuai
dengan wawasan kemanusiaan, kaidah keilmuan.
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerap-kan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi Dasar

3.7 Menerapkan prinsip fluida dinamik 4.7 Membuat dan menguji proyek sederhana
dalam teknologi yang menerapkan prinsip dinamika fluida
dan makna fisisnya
Indikator
3.7.1. Menyebutkan sifat – sifat fluida ideal. 4.7.1. Menentukan alat dan bahan
3.7.2. Menghitung debit fluida yang bergerak percobaan untuk mengukur debit
3.7.3. Menentukan persamaan kontinuitas fluida
3.7.4. Menentukan persamaan Bernoulli. 4.7.2. Menentukan besar debit fluida
3.7.5. Menjelaskan prinsip kerja alat 4.7.3. Menunjukkan kebenaran asas
penyemprot nyamut kontinuitas
3.7.6. Menghitung kecepatan fluida pada 4.7.4. Menentukan alat dan bahan
percobaan asas bernouli
pipa venturi
4.7.5. Melakukan percobaan asas bernouli
3.7.7. Menjelaskan prinsip kerja tabung

2. Diberikan sebuah informasi peserta didik dapat menjelaskan konsep tentang asas Bernoulli sesuai kunci LP 01 dengan tepat. Menghitung gaya angkat sayap pesawat terbang 3. Peserta didik dapat menunjukan perilaku terbuka dalam mempelajari materi asas kontinuitas. Peserta didik dapat menerapkan persamaan Bernouli dalam menyelesaikan soal ulangan sesuai kunci LP 01 dengan tepat. 5. Menerapkan teorema torecelli untuk menentukan kelajuan fluida yang kluar dari botol C. . 7. Peserta didik dapat menunjukan perilaku teliti dalam mempelajari materi asas Bernoulli. 6. Diberikan sebuah informasi peserta didik dapat menjelaskan konsep dinamika fluida sesuai kunci LP 01 Produk dengan tepat. 4. 9.9. Diberikan sebuah informasi peserta didik dapat menjelaskan penerapan asas Bernoulli pada venturimeter tanpa manometer sesuai kunci LP 01 dengan tepat.7. Diberikan sebuah informasi peserta didik dapat menjelaskan konsep tentang asas kontinuitas sesuai kunci LP 01 dengan tepat.7.7. 11. 14. 10. Peserta didik dapat menerapkan persamaan Bernouli dalam menyelesaikan soal ulangan sesuai kunci LP 01 dengan tepat. Diberikan sebuah informasi peserta didik dapat menjelaskan tentang sifat – sifat fluida ideal sesuai kunci LP 01 dengan tepat.10. Menentukan Kelajuan udara dengan bernouli tabung pitot 3. 3. 12. 13. Peserta didik dapat menerapkan persamaan kontinuitas dalam menyelesaikan soal ulangan sesuai kunci LP 01 dengan tepat. Menyusun laporan percobaan asas 3. Diberikan sebuah informasi peserta didik dapat menjelaskan penerapan asas Bernoulli pada venturimeter dengan manometer sesuai kunci LP 01 dengan tepat. 8.7. Diberikan sebuah informasi peserta didik dapat menjelaskan penerapan asas Bernoulli pada venturimeter dengan manometer sesuai kunci LP 01 dengan tepat. Diberikan sebuah informasi peserta didik dapat menjelaskan penerapan asas Bernoulli pada teorema Toricelli sesuai kunci LP 01 dengan tepat.6. Pengetahuan Keterampilan pitot 4. Peserta didik dapat menunjukan perilaku cermat dalam mempelajari materi asas Bernoulli. Tujuan Pembelajaran 1.8.

peserta didik dapat menentukan alat dan bahan percobaan asas bernouli dengan tepat. 17. peserta didik dapat menentukan besar debit fluida dengan tepat. 20. Peserta didik dapat menunjukan perilaku peduli sesama baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah 28. Melalui kegiatan praktikum. 22. Fluida Ideal Faktual: Bentuk aliran air pada kran Konseptual: Bentuk aliran air pada kran 2. Melalui kegiatan praktikum. Diberikan sebuah informasi peserta didik dapat menjelaskan penerapan asas Bernoulli pada gaya angkat pesawat sesuai kunci LP 01 dengan tepat. Peserta didik dapat menunjukan perilaku santun terhadap guru maupun kawan dalam proses pembelajaran. Peserta didik dapat menunjukan perilaku responsif dalam proses pembelajaran. 31. 24. Melalui kegiatan praktikum. Asas Kontinuitas .15. 23. peserta didik dapat menentukan alat dan bahan percobaan untuk mengukur debit fluida dengan tepat. Peserta didik dapat menunjukan perilaku disiplin dalam proses pembelajaran. Peserta didik dapat menunjukan perilaku rasa ingin tahu dalam mempelajari materi penerapan asas kontinuitas dan asas Bernoulli. 21. D. Diberikan sebuah informasi peserta didik dapat menjelaskan penerapan asas Bernoulli pada tabung pitot sesuai kunci LP 01 dengan tepat. Peserta didik dapat menunjukan perilaku peduli lingkungan baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah 27. 26. Melalui kegiatan praktikum. 25. Melalui kegiatan praktikum. 18. peserta didik dapat melakukan percobaan asas bernouli dengan tepat. 32. peserta didik dapat menyusun laporan percobaan asas bernouli dengan tepat. peserta didik dapat menunjukkan kebenaran asas kontinuitas dengan tepat. Materi Pembelajaran 1. 30. 29. 33. Peserta didik dapat menunjukan perilaku kerjasama dalam kelompok ketika melakukan kegiatan praktikum di dalam maupun di luar kelas. 16. Peserta didik dapat menunjukan perilaku bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan praktikum. Melalui kegiatan praktikum. Diberikan sebuah informasi peserta didik dapat menjelaskan penerapan asas Bernoulli pada alat penyemprot nyamuk sesuai kunci LP 01 dengan tepat. 19. Peserta didik dapat menunjukan perilaku jujur dalam proses pembelajaran. Peserta didik dapat menunjukan perilaku pro aktif dalam setiap kegiatan ketika pembelajaran berlangsung.

. Metode Pembelajaran Model Pembelajaran : Metode Pembelajaran : Contekstual Teaching and Learning (CTL) F. Marthin Kanginan... MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR 1.Internet: .Buku Fisika: Bambang Haryadi. Media Pembelajaran: Laptop/LCD. Metakognitif : Mempresentasi hasil pengamatan penerapan asas bernoulli E. Sumber Belajar: .. 1 file foto/gambar tentang aktifitas orang yang sedang menyiram tanaman 2. Fisika Untuk SMA/MA kelas XI penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional tahun 2008 halaman 159 – 168. aliran air pada selang. Asas Bernoulli Faktual: Menaikkan air pada bak penampungan Konseptual: Besar tekanan karena pengaruh fluida yang bergerak akibat adanya perubahan energi mekanik ( usaha = Δ EM ) Prosedural : Melakukan percobaan asas bernoulli dengan alat yang sederhana 4... Penerapan Asas Kontinuitas dan Bernoulli dalam kehidupan Faktual: Pesawat terbang. Faktual: Orang menyiram air pada tanaman dengan selang. 1 set alat peraga. 3. penyemprot parfum. Konseptual: Asas kontinuitas adalah debit fluida nilainya selalu tetap. papan tulis. . Konseptual: Langkah langkah penerapan hukum bernoulli pada berbagai macam kejadian sehari- hari.

Pendahuluan 2.edumedia.4.1. .4.2. 3.Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi (3. Menyebutkan sifat-sifat fluida ideal.1.4. . Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 1 ( 2 JP ) Indikator Pencapaian Kompetensi: 3.  Kontruktivisme (Contructivism) Siswa bekerja sendiri dan mengkonstruksi sendiri Guru mengarahkan siswa agar pengetahuan dan mereka bekerja sendiri dan kemampuannya mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan kemampuannya Siswa menemukan sendiri  Menemukan (Inquiry) pengetahuan dan ketrampilannya Guru memotivasi siswa agar mereka Siswa bertanya kepada guru menemukan sendiri pengetahuan dan ketrampilannya yang akan tentang hal-hal yang belum dipahami dalam pembelajaran dipelajari  Bertsnya (Questioning) Siswa bergabung untuk Guru memberikan kesempatan membentuk kelompok kepada siswa untuk bertanya .com G. Menghitung debit fluida yang bergerak 1. KEGIATAN INTI: Alokasi Langkah Kegiatan Guru Kegiatan Peserta Didik Waktu Pendahul .Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan. Situs Web: http//www.Menyampaikan tujuan pembelajaran berdasarkan KD dan IPK yang akan dibahas .4.) .2. dan 3.Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.Membuka pelajaran uan dengan mengucapkan salam dan melakukan presensi terhadap peserta didik.

4.1.4. Alokasi Langkah Kegiatan Guru Kegiatan Peserta Didik Waktu tentang hal-hal yang belum dipahami oleh siswa dalam Siswa menunjukan contoh yang pembelajaran.(Tugas Terlampir). menentukan alat dan bahan percobaan untuk mengukur debit fluida 4.Memfasilitasi dalam menemukan kesimpulan tentang Fluida ideal.2. debit. menunjukan kebenaran asas kontinuitas .Meminta beberapa peserta didik untuk mengungkapkan manfaat mempelajari Fluida ideal dan debit . Pertemuan 2 ( 2 JP ) Indikator Pencapaian Kompetensi: 3.3.2.1 – 3.3. 4. ada disekitar lingkungan sekolah  Masyarakat Belajar (Learning Community) Siswa membuat hubungan tentang pelajaran yang telah dilakukan dengan kehidupan Guru menyuruh siswa untuk nyata siswa membentuk kelompok belajar yang anggotanya heterogen Siswa mengerjakan soal-soal  Pemodelan (Modeling) Guru menghadirkan model sebagai media pembelajaran  Refleksi (Reflection) Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan  Penilaian Sebenarnya (authentic assesment) Guru melakukan penilaian terhadap hasil belajar siswa untuk mengetahui hasil belajar masing- masing siswa.4. 3. PENUTUP: . menentukan besar debit fluida 4.4.4.Memberikan tugas kepada peserta didik…. . Menentukan persamaan kontinuitas.4. ..Melakukan penilaian untuk mengetahui pencapaian kompetensi dari IPK 3.

Meminta beberapa peserta didik untuk mengungkapkan manfaat mempelajari asa kontinuitas . 4.4.Meminta beberapa peserta didik untuk mengungkapkan manfaat mempelajari asa kontinuitas .Melakukan penilaian untuk mengetahui pencapaian kompetensi dari IPK (3.1.4.3.4.Membuka pelaran dengan mengucapkan salam dan melakukan presensi terhadap peserta didik. .Memfasilitasi dalam menemukan kesimpulan tentang Fluida ideal. debit. 4. menyusun laporan percobaan asas bernoulli 1.Melakukan penilaian untuk mengetahui pencapaian kompetensi dari IPK (3.Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.4.3.3) ..4. .4. Pendahuluan . dan 4.Menyampaikan tujuan pembelajaran berdasarkan KD dan IPK yang akan dibahas .4.4.Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi (3.3. debit. 3.4.4. KEGIATAN INTI: 3.2.6) .3.4.1.Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.(Tugas Terlampir). dan 4..4. Pertemuan 3 ( 2 JP ) Indikator Pencapaian Kompetensi: 3.1.4. . melakukan percobaan asas bernoulli 4.Memberikan tugas kepada peserta didik…. 4. Menghitung gaya angkat sayap pesawat terbang . KEGIATAN INTI: 3.Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi (3. .Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.1. PENUTUP: . 4. 4.6. dan 4.Memberikan tugas kepada peserta didik….Memfasilitasi dalam menemukan kesimpulan tentang Fluida ideal.2.3.Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. 2. . 4.4.5.Menyampaikan tujuan pembelajaran berdasarkan KD dan IPK yang akan dibahas . PENUTUP: .4. .4.5.4. .4. Menentukan persamaan Bernoulli.Membagi kelompok . dan 4. 4. 2. Menjelaskan prinsip kerja alat penyemprot nyamuk 3.. 4.4.2.(Tugas Terlampir).4. 4. menentukan alat dan bahan percobaan asas bernoulli 4.3.4.4.4. Pendahuluan .4. Pertemuan 4 ( 2 JP ) Indikator Pencapaian Kompetensi: 3.4.1.Membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan melakukan presensi terhadap peserta didik.4.2.4. .Membagi kelompok .

.4. 3. 4.5.4.4.Membagi kelompok .4.5.4. Menerapkan teorema torricelli untuk menentukan kelajuan fluida yang keluar dari dinding 1.4.6) . 4.Pertemuan 5 ( 2 JP ) Indikator Pencapaian Kompetensi: 3.Menyampaikan tujuan pembelajaran berdasarkan KD dan IPK yang akan dibahas .4.Menyampaikan tujuan pembelajaran berdasarkan KD dan IPK yang akan dibahas .4.4.5. Menghitung kecepatan fluida pada pipa venturi 3.4.6) .6.4. 4.4. 4.4.4.Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.3.Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan. .Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan. . . Pendahuluan .4.Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. dan 4. . Menghitung kelajuan fluida dengan tabung venturi dengan mano meter 1.Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi (3. 3.Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi (3. Menentukan kelajuan udara dengan tabung pitot 3.4.4.3.Membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan melakukan presensi terhadap peserta didik.3. dan 4. Pendahuluan .Membagi kelompok .4. ..4. Pertemuan 6 ( 2 JP ) Indikator Pencapaian Kompetensi: 3.Membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan melakukan presensi terhadap peserta didik.

Jenis/teknis penilaian Penilaian dilakukan melalui penilaian proses dan penilaian hasil. Instrumen observasi penilaian sikap kerja kelompok menggunakan lembar pengamatan dalam hal sikap kerjasama. d. toleran. praktikum. Tri Sufyanto Akhmad . c. keberanian. sistematika penyajian. dan laporan tertulis. antusias dan penampilan. Instrumen observasi penilaian sikap kerja individu menggunakan lembar pengamatan sikap santun.H. Bentuk Instrumen dan Instrumen a. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis. peduli dalam mempelajari hakekat ilmu dan peran kimia untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penilaian 1. Contoh bentuk instrumen terlampir 3. bertanggung jawab. Pedoman penskoran Pedoman penskoran terlampir. Juli 2017 Mengetahui: Guru Mata Pelajaran. Wonosobo. peduli dalam mempelajari kimia. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok dan kerja individu. b. dan disiplin. Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan kinerja presentasi dengan fokus penilaian pada: komunikasi. 2. wawasan. jujur. Instrumen observasi penilaian sikap kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan sikap responsif dan pro-aktif. presentasi. Kepala Sekolah.

LAMPIRAN a. Lembar Kinerja Presentasi PENILAIAN KINERJA PRESENTASI Matapelajaran : Fisika Materi : Fluida Dinamik Nama : NIS : Kelas : No Aspek yang dinilai Penilaian 1 2 3 1 Komunikasi 2 Sistematika penyampaian 3 Wawasan 4 Keberanian 5 Antusias 6 Penampilan Rubrik: Aspek yang Penilaian dinilai 1 2 3 Komunikasi Tidak ada Komunikasi sedang Komunikasi Lancar komunikasi dan baik Sistematika Penyampain tidak Sistematika Sistematika penyampaian sistematis penyampaian penyampaian baik sedang Wawasan Wawasan kurang Wawasan sedang Wawasan luas Keberanian Tidak ada Keberanian sedang Keberanian baik keberanian Antusias Tidak antusias Antusias sedang Antusias dalam kegiatan Penampilan Penampilan kurang Penampilan sedang Penampilan baik .

4. Sangat baik 3. 2.b. 3. .. Cukup 1. Dst. Kurang. Keterangan pengisian skor: 4. Lembar Observasi Penilaian Sikap Kerja Kelompok LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN SIKAP KERJA KELOMPOK Mata Pelajaran : Fisika Kelas : XI Materi Pokok : Fluida Dinamik Observasi Jml Nilai No Nama Siswa kerjasama tanggungjawab toleran disiplin Skor (1) (2) (3) (4) 1. 5. ………. Baik 2. 6.

2. Kurang. . Cukup 1. Dst. Keterangan pengisian skor: 4. 3. 6. Baik 2. Lembar Observasi Penilaian Sikap Kerja Individu LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN SIKAP KERJA INDIVIDU Mata Pelajaran : Fisika Kelas : XI Materi Pokok : Fluida Dinamik Observasi N Nama Jml Nilai santun jujur Cinta damai o Siswa Skor (1) (2) (3) 1.c. 4.. 5. ……… . Sangat baik 3.

Cukup 1. Baik 2. .d.. 2. ………. Dst. Kurang. Keterangan pengisian skor: 4. Sangat baik 3. 5. Lembar Observasi Penilaian Sikap Kinerja Presentasi LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN SIKAP KINERJA PRESENTASI Mata Pelajaran : Fisika Kelas : XI Materi Pokok : Fluida Dinamik Observasi N Nama Responsi Peduli Peduli Jml Nilai proaktif o Siswa f lingkungan sesama Skor (1) (2) (3) (4) 1. 4. 6. 3.

25 × 10-3 m3/s D. 2 B. Bila VA diketahui luas penampang di A duaVkali B penampang di B. Indikator tu Struktur Penyampaian Tanggap Publikasi kalimat konsep an 1 Persiapan 2 Perencanaan 3 Penulisan f. Instrumen 1. Lembar Penilaian Hasil Pengetahuan a. Air mengalir melalui pipa yang …. C. Besarnya x adalah 5. 4. maka sama dengan …. 4 A. 80 cm Jawaban : B C. 30 cm E. √6 m/s E. Pada A. 40 cm Jawaban : E 2. √12 m/s dindingnya terdapat lubang kecil (jauh B. A. ½ E.e. √3 m/s D. ¼ D. Teknik : Tertulis b. √15 m/s lebih kecil dari penampang tabung). A. Sebuah tabung berisi zat cair (ideal). 20 cm D. Lembar Penilaian Portofolio FORMAT PENILAIAN PORTOFOLIO Sekolah : Matapelajaran : Fisika Durasi Waktu : Nama Peserta didik : Kelas/Semester : No Pencapaian Wak Kriteria Ket. bentuknya seperti pada gambar. √9 m/s sehingga zat cair memancar (terlihat Jawaban : D seperti pada gambar). Besar debit dari suatu aliran air yang melalui sebuah pipa berdiameter 4 cm dengan kecepatan rata-rata 4 m/s adalah ….96 × 10-3 m3/s . 200. Bentuk : Pilihan Ganda c. 1 B. 60 cm C.

5. kecepatan aliran di titik 1 = 3 m/s.96 × 10-3 m3/s Jawaban : B 3. 1.8 m/s.12 × 105 N/m2 D. 8. B.024 × 10-3 m3/s E.3 m/s.1 m/s. 3. 3. Pada penampang 1 kecepatan air = 3 m/s.000 kg/m3) Kriteria Penilaian Soal Nilai 1 10 2 10 3 10 4 10 5 10 Total 50 Nilai Akhir : Skor diperoleh x 2 = Total Skor Catatan: 𝑇𝑜𝑡𝑎𝑙𝑆𝑘𝑜𝑟 Pengonversian Nilai: = 𝑁𝐴 25 i. (ρair = 1. Besar kecepatan dan tekanan di titik 2 berturut- turut adalah …. dan diameter penampang 2 = 3 cm.298 × 105 N/m2 B. 1. A.45 × 105 N/m2 E. Air mengalir dalam venturimeter seperti pada gambar.12 × 105 N/m2 C. 3.3 m/s. Program Remedial dan Pengayaan .1 × 105 N/m2 Jawaban : A 4. tekanan di titik 1 = 16 × 102 N/m2. 4. 8. 200. 201× 10-3 m3/s C. 6. jika g = 10 m/s.7 m/s. Pada gambar diameter penampang 1 = 5 cm. maka kecepatan air di penampang 2 adalah …. 5.

maka setiap peserta didik (termasuk yang sudah mencapai KKM) berhak mengikuti remedi untuk memperbaiki nilai sehingga mencapai nilai maksimal (100) . Rencana Kegiatan: a. dan lain-lain. PEMBELAJARAN REMEDIAL 1. Nilai Remedial: Nilai remedi idealnya dapat lebih tinggi dari KKM. b. b. Pemberian bimbingan secara khusus. Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus. Bentuk Pelaksanaan Remedial: a. d. Penugasan individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20% b. Pemberian program pembelajaran remedial didasarkan atas latar belakangbahwa pendidik perlu memperhatikan perbedaan individual peserta didik 2. Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda. Teknik Pembelajaran Remedial: a. e. Peserta didik yang belum mencapai kemampuan minimal yang ditetapkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Apabila kebijakan ini diberlakukan. misalnya bimbingan perorangan. Pemanfaatan tutor sebaya. Penugasan kelompok diakhiri dengan penilaian individual bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi kurang dari 50% c. Pembelajaran ulang diakhiri dengan penilaian individual bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 50 % 4. c. yang semuanya diakhiri dengan ulangan 3.