You are on page 1of 12

SURAT KEPUTUSAN

DIREKTUR RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT
FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI - UNIVERSITAS TRISAKTI
Nomor : ........ /SK/APK/Dir.RSGM-FKG-USAKTI/XII/2016

Tentang

PANDUAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DAN IGD
RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT
FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS TRISAKTI

Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut
Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti

Menimbang : bahwa dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan di RSGM FKG USAKTI, maka
diperlukan penyelenggaraan pelayanan yang bermutu tinggi sebagai landasan bagi
seluruh penyelenggara dan pelaksana pelayanan medis di RSGM FKG USAKTI.

Mengingat : 1. Undang-undang RI Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan
2. Undang-undang RI Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit
3. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1087/Menkes
/SK/VIII/2010 tentang Standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Rumah Sakit.
4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269/Menkes/Per/III/ 2008
tentang Rekam Medis.

MEMUTUSKAN

Menetapkan : 1. Keputusan Direktur RSGM FKG USAKTI tentang Panduan Pendaftaran Pasien Rawat
Jalan dan IGD di RSGM FKG USAKTI.
2. Panduan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan dan IGD di RSGM FKG USAKTI ini harus
dijadikan acuan dalam penyelenggaraan pelayanan di seluruh unit kerja di RSGM
FKG USAKTI sebagaimana terlampir dalam keputusan ini. ·
3. Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.

drg. Dewan Komisaris 2. : 1. akan diadakan perbaikan. Ka. Marta Juslily. Direktur. Dekan FKG Usakti (sebagai laporan) 3. Arsip . Para Wakil Direktur RSGM FKG Usakti 5. Ditetapkan di Jakarta Pada tanggal : ……. Seluruh Unit Yang Berada di RSGM FKG Usakti 7. Para Wakil Dekan FKG Usakti 4. Apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam keputusan ini. MBA Tembusan Yth. Komite Medik 6. 4.

PANDUAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DAN INSTALASI GAWAT DARURAT BABI DEFINISI 1. baik di lnstalasi Gawat Darurat maupun Unit Rawat Jalan. Pendaftaran Pasien adalah serangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh pengunjung rumah sakit agar bisa mendapatkan pelayanan medis sesuai kebutuhan/keinginannya. Berdasarkan kunjungan. . Pasien Baru adalah Pasien yang belum pernah mendapatkan pelayanan dari RSGM FKG Usakti. Pengertian Pasien adalah semua pengunjung RSGM FKG Usakti yang dengan sukarela meminta pelayanan medis. seluruh pasien dibedakan menjadi pasien Baru dan pasien Lama.

Pendataan pasien dilakukan di dalam buku register pasien IGD Gigi dan Mulut kemudian di loket pendaftaran. dalam kurun waktu 24 Jam. BAB II RUANG LINGKUP 2. b. . 2) Petugas pendaftaran menyiapkan berkas Rekam Medis untuk pasien lama dan membuatkan kartu berobat dan berkas Rekam Medis untuk pasien baru. Ruang Lingkup a. Pendaftaran pasien di URJ (Unit Rawat Jalan) 1) Pasien harus mendaftar di loket pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran 2) Pasien Baru akan diberikan kartu berobat dan dibuatkan berkas Rekam Medis 3) pasien lama melakukan verifikasi identitas sesuai kartu yang dimiliki kemudian mendapatkan berkas rekam medis. Pendaftaran pasien di IGD (lnstalasi Gawat Darurat) 1) Pasien dapat berobat dalam keadaan gawat dan atau darurat di IGD Gigi dan Mulut.

2 KIB Lt.5 KIG Lt.3 KID Lt. Dasar Input Data + Kartu Berobat Perawatan di Klinik Integrasi (KI) KIH Lt.4 KIE Lt.5 KIF Lt.3 KIC Lt.6 Penunjang Apotik Radiologi Central Lab Penyelesaian Administrasi Kasir Selesai .2 KII Lt. ALUR PASIEN RAWAT JALAN KLINIK INTEGRASI Pasien Baru/Lama Loket Rekam Medis Kasir Lt.

ALUR PASIEN RAWAT JALAN KLINIK EKSEKUTIF Pasien Baru/Lama Pendaftaran Perawatan di Klinik Eksekutif Dokter Gigi Umum PPDGS Konservasi Dokter Gigi Spesialis Penyelesaian Administrasi PENUNJANG Kasir Selesai Apotik Radiologi Central Lab OPaD CORE .

ALUR PASIEN RAWAT JALAN KLINIK GIGI UMUM Pasien Baru/Lama Pendaftaran Perawatan di Klinik Gigi Umum Dokter Gigi Umum PENUNJANG Penyelesaian Administrasi Kasir Selesai Apotik Radiologi Central Lab .

Pemeriksaan penunjang .Pemeriksaan Dokter .Resusitasi .terapi .Pemeriksaan Penunjang Bila diperlukan Rawat Inap Apotik/Tindakan Rujukan ke RS Meninggal Kerjasama Tindakan Operatif Ruang Pemulihan Rawat Inap ODC Kasir IGD Pulang PENUNJANG Apotik Radiologi*** Lab Klinik*** . ALUR PASlEN IGD Pasien Baru/Lama Triase Kriteria Emergensi Pendaftaran Proses Pemeriksaan Triase Biru dan Triase Kuning Triase Merah .Pemeriksaan Dokter .

Sumber Daya Manusia yang dituju di rumah sakit 4) Petugas mencatat data pasien yang akan berobat. Sumber Daya Rumah Sakit dan perkiraan biaya rumah sakit 6) Pasien Baru atau Keluarganya mengisi formulir pendaftaran dan mengisi formulir data yang diperlukan untuk keperluan identifikasi pasien dan pembuatan Rekam Medis 7) Pasien Baru atau Keluarganya dipersilahkan membaca Hak dan Kewajiban Pasien dan menanyakan informasi lain yang diperlukan 8) Setelah selesai tindakan. 4) Keluarga pasien atau Pasien sendiri jika memungkinkan mendaftar ke bagian Pendaftaran 5) Pasien Baru atau Keluarganya diberi informasi oleh bagian pendaftaran mengenai kelengkapan fasilitas Rumah Sakit. BAB III TATA LAKSANA 3. 5) Pasien Baru mengisi formulir pendaftaran dan mengisi formulir data yang diperlukan untuk keperlLan identifikasi pasien dan pembuatan Rekam Medis 6) Pasien Baru mendapat penjelasan tentang prosedur rawat jalan untuk pasien Umum. Pasien umum membayar administrasi pelayanan di kasir b. 2) Pasien dengan keadaan gawat darurat dilaksanakan tindakan terlebih dahulu 3) Petugas IGD mencatat data pasien pada buku register pasien. . Pasien umum membayar administrasi pelayanan pada kasir yang disediakan. Tata Laksana a. Pendaftaran pasien di Unit Rawat jalan 1) Pasien melaksanakan p endaftaran di loket pendaftaran 2) Petugas mengucapkan salam dan menanyakan informasi mengenai tujuan kedatangan pasien 3) Pasien diberi informasi oleh bagian pendaftaran mengenai kelengkapan fasilitas Rumah Sakit. Pendaftaran pasien di IGD 1) Pasien datang ke IGD . 7) Pasien Baru dipersilahkan membaca Hak dan Kewajiban Pasien dan menanyakan informasi lain yang diperlukan 8) Petugas mengarahkan pasien Baru untuk menunggu di ruang tunggu klinik Oral Diagnosa dan Pasien Lama diarahkan untuk menunggu di ruang tunggu klinik yang dituju · 9) Pasien dipanggil untuk mendapatkan pelayanan sesuai nomor antrian yang diberikan di klinik tujuan masing-masing 10) Setelah selesai perawatan.

menanyakan keluhan pasien.Membeli karcis seharga Rp 10.Memberikan bukti bayar beserta lembaran identitas kepada loket rekam medis .Petugas rekam medis input data pada sistem Rekam Medis Rumah Sakit dan memanggil pasien untuk menyerahkan rekam medis kepada co-ass sambil menunjukkan bukti identitas pasien.Pasien menyebutkan nama dan tanggal lahir .Selasai perawatan pasien melakukan pembayaran melalui kasir. .Petugas rekam medis input data pada sistem Rekam Medis Rumah Sakit dan memanggil pasien untuk memberikan kartu berobat dan menyerahkan rekam medis kepada co-ass . Dokumentasi Pendaftaran pasien didokumentasikan sebagai berikut: 4.Petugas pendaftaran menginput data pasien pada sistem Rekam Medis Rumah Sakit. kemudian pasien menunggu di ruang tunggu sampai perawat memanggil pasien untuk masuk ke ruang perawatan .000 dan biaya perawatan lain sesuai tindakan perawatan.Selasai perawatan pasien melakukan pembayaran melalui kasir. menanyakan keluhan pasien.3 Pasien Rawat Jalan Klinik Gigi Umum  Pasien baru .Co-ass menulis di logbook rekam medis pasien baru  Pasien Lama .Pasien menunjukkan kartu identitas pasien (KTP asli/foto copy) ke loket rekam medis .000 dengan menunjukkan identitas pasien berupa KTP/SIM 4.Menuju loket untuk memberikan bukti bayar beserta kartu berobat pasien .Pasien membayar biaya perawatan sesuai tindakan perawatan.Mengisi biodata di lembar form identitas . .Pasien menunjukkan kartu identitas pasien (KTP asli/foto copy) ke loket rekam medis .000 dan biaya perawatan lain sesuai tindakan perawatan.Pasien membayar biaya administrasi sebesar Rp 50.2 Pasien Rawat Jalan Klinik Eksekutif  Pasien baru .Mengisi biodata di lembar form identitas .Petugas pendaftaran menginput data pasien pada sistem Rekam Medis Rumah Sakit. 4. menanyakan keluhan pasien.Selasai perawatan pasien melakukan pembayaran melalui kasir.000 .Apabila tidak membawa kartu berobat pasien diwajibkan membeli karcis denda seharga Rp 5.Pasien menunjukkan kartu berobat pasien beserta bukti bayar pendaftaran pasien awal .  Pasien Lama . kemudian pasien menunggu di ruang tunggu sampai perawat memanggil pasien untuk masuk ke ruang perawatan .Pasien menuju ke loket untuk membayar biaya pendaftaran berobat untuk pasien lama sebesar Rp 5.1 Pasien Rawat Jalan Klinik Integrasi Pasien Rawat Jalan yang mendaftar di loket pendaftaran terdiri dari:  Pasien baru .Co-ass menulis di logbook rekam medis pasien lama . kemudian pasien menunggu di ruang tunggu sampai perawat memanggil pasien untuk masuk ke ruang perawatan .Mengisi biodata di lembar form identitas .Petugas pendaftaran mencari data pasien pada sistem Rekam Medis Rumah Sakit. BAB IV DOKUMENTASI 4.Pasien menunjukkan kartu identitas pasien (KTP asli/foto copy) ke loket rekam medis . . apabila co-ass tidak dapat menunjukkan identitas pasien sesuai rekam medis maka rekam medis tidak dapat diberikan kepada co-ass .Pasien membayar biaya administrasi sebesar Rp 50. .000 di kasir lantai dasar .

menanyakan keluhan pasien.Dokter akan menginformasikan bahwa apakah pasien harus dirawat jalan atau dirawat inap . termasuk pemberian premedikasi ataupun resep .  Pasien Lama .Dokter akan menginformasikan bahwa apakah pasien harus dirawat jalan atau dirawat inap .Dokter memeriksa kriteria emergensi pasien di ruang triase .Pasien membayar biaya perawatan sesuai tindakan perawatan.Anggota keluarga dari pasien melakukan pendaftaran di ruang administrasi: o Anggota keluarga menunjukkan kartu identitas pasien (KTP asli/foto copy) ke loket rekam medis o Mengisi biodata pasien di lembar form identitas pasien o Membayar biaya administrasi seharga Rp 25.Pasien menyebutkan nama dan tanggal lahir .Pasien datang ke IGD menuju ruang triase .Pasien atau anggota keluarga ke apotik untuk menebus resep obat .Anggota keluarga melakukan pembayaran di loket kasir IGD  Pasien Lama . termasuk pemberian premedikasi ataupun resep .Dilakukan tindakan medis sesuai kriteria emergensi pasien. . 4.000 di kasir IGD o Memberikan bukti bayar beserta lembaran identitas kepada loket rekam medis o Petugas rekam medis input data pada sistem Rekam Medis Rumah Sakit dan memanggil anggota keluarga untuk memberikan kartu berobat dan menyerahkan rekam medis kepada petugas IGD .Dilakukan tindakan medis sesuai kriteria emergensi pasien.Petugas pendaftaran mencari data pasien pada sistem Rekam Medis Rumah Sakit.Anggota keluarga dari pasien melakukan pendaftaran di ruang administrasi: o Anggota keluarga menunjukkan kartu berobat pasien o Membayar biaya administrasi seharga Rp 25.Selasai perawatan pasien melakukan pembayaran melalui kasir.4 Pasien IGD  Pasien baru .Pasien datang ke IGD menuju ruang triase .Pasien atau anggota keluarga ke apotik untuk menebus resep obat .000 di kasir IGD o Memberikan bukti bayar beserta lembaran identitas kepada loket rekam medis o Petugas rekam medis input data pada sistem Rekam Medis Rumah Sakit dan memanggil anggota keluarga untuk memberikan kartu berobat dan menyerahkan rekam medis kepada petugas IGD . kemudian pasien menunggu di ruang tunggu sampai perawat memanggil pasien untuk masuk ke ruang perawatan .Anggota keluarga melakukan pembayaran di loket kasir IGD .Dokter memeriksa kriteria emergensi pasien di ruang triase .

MBA . Marta Juslily. Ditetapkan di Jakarta Pada tanggal : ………………… Direktur. drg. BAB V PENUTUP Demikian Panduan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan dan IGD Gigi dan Mulut dibuat sebagai acuan dalam pelaksanaan asuhan dan pelayanan bagi petugas dan pemberi layanan pada pasien dan keluarga di lingkungan RSGM FKG Usakti.