You are on page 1of 8

SATUAN ACARA PROMOSI KESEHATAN (SAP

)
PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)

Masalah : Cara melaksanakan PHBS di Rumah Tangga yang benar
Pokok Pembahasan : PHBS di Rumah Tangga
Sub Pokok Pembahasan : Gambaran tentang PHBS di Rumah Tangga
Sasaran : Bapak-bapak, Ibu-ibu didesa Peteluan Indah
Jam : ???
Waktu : ???
Tanggal : ???
Tempat : ???

A. Tujuan Umum
Setelah diberikan penyuluhan 45 menit, diharapkan peserta di desa Peteluan Indah
mampu memahami dan mengerti tentang PHBS di Rumah Tangga

B. Tujuan Khusus
Setelah mengikuti penyuluhan selama 45 menit, diharapkan peserta dapat:
 Menjelaskan tentang pengertian PHBS di Rumah Tangga
 Menjelaskan mengapa PHBS di Rumah Tangga sangatlah penting diterapkan
 Menjelaskan apa saja 10 PHBS di Rumah Tangga

C. Materi Penyuluhan (Terlampir)
 Pengertian PHBS di Rumah Tangga
 Manfaat pentingnya PHBS di Rumah Tangga
 Cara menerapkan 10 PHBS di Rumah Tangga

D. Metode Penyuluhan
 Ceramah
 Tanya Jawab

E. Media
 Leaflet

F. Pembukaan 5 menit Mengucapkan salam Menjawab salam Kata-kata/ Memperkenalkan diri Mendengarkan kalimat Menyampaikan dan menyimak tentang tujuan pokok Bertanya materi mengenai Meyampakaikan perkenalan dan pokok pembahasan tujuan jika ada Kontrak waktu yang kurang jelas 2. Penutup 10 Evaluasi dengan Sasaran dapat Kata-kata/ menit memberikan menjawab tentang kalimat pertanyaan pertanyaan yang . Pelaksanaan 30 Penyampaian Materi Mendengarkan Slide menit  Menjelaskan dan menyimak LCD tentang pengertian Bertanya Leaflet PHBS di Rumah mengenai hal-hal Tangga yang belum jelas  Menjelaskan dan dimengerti mengapa PHBS di Rumah Tangga sangatlah penting diterapkan  Menjelaskan apa saja 10 PHBS di Rumah Tangga Tanya Jawab Memberikan kesempatan pada peserta untuk bertanya 3. Kegiatan Penyuluhan No Tahap Waktu Kegiatan Sasaran Media Kegiatan Penyuluhan 1.

sederhana: diajukan  Jelaskan tentang Mendengar pengertian PHBS Memperhatikan di Rumah Menjawab salam Tangga  Jelaskan mengapa PHBS di Rumah Tangga sangatlah penting diterapkan  Jelaskan apa saja 10 PHBS di Rumah Tangga Menyampaikan kesimpulan materi Mengakhiri pertemuan dan menjawab salam G. Jelaskan mengapa PHBS di Rumah Tangga sangatlah penting diterapkan 3. Jelaskan apa saja 10 PHBS di Rumah Tangga . Evaluasi Prosedur : Post Test Jenis Tes : Pertanyaan secara lisan Butir-butir pertanyaan: 1. Jelaskan tentang pengertian PHBS di Rumah Tangga 2.

Bagi Masyarakat:  Masyarakat mampu mengupayakan lingkungan sehat. pendidikan dan modal usaha untuk menambah pendapatan keluarga. C. Manfaat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga Bagi Rumah Tangga:  Setiap anggota keluarga menjadi sehat dan tidak mudah sakit. Melakukan aktivitas fisik setiap hari 10. Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan 2. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun 6. Menimbang bayi dan balita 4. Makan buah dan sayur setiap hari 9.  Anak tumbuh sehat dan cerdas.  Masyarakat mampu mencegah dan menanggulangi masalah – masalah kesehatan. PHBS di Rumah Tangga dilakukan untuk mencapai Rumah Tangga Sehat. Memberi ASI ekslusif 3. Tidak merokok di dalam rumah B. Pengertian PHBS di Rumah Tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu. .  Anggota keluarga giat bekerja.Lampiran PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) A. Menggunakan air bersih 5. Tujuan PHBS di Rumah Tangga dilakukan untuk mencapai Rumah Tangga Sehat. mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. Rumah Tangga Sehat adalah rumah tangga yang melakukan 10 (sepuluh) PHBS di Rumah Tangga yaitu : 1. Menggunakan jamban sehat 7. Memberantas jentik di rumah 8.  Pengeluaran biaya rumah tangga dapat ditujukan untuk memenuhi gizi keluarga.

ambulans desa dan lain-lain. arisan jamban. ASI adalah makanan alamiah berupa cairan dengan kandungan gizi yar cukup dan sesuai untuk kebutuhan bayi. Mengetahui Pertumbuhan dan Perkembangan Janin Setelah bayi dan balita ditimbang.  Masyarakat memanfaatkan pelayanan kesehatan yang ada.  Masyarakat mampu mengembangkan Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat (UKBM) seperti posyandu. 3. Apabila terdapat kelainan dapat diketahui dan segera ditolong atau dirujuk ke Puskesmas atau rumah sakit Persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan menggunakan peralatan yang aman. sangat baik untuk bayi karena mengandung zat kekebalan terhadap penyakit. dokter. Penimbangan bayi dan balita dilakukan setiap buian mulai umur 1 bulan sampai 5 tahun di Posyandu. Memberi ASI Eksklusif Bayi usia 0-6 bulan hanya diberi ASI saja tanpa memberikan tambahan makanan atau minuman lain. catat hasil penimbangan di Buku K (Kesehatan Ibu dan Anak) atau Kartu Menuju Sehat (KMS) maka aka terlihat berat badannya naik atau tidak naik (lihat perkembangannya) . D. Air Susu Ibu pertama berupa cairan bening berwarna kekuningan (kolostrum). Menimbang Bayi dan BALITA Penimbangan bayi dan balita dimaksudkan untuk memantau pertumi hannya setiap bulan. dan steril sehingga mencegah terjadinya infeksi dan bahaya kesehata lainnya. sehingga keselamatan Ibu dan bayi lebih terjamin. Indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat(PHBS) di Rumah Tangga 1. tabungan ibu bersalin. 2. bersih. dan tenaga para medis lainnya). Tenaga kesehatan merupakan orang yang sudah ahli dalam membantu persalinan. sehingga bayi tumbuh dan berkembang dengan baik. Persalinan Ditolong Oleh Tenaga Kesehatan Adalah persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan (bidan.

kuman berpindah ke tangan. memegang binatang.4.  Bersihkan telapak. dan juga membunuh lebih dari 2. Di negara berkembang. . kuman berpindah ke tangan. Pentingnya menncuci tangan saat:  Setiap kali tangan kita kotor (setelah memegang uang. yang bisa menimbulkan penyakit.  Setelah buang air besar. kuman dengan cepat masuk ke dalam tubuh. Pada saat makan. Menggunakan Air Bersih Air yang tidak bersih banyak mengandung kuman dan bakteri penyebab penyakit Bila digunakan. faring. kuman dengan cepat masuk ke dalam tubuh. 5. dll). karena tanpa sabun kotoran dan kuman masih tertinggal di tangan. atau laring. sinus. Inggris = diarrhea) adalah sebuah penyakit di mana tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam .Sabun dapat membersihkan kotoran dan membunuh kuman. diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita. hidung.  Mencegah penularan penyakit seperti  Diare (atau dalam bahasa kasar disebut menceret) (BM = diarea. sela-sela jari dan punggung tangan. berkebun. pergelangan tangan.  Manfaat Mencuci Tangan  Membunuh kuman penyakit yang ada di tangan.6 juta orang setiap tahunnya. Mencuci Tangan dengan Air Bersih dan Sabun Air yang tidak bersih banyak mengandung kuman dan bakteri penyebab penyakit Bila digunakan.  Setelah menceboki bayi atau anak  Sebelum memegang makanan. Pada saat makan.  Sebelum menyusui bayi. yang bisa menimbulkan penyakit. Cara Mencuci Tangan ya ng Baik dan Benar  Cuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan meinakai sabun.  Infeksi Saluran Penapasan Akut (ISPA) dalam bahasa Indonesia juga di kenal sebagai ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) atau URI dalam bahasa Inggris adalah penyakit infeksi akut yang melibatkan organ saluran pernapasan.

plus Menghindari gigitan nyamuk). 3 M Plus adalah tiga cara plus yang dilakukan pada saat PSN yaitu: Menguras dan menyikat tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi. lekukan-lekukan yang dapat menampung air hujan. Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) merupakan kegiatan memberantas telur.  Setelah itu keringkan dengan lap bersih. tatakan kulkas. Mengubur atau menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air seperti ban bekas. lubang pohon. kaleng bekas. Mengubur. parasit Plasmodium akan berkembang biak di organ hati kemudian menginfeksi sel darah merah  Filariasis (Kaki Gajah} di tempat-tempat perkembangbiakannya. Menutup rapat-rapat tempat penampungan air seperti lubang bak kontrol. Nyamuk atau beberapa jenis nyamuk menularkan (atau menyebarkan) virus dengue  Chikungunya  Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit bernama Plasmodium. Menggunakan Jamban Sehat Jamban adalah suatu ruangan yang mempunyai fasilitas pembuangan kotoran manusia yang terdiri atas tempat jongkok atau tempat duduk dengan leher angsa atau tanpa leher angsa (cemplung) yang dilengkapi dengan unit penampungan kotoran dan air untuk membersihkannya. dan kepompong nyamuk penular berbagai penyakit seperti  Denam Berdarah Dengue. plastik-plastik yang dibuang sembarangan (bekas botol/gelas akua. (disingkat DBD) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3 M plus (Menguras.dll) . Menutup. jentik. 7. tatakan pot kembang dan tempat air minum burung. Memberantas Jentik di Rumah Rumah bebas Jentik adalah rumah tangga yang setelah dilakukan pemeriksaan Jentik secara berkala tidak terdapat Jentik nyamuk. plastik kresek. Di dalam tubuh manusia.] Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi parasit tersebut. 6.

CO menyebabkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen. Makan Buah dan Sayur Setiap Hari Setiap anggota rumah tangga mengkonsumsi minimal 3 porsi buah dan 2 porsi sayuran atau sebaliknya setiap hari. Melakukan Aktivitas Fisik Setiap Hari Aktivitas fisik adalah melakukan pergerakan anggota tubuh yang menyebabkan pengeluaran tenaga yang sangat penting bagi pemeliharaan kesehatan fisik. adalah anggota keluarga meiakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari. yang mengatur pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh dan mengandung serat yang tinggi. Tar menyebabkan kerusakan sel paru-paru dan kanker. Tar. .000 bahan kimia berbahaya. Dalam satu batang rokok yang diisap akan dikeluarkan sekitar 4. dan mempertahankan kualitas hidup agar tetap sehat dan bugar sepanjang hari. 9. Tidak Merokok di Dalam Rumah Setiap anggota keluarga tidak boleh merokok di dalam rumah. mental. Nikotin menyebabkan ketagihan dan merusakjantung dan aliran darah.8. sehingga sel-sel tubuh akan mati. karena mengandung vitamin dan mineral. Rokok ibarat pabrik bahan kimia. di antaranya yang paling berbahaya adalah Nikotin. dan Carbon Monoksida (CO). 10. Makan sayur dan buah setiap hari sangat penting.