You are on page 1of 6

GEOMETRI UNSUR STRUKTUR

A. Geometri
Geometri adalah salah satu cara untuk memecahkan suatu masalah
dalam garis dan bidang pada ruang secara grafis. Langkahnya adalah dengan
cara memproyeksikan bentuk dan posisi suatu objek yang ada pada suatu ruang
pada bidang datar. Dalam geometri struktur ini dikenal jenis – jenis proyeksi,
diantaranya adalah proyeksi perspektif, proyeksi ortografi, dan proyeksi
stereografi.
Struktur secara geometris terdiri dari dua jenis, yaitu :
 Struktur bidang, membahas tentang bidang perlapisan, kekar, sesar,
foliasi, sumbu lipatan, dan lain sebagainya.
 Struktur garis, membahas gores-garis, liniasi, perpotongan antara dua
bidang, dan lain sebagainya.

B. Unsur Struktur
Unsur struktur merupakan prinsip dari geometri bidang atau garis yang
memiliki kedudukan di dalam suatu ruang juga hubungan antara satu dengan
yang lainnya dapat di jelaskan atau di deskripsikan.
Unsur struktur geometri ini dapat dibedakan berdasarkan struktur
bidangnya menjadi :
 Bidang perlapisan
 Bidang foliasi
 Bidang rekahan
 Bidang sesar
 Bidang belahan
Sedangkan untuk struktur garis dapat dibedakan menjadi :
 Lineasi
 Sumbu lipatan
 Gores – garis
 dsb.

Pada struktur bidang terdapat strike dan dip yang berguna untuk menentukan arah sebaran dan untuk mengetahu kemiringan lapisan. Hal ini sangat penting untuk dapat membayangkan struktur didalam ruang.  Arah (trend) adalah arah dari suatu bidang horizontal. bidang. Geologi struktur memerlukan berbagai metode untuk menganalisa unsur - unsur seperti unsur titik. Struktur bidang juga memiliki istilah diantaranya :  Jurus (Strike). Dengan menganalisa unsur- nsur tersebut akan mempermudah serta memberikan hasil yang akurat demi efisiensi kerja dengan hasil yang maksimal. Salah satu cara menganalisa struktur adalah menganalisa secara geometrinya. Unsur struktur geologi.  Kedudukan (attitude) adalah batasan umum untuk orientasi dari bidang atau garis didalam ruang umumnya dihubungkan dengan koordinat geografi dan bidang horizontal yang terdiri atas komponen arah dan kemiringan. Strike sendiri merupakan sudut yang dibentuk dari arah utara kearah objek (strike) searah jarum jam. Oleh karena itu diperlukan penerapan prinsip-prinsip geometri terhadap bentuk-bentuk unsur struktur geologi. yaitu Struktur Bidang (3D/2D) dan Struktur Garis (2D) C. yaitu arah garis horizontal yang terletak pada bidang miring. Besar sudutnya adalah dari 0o – 360o. Struktur Bidang Struktur bidang biasa disebut juga dengan geometri bidang.  Kemiringan (Dip) adalah sudut terbesar dari suatu bidang miring. . dibagi menjadi dua. Sedangkan dip merupakan kemiringan pada lapisan yang bersifat tegak lurus terhadap strike. diatas dan dibawah suatu peta yang biasanya hanya dapat terlihat pada pandangan dua dimensi. garis. dan sudut. Unsur struktur merupakan gambaran struktur dalam bentuk tiga dimensi yang aman jenis dan ukuran kedudukannya harus dikenal. yang diukur tegak lurus jurus. yang dinyatakan dengan azimuth.

dan keduanya merupakan bagian dari fabric (organisasi geometris struktur) dari batu. sedimen. Lineasi adalah rekan satu dimensi dari foliasi. Struktur Garis Struktur garis merupakan unsur geometri yang merupakan kumpulan dari beberapa titik. gores garis. . sedangkan sudut bearing adalah kompas arah lineasi dalam arah miring (berkisar dari 0 hingga 360 derajat). Unsur-unsur pada struktur garis yaitu sebagai berikut :  Gores garis  Perpotongan dua bidang  Lineasi Lineasi adalah terminologi suatu struktur linier pada suatu batuan misalnya : garis aliran.ac. mineralogi. bentuknya bisa berbentuk lurus bisa juga berbentuk lengkung. dan menunjukkan arah kecondongan garis tersebut. Tujuannya adalah untuk mengetahui kemiringan lapisan dan arah kemiringan lapisan itu sendiri.sttnas. Sumber: kartono. Sudut miring adalah kecenderungan dari lineasi relatif terhadap suatu bidang horizontal imajiner (berkisar dari 0 hingga 90 derajat). susunan sejajar material sedimen pada batuan sedimen atau pada sumbu lipatan yang dapat terjadi sebagai produk. memiliki dip dan dip direction. atau geomorfik proses tektonik. Struktur garis memiliki istilah diantaranya:  Arah penunjaman (Trend) merupakan garis horizontal dari bidang vertikal yang melalui garis.id Gambar 1 Kedudukan Bidang dan Garis dalam Ruang D.

 Penunjaman (Plunge) merupakan besaran sudut pada bidang vertikal . antara garis dengan bidang horizontal  Pitch / Rake adalah besaran sudut lancip antara garis dengan horizontal yang diukur pada bidang ditempat garis tersebut terletak. .

. dan lain sebagainya. Struktur Bidang 2. KESIMPULAN Geometri merupakan salah satu metoda untuk memecahkan masalah bidang dan garis yaitu dengan cara memproyeksikan suatu bentuk suatu objek yang ada pada suatu ruang ke dalam bidang datar dalam bentuk grafis. yaitu : 1. Struktur pada geometri itu terbagi menjadi dua jenis. gores – garis. sumbu lipatan. yakni :  Bidang perlapisan  Bidang foliasi  Bidang rekahan  Bidang sesar  Bidang belahan Sedangkan untuk struktur garis dapat dibedakan menjadi lineasi. Struktur Garis Unsur struktur geometri berdasarkan bidangnya dapat dibedakan menjadi beberapa bagian.

wordpress.com. “Geologi Struktur” http://broo. Herman. Wildan. “GEOMETRI UNSUR STRUKTUR” http://www. Diakses pada Maret 2015. “Buku Panduan Prakikum Geologi Struktur” http://kartono. 2013.com Diakses pada tanggal : 4 Maret 2015. 2013. 2013.pdf.sttnas. Bayu. Diakses pada 6 Maret 2015. . “Geometri” http://allcoma.kamusq.ac.com Diakses pada 6 Maret 2015. Adi.id/Geologi%20Struktur/Buku%20panduan%20prak tikum%20geologi%20struktur.blogspot. 2013. DAFTAR PUSTAKA Kartono. Arsoken.