You are on page 1of 13

GAMBARAN UMUM ORGANISASI

2.1 Tugas Pokok dan Fungsi ( TUPOKSI )

2.1.1 Tugas Pokok Dan Fungsi Puskesmas

Tugas Pokok:
1. Perencanaan kegiatan kerja Pusat Kesehatan Masyarakat
2. Pemberian petunjuk pelaksanaan urusan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan
pembinaan pengembangan upaya kesehatan masyarakat diwilayah kerjanya meliputi :
Upaya Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, Keluarga Berencana, Perbaikan Gizi,
Perawatan kesehatan masyarakat, Pencegahan dan pemberantasan penyakit, Imunisasi,
pengobatan dan penyuluhan kesehatan.
3. Pembagian tugas pelaksanaan Pusat Kesehatan Masyarakat
4. Pembimbingan pelaksanaan tugas Pusat Kesehatan Masyarakat
5. Pemeriksanaan dan pengawasan pelaksanaan urusan pelayanan kesehatan kepada
masyarakat dan pembinaan pengembangan upaya kesehatan diwilayah kerjanya
meliputi : Upaya Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, Keluarga Berencana, Perbaikan
Gizi, Perawatan kesehatan masyarakat, Pencegahan dan pemberantasan penyakit,
Imunisasi, pengobatan dan penyuluhan kesehatan.
6. Pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan pembinaan
pengembangan upaya kesehatan diwilayah kerjanya meliputi : Upaya Pelayanan
Kesehatan Ibu dan Anak, Keluarga Berencana, Perbaikan Gizi, Perawatan kesehatan
masyarakat, Pencegahan dan pemberantasan penyakit, Imunisasi, pengobatan dan
penyuluhan kesehatan.
7. Pengoreksian pelaksanaan tugas Pusat Kesehatan Masyarakat.
8. Pengawasan bawahan dalam lingkup bidang tugasnya
9. Pelaporan pelaksanaan tugas Pusat Kesehatan Masyarakat dan.
10. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasarkan arahan atasan dalam lingkup bidang
tugasnya.
Pusat Kesehatan Masyarakat membawahkan :
– Sub Bagian Tata Usaha

2. Susunan Organisasi Puskesmas Keman:
Kepala Puskesmas membawahkan:
1. Kepala Sub Bagian Tata Usaha, membawahkan:
2. Pelaksana Administrasi
3. Pelaksana Kepegawaian
4. Pelaksana Pengadaan dan Pemeliharaan Barang
5. Koordinator Pencegahan dan Pemberaantasan Penyakit
6. Surveilans Epidemiologi
7. Imunisasi
8. ISPA
9. TB Paru
10. Diare
11. Demam Berdarah Dengue
12. Kusta
13. HIV / AIDS
14. Koordinator Kesehatan Keluarga
1. KIA dan KB
2. Gizi
3. UKS
4. Lansia
15. Koordinator Pelayanan Kesehatan
1. Kefarmasian
2. Pendaftaran
3. Poli Umum
4. Poli Gigi
5. UKGS

1

2. umum. 2 . CPNS dan PNS dilingkungan Puskesmas ( DP 3 )  Pengelolaan dukungan teknis dan administratif. kepegawaian. kepegawaian. Promosi Kesehatan 7. umum.  Pembagian tugas pengelolaan urusan keorganisasian dan ketatalaksanaan. umum. umum. Kesehatan Lingkungan 2. membimbing. Fungsi  Perencanaan kegiatan kerja sub Bagian Tata Usaha meliputi urusan keorganisasian dan ketatalaksanaan. Fungsi  Penyusunan Rencana kegiatan Pusat Kesehatan Masyarakat  Pelaksanaan memimpin penyelenggaraan tehnis operasional dan Fungsional tugas – tugas Puskesmas  Pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat  Pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan Puskesmas dan Unit kerja lain dibidang tugasnya  Penyeliaan bawahan dalam lingkup bidang tugasnya  Perumusan kebijakan petunjuk tekhnis dibidang tugas Puskesmas  Pemfasilitasian kepada perangkat instansi vertikal.  Pemberian petunjuk pengelolaan urusan keorganisasian dan ketatalaksanaan.  Pembimbingan pelaksanaan tugas sub Bagian Tata Usaha  Pengoreksian pelaksanaan tugas Sub Bagian Tata Usaha  Pengawasan bawahan dalam lingkup bidang tugasnya.  Memberikan penilaian pegawai PTT. Kepala Puskesmas 1. Koordinator Kesehatan Lingkungan 1. perlengkapan. perlengkapan. Klinik Sanitasi 1. umum. perlengkapan. Kesehatan Jiwa 16.  Pemeriksaan dan pengawasan pengelolaan urusan keorganisasian dan ketatalaksanaan. program dan pelaporan serta keuangan. mengoreksi. otonom dan masyarakat dalam lingkup bidang tugasnya  Pengendalian dan pengevaluasian pelaksanaan tugas Puskesmas  Pelaporan pelaksanaan tugas  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasarkan kebijakan kepala Dinas dan peraturan perundang.  Pelaporan pelaksanaan tugas Sub Bagian Tata Usaha  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya. memeriksa. program dan pelaporan serta keuangan. kepegawaian. Kepala Sub Bagian Tata Usaha 1. membagi tugas.undangan. mengawasi dan merencanakan kegiatan urusan keorganisasian dan ketatalaksanaan. program dan pelaporan serta keuangan dalam rangka mendukung mekanisme kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas 2. Uraian Tugas Pokok dan Fungsi 1. perlengkapan. perlengkapan. Tugas Pokok Memberi petunjuk. 6. program dan pelaporan serta keuangan. kepegawaian. program dan pelaporan serta keuangan. Tugas Pokok Melaksanakan kebijakan Operasional sebagian tugas dinas dibidang pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan pembinaan pengembangan upaya kesehatan masyarakat secara paripurna di Wilayah Kerja 2. kepegawaian. Laboratorium 8.

Membuat Surat Cuti Karyawan 7. mengawasi. Tugas Pokok Pelaksana aktifitas administrasi dan pelaporan SP3 di Puskesmas 2. Fungsi  Pengelolaan persuratan puskesmas:  Pencatatan surat masuk di buku surat masuk  Pembuatan kartu disposisi agar di tindaklanjuti oleh kepala Puskesmas untuk intruksi selanjutnya.  Pendistribusian alat-alat tersebut ke unit yang membutuhkan. Fungsi a. Membuat SKP yang telah dinilai oleh kepala Puskesmas 6. Tugas Pokok Membuat perencanaan.  Pencatatan surat keluar di buku surat keluar  Penomoran surat keluar  Pengiriman surat ke tempat tujuan  Menerima laporan program dari tiap unit pelayanan dan pelaksana program  Memeriksa laporan yang diterima  Memasukkan data ke dalam format SP3  Menyusun laporan tahunan dan perencanaan  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya. Perencanaan program dan rencana operasional kepegawaian Puskesmas: b. Membuat usulan kenaikan gaji berkala 4. Fungsi  Pendataan kebutuhan alat medis dan non medis dari setiap unit di Puskesmas Keman setahun sekali. 3 . 1. 4. Pelaksana Kepegawaian 1. 3.  Penerimaan dan pemeriksaan alat-alat medis dan non medis yang diserahkan oleh Dinas Kesehatan. Pengendalian dan pengkoordinasian kepegawaian puskesmas. mengendalikan dan mengevaluasi hasil kegiatan pengelolaan barang 2. Menyusun Arsip Kepegawaian 2. Membuat usulan kenaikan pangkat / golongan 3. melaksanakan kegiatan pengelolaan barang. Tugas Pokok Mengkoordinasi semua aktifitas Kepegawaian di lingkungan puskesmas 2. Pelaksana Administrasi 1. Membuat Daftar Urutan Kepangkatan 8. Membuat usulan SKUMPTK (Surat Keterangan Untuk Mendapatkan Pembayaran Tunjangan Keluarga) 5.  Pengajuan kebutuhan alat-alat tersebut ke Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir untuk satu tahun anggaran  Pengajuan kebutuhan insidentil alat medis dan non medis yang harus segera diadakan untuk kelancaran pelayanan kesehatan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir.  Pelaksanaan pencatatan alat-alat yang diterima tersebut kedalam buku inventaris barang. Membuat Buku Induk Pegawai 5. Pelaksana Pengadaan dan Pemeliharaan Barang 1.

 Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya. Malaria dan Rabies). Diare. Fungsi  Perencanaan kegiatan surveilans epidemiologi di Puskesmas  Pelaksanaan temuan Kasus. Pelaksanaan evaluasi hasil cakupan seluruh Program P2P 7. Koordinator Pencegahan dan Pemberaantasan Penyakit 1. Pengkoordinasian permasalahan setiap pemegang Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit 4. mengendalikan dan mengevaluasi hasil kegiatan Surveilans Epidemiologi 2. Pengkoordinasian permasalahan yang ditemukan dan pemecahan masalahnya dengan Kepala Puskesmas Keman 5. Surveilans Epidemiologi 1. Laporan Masyarakat. Tugas Pokok  Mengkoordinasi pelaksanaan Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (Surveilans Epidemiologi. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya. Pemantauan pelaksanaan Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit [ P2P ] 2.  Pelaksana melakukan Kunjungan Lapangan bersama program terkait.  Pencatatan alat yang baru diterima ke dalam Kartu Inventaris Ruangan. 7.  Pelaksana Program Suvailan Epidemiologi bersama program terkait menganalisa hasil kunjungan. melaksanakan kegiatan surveilans Epidemiologi. Tugas Pokok Membuat perencanaan. ISPA.  Pembuatan laporan tindakan bersama tim diketahui oleh Kepala Puskesmas. yang diperoleh dari unit pelayanan kesehatan. Imunisasi.  Melaporkan hasil koordinasi kepada Kepala Puskesmas Muara Batun.  Penerimaan laporan kerusakan alat medis dan non medis dari setiap unit di Puskesmas Muara Batun. 6. 4 . 2. lintas program dan sektoral terkait  Pencatatan temuan kasusdi Format Pengaduan yang berisi tentang penjelasan kasus.  Penanganan kasus pengaduan yang disetujui oleh Kepala Puskesmas untuk. Fungsi 1. TB Paru. Kusta.  Penentukan dan melaksanakan tindakan penyelesaian atas masalah yang ada. Pemantauan pelaksanaan pencatatan dan pelaporan Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit 3. HIV / AIDS. mengawasi.  Pencatatan dan Pelaporan  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya. Pengkoordinasian rencana tindak lanjut kegiatan Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit 6.  Mengkoordinasi pencatatan dan pelaporan program. DBD.  Pengkoordinasian perbaikan kerusakan alat-alat tersebut dan kalau tidak bisa diatasi melaporkannya ke Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir untuk ditindak lanjuti.

8. 2.  Pelaksanaan Pencatatan dan Pelaporan.  Pelaksanaan pelayanan Imunisasi . Tugas Pokok Membuat perencanaan program. TB Paru 1. mengawasi. Fungsi  Perencanaan program imunisasi di Wilayah Kerja Puskesmas Keman.  Penyelenggaraan pertemuan lintas program dan lintas sektor untuk pengevaluasian grafik PWS Imunisasi. Tugas Pokok Melakukan perencanaan program.  Pelaksanaan konseling kepada Penderita TB Paru dan keluarganya. penemuan dan pendeteksian dini kasus serta mengawas. mengendalikan dan mengevaluasi kasus ISPA Pneumonia.  Pelaksanaan kunjungan rumah penderita bersama Tim Terpadu Puskesmas Keman  Penyuluhan pada penderita atau keluarga tentang pencegahan dan pengobatan penyakit ISPA Pneumonia  Pencatatan hasil kunjungan ke dalam Buku Visum  Penganalisaan kasus bersama Tim Terpadu Puskesmas Keman untuk membuat rencana tindak lanjut  Pembuatan Asuhan Keperawatan kasus ISPA Pneumonia.  Pembuatan grafik Pemantauan Wilayah Setempat ( PWS) cakupan imunisasi. menyelenggarakan pelayanan imunisasi. melaksanakan pelayanan pengobatan TB Paru.  Pelaksanaan sweeping bagi sasaran imunisasi yang tidak kontak ke Petugas Puskesmas.  Pencatatan dan Pelaporan kasus ISPA Pneumonia  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya.  Pelaksanaan pendataan sasaran Imunisasi di Wilayah kerja Puskesmas Keman  Perencanaan kebutuhan vaksin di Puskesmas  Pelaksanaan pengambilan dan penyimpanan Vaksin  Pengelolaan rantai vaksin  Pencatatan stok vaksin  Pencatatan suhu vaksin. 5 . ISPA 1. 2. Tugas Pokok Membuat perencanaan program ISPA dan melakukan pencarian. Fungsi Pencarian kasus TB Paru  Penindaklanjutan rujukan pasien TB Paru dari Poli Umum.  Penetapan anggota keluarga penderita yang akan bertindak sebagai Pemantau Makan Obat (PMO)  Pemberian Formulir Persetujuan (informed concent) untuk ditandatangani penderita yang setuju untuk menjalani pengobatan TB Paru. mengendalikan dan mengevaluasi keberhasilan pengobatan TB Paru 2. Fungsi  Pendeteksian dini kasus ISPA Pneumonia. 9.  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya. 10. mengendalikan dan mengevaluasi hasil cakupan program imunisasi di wilayah kerja Puskesmas Keman . mengawasi. Imunisasi 1.

Pelaksanaan rujukan ke Rumah Sakit oleh Dokter apabila hasil Laboratorium menunjang ke arah DBD . Diare 1. mengawasi. Fungsi  Pendeteksian dini kasus Diare  Pencatatan kejadian/kasus di buku register  Penyuluhan tentang cara pemberian oralit atau cara pembuatan larutan gula garam di Klinik Sanitasi  Pelaksanaan rujukan ke Rumah Sakit pada kasus diare dengan dehirasi berat oleh Dokter di Poli Umum . baik yang ditemukan di Poli Umum maupun yang ditemukan dari laporan masyarakat di Wilayah kerja Puskesmas Keman. 3. melaksanakan kegiatan program DBD. Pengkoordinasian hasil penyelidikan epidemiologi dengan Kepala Puskesmas 7. 4.  Pencatatan dan Pelaporan  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya.  Pelacakan kasus dengan kunjungan lapangan ke lokasi penderita diare bersama Tim Terpadu Puskesmas Keman  Pengisian Form Rehidrasi Rumah tangga sesuai dengan kondisi di lapangan  Pencatatan hasil kunjungan lapangan pada buku visum  Pelaksanaan analisis kasus bersama koordinator Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit  Penyampaian hasil kunjungan dan hasil analisis kepada Kepala Puskesmas  Pencatatan dan Pelaporan Program Diare  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya. Penyampaian laporan hasil penyelidikan epidemiologi ke Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Tugas Pokok Melakukan perencanaan program. lima bulan dan enam bulan setelah pengobatan dimulai. 2. 12. Sanitarian dan petugas PHN (Public Health Nursing). Pengkoordinasian pelaksanaan fogging focus bersama petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Pendeteksian dini suspek kasus Demam Berdarah. Penyuluhan pra fogging kepada masyarakat di wilayah setempat. 10. untuk penentuan akan dilakukan atau tidaknya fogging focus. Fungsi 1. Pengkajian hasil pemeriksaan laboratorium oleh Dokter . Penyelidikan Epidemiologi ke Lokasi radius 100 meter dari rumah penderita apabila kasus rujukan tersebut positif DBD . 11.  Pelaksanaan kunjungan ke rumah penderita bersama dengan Petugas Surveilans Epidemiologi. 5. 8. 6 .  Pelaksanaan survai kontak TB Paru kepada seluruh anggota keluarga penderita  Pembuatan Asuhan Keperawatan dan pengobatan penderita TB Paru. Pelaksanaan Pemantauan Jentik Berkala (PJB) mingguan di Wilayah Kerja Puskesmas Keman yang dilakukan oleh kader kesehatan dan hasilnya dilaporkan ke Puskesmas pada akhir minggu ke empat setiap bulan. 6. Demam Berdarah Dengue 1. 9. Tugas Pokok Melakukan perencanaan program. melaksanakan kegiatan asuhan keperawatan penderita Diare 2.  Penilaian hasil evaluasi laboratorium akan keberhasilan pengobatan TB Paru dalam kurun waktu dua bulan. mengendalikan dan mengevaluasi hasil cakupan Program DBD di Wilayah Kerja Puskesmas Keman 2. Pelaksanaan rujukan untuk pemeriksaan Laboratorium oleh Dokter di Poli Umum.

 Pendampingan klien dan keluarganya. 14. Kusta 1. mengendalikan dan mengevaluasi hasil kegiatan program 2. Tugas Pokok Membuat perencanaan.  Pelaksanaan tindakan medis bila diperlukan  Pelaksanaan rujukan ke institusi Pelayanan Lanjutan .  Pelaksanaan konsultasi / konseling kepada keluarga Penderita . 13.  Pelaksanaan kegiatan preventif dan promotif HIV/AIDS untuk masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Keman . 7 . melaksanakan pelayanan program HR HIV/AIDS. Pengambilan Abate ke Dinkes Kabupaten Ogan Komering Ilirdan mendistribusikannya ke masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Batun. HIV AIDS 1. Tugas Pokok Membuat perencanaan program. Pemaparan grafik-grafik tersebut dalam pertemuan Lintas program dan Lintas sektor 14.  Pelaksanaan kunjungan rumah penderita beserta tim terpadu dan dokter Puskesmas Keman  Pelaksanaan survai kontak kepada seluruh anggota keluarga yang serumah .  Pengobservasian suspek selama 3 bulan  Pengklasifikasian tipe Kusta [ PB / MB]  Pelaksanaan Konseling tentang perjalanan penyakit. 16.  Pelaksanaan asuhan keperawatan dan pengobatan kusta sesuai dengan instruksi dokter . Pembuatan grafik kasus DBD dan grafik hasil cakupan PJB untuk kemudian dilakukan analisis 13. 15.  Penyelenggaraan pertemuan keluarga penderita [ Family Gathering ]  Pemotivasian perubahan perilaku penderita yang masih aktif menggunakan narkoba. Fungsi  Pencarian kasus baru kusta lewat Survai kasus ( Case Survey ). 12.  Pemeriksaan kecacatan penderita kusta setiap bulan pada saat pengambilan obat rutin MDT (Multi Drug Therapy)  Pencatatan dan pelaporan  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya. 11. survei kontak dan survai pada anak sekolah ( School Survey)  Pelaksanaan rujukan Suspek Kusta ke Wasor (Pengawas Operasional) Dinkes Kabupaten Ogan Komering Ilir. proses pengobatan dan efek samping Obat  Permintaan obat ke Bidang P2P untuk diambil di UPTD Farmasi  Pengajuan informed concent [ formulir persetujuan ] untuk ditandatangani penderita yang setuju untuk menjalani pengobatan Kusta . melaksanakan kegiatan penatalaksanaan penderita Kusta dan mengevaluasi hasil kegiatan program kusta 2. mengawasi. Fungsi  Pendeteksian dini kasus HIV/AIDS  Pelaksanaan konsultasi VCT [ Volunteer Counceling & Testing ]  Pemeriksaan dan pengobatan kasus-kasus Infeksi oportunistik yang ringan.  Pencatatan hasil pemeriksaan survai kontak pada kartu penderita . Pelaksanaan rekapitulasi data hasil cakupan PJB dari seluruh RW. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya. Pelaksanaan Pencatatan dan Pelaporan Program DBD.

Tugas Pokok Membuat perencanaan program. mengendalikan dan mengevaluasi hasil kegiatan program KIA dan KB 2. KIA dan KB 1. Gizi. Fungsi  Perencanaan program KIA dan KB. Pengkoordinasian rencana tindak lanjut kegiatan Program Kesehatan Keluarga 6. Pemantauan pelaksanaan Program Kesehatan Keluarga.  Pengambilan sampel darah untuk pemeriksaan VDRL pada Ibu Hamil. Pengkoordinasian permasalahan setiap pemegang Program Kesehatan Keluarga 4. melaksanakan pelayanan. Tugas Pokok Membuat perencanaan.  Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Wilayah Kerja Puskesmas Keman  Pelayanan program Keluarga Berencana  Pembuatan Asuhan Kebidanan . Tugas Pokok  Mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan seluruh Program Kesehatan Keluarga (KIA/KB. Fungsi 1.  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya.  Pelaksanaan rujukan kasus yang tidak bisa ditangani oleh Bidan . Pelaksanaan evaluasi hasil cakupan Program Kesehatan Keluarga 16. melaksanakan program. 2.  Pelaksanaan tindakan Pencegahan Infeksi pada seluruh proses pelayanan KIA dan KB . Fungsi Perencanaan program gizi di Wilayah Kerja Puskesmas Keman .  Pelaksanaan konsultasi [ konseling ] kepada klien . Pengkoordinasian permasalahan yang ditemukan dan pemecahan masalahnya dengan Kepala Puskesmas Keman 5. Gizi 1.  Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan bagi Balita gizi buruk  Pendistribusian vitamin A kepada seluruh Balita usia enam bulan ke atas setiap bulan Februari dan Agustus.  Persiapan alat dan bahan yang diperlukan untuk pelayanan . mengawasi. Koordinator Kesehatan Keluarga 1.  Pelaksanaan konseling Gizi 8 .  Mengkoordinasi pencatatan dan pelaporan program  Melaporkan hasil koordinasi kepada Kepala Puskesmas Keman 2. Pemantauan pelaksanaan pencatatan dan pelaporan Program 3.  Pembinaan dan pengawasan kegiatan penimbangan Balita di Posyandu  Pendeteksian dan pengintervensian dini Tumbuh Kembang Balita di Wilayah Kerja  Pembinaan Kadarzi [ Keluarga Sadar Gizi ]  Pengumpulan data indikator Kadarzi yang sudah dilaksanakan oleh Kader Posyandu  Pemberian Makanan Tambahan [ PMT ] Penyuluhan untuk seluruh Balita di Posyandu . mengawasi. 15. mengendalikan dan mengevaluasi hasil cakupan program Gizi 2.  Pembuatan dan penganalisaan Grafik Pemantauan Wilayah Setempat ( PWS) KIA  Pemaparan Grafik PWS kepada kader Posyandu  Pencatatan dan pelaporan  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya 18.  Pemfasilitasian pemberdayaan Orang Dengan HIV/AIDS [ODHA] melalui pelatihan- pelatihan keterampilan. UKS dan Lansia).

kesehatan jiwa.  Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja untuk siswa SD sampai SLTA atau yang sederajat. mengendalikan dan mengevaluasi hasil kegiatan program Lansia 2.  Pencatatan dan pelaporan. poli umum.  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya 21. Koordinator Pelayanan Kesehatan 1. mengendalikan dan mengevaluasi hasil kegiatan Kesehatan Anak 2.  Pemeriksaan SDIDTK dari bayi sampai dengan anak pra sekolah  Pemeriksaan kelainan refraksi kelas 5 SD/MI  Pemeriksaan berkala dilaksanakan 2 kali dalam setahun  Pelatihan dan pembinaan dokter kecil setiap tahun  Pelayanan konseling anak remaja baik dari sekolah maupun masyarakat  Pengisian kohort anak balita.  Pembuatan Asuhan Keperawatan pasien Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Keman  Pelaksanaan pengobatan sesuai dengan Standar operasional prosedur .  Pendistribusian Makanan Pendamping Air Susu Ibu [ MP-ASI ] untuk bayi usia 6 – 11 bulan dan Balita usia 12 – 23 bulan yang berasal dari Keluarga Miskin . melaksanakan kegiatan. Fungsi  Perencanaan program Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Keman  Pelayanan kesehatan lansia di Poli Lansia dan di Posbindu ( Pos Pembinaan Terpadu)  Pelaksanaan rujukan kasus Lansia ke Poli lainnya atau ke Institusi Pelayanan Lanjutan.  Pengambilan dan pendistribusian Obat Cacing untuk anak kelas 1 SD. UKS 1. program UKGS. mengawasi. dari umur 1 tahun sampai 5 tahun  Pemberian tablet Fe bagi rematri  Pencatatan dan pelaporan  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya 20. mengawasi. laboratorium. melaksanakan pelayanan kesehatan Lansia.  Mengkoordinasi pencatatan dan pelaporan  Melaporkan hasil koordinasi kepada Kepala Puskesmas Muara Batun 2. Tugas Pokok Membuat perencanaan.  Pemantauan anak balita dari umur 2 tahun sampai dengan pra sekolah. Tugas Pokok Membuat perencanaan.  Penjaringan anak sekolah yang dilaksanakan sekali dalam setahun . Rumah Tangga dan pedagang Kaki Lima  Pendataan Sistim Kewaspadaan Pangan dan Gizi  Pembuatan dan penganalisaan Grafik Pemantauan Wilayah Setempat [PWS] Gizi  Pemaparan Grafik PWS Gizi pada pertemuan Lintas Program dan Lintas sektoral  Pencatatan dan Pelaporan  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya 19. Tugas Pokok  Mengkoordinasi pelaksanaan Kegiatan seluruh Program Pelayanan Kesehatan (pendaftaran. Fungsi  Perencanaan kegiatan program Kesehatan Anak  Pendataan sasaran . Lansia 1. promosi kesehatan.  Pemantauan Garam Beryodium di masyarakat . poli gigi. Fungsi 9 . PHN ).

Fungsi  Pelaksanaan persiapan kelengkapan pendaftaran. mengendalikan dan mengevaluasi hasil kegiatan kefarmasian 2.  Pemantauan persediaan obat ( Stock opname )  Penyediaan obat-obatan untuk pelayanan kefarmasian harian  Pelayanan resep yang masuk ke Loket Obat . Kefarmasian 1.  Pencatatan pengeluaran dan pemasukan obat . melaksanakan kegiatan kefarmasian.  Pembuatan laporan pemakaian obat Narkotika dan Psikotropika  Pengambilan obat ke UPTD Farmasi  Pendataan dan pengembalian obat kadaluarsa ke UPTD Farmasi  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya 23. Fungsi  Pembuatan perencanaan kebutuhan obat tahunan.  Pencatatan kunjungan pasien sesuai dengan poli yang dituju.  Pencatatan identitas pasien baru . Pemantauan pelaksanaan Program Pelayanan Kesehatan. Tugas Pokok Membuat perencanaan. Pendaftaran 1.  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya 24. Poli Umum 10 . Pelaksanaan evaluasi seluruh hasil cakupan Program Pelayanan Kesehatan 7.  Pengambilan kartu status pasien sesuai nomor medrec .  Pencatatan pengeluaran obat harian  Pembuatan Laporan Pemakaian dan Lembar Permintaan Obat (LPLPO) pada setiap akhir bulan . 1. mengawasi. Pengkoordinasian permasalahan yang ditemukan dan pemecahan masalahnya dengan Kepala Puskesmas Muara Batun 5. Pengkoordinasian permasalahan setiap pemegang Program Pelayanan Kesehatan 4. Tugas Pokok Melaksanakan aktifitas pelayanan Loket Pendaftaran Puskesmas Muara Batun 2.  Pemanggilan pasien sesuai nomor urut. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya 22.  Penyerahan kartu status pasien ke petugas masing-masing poli.  Penyetoran 40% dari hasil retribusi ke pengelola keuangan Puskesmas Keman sebulan sekali.  Pencatatan dan pelaporan harian / bulanan  Penghitungan hasil retribusi harian . 2. Pengkoordinasian rencana tindak lanjut kegiatan Progarm Pelayanan Kesehatan 6.  Penyesuaian pengeluaran karcis retribusi dengan jumlah uang hasil retribusi yang diterima. Pemantauan pelaksanaan pencatatan dan pelaporan Program Pelayanan Kesehatan 3.

Fungsi  Perencanaan kebutuhan barang dan alat medis untuk pelayanan di Poli Umum . dan MAN di Wilayah Kerja Puskesmas Keman bekerjasama dengan Petugas UKS  Pengkoordinasian dengan pihak kader Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Muara Batun  Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk anak sekolah dan masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Batun 11 .  Pelaksanaan tindakan Pencegahan Infeksi pada seluruh proses Pelayanan di Poli Umum  Pelaksanaan anamnesa kepada Pelanggan  Pemeriksaan fisik Pelanggan  Penegakkan diagnosa berdasarkan anamnesa dan pemeriksaan fisik diatas .  Pelaksanaan tindakan Pencegahan Infeksi pada seluruh proses pelayanan di Poli Gigi  Pencatatan data pasien ke buku register kunjungan  Pelaksanaan anamnesa .1. mengendalikan dan mengevaluasi hasil cakupan program UKGS dan UKGMD di wilayah kerja Puskesmas Muara Batun. mengendalikan dan mengevaluasi hasil kegiatan Poli Umum Puskesmas Muara Batun.  Pemeriksaan Tensi darah untuk pasien yang akan dilakukan pencabutan Gigi . Fungsi  Pengkoordinasian dengan pihak sekolah TK. mengawasi. MTs.  Pengkoordinasian pembuatan rekapitulasi data pelanggan sesuai kriteria  Pengevaluasian hasil kegiatan pelayanan di Poli Umum  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya 25. 2. Poli Gigi 1. Fungsi  Persiapan alat dan bahan untuk pelayanan di Poli Gigi Puskesmas Muara Batun . Tugas Pokok Membantu kegiatan pelayanan Kesehatan Gigi di Poli Gigi Puskesmas Muara Batun 2.  Pelaksanaan tindakan medis gigi sesuai standar operasional prosedur Perawat Gigi  Pencatatan hasil pemeriksaan pasien di buku register dan kartu status pasien  Pelaksanaan penyuluhan Kesehatan Gigi untuk perorangan dan kelompok di Wilayah Kerja  Pengumpulan sampah medis yang akan diserahkan ke Sanitarian untuk dikelola lebih lanjut . mengawasi. Tugas Pokok Membuat perencanaan program. melaksanakan pelayanan kesehatan dasar.  Pencatatan dan Pelaporan  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya 26. UKGS 1. melaksanakan kegiatan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah dan kegiatan Usaha Kesehatan Gigi Masyarakat Desa.  Pelaksanaan tindakan medis bila diperlukan  Pemberian pengobatan  Pelaksanaan rujukan Pelanggan ke Poli lain di Puskesmas Muara Batun atau ke Institusi Pelayanan lanjutan . 2. Tugas Pokok Membuat perencanaan. SD. MI.

 Pengumpulan dan pengelolaan sampah medis di ruang Laboratorium yang selanjutnya diserahkan kepada Petugas Sanitasi untuk ditindak lanjuti pemusnahannya .  Pelaksanaan penyuluhan kesehatan di dalam dan diluar gedung  Penggalangan kemitraan dengan lintas program dan lintas sector  Pendataan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)  Pemaparan hasil cakupan PHBS kepada para kader dan tokoh masyarakat  Penggalangan kemitraan dengan tokoh masyarakat untuk menindak lanjuti hasil cakupan PHBS yang rendah di Rw tertentu agar ikut berperan dalam memotivasi masyarakat ber.  Pelaporan pelaksaan tugas kegiatan promosi Kesehatan. dan melaporkan pelaksanaan urusan penyelenggaraan promosi kesehatan baik di dalam gedung dan diluar gedung. Tugas Pokok : Merencanakan. Fungsi  Perencanaan kebutuhan alat dan  Pelaksanaan tindakan pencegahan infeksi pada seluruh proses pelayanan Laboratorium . mengawasi .  Pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut pada kegiatan Penjaringan kesehatan anak Sekolah dan Masyarakat . 28. Laboratorium 1.  Pemfasilitasian penyelenggaraan tugas Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kesehatan.  Pengumpulan dan pencatatan data rujukan spesimen beserta hasil pemeriksaan laboratoriumnya  Penyerahan hasil pemeriksaan laboratorium kepada Petugas Pelayanan Kesehatan  Pelaksanaan screening anak sekolah dan Ibu hamil untuk pendeteksian dini kasus penyakit yang harus segera ditindak lanjuti .  Pengaturan penyelenggaraan Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kesehatan. Tugas Pokok Membuat perencanaan.  Pencatatan dan pelaporan  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya 29.  Pemeriksaan laboratorium sesuai standar operasional prosedur  Pembuatan apus darah tebal yang kemudian diserahkan ke Labkesda untuk tindak lanjut pemeriksaan Malaria.  Pelaksanaan rujukan anak sekolah dan Masyarakat ke Poli Gigi Puskesmas Muara Batun apabila ditemukan kasus kelainan gigi dan mulut yang harus segera ditindak lanjuti .  Pencatatan dan Pelaporan  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya 27. Kesehatan Jiwa 12 . mengendalikan dan mengevaluasi hasil kegiatan Laboratorium Puskesmas Muara Batun 2. Fungsi :  Perencanaan operasional kegiatan promosi Kesehatan di Puskesmas.  Penyuluhan manfaat pemeriksaan laboratorium baik bagi perorangan maupun kelompok . Promosi Kesehatan 1. 2. melaksanakan pelayanan .  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasarkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya.PHBS. mengevaluasi. melaksanakan.

Pemeriksaan dan pengawasan Tempat-tempat Umum 5. 4. Penyehatan Air serta melakukan pengawasan. Pelaksanaan kunjungan ke rumah penderita penyakit berbasis lingkungan bersama dengan Tim Terpadu lainnya dan Pelaksana Program Terkait .  Pencatatan kasus di buku register  Kunjungan ke rumah penderita bersama dengan dokter  Penentuan diagnosa  Pelaksanaan rujukan sesuai kasus  Pelaporan dan Pencatatan  Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya 30. 3. Kesehatan Lingkungan 1. Pemeriksaan dan pengawasan Tempat Pembuangan Sampah Sementara 7. Pemeriksaan. Penyehatan Makanan dan Minuman. 6. 8. pengawasan dan pembinaan Rumah Sehat di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Batun. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasartkan arahan atasan dalam lingkup bidang tugasnya 13 . Pelaksanaan konseling di Klinik Sanitasi . Fungsi  Pendeteksian dini kasus yang ditemukan di Poli Umum dan dari pelayanan Konseling Psikologi . Tugas Pokok Membuat perencanaan program. 10.1. 9. mengendalikan dan mengevaluasi hasil kegiatan program Kesehatan Jiwa 2. Penyehatan Tempat-Tempat Umum dan Industri. Tugas Pokok Membuat perencanaan. Pembuatan Laporan Program Kesehatan Lingkungan bulanan . Pengelolaan sampah medis dari semua Poli di Puskesmas Keman. pengendalian dan pengevaluasian hasil kegiatan program Kesehatan Lingkungan di Wilayah kerja Puskesmas Muara Batun 2. melaksanakan program Kesehatan Jiwa. Pemeriksaan dan pengawasan sarana air minum dan jamban keluarga . mengawasi. Perencanaan Program Kesehatan Lingkungan 2. Pemeriksaan dan pengawasan Tempat Pengelolaan Makanan . Fungsi 1. triwulan dan tahunan 11. melaksanakan kegiatan Penyehatan Lingkungan.