You are on page 1of 8

LOG BOOK KEGIATAN IPE

Nama/Fakultas : Dinawati (1400023067/Farmasi)
Kelompok : 19
Lokasi : Tegalrejo
Pembimbing : Haafizah Dania, M.Sc., Apt
Nama Kader : Bu Sumiyanto
Nama Lansia : Mbah Wagiyem

TANGGAL DESKRIPSI KEGIATAN RENCANA PELAKSANAAN REALISASI KEGIATAN
KEGIATAN
Senin, 9 Oktober 2017 Penerjunan dan kunjungan Survey dan silaturahmi (hanya Bertemu dengan kader dan lansia di
pertama ke lokasi perwakilan kelompok) rumah lansia yang bersangkutan
Sabtu, 14 Oktober 2017 Kunjungan kedua ke lokasi Silaturahmi, perkenalan serta Menggali informasi dari lansia
pendataan keluhan lansia (Assessment patient)
Sabtu, 21 Oktober 2017 Presentasi di UNISA Kampus 1 Presentasi hasil yang diperoleh Mempresentasikan mengenai :
dari kuisioner yang diberikan a. Permasalahan utama lansia
 Lansi mengalami katarak
sejak 10 tahun lalu
 Lansia mempunyai
riwayat hipertensi dengan

kacang-kacangan dan emping  Lansia juga mengalami nyeri sendi pada bagian kaki dengan terapi piroksikam b. Tindak lanjut/intervensi :  Edukasi kepada lansia terkait penggunaan obat. jeroan . terapi amlodipine 5 mg dan tidak patuh minum obat  Gaya hidup lansia : senang mengkonsumsi makanan asin. efek samping obat serta monitoring kepatuhan minum obat  Edukasi kepada lansia terkait gaya hidup sehat  Edukasi kepada lansia .

serta pasien menjadi patuh minum obat  Meningkatkan kualitas hidup lansia  Megetahui diagnosis dokter sehingga dapat diberikan intervensi lebih lanjut Sabtu. Tujuan dari intervensi :  Tidak terjadi kesalahan dalam penggunaan obat yang dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. mengantisipasi efek samping obat. 28 Oktober 2017 Kunjungan ketiga ke lokasi Melakukan intervensi kepada  Monitoring penggunaaan lansia obat lansia  Pengecekan tekanan darah lansia ( TD normal : normal . untuk segera berkonsultasi dengan dokter c.

Diketahui bahwa lansia tidak rutin minum obat/tidak sesuai anjuran. piroxicam dan CTM. mengurangi makanan . gejala serta faktor resiko. 130/85 mmhg )  Lansia mendapatkan obat rutin bulanan yang diperoleh dari posyandu. 2. Obat yang diperoleh lansia tersebut antara lain : Amlodipine 5 mg. Intervensi yang kami lakukan : 1. Memberikan pengetahuan kepada lansia mengenai penyakit tekanan darah tinggi mencakup pengertian. Memberikan edukasi kepada lansia mengenai gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga.

3. tidak . mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta mengurangi makanan asin karena termasuk factor resiko hipertensi dan mengurangi kacang-kacangan dan emping yang merupakan salah satu factor resiko dari nyeri sendi pada lansia tsb. berlemakdan berminyak seperti jeroan. 4. Memberikan penjelasan kepada lansia dan pendamping minum obat apabila lupa meminum obat maka. Memberikan edukasi kepada lansia untuk patuh minum obat sesuai dengan aturan pakai yang dianjurkan dengan bantuan pendampingan minum obat yang dilakukan oleh anak lansia tersebut.

Amlodipine 1xsehari 1 tablet (5 mg ). dapat dilanjutkan sesuai aturan pakai. Memberikan pengetahuan kepada lansia mengenai efek samping dari masing-masing obat dan cara menanggulanginya. 5. Serta meyakinkan kepada lansia bahwa efek samping obat tersebut tidak akan terjadi jika lansia patuh dalam mengkonsumsi obat tersebut. diminum pagi hari sesudah makan. Sabtu. ( rutin ) b. Piroksikan 2 xsehari 1 tablet . 18 November 2017 Kunjungan keempat ke lokasi Melakukan analisis terhadap Lansia mendapatkan obat rutin intervensi dan evaluasi lansia bulanan lagi. perlu diminum double atau dirangkap. Obat yang diperoleh lansia tersebut antara lain : a.

Caviplex (Vitamin) 1xsehari 1 kaplet d. diminum pagi dan sore setelah makan (jika perlu). CTM diminum jika perlu Dari hasil analisis/wawancara bahwa lansia tersebut rutin minum obat setelah dilakukan intervensi yang pertama. 3. tidak konsumsi jeroan. (10 mg). Hasil evaluasi lansia : 1. kacang dan emping. Sering konsumsi sayuran dan wortel. c. lansia patuh minum obat (kepatuhan pasien tercapai) 2. lansia merasakan nyeri . lansia melakukan gaya hidup sehat seperti berolahraga kecil.

4. sendinya berkurang (membaik). TD normal 130/85 mmhg .