You are on page 1of 16

BAB 2

RINGKASAN ISI BUKU

1. Bab 1 (Prolog)
1.1 Fermion dan boson
Fermion disebut demikian karena mereka mematuhi statistik Fermi-Dirac dari mekanika
statistik. Boson adalah partikel yang mematuhi statistik Bose-Einstein, dan dicirikan oleh properti
bahwa sejumlah partikel dapat diberi fungsi gelombang tunggal-partikel yang sama. Dengan
demikian, dalam kasus boson, gelombang koheren amplitudo makroskopik dapat dikonstruksi, dan
gelombang semacam itu dapat mendekati aproksimasi yang baik secara klasik. Sebagai contoh,
foton adalah boson dan ficid klasik yang sesuai adalah medan elektromagnetik E dan B yang
dikenal yang memenuhi persamaan Maxwell. Pada tingkat yang lebih mendasar, sifat-sifat ini
adalah konsekuensi dari kemungkinan simetri fungsi gelombang dari sistem partikel identik ketika
koordinat dari setiap dua partikel saling dipertukarkan. Dalam kasus fermion, tanda perubahan
fungsi gelombang: ia benar-benar anti simetris. Dalam kasus boson fungsi gelombang tidak
berubah: ia benar-benar simetris Ada juga hubungan yang diamati antara momentum sudut
intrinik, atau putaran, partikel dan statistiknya.
1.2 Gambaran fisikawan tentang alam.
Fisika partikel dasar menggambarkan dunia dalam hal fermion elementer, berinteraksi
melalui bidang yang menjadi sumbernya. Bagian-bagian yang terkait dengan bidang interaksi
adalah boson. Untuk mengambil contoh yang paling dikenal, sebuah elektron adalah fermio dasar
yang membawa muatan listrik dan muatan ini menghasilkan medan elektromagnetik E, B,
yangmemberikan gaya pada partikel bermuatan lainnya. Medan elektromagnetik, yang dihitung
sesuai dengan aturan mekanika kuantum, sesuai dengan perakitan foton, yang merupakan boson.
Memang, statistik Bose-Einstein pertama kali diterapkan pada foton. Empat jenis bidang interaksi
dapat dibedakan secara alami. Semua interaksi ini relevan dengan fisika nuklir, meskipun medan
gravitasi menjadi penting hanya dalam materi terjaga keamanannya, seperti bintang. Gaya
gravitasi bertindak pada semua partikel dan penting untuk fisika pada skala besar badan
makroskopik. Pada skala kecil sebagian besar fisika atom dan nuklir terestrial, gaya gravitasi tidak
signifikan dan kecuali di Bab 10 dan Bab 11, kita akan mengabaikannya Alam memberikan
keragaman fermion elementer yang lebih besar daripada boson. Lebih mudah membagi fermion

2 Interaksi Lemah . dan quark. Untuk kesederhanaan. dari hukum mekanika kuantum. Jadi hukum kekekalan momentum linear mengikuti dari homogenitas ruang. Undang-undang konservasi ini sama pentingnya dalam fisika nuklir seperti di sini.3 Hukum dan simetri konservasi: paritas.dasar menjadi dua kelas: lepton. untuk memenuhi persamaan gelombang Oleh karena itu kecepatan gelombang c. pada yang lebih dalamtingkat. seperti yang kita. Energi total sistem terisolasi konstan pada waktunya. dianggap sebagai konsekuensi simetri 'ruang dan waktu. tetapi ada hukum simetri dan konservasi lain yang sangat penting dalam sistem kuantum seperti inti: refleksi ymmetry dan paritas. kami hanya mempertimbangkan potensi ∅ ( 𝑟. tetapi mereka juga bisa. yang bukan sumber medan kuat dan karenanya tidak berpartisipasi dalam interaksi yang kuat. 𝑡). 𝑝 = ℎ𝑘 1. 1. Undang-undang konservasi ini di dapat diturunkan dari hukum gerak Newton dan persamaan Maxwell. momentum membuat de Broglie 𝐸 = ℎ𝜔. hukum kekekalan momentum sudut dari isotropi ruang: tidak peduli di mana kita menempatkan asalnya adalah sumbu koordinasi kita di mana arah mereka berorientasi. Bab 2 ( Lepton dan Interaksi Elektromagnetik lemah ) 2. energi total dan momentum hanya dapat kelipatan dari energi total. Begitu juga momentum linier dan momentum sudut. yang berperan dalam semua interaksi. teori kuantum tidak suka dengan teori klasik. menggunakan persamaan Maxwel.1 Interaksi Elektromagnetik Medan elektromagnetik paling mudah digambarkan oleh vektor potensial A dan potensial skalar ∅.

tetapi muatan yang berlawanan dan momen magnetik untuk partikel elektron adalah yang positron.dan Z partikel. BAB 3 ( Nukleon dan Interaksi yang kuat ) 3.netic dan lemah kebohongan kis digabungkan menjadi sebuah electron. kehidupan yang berarti adalah waktu yang berarti itu dalam isolasi sebelum mengalami peluruhan radioaktif. hanya elektron familiar stabil. Persamaan gelombang puas dengan sealar potensi 1. Misalkan ad partikel yang tidak stabil pada saat t=0. 1. Positron diidentifikasi secara eksperimental oleh Anderson pada tahun 1932 segera setelah prediksi teoretis mereka 2 dari 3 poton. jadi semua lepton energi.4. digambarkan oleh vektor dan skalar Interaksi antara lepton dan eleetrornag.3 Kehidupan rata-rata dan separuh hidup tidak semua partikel W dan Z hanya memiliki keberadaan sementara.1 Properti dari proton dan neutron . Lepton ½ Lepton adalah spin yang berinteraksi melalui interaksi elektromagnetik. ini lepton bermuatan.Ada tiga bidang interaksi lemah yang terkait dengan partikel W+. dan memiliki fitur yang memprediksi keberadaan atau anti- partikel: particies arc ini dari massa lendir dan spin. seperti medan elektromagnetik. teori terpadu oleh Weinberg. dan W. Elektron busur partikel struktural yang busur diberi oleh Dirac relativistik gelombang-equation_ Persamaan ini menjelaskan spin dan magnetie saat elektron.

terutama untuk melakukan dengan jarak pendek bagian dari interaksi Schrodinger persamaan untuk dua nukleon berinteraksi melalui potensi ini kemudian diselesaikan secara numerik dan fitur adjustable busur bervariasi agar sesuai dengan facs eksperimental.2 Model quark dan nukleon Setiap sistem komposit dengan berputar harus berisi angka ganjil dari konstituen fermien. yaitu properti dari itu deuteron dan rendah energi hamburan data 3. sehingga dihasilkan interaksi yang kuat antara nukleon hampir independen dari jenis nukleon. Ia menyatakan dengan memperkenalkan konsep isotop berputar simetri tetapi untuk tujuan kita 3. yang ferrnions dengan spin Massa atau neutron adalah 0. seperti lepton. busur karena perbedaan massa ud. Ini hanya memiliki efek kecil pada interaksi yang kuat dasar.3 Interaksi Nukleon-nukleon: deskripsi phenomologikal Pendekatan empiris adalah untuk membangun potensi yang mungkin yang menggabungkan pengetahuan teoritis kami Terbatas dan memiliki fitur adjustable. 1/2 Nukleon.14% lebih besar dari proton: 3. Kami menyajikan fisika Partick yang menetapkan validitas dari model quark. tapi fisika partikel sirlee memang memiliki implikasi untuk konsep fisika nuklir kami mem berikan -tanpa mencoba pembenaran beberapa atau yang results yang paling relevan Perbedaan antara neutron dan proton.4 meson dan interaksi nukleon-nukleon .

6 Model standard dari partikel Elektromagnetik. Model ini sangat berhasil dalam interprciation data fisika partikel. Semua meson bersifat tidak stabil karena quark dan antiquark akan saling memusnahkan. Meson diperkirakan mempunyai jari-jari sekitar satu femtometer (10−15 m) atau 2/3 ukuran proton atau neutron. Meson hanya dapat bertahan paling lama sekitar 1/100.5 Lebih quark Kalau bukan karena interaksi lemah quark berat akan stabil dan akan ada lebih banyak hukum kekekalan.000. BAB 4 ( UKURAN NUKLIR DAN MASSA NUKLIR ) . Meson adalah partikel subatom yang terdiri dari satu quark dan antiquark yang terikat oleh gaya nuklir kuat. dan quark mengubah rasa nya (tapi Tetap quark!) 3. misalnya. Meson bermuatan dapat meluruh (kadang-kadang melalui partikel perantara) dan membentuk elektron dan neutrino. bidang gluon yang kuat dapat mengikat quark dan anti-quark bersama untuk membentuk partikel berumur pendek disebut presort Seperti nucicons “pasangan terikat seperti memiliki urutan bersemangat. Hal ini diyakini umumnya sifat-sifat inti là. 3. tetapi tidak mutlak karena semua quark pasangan untuk ± W dan Z bidang interaksi lemah.000 detik. Serta mengikat tiga quark atau tiga s anti-quark bersama-sama untuk nukleon dan anti-nukleon. konservasi elektromagnetik dan kuat. Meson tak bermuatan bisa meluruh menjadi foton. dan kuat interaksi:. dan fenomena fisika nuklir. lepton kesejahteraan dan quark digabungkan jerami dikenal sebagai yang bangunan di Standard Maki dari Partick fisik.

Momentum sudut nuklir dan momen magnetik langsung terwujud dalam spektroskopi atom. Ada Keuntungan yang jelas dalam menggunakan lepton. di mana interaksi antara momen magnetik nuklir dan momen magnetik elektron memunculkan struktur hyperfine dari tingkat energi elektronik. 4. ia memiliki momentum sudut J. kami menetapkan teori semi-empiris untuk energi pengikatan atomik datang hanya secara tidak langsung. Oleh karena itu dalam model shell dari keadaan dasar nukleus dengan neutron dan neutron X. dan prinsip eksklusiPauli mensyaratkan bahwa tidak ada dua neutron atau dua proton yang berada dalam kondisi yang sama. keadaan neutron N terendah diduduki . demikian juga. Karena nukleus dalam keadaan dasarnya adalah sistem kuantum dengan ukuran terbatas. Massa atom eksperimental menunjukkan deviasi dari kurva halus yang diberikan oleh penyimpangan rumus massa semi-empiris yang kami katakan berasal dari mekanika kuantum. Dalam kasus yang menguntungkan baik j dan momen magnetik dapat disimpulkan dari pemisahan hyperfine ini. dengan bilangan kuantum j yang merupakan beberapa kelipatan integral dari t0 nukleus akan memiliki momen dipol magnetik dan mungkin memiliki momen quadrupole listrik.2 interaksi Muon BAB 5 Pada bab terakhir. Nukleon adalah fermion.1 Elektron hamburan oleh muatan inti disitribusi Informasi yang tepat datang di Percobaan menggunakan hamburan elastis dengan atau elektron high. energi untuk menyelidiki distribusi muatan nuklir.4.

Fragmen- fragmen ini sering merupakan nukleus dalam keadaan yang sangat tereksitasi. BAB 7 (KEGUNAAN NUKLIR) Alfha penentuan eksperimental pada keadaan tereksitasi . Perkirakan pelepasan energi dan kecepatan fragmen dalam fisi serentak Menunjukkan keadaan tereksitasi. kita menganggap bahwa N dan z cukup besar bagi kita untuk menggunakan formula dasar untuk kepadatan terpadu negara N (E). EP. yang disebut energi Fermi neutron. yang diturunkan. BAB 6 (Peluruhan Alfa dan Fisi Spontan) Pada bab 4 bahwa energi ikat per nukleon kurva dari inti A-stabil memiliki unsur besi maksimum dan bahwa unsur-unsur yang lebih berat dapat unstabk untuk di spontan. Netral mendidih dari fragmen. dan keadaan proton Z terendah diduduki sampai beberapa energi. energi proton Fermi. partikel yang dipancarkan dalam peluruhan yang terjadi secara alami inti yang stabil. inti yang disebut-partikel sebelum mereka yaitu tified oleh Rutherford pada tahun 1908 sebagai inti 1HE. Fisi adalah nama yang diberikan pada proses serupa namun lebih simetris dari sebuah inti yang terbagi menjadi dua atau lebih massa yang sama. Fisi spontan Dalam sebuah tugas. Penyimpangan utama hanya rumus s karena energi yang mengikat ekstra inti sekitar dua ditutup. namun kita dapat memperkirakan pelepasan energi dalam fisi dengan mempertimbangkan kasus sederhana dari fisi simetris 0. tetapi juga stabil inti tepat di atas mereka. Untuk mendapatkan perkiraan kualitatif energi yang terlibat. Z) menjadi dua inti identik (A/2. Dua potongan itu disebut fragmen fisi.1 nukleus genap (A. Energi ekstra mengikat ini tidak hanya membuat inti ini lebih stabil dari rata-rata.sampai beberapa energi EF. Secara historis. Dibandingkan total energi yang mengikat atau inti di wilayah ini. Z/2) dan menggunakan rumus MUSS semi empiris dan mengabaikan energi pasangan. Jika dalam bingkai atau fragmen bergerak neutron & dipancarkan secara ilotropik 2 MeV: deskripsikan secara kualitatif bagaimana neutron muncul di laboratorium. dan nama THC telah tinggal. nukleot inti berat menjadi inti helium cahaya yaitu inti berat lainnya.

BA8 (Reaksi Nuklir) Total penampang untuk neutron. Dalam deuteron stripping. sinar deuteron mono-energik diarahkan. untuk berinteraksi dengan nukleus 10 adalah fungsi dari energi kinetik E sampai E = 13 MeV. meninggalkan inti target orisinil. Teknik lain. Negara dengan energi lebih tinggi (dan karena itu kurang mengikat energi) daripada tanah mereka. Fungsi utama atau persilangan adalah tinggi tapi sempit . Penentuan alfa eksperimental pada keadaan tereksitasi. Jika targetnya padat biasanya dibuat sangat tipis sehingga probabilitas proton saling lebih dari satu kali dari nukleus. reaksi nuklir dapat terjadi dimana deuteron melewatkan nukleon ke dalam tai mendapatkan nukleus. yang mungkin tereksitasi. Sejauh ini para ahlitelah mempertimbangkan inti atom di negara kuantum mereka. Ada banyak yang menunjukkan keadaan tereksitasi ini. Sinar proton dengan satu energi diarahkan pada target. Momen dan energi untuk menjadi non- relativistik. energi kinetik awal dan akhir atau sistem. The inelastic scatteririg proton seperti pada contoh di atas adalah teknik yang bisa digunakan dengan nukleus yang tidak radioaktif dan yang bisa dengan aman dijadikan target. yang cocok untuk menentukan tingkat energi dari beberapa nukleus yang tidak stabil juga adalah pengelupasan deuteron. dan menentukan energi dan bilangan kuantum mereka adalah untuk menyebarkan proton energik atau momentum momentum yang diketahui untuk menunjukkan sudut pandang mereka. inti nukleus ke arah proton yang masuk dalam arah tegak lurus. Inti massa di Bumi telah berada di negara bagian mereka waktu penciptaannya. Pada nukleus target dan juga elastis dan hamburan deuteron.

E = 0 Resonansi busur yang menonjol di kedua isotop.27} dan 2-314 U untuk neutron insiden dari energi E dari 1101 eV sampai 10 Tklelier.E. neutron ditangkap). prinsip energi potensial nuklir bisa menjadi energi kinetik dan tersedia sebagai panas dengan membentuk inti dan massa besi. Reaksi (Neutron pada energi rendah) Sejak neutron yang unch. Pada energi yang sangat rendah. Pada latar belakang yang perlahan bervariasi.1. resonansi kembali lebih 215 padat dan ection untuk 2381 muncul di atas 0. 6. Kasus yang terakhir. Di wilayah ketiga. BAB 9 (Tenaga Fusi Nuklir) Bahwa inti di lingkungan memiliki energi ikat per nukleon terbesar.4 MeV dan U fraksi fisi. Sebagai sebuah neutron tunggal lagi memperoleh cukup energi untuk lolos. di bawah 0 eV. atau sirip kandang ini memiliki probabilitas yang jauh lebih rendah. Proses ini yang dikenal sebagai tutup radiasi pasti. Bab ini dikhususkan untuk fisika fisi nuklir dan aplikasinya dalam reaktor daya. Inti kemudian berada dalam keadaan tereksitasi sampai waktu tertentu. hanya elastis: hamburan dan reaksi nuklir eksotermik dapat mengambil tempat. Ketika reaksi nuklir mungkin dapat diharapkan bahwa laju reaksi pada energi yang cukup rendah dari E . Untuk mengatasi karenanya neutron atau sangat rendah energi dengan mudah menembus materi dan berinteraksi dengan neutron pada batas E0.68 eV. baik dari inti berat oleh fisi atau dari nukleon cahaya. resonansi ini sempit dan radiasi capture memberikan sebagian kecil signifirit atau tolal siklus ini benar dari resonansi di Ubusur di bawah ambang batas fisi di wilayah ini misalnya. Hal ini berguna untuk membagi rentang energi menjadi tiga bagian dan memilih fitur kepentingan tertentu. antara 0 keV dan 3 MeV. Puncak puncak ini karena pembentukan keadaan tereksitasi 110 dari neutron dan 160 pada re 50. .32%) dan 218 U {99.5 (0. Perhatikan bahwa kedua sicalc-s pada grafik logaritmik. y-idecays account untuk 95% dari lebar resonansi 4. Isotop utama dari uranium :1. nukleus meluruh secara elektromagnetik. dan hanya sebanding dengan densitas atau neutron di lingkungan inti untuk reaksi nuklir eksotermik yang diberikan. jika pembusukannya adalah ke keadaan (di bawah energi pemisahan neutron.kembali ke puncak es.arged tidak ada penghalang.

Teknologi yang sangat maju adalah bahwa reaktor termal. akan menyerakkan dari inti kehilangan beberapa energi dalam proses. Kesempatan dari fisi di sn di dengan 2151.8 inti. Sesuai dengan murni 233 U. beberapa yang didorong oleh uranium alam. dua rute ini dipilih diikuti untuk mengelakkan kesulitan ini dalam memproduksi reaksi berantai terkendali uranium. Kasus konseptual yang paling sederhana adalah bahwa atau Latomic Bom di mana ledakan tersebut uranium yang sangat diperkaya dalam 5U. Mari kita pertama mempertimbangkan beberapa skala waktu yang relevan untuk memungkinkan reaksi berantai dalam logam uranium. yang dianggap untuk menjadi campuran dan atom 23g U dalam rasio: {1 -c). Dalam reaktor termal. dalam perakitan atom uranium ada jelas kemungkinan reaksi berantai. Jika tidak. satu fisi yang mengarah ke yang lain atau mungkin beberapa lainnya. mengabaikan probabilitas kecil pada energi ini. Nomor nuklir kepadatan dari uranium Tricia adalah 4. Pada dasarnya. Untuk kesederhanaan kita mengambil c. logam . sehingga UM: penampang untuk reaksi lebih lanjut mungkin Kx agak meningkat. Bahwa neutron 2 MeV memiliki 1BV.Reaksi berantai Sejak fisi neutron-diinduksi mengarah ke multiplikasi neutron.5 nukleus.

energi potensial gravitasi diubah menjadi kinetik. limbah. padat dapat menerima tekanan kontraksi gravitasi. Setelah uranium dan plutonium telah dipisahkan secara kimia dari bahan bakar bekas. karena suhu dan . helium.K6 x 1026 W. Selama kontraksi massa gas. sementara mill energik. Pembusukan sering dibentuk dalam keadaan yang baik. bahan yang tersisa. dan suhu dari gas perolehan yang ditentukan oleh sejauh mana tekanan di panas. (The luminositas bintang adalah total dari elektromagnetik energy. Limbah radioaktif Pengoperasian program tenaga nuklir menghasilkan radioaktif limbah. -anission. Dalam sebuah bintang seperti Matahari. Matahari Massa Afo = 199 x le kg Radius R = 6_915 X 10 8 RRI Luminositas L = . hydrogen. BAB 10 (Fusi Nuklir) Dalam bab ini digambarkan praktisi nuklir dalam kekuatan Matahari dan dengan demikian memungkinkan kehidupan di Bumi. atau lebih biasanya keramik dioxif uranium yang terkandung dalam eksternal yang berada di titik tersebut bentuk tipis Fisi neutron.uranium. Berbeda dengan kekuasaan dari fisi difusi sebelumnya. Pembusukan kemudian akan danau tempat lagi sampai stabilitas gang tercapai. energi gersang energi radiasi. cahaya yang dari Matahari conies dari fusi dari elemen paling ringan. kontra terutama atau produk fisi beberapa aktinida yang lebih tinggi yang telah dibangun dari uranium oleh neutron berturut menangkap Produk langsung 01 kmion adalah neutron kaya.3. ) Karena dari panjang rata-rata dan universal menarik gravitasi. dan karenanya A-emitter. dari batang menjadi: surroundina volume yang besar diisi dengan bahan atau massa. massa gas pada suhu yang cukup rendah tidak stabil untuk kontraksi menjadi benda-benda seperti bintang. yang kemudian meluruh ke keadaan dasar dengan 1.

Reaksi utama bahwa kekuasaan Sun mulai dengan konversi dari hidrogen menjadi deuterium: PP. Positron yang dihasilkan dalam reaksi cepat annihilates dengan elektron untuk merilis 1. ia tidak memiliki kelimpahan alami karena mengalami pembusukan dengan ban rata-rata 17. Kerugian utama adalah tritium itu. karena interior lebih panas dari luar dan energi nuklir di pusat ditransfer. laju kontraksi pada dasarnya berhenti ketika interior menjadi en ergi panas untuk menyalakan reaksi hidrogen pembakaran bahwa kita akan membahas secara rinci.7 tahun dan ternperature sebuah atau 201 keV. dengan permukaan. Kondisi ini bukan salah satu dari kesetimbangan termodinamika. radiasi dan dengan konduksi dan konveksi.kepadatan meningkat.42 MeV Reaksi ini memanggil interaksi lemah (proton perubahan Sebuah neutron).02 MeV lebih lanjut dari energy deuterium adalah ke 1. Misalnya.1eV y 5. . bergerak bermuatan listrik atau plasma dapat dibatasi untuk waktu yang singkat. panas reaksi Kedua greater dan banyak lagi penting. untuk kepentingan kita. 10_5). Perangkat yang mengandung dan panas plasma untuk ledakan singkat dari sedikit waktu. lebih besar (Gambar. proyek saat ini umumnya melibatkan berdenyut.49 MeV). dan memberikan panasnya.024 Pertama.V + 0. Ini memiliki dua selama reaksi 0. 3He yang memberikan resonansi. di mana ia dipancarkan keluar ke angkasa. Sebuah plasma pada suhu 20 keV akan menguap setiap kontainer bahan dengan yang datang ke memerlukan kontak.

Kehalusan interaksi lemah. dan busur . subjek yang berusaha untuk dimengerti yaitu nuklir yang mengarah ke pembangkit energi di bintang di berbagai tahap evolusi bintang dan untuk memperhitungkan jumlah relatif dari unsur-unsur di Tata Surya dalam hal proses teori yang diterima dari universitas adalah bahwa itu adalah memperluas antara 10x 20 KW setelah big bang. mungkin di bekas foton. BAB 11( Nukleosintesis di Bintang) Dalam bab ini dijelaskan bagaimana dalam sebuah bintang seperti helium adalah yang terbentuk dari rusiori yang atau hidrogen. Namun. Oleh karena suring recoil nuklir kecil. kita harus menyimpulkan bahwa semua inti yang lebih berat di tata surya telah sebelumnya. Ada banyak bintang dengan massa serupa dengan matahari tetapi umumnya lebih kecil dari Matahari yang busur bendungan memiliki kepadatan tinggi dan jari-jari kecil. Ini melibatkan neutrino dan positron gelombang fungsi eval Di nukleon koordinat r. ia berpikir bahwa proporsi unsur yang lebih berat yang diproduksi dalam ledakan pertama ini tidak signifikan. Terlepas dari sejumlah kecil lithium. Dibab ini kita sketsa dari ide dasar dari astronomi nuklir. seperti dalam teori Fermi sederhana. percobaan yang hanya mengukur energi elektron spektrum dan melakukan kerusuhan membedakannya. tetapi juga menggambarkan keselarasan dari neutrino dan positron berputar dan korelasi sudut antara mereka di reetiOnS. bintang dan kemudian dibuang ke ruang lagi. Arah neutrino dapat disimpulkan. lepton bagian. bahan untuk itu untuk menyingkat menjadi gas terdiri atau atom hidrogen dan helium dalam perbandingan dari sekitar 100: 7 oleh nomor dengan foton dan neutrinos. Bagian lepton yang diberikan sangat tepat oleh Model Standar fisika partikel dan buku mengenai hal ini harus dikonsultasikan. untuk perhitungan rinci.

BAB 12( Peluruhan Beta dan Peluruhan Gamma) Dalam penangkapan elektron. dan energi nuklir di thk pusat dari jarak . Seperti yang akan kita lihat. Mungkin ia mencatat bahwa jari-jari minimum menurun sebagai peningkatan massa.44 {MeV / c.} Perhitungan di atas bahwa elektron dapat dilihat dari non relativity. Gambar diatas menunjukkan spektrum energi eksperimen ditentukan untuk fermi elektron dan emisi positron dari Cu dan dari distribusi energi yang terus menerus seperti ini yang menyebabkan Pauli untuk menyimpulkan keberadaan neutrino pada tahun 1931: mengingat bahwa tingkat energi dari inti diskrit. Y= 0. Dari helium ke silikon Fusi hidrogen menjadi helium sudah mengkonversi sebagian dari tersedia energi potensial nuklir menjadi panas dan radiasi. Yang dari Etron untuk pktsitron meringkuk mengambil energi setiap antara nol dan maksimum diperbolehkan oleh energi konservasi. Seperti. dapat dilihat terlibat menjadi lebih bermuatan. sederhana proses fusi digantikan oleh yang lain ketika unsur-unsur di sekitar telah diproduksi.disebut bintang putih. energi neutrino dan energi mundur dari inti yang tajam didefinisikan. yaitu bahwa jelas menduga untuk Mars dengan Mo dan tentu salah untuk bintang M.1 Ni Ev dan hanya ada lebih 1_7 MeV per nukleon akan dirilis pada pembakaran lengkap untuk iron. suhu yang lebih tinggi dan lebih tinggi diperlukan untuk itu menjadi signifikan melalui barriers Coulomb. Energi ikat per nukleon 4He 7.

massa akan dengan energi dan konservasi momentum juga menjadi beberapa partikel ketiga (neutrino) hadir untuk berbagi energi dan momentum. Namun. . Dalam pembusukan sdengan emisi pcmitron. seperti dalam teori Fermi sederhana. gelombang- fungsi tersebut yaitu hydrogen. Untuk yang baik perkiraan. Massa neutrino dapat menjadi menyimpulkan untuk menjadi kecil karena. sedikit dipengaruhi oleh kulit terluar elektron atom. tetapi juga menggambarkan keselarasan dari neutrino dan positron berputar dan korelasi sudut antara mereka di reetiOnS. energi menggunakan tinggi fluks anti neutrino dengan reaktor nuklir. Bagian lepton yang diberikan sangat tepat oleh Model Standar fisika partikel dan buku mengenai hal ini harus dikonsultasikan. untuk perhitungan rinci. ketika elektron mengambil energi maksimum nya. Kehalusan interaksi lemah. lepton bagian. Arah neutrino dapat disimpulkan. dan kadang-kadang satu-satunya energi diperbolehkan untuk mengambil penangkapan elektron dan proton gelombang fungsi sekarang merupakan awal dan elektron mungkin menjadi Ks elektron. gelombang-fungsi memiliki angka yang tumpang tindih dengan nucleus. Oleh karena suring recoil nuklir kecil. percobaan yang hanya mengukur energi elektron spektrum dan melakukan kerusuhan membedakannya. Ini melibatkan neutrino dan positron gelombang fungsi eval di nukleon koordinat r.