You are on page 1of 5

LOG BOOK KEGIATAN IPE

Nama / Fakultas : Endang Widi Lestari ( 1400029041/ Fakultas Kesehatan Masyarakat )
Kelompok : 19
Lokasi : Tegalrejo TR III/389 RT 016 RW 005
Pembimbing : Subhan Zul Ardi, SKM.,M.Sc
Nama Kader : Samiyanto
Nama Lansia : Wagiyem

TANGGAL DESKRIPSI KEGIATAN RENCANA PELAKSANAAN REALISASI KEGIATAN
KEGIATAN
Senin, 9 Penerjunan dan kunjungan pertama ke lokasi Survey dan silaturrahmi hanya Bertemu dengan kader dan berkunjung ke
Oktober 2017 perwakilan kelompok rumah lanisa yang bersangkutan

Sabtu, 14 Kunjungan kedua ke rumah lansia yang Silaturrahmi, perkenalan anggota kami Menggali informasi dari lansia
Oktober 2017 bersangkutann dan mendata keluhan lansia

Sabtu, 21 Prensentasi di UNISA kampus 1 Presentasi intervensi yang kita peroleh Mempresentasikan mengenai :
Oktober 2017 saat berkunjung di rumah lansia yang 1. Kesehatan lingkungan lansia
bersangkutan a. Kebiasaan sehari – hari lansia

rumah yang lembab dan tidak ada fentilasi untuk pertukaran udara. jeroan. ( membakar sampah saat memasak di dapur. cahaya yang masuk kedalam rumah tidak ada karena rumah lansia atap rumah terdiri dari asbes bukan dari genteng sehingga susah untuk diganti dengan genteng kaca ) b. Gaya hidup lansia ( sering makan makanan yang berisiko menimbulkan penyakit seperti suka mengkonsumsi garam berlebihan. emping dll ) 2. sering membuang sampah di sembarang tempat. Tindak lanjut/ intervensi .

a. Memberikan penyuluhan tentang gizi makanan dan efek samping makanan untuk lanisa supaya lansia bisa memilih makanan yang tidak berisiko untuk dirinya 3. Lansia mampu berperilaku sehat b. Memberikan contoh sampah Oktober 2017 bersangkutan organik dan anorganik kepada lanisa supaya lansia dapat memanfaatkan sampah anorganik menjadi penghasilan ( . 28 Kunjungan ketiga ke rumah lansia yang Melakukan intervensi kepada lansia a. Lansia mampu mengurangi risiko sakit untuk dirinya Sabtu. Memberikan penyuluhan kepada keluarga ataupun lansia tentang pentingnya PHBS b. Tujuan tindak lanjut/ intervensi a.

mengumpulkan sampah anorganik untuk dijual ) b. Memberikan penyuluhan tentang PHBS dan memberikan contoh untuk menjaga kesehatan lingkungan disekitarnya ( seperti membuka candela rumah supaya udara didalam rumah ganti dan membuka pintu supaya rumah lansia tidak lembab ) c. Memberikan saran untuk keluarganya supaya selalu mengawasi lansia karena matanya sudah tidak jelas lagi ditakutkan saat proses memasak sendiri terjadi kebakaran karena lansia memasak menggunakan tunggku .

Lansia mengurangai makanan yag berisiko untuk menimbulkan penyakit yangh dideritanya . Lansia menggumpulkan sampah anorganik untuk dijual dan menghasilkan uang untuk dirinya c. 18 Kunjungan keempat ke rumah lansia yang Melakukan evaluasi hasil intervensi a. Lansia sudah melakukan perilaku November bersangkutan yang kemarin dilakukan kepada lansia PHBS 2017 b.Sabtu.