You are on page 1of 8

107

Lampiran 12. LKS Pertemuan 1

LEMBAR KERJA SISWA
SISTEM REGULASI

Pertemuan 1

n1

NAMA :

KELAS :

Untuk SMA/MA

Kelas XI

Penyusun
Komang Dian Kristiana

Pembimbing
1. Sri Nopita Primawati, M.Pd
2. Saidil Mursali, M.Pd

walaupun ada juga beberapa gerakan refleks otak. Area ini berperan dalam proses belajar. Sistem saraf mengkoordinasi. SISTEM SARAF Sistem saraf adalah suatu jaringan saraf yang kompleks. Dalam sistem inilah berasal segala fenomena kesadaran. belajar dan memberi respon terhadap suatu rangsangan merupakan hasil kerja integrasi dari sistem saraf yang puncaknya dalam bentuk kepribadian dan tingkah laku individu. Sistem Saraf Pusat 1) Otak a) Otak Besar (Cerebrum) Otak besar mempunyai fungsi dalam pengaturan semua aktifitas mental. a. Pada bagian korteks serebrum yang berwarna kelabu terdapat bagian penerima rangsang (area sensor) yang terletak di sebelah belakang area motor yang berfungsi mengatur gerakan sadar atau merespon rangsangan. 108 RINGKASAN MATERI SISTEM REGULASI 1. menyimpan ingatan. sensasi dan gerakan. ingatan (memori). Sistem tubuh yang pentng ini juga mengatur kebanyakan aktivitas sistem-sistem tubuh lainnya. dan pertimbangan. yaitu yang berkaitan dengan kepandaian (intelegensi). membuat kesimpulan. dan belajar berbagai bahasa. Selain itu terdapat area asosiasi yang menghubungkan area motor dan sensorik. bahasa. Otak besar merupakan sumber dari semua kegiatan/gerakan sadar atau sesuai dengan kehendak. pikiran. Di sekitar kedua area tersebut dalah . kesadaran. karena pengaturan saraf tersebut maka terjalin komunikasi antara berbagai sistem tubuh hingga menyebabkan tubuh berfungsi sebagai unit yang harmonis. Jadi kemampuan untuk dapat memahami. ingatan. menafsirkan dan mengontrol interaksi antara individu dengan lingkungan lainnya. sangat khusus dan saling berhubungan satu dengan yang lain.

Misalnya bagian depan merupakan pusat proses berfikir (yaitu mengingat. dan sekresi keringat. d) Otak Kecil (cerebelum) Fungsi utama sebagai pusat keseimbangan otot dan koordinasi otot. c) Otak Tengah (Mesencefalon) Otak tengah merupakan pusat dari refleks mata dan pendengaran. pengontrol asupan makanan. berbicara. Stato akustik (keseimbangan dan pendengaran). 2) Medula Spinalis (Sumsum Tulang Belakang) Berfungsi menghantarkan rangsang dari tangan ke otak dengan seluruh tubuh. Sistem saraf sadar mengontrol aktivitas yang kerjanya diatur oleh otak. tempat berjalannya gerak refleks. pengontrol rasa haus dan pengeluaran urine. b) Otak Depan (Diensefalon) Otak depan dibagi: talamus dan hipotalamus. sedangkan hipotalamus merupakan pengontrol suhu tubuh. pengontrol perilaku dan emosi. 109 bagian yang mengatur kegiatan psikologi yang lebih tinggi. Pusat penglihatan terdapat di bagian belakang. b. Serabut saraf otak/cranial. diantaranya Olfaktorius (penciuman). 1. kreativitas) dan emosi. sedangkan saraf otonom mengontrol aktivitas yang tidak dapat diatur otak antara lain denyut jantung. analisis. Gerak Refleks: reseptor – saraf sensorik – sumsum tulang belakang – saraf motorik – efektor. gerak saluran pencernaan. Talamus merupakan pusat pengatur sensorik yang berasal dari otak besar. . Sistem Saraf Tepi Sistem saraf tepi terdiri dari sistem saraf sadar dan sistem saraf tak sadar (sistem saraf otonom). Optik (penglihatan).

misalnya virus yang dibawa oleh nyamuk atau serangga pengisap darah maupun virus herpes. peradangan pada selaput pembungkus otak maupun tulang belakang sebagai akibat infeksi bakteri. Gangguan/Penyakit pada Sistem Saraf a) Meningitis. Berlari. c) Epilepsi. Otak tidak memerintah terus-menerus agar tidak terjadi kelelahan. 2. HIV. Gerakan seperti ini dilakukan tanpa disadari dan kita baru menyadarinya setelah terjadi. Misalnya jika tiba-tiba menginjak paku. Mula-mula gerak sadar akhirnya menjadi gerak refleks. 110 2. gondong. Didalam tubuh kita berlangsung proses penghematan (efisiensi). sedangkan serabut saraf motorik keluar melalui akar ventral. dan adenovirus. SISTEM ENDOKRIN Sistem endokrin adalah sistem kontrol kelenjar tanpa saluran (ductless) yang menghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk mempengaruhi organ-organ lain. 4. c. Hormon bertindak . Sistem Saraf Otonom Sistem saraf otonom dibagi menjadi dua. Serabut saraf sensorik masuk ke akar dorsal. kondisi otak yang membuat penderita sensitif terhadap kejang berulang-ulang. Gerakan yang dilakukan dengan kesadaran kita dinamakan geraksadar atau gerak biasa. b) Penyakit ensefalitis. otak mengalami infeksi dan pembengkakan yang disebabkan virus. 3. makan. merupakan gabungan saraf sensorik dan motorik. Gerak Refleks Kita sering melakukan gerak secara spontan dan tanpa kita sadari. kama dengana cepat kita mengangkat kaki. yaitu simpatis dan parasimpatis. Serabut saraf tulang belakang/spinal. Keduanya bekerja secara berlawanan. Gerakan seperti ini dinamakan dengan gerakrefleks. menari merupakan gerak yang disengaja. Gerakan itu terkadang berlangsung secara spontan.

Sela tursika melindungi hipofisa tetapi memberikan ruang yang sangat kecil untuk mengembang. dan kelenjar-kelenjar lain dalam saluran gastroinstestin. Kelenjar Parathyroid Kelenjar ini terletak disetiap sisi kelenjar tiroid yang terdapat didalam leher. 1. pada orang dewasa beratnya kira-kira 25 – 30 gram. letaknya di bagian bawah leher mendampingi batang tengkorak. Mempercepat kerja jantung & peredaran darah f.Hipofisa dikendalikan oleh hipotalamus. yang terletak di dalam struktur bertulang (sela tursika) di dasar otak. Memperkuat peristaltik lambung-usus 3. 2. Sistem endokrin tidak memasukkan kelenjar eksokrin seperti kelenjar ludah. kelenjar keringat. Hipofisa mengendalikan fungsi dari sebagian besar kelenjar endokrin lainnya. yang selanjutnya akan menerjemahkan "pesan" tersebut menjadi suatu tindakan. dan lobus posterior (belakang). yaitu bagian otak yang terletak tepat di atas hipofisa.Kelenjar ini berjumlah empat buah yang tersusun . Menstimulir pembentukan protein di dalam sel d. Fungsi Kelenjar Tiroid a. Kelenjar Hipofisa Hipofisa merupakan sebuah kelenjar sebesar kacang polong. Mempercepat pertumbuhan sel e. Mempertinggi pemakaian oksigen c. Kelenjar Tiroid Tiroid atau kelenjar gondok adalah sebuah organ kecil yang terdiri dari dua bagian yang dihubungkan jembatan. Mempertinggi metabolisme sel b. 111 sebagai "pembawa pesan" dan dibawa oleh aliran darah ke berbagai sel dalam tubuh.Hipofisa memiliki 2 bagian yang berbeda. mirip prisai (bahasa yunani thyreos=prisai). yaitu lobus anterior (depan).

112 berpasangan yang menghasilkan hormone paratiroksin. Kelenjar thymus bertanggungjawab dalam pertumbuhan manusia. b. Mempercepat metabolisme pemecahan glikogen (glikogenolisis) dalam hati sehingga menaikkan kadar gula darah. Medula (Bagian Dalam) Bagian korteks kelenjar adrenal menghasilkan hormon adrenalin (epinefrin) dan non Adrenalin. yaitu bagian luar (korteks) dan bagian tengah (medula). 6. Kelenjar Thymus Kelenjar timus merupakan sebuah kelenjar yang terletak di depan dada. Kelenjar Adrenal” Kelenjar ini berbentuk bola.Pada setiap ginjal terdapat satu kelenjar suprarenalis dan dibagi atas dua bagian. 7. Memacu aktivitas jantung dan menyempitkan pembuluh darah kulit dan kelenjar mukosa sehingga tekanan darah meningkat.Masing-masing melekat pada bagian belakang kelenjar tiroid.Disebut juga sebagai kelenjar suprarenalis karena letaknya di atas ginjal.Dan kadang juga disebut sebagai kelenjar anak ginjal karena menempel pada ginjal.Kedua hormon tersebut mempunyai fungsi sebagai berikut : a. Kelenjar Pankreas Kelenjar pankreas merupakan sekelompok sel yang terletak pada pankreas. yang mencapai berat maksimalnya saat manusia memasuki masa pubertas. 5. 4. atau topi yang menempel pada bagian atas ginjal. sehingga dikenal dengan pulau – pulau langerhans. Kelenjar timus bahkan sangat berpengaruh pada saat usia pertumbuhan. .

yang mengontol aktifitas yang tidak dapat diatur otak anatara lain denyut jantung. Sebuah organ kecil yang terdiri dari dua bagian yang dihubungkan jembatan disebut kelenjar… 3. kelenjar thymus bertanggung jawab dalam pertumbuhan… 11.. kelenjar yang bentuknya seperti bola atau topi yang menempel pada bagian atas ginjal adalah kelenjar… 14. fungsi utama sebagai pusat keseimbangan otot dan koordinasi otot dalam bahasa latinya disebut. Simpatik dan parametris keduanya bekerja secara… 12. 113 KEGIATAN SISWA  Jawablah pertanyaan dan carilah jawabannya yang sudah ada di dalam kotak-kotak ini dengan cara menghubungkan huruf-huruf secara mendatar. sistem control kelenjar tanpa saluran adalah sistem… 8. menurun dan diagonal kemudian berilah no soal pada jawaban di dalam kotak-kotak! Soal 1.. kelenjar ini berjumlah empat buah yang tersusun berpaangan yang menghasilkan hormone… 9. yang terdiri dari sistem saraf sadar dan saraf tak sadar disebut sistem saraf… 4. Yang bertindak sebagai pembawa pesan aliran darah keberbagai sel dalam tubuh adalah… 13. Kelenjar yang sebesar kacang polong adalah kelenjar… 2. gerak saluran pencernaan. gabungan antara saraf sensorik dan motorik disebut… . dan sekresi keringat dsebut sistem saraf… 7. 6. sumber dari semua kegiatan/gerakan merupakan sumber dari… 10. kelenjar pankreas merupakan sekelompok sel yang terletak pada… 5.

yaitu bagian luar dan bagian tengah. Bagian tengah kata lainnya medulla. dan bagian luar kata luar kata lainnya adalah… . 114 15. Pada setiap ginjal terdapat satu kelenjar suprarenalis dan dibagi atas dua bagian.